Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
692
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/531038b280cf17be68000002/menjadi-sahabat-untuk-diri-sendiri
Apakah kamu menyukai dirimu sendiri? Apakah kamu mencintai dirimu sendiri? Would you like you, if you meet you? Dulu gue gak terlalu menyukai diri gue sendiri. Dulu, terlepas dari apapun yang orang
Lapor Hansip
28-02-2014 14:20

Menjadi sahabat untuk diri sendiri

Past Hot Thread
Quote:
Menjadi sahabat untuk diri sendiri

Quote:
Apakah kamu menyukai dirimu sendiri?
Apakah kamu mencintai dirimu sendiri?
Would you like you, if you meet you?

Dulu gue gak terlalu menyukai diri gue sendiri.
Dulu, terlepas dari apapun yang orang lain katakan, gue lebih mudah melihat hal-hal yang jelek di diri gue dibandingkan yang bagus-bagus.
Sekarang kalau ditanya, jawabannya adalah “I’m getting better and better at taking care of myself.” Karena gue juga masih terus ingin lebih baik lagi menjadi sahabat untuk diri gue sendiri.

What? Jadi sahabat untuk diri sendiri? Yes. Kalau kita sendiri tidak suka sama diri kita sendiri, bagaimana bisa mengharapkan orang lain suka dengan kita? Ini sebabnya kita banyak mengharapkan cinta dari orang lain.

MINTA dincintai, tanpa belum tahu bagaimana caranya MEMBERIKAN cinta. Ini sebabnya cinta dari orang lain tidak pernah cukup, karena kita sendiri belum bisa mencintai diri sendiri. Akhirnya kita punya ekspektasi banyak dari pasangan, jadi needy ataupun obsesif. (<– gue jaman dulu banget deh eeuuuy. Kasian pacar-pacar gue dulu emoticon-Hammer. -red)

Anyways, akhirnya gue agak sadar dikit dan mulai belajar menyukai diri gue.

If I don’t love me, who will?


Quote:
Quote:
1. Belajar menerima pujian dengan baik.
Quote:
Ini saja gak mudah. Sering kali ketika kita dipuji, apapun itu, jawaban yang paling sering saya dengar adalah “Ah masa sih? Enggak ah!” Lucu kan, kita saja menolak dipuji. Ada perbedaan antara rendah hati dan rendah diri. Kalau menolak dipuji itu rendah diri. Jadi mencoba untuk tersenyum dan mengatakan “Terima kasih.”

Try it.


Quote:
Quote:
2. Belajar memuji diri sendiri.
Quote:

Kalau gak ada yang memuji, sebaiknya kita memuji diri kita sendiri. Lucunya, ketika harus memuji orang lain, rasanya lebih mudah dari memuji diri sendiri. Apa lagi kalau lagi ngaca. Sampai gue punya temen yang gak suka kalau ada kaca, karena dia gak nyaman melihat tampilan dirinya di kaca.

Masa sih gak ada 5 hal yang keren tentang diri loe? Coba deh ngaca. Kalau orang lain bisa melihatnya, mungkin sudah saatnya kamu bisa melihatnya juga.

Gak cuma fisik ya. Walau paling mudah memang mulai dari fisik. Seperti contohnya, gue tahu hidung gue bukan hidung paling mancung sedunia (which that would be scary too), tetapi gue semakin suka sama mata gue. Gigi gue boleh gak rata, tapi senyum gue lumayan menghanyutkan. <— Namanya juga muji diri sendiri, boleh dong.

Walaupun seperti itu, gue pun mencoba mengenali kekuatan-kekuatan gue. Lucunya, pernah gue fasilitasi para managers/leaders dan bertanya siapa yang tahu top 3 kekuatannya dan hanya 15% yang tahu. Sedih kan?

Quote:
Quote:
3. Berhenti self-talk yang merendahkan diri sendiri.
Quote:
Gue inget suka sadar gak sadar mengatakan hal-hal seperti:
- Apapun yang gue lakukan itu pasti not good enough
- Gue gak tau mesti ngapain
- Gue bodoh banget sih
- Gue salah terus, percuma kasih 100%
- Kayaknya gue gak bisa deh
… dan lain-lain

Pernyataan ini sepertinya memang harmleess, tetapi kalau dipikir-pikir, akankah kita mengatakan hal-hal ini ke sahabat atau anak kita? Kok bukannya mendukung malah menjatuhkan ya?

