Chandra.LiangAvatar border
TS
Chandra.Liang
DREAMS : Produktif VS Konsumtif
DREAMS : Produktif VS Konsumtif


Dreams alias impian…

Banyak orang yang tidak mengerti, apa itu Dreams ? Dan lebih banyak lagi orang yang tidak peduli..bahkan mencemooh yang namanya dreams. Bahkan saat kita belum sukses dan kita bicara mengenai dreams, kebanyakan orang biasanya mencibir dan menganggap kita gila. Dan lucunya lagi, orang-orang yang mencemooh dreams kita kebanyakan adalah orang-orang terdekat kita sendiri, yang mempengaruhi 90% hidup kita.

Hal ini adalah hal yang wajar, karena yang namanya Dreams, adalah sesuatu yang tidak (atau tepatnya belum) terlihat, dan manusia pada dasarnya lebih skeptis untuk hal2 yang kasat mata. Namun percayalah, DREAMS lah yang membangun bumi yang kita tinggali ini. DREAMS lah yang membuat Korea Selatan semaju ini sekarang, dan DREAMS lah yang membuat eks manusia tidak berguna ini bisa memiliki kewenangan untuk menjadi Contributor di forum ini. emoticon-Smilie

Saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai Dreams di sini, karena bukan itu temanya. Yang ingin saya bahas di sini adalah : Dreams seperti apakah yang memiliki unlimited power dan selalu memacu diri kita untuk Leveling Up ?

Saat ditanya : “Apakah impian Anda ?”, jawabannya tentu berbeda2, namun jawaban2 general ini selalu muncul :
1. Punya rumah mewah
2. Beli mobil mewah
3. Keluarga bahagia dan kaya raya
4. Bisa jalan2 ke luar negri
5. Bisa menikmati hidup sambil bersantai, dengan jumlah uang bertambah terus (passive income)

Salahkah hal tersebut ? Tidak salah sich, namun itu namanya BUKANLAH Dreams…itu adalah KEINGINAN alias sekedar “pengen2”an. Kalo jawabannya sekedar itu, hampir semua orang di dunia juga jawabannya sama. Dan hal2 tersebut hampir sama sekali tidak akan memacu kita untuk berbuat dan berpikir lebih.

Lalu seperti apakah dreams tersebut ? Dreams adalah sesuatu yang kita inginkan dengan sangat ngotot, dan sangat SPESIFIK. Ingat, SPESIFIK ! Dan hendaknya kita mesti berhati-hati, karena dreams itu sendiri terbagi menjadi 2, yaitu Dreams yang produktif dan Dreams yang konsumtif.

Sama sekali tidaklah salah bila kita memiliki dreams2 yang konsumtif, namun biasakanlah agar kita mendampinginya dengan dreams yang produktif. Why ? Karena Dreams yang konsumtif seringkali membuat kita terlena di level tertentu, namun Dreams yang produktif akan membuat kita semakin produktif, dan menciptakan dreams2 berikutnya.

Sebagai contoh, bila dreams kita adalah ingin membeli BMW seri 5. Saat kita sudah mendapatkan BMW seri 5 tersebut, kita akan merasa sangat puas. Namun setelah itu, kita akan kehilangan tujuan berikutnya. Kita akan terlena karena tujuan kita telah tercapai, dan akhirnya kita pun stuck di level tersebut sambil menikmati hidup kita dengan konsumtif. Nah, itulah gunanya dreams yang produktif, karena dreams yang produktif akan mengimbangi hal tersebut.

Anggaplah Dreams konsumtifnya sama, ingin membeli BMW seri 5. Namun bila kita memiliki Dreams produktif, misal ingin memiliki 100 branch di seluruh Indonesia, maka BMW seri 5 tersebut pun malah akan sangat berguna dalam membentuk bisnis2 berikutnya, karena BMW seri 5 tersebut membuat kita lebih dipercaya dalam membangun relasi bisnis, dan membuat kita lebih nyaman dalam bepergian ke banyak branch yang kita miliki.

Karena itu, mulai saat ini, pikirkanlah dreams produktif yang lebih banyak dibandingkan dream2 konsumtif Anda. Fokuslah pada dreams produktif Anda, dan tanpa terasa Anda akan semakin mudah dalam memenuhi kebutuhan2 konsumtif Anda.

Salam Sukses ! Salam Produktif !! emoticon-Angkat Beer
0
63.7K
538
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur Corner
icon
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.