Dan yang kita gak sadar adalah, setiap kita mengucapkan hal-hal ini, semua terekam di alam bawah sadar kita. Dan semakin sering kita mengucapkannya, kita akan semakin percaya tentang hal tersebut.


Quote:
Quote:
4. Tidak berlama-lama menenggelami diri dalam kesedihan, kemarahan, kritik
Quote:

Energi negatif itu hanya menggerogoti diri kita dari dalam. Seperti virus dan penyakit. Jadi, kalau kita berlama-lama dalam kesedihan, kemarahan, sakit hati, iri dengki dan semua sahabat-sahabatnya, sebenarnya kita sedang menyakiti diri kita sendiri dengan pikiran-pikiran kita sendiri.

Jadi, secara gak sadar, kita bunuh diri pelan-pelan. Yikes!

However, bukan berarti terus mereject perasaan-perasaan ini. Tetapi belajar untuk bersahabat dengan emosi-emosi ini. Menerima mereka apa adanya.

Quote:
Quote:
5. Mengubah cerita hidup
Quote:

You are the story you tell. Teringat lagi ngopi sama temen gue, dan selama 2 jam ke depan dia cerita tentang semua hal-hal buruk yang terjadi dalam kehidupannya. Gue gak ingat 1 pun hal baik yang diceritakan.

Sering kali kita gak sadar kalau kita menjadikan diri kita korban dalam hidup kita sendiri. Dan setiap kali kita melakukan hal ini, kita memberikan energi negatif ke diri kita sendiri.

Jadi, kalau ada kejadian buruk. Boleh sih diceritakan ataupun komplain, tapi dikasih batasan waktu. Dan gak perlu diceritakan lagi dan lagi dan lagi ke orang lain seperti mencari simpati. Kalau mau diceritakan bukan kejadian buruknya, tetapi apa yang kita pelajari dari kejadian tersebut.

Quote:
Quote:
6. Mengubah ‘harus’ ‘mesti’ dan ‘sebaiknya’ menjadi ‘ingin.
Quote:

Suka ngomong gini ga?
- Gue mesti kerja nih
- Gue harus nganter pacar
- Gue sebaiknya baca buku dibandingin nonton tv

Gak salah, tetapi kenapa maksa diri sendiri. Never go against yourself.

Akhirnya mencoba untuk mengatakan, “Iya, gue gak ikut makan malam deh, karena mau (bukan harus) menyelesaikan pekerjaan dulu ya.” Kasihan dong kamu selalu melakukan harus, mesti, sebaiknya seperti tidak ada control dalam hidup kita sendiri.

Quote:
Quote:
7. Do more of what you love.
Quote:

Even memilih makan siang. Bisa saja sekedar makan, gak perlu mikir apapun, yang penting kenyang. Atau, pergi ke tempat apapun dan bertanya “Hmm, makanan yang mana yang membuat gue paling happy hari ini ya?”

Bangun pagi dan bertanya ke diri sendiri, “Bagaimana gue akan membuat diri gue happy hari ini?”

Memilih kerjaan, “Mulai kerjain yang mana dulu yang membuat gue paling happy ya?”

… Anything.

Quote:
Quote:8. ___________________ emoticon-Ngacir<—- Kamu yang isi emoticon-Smilie

Yang komennya keren ane angkut pejwan emoticon-army
Koment kaskuser

Quote:Original Posted By adviana
Nice Thread gan,, n mksh atas masukannya nih,,
jd mikir dan memang harus seperti itu sih,,

klo ada yang nonton anime SAO yang Episode 5/6
disitu kan Asuna tnya ya,,, "apa yang akan kamu lakukan bila tau hal baru dari pasanganmu?"
Kirito jawab,, "itu merupakan hal baik, karena dengan mengetahui hal baru tersebut, kau akan merasa jatuh cinta untuk kesekian kalinya bukan?..."

jd menurut ane,,
klo kita tahu hal baru tentang diri kita sendiri,, toh bukannya kita merasa bahagia dong,,
jd nambah lg sifat kita (baik positif/negatif)
nah yg positif kita ambil manfaatnya,,, dan yang negatif kita jdikan masukan/saring (kenapa sih kita bisa seperti ini?)...
karena ga semua sikap negatif itu buruk loch,,

Maaf ya,, kata sikap negatif seperti "Bod*h"
di beberapa manga pun sering dikasih liat peran utama pasti begitu,, contoh "Naruto, One Piece, dll)
hanya ditmbah dengan pantang menyerah dan yakin dengan diri sendiri (kemampuan) maka mereka bisa berubah seperti apa yg mereka mau bahkan melebihi harapan,,

jd mereka yang dalam cerita fiksi aja bisa,, masa ia kita ga sih gan??

terus jalanin aja hidup dengan jadi diri sendiri,, karena apapun yang kita lakukan pasti akan menjadi kepuasan sendiri serta dampaknya lbh baik untuk masa depan kita,, toh yg mementukan nasib orang,, hanya dirinya sendiri kn? bukan orang lain,,

jd Keep Move On dari hidup berpura - pura, iri dengan orang lain, meniru sikap/sifat orang lain, dan segala hal yg tidak bangga akan diri sendiri,,

semangat gan,, karena baik pasangan kita, akan merasa lebih nyaman bila pasangannya bisa jadi diri sendiri dan selalu bisa belajar...

sorry panjang,, maklum newbie ^^

Quote:Original Posted By Keromiyakudou
8. Always be happy emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By Azzam93
8. "Make peace with your mind". Semua itu relatif, yang Maha hanya-Nya. Hargai diri sendiri dengan benar dulu kalau mau dihargai orang lain.

Quote:Original Posted By aghnat
nice thread!! emoticon-thumbsup

point nomor 2 , seringnya sih kalau lagi ngaca, dan bener sih bisa bikin kita lebih semangat lagi menjalani kegiatan emoticon-Big Grin

8. cintai diri kamu sendiri dan harus lebih percaya diri!

Quote:Original Posted By dol.gandong
karna.gak ada yang manjain.tapi jangan terlalu over ama diri sendiri..yang ada jadi muka tebal,egois,dan gak mau tau.karna terlalu mencintai diri sendiri,mulai terbuka dengan orang lain,adalah langkah berikut nya,dari langkah pertama,yaitu mencintai diri sendiri

Quote:Original Posted By slometan
Belajar menerima kekurangan diri sendiri, (kekurangan fisik, sifat dll) kekurangan diri adalah hal lamiah yg dimiliki semua orang sebagai human being. Tetapi untungnya Sang Pencipta juga mengkaruniakan kelebihan kepada kita, apabila kekurangan kita tertutupi dengan kelebihan kita, hasilnya akan jauh lebih bernilai.. Bahkan menginspirasi banyak orang.. Contoh: seorang anak autis yg jago melukis atau berhitung, dll..
Quote:Original Posted By yasharorthos
8. Bersyukur buat semua yang udah terjadi.

Bersyukur seringkali dilupain sm banyak orang. I think many people have no idea about this, but coba aja say thanks buat Tuhan yang Maha Esa. percaya aja lewat semua kejadian yang udh kita alami, sebenernya Tuhan pengen bikin fantastic (not fantasy) story di dlm kehidupan kita.

Dan jangan lupa belajar dari yang udah". Ada kalanya kita memang harus melupakan masa lalu dan memandang masa depan kita yang bakalan dateng dengan segera, tapi masa lalu bisa jadi referensi utk kita belajar supaya kita ga jadi bodoh di masa depan. Bodoh disini maksudnya ngulang kesalahan yang sama. Jangan nyerah, terus mencoba, dan jangan lupa doa biar Sang Pencipta jadi teman kita dlm membuat jalan cerita kehidupan kita.

Let's be the new me! Now see the future. Didepan kita udah menanti hal yang baru. Be better person, belajar dari pengalaman (tp jgn kelamaan dan terlalu dlm juga ngubek" masalalu nanti bs terjebak nostalgia haha) yang cukup, dan bersyukur buat semua yang udah Tuhan izinkan terjadi. Love yourself, and you can love people.

Semoga tambahan ini bs ngebantu emoticon-Smilie



Quote:
Like I said, “I am getting better and better at taking care of myself.” Jadi memang butuh proses untuk setiap hari semakin nyaman dengan diri sendiri dan bisa menjadi sahabat untuk diri sendiri.

Sejauh ini, seberapa kamu telah menjadi sahabatmu sendiri? share ya, thank youemoticon-Kiss (S)






xo,
@aristiwidya
Dari laman theUnlearn.com




Quote:
Ternyata jadi HT emoticon-Belo
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
Thank you semuanyaaaahhhh emoticon-Kiss (S)


Rekomended thread emoticon-Cendol (S)
Menjadi autentik. Apa artinya dan bagaimana caranya?
(Tentang menjadi "Be Yourself" tetapi tetap peduli dan mendengarkan lingkungan kita)
Diubah oleh theunlearnid
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 22 dari 36
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 15:50
Quote:Original Posted By danrer.danrer
wahh mencintai diri sendiri
kayaknya yang paling kita sering kita lakuin adalah memberi kata2 negatif pada diri sendiri ya emoticon-Big Grin
wah gw kan hopeless,yah mana sanggup gw..mati dehh sama si dia
entah itu masalah kerjaan,impian,cinta..ane akui ane sering kek gt.. emoticon-Big Grin
memandang yang ane suka seolah kasta teratas sementara ane kasta terbawah hha emoticon-Sorry
miris memang tapi itulah yang kebanyakan terjadi..apalagi untuk seorang yang bukan extrovert emoticon-Smilie


wiiiiiii emoticon-Matabelo

itu nyangkutnya ke belief kita gan emoticon-Malu
coba deh baca "What's you but?" <<< ini tentang limiting belief,
semoga bisa membantu emoticon-Embarrassment
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 15:50
Quote:Original Posted By theunlearnid
yoi gan, agan kapan pake porsi pas? emoticon-Ngakak (S)


menunggu waktu yang pas pula emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 15:50
Quote:Original Posted By theunlearnid


Jadi memang butuh proses untuk setiap hari semakin nyaman dengan diri sendiri dan bisa menjadi sahabat untuk diri sendiri gan, nikmatin aja dulu prosesnya emoticon-Embarrassment
sama-sama gan, semoga membantu yaaaa emoticon-Angel


Yoi gan ,,
Dan mnurut ane pntg bgt untuk memaafkan kesalahn" yg prnh kita buat dmasa lalu krena kbnyakan kita benci sma dri sndiri yach karena qta br sdar klo dlu qta tuh dlu prnh nglakuin ksalahan n akhrnya jd nyesel karenanya jthnya mlah nylahin dri sndiri scara berkepanjangan emoticon-Frown
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 15:51
Quote:Original Posted By theunlearnid


sedalem apa gan? emoticon-Bingung


Maksud ane, ane aja blm bisa memberikan cinta ke diri ane gan, gmna memberikan cinta ke orang lain.emoticon-Shakehand2
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 15:52
wow...tridnya keren buat bahan renungan emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 15:52
be yourself aja gan
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 15:53
Quote:Original Posted By theunlearnid


suatu hal itu menjadi negatif jika kita tidak bisa membuatnya menjadi lebih baik gan emoticon-Cendol (S)
kalau agan cerita-cerita apa sih dampak positif yang di timbulkan? terus ceritanya sama siapa dulu nih?
kalau agan suka dengan kerjaannya, meski gaji gak seberapa kenapa harus malu emoticon-Embarrassment


iya sih gan, harusnya ane g usah cerita pahitnya kerjaan ane.. ke kolega
harusnya yang positifnya aja
tp alhamdulilah sekarang udah dpt kerjaan lebih baik

nanti gan ane cendolin emoticon-Cendol (S)


btw ini tulisan ente sendiri emoticon-Bingung
Diubah oleh rusasakit
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 15:53
Quote:Original Posted By blackpink507


Yoi gan ,,
Dan mnurut ane pntg bgt untuk memaafkan kesalahn" yg prnh kita buat dmasa lalu krena kbnyakan kita benci sma dri sndiri yach karena qta br sdar klo dlu qta tuh dlu prnh nglakuin ksalahan n akhrnya jd nyesel karenanya jthnya mlah nylahin dri sndiri scara berkepanjangan emoticon-Frown


Betul gan, kalo kata papa “Kamu tidak akan pernah tahu keputusan kamu benar atau salah. Tapi selama kamu bisa mengubah itu menjadi sesuatu yang baik, itu tidak pernah jadi sebuah kesalahan.”
Kita bisa memaafkan, bisa belajar dari kedalahan, dan bisa membuat sesuatu menjadi lebih baik tentunya emoticon-Embarrassment
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 15:55
Percaya diri aja udah cukup, asal gak over
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 15:56
menjadi renungan buat diri sendiri gan emoticon-Malu (S)
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 15:58
Quote:Original Posted By theunlearnid


wiiiiiii emoticon-Matabelo

itu nyangkutnya ke belief kita gan emoticon-Malu
coba deh baca "What's you but?" <<< ini tentang limiting belief,
semoga bisa membantu emoticon-Embarrassment


ya kan banyak yang gitu gan hhe emoticon-Big Grin ane kira ga cuma ane aja hha
ok gan,ane baca dluemoticon-Ngacir
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 16:00
Quote:Original Posted By rusasakit


iya sih gan, harusnya ane g usah cerita pahitnya kerjaan ane.. ke kolega
harusnya yang positifnya aja
tp alhamdulilah sekarang udah dpt kerjaan lebih baik

nanti gan ane cendolin emoticon-Cendol (S)


btw ini tulisan ente sendiri emoticon-Bingung


alhamdulilah kan udah dapet kerjaan yang baik sekarang emoticon-Big Grin

cerita masalah(yang pahit-pahit) ke kolega itu dampaknya ke kita bisa akhirnya jelek, krn kita jd tukang curcol, cari pembenaran, dll. Jd memang mesti belajar cuek, in a way.
Nah, kalau mau ngomong ke kolega, bukan mengeluh tetapi minta masukan. Itu keren gan emoticon-Cool

wah di cendolin emoticon-Genit

iya gan, tulisan ane yang sebelumnya udah di post di website ane. kenapa gitu? emoticon-Bingung (S)

0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 16:00
Syukurilah hidup maka kamu akan hidup bahagia meski terkadang tidak menyenangkan
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 16:00
mantab gan,

inspiring emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 16:01
http://arowanbebas.blogspot.in/2015/04/setiap-pase-usia-adalah-golden-age.html?m=1
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 16:02
Quote:Original Posted By theunlearnid


wah, keren dong gan emoticon-Matabelo

kalo udah expert boleh ajarin ane ya gan emoticon-Embarrassment


Ah harusnya kan ente yang lebih expert gan
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 16:03
Quote:Original Posted By danrer.danrer


ya kan banyak yang gitu gan hhe emoticon-Big Grin ane kira ga cuma ane aja hha
ok gan,ane baca dluemoticon-Ngacir


emang gak cuma ente gan, tapi kalo ente berhasil keluar dari "zona" itu, berarti ente keren emoticon-Cool
sip gan, tinggalin jejak disana sekalian ya emoticon-Kiss (S)
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 16:04
Quote:Original Posted By priaCHANDRA


Ah harusnya kan ente yang lebih expert gan


kita sama sama belajar aja gan emoticon-Embarrassment
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 16:06
Quote:Original Posted By juragan04


Maksud ane, ane aja blm bisa memberikan cinta ke diri ane gan, gmna memberikan cinta ke orang lain.emoticon-Shakehand2


woh gitu emoticon-Big Grin
ya mulainya dari sini gan, belajar untuk nyaman dan bersahabat dengan diri sendiri emoticon-Cool
0 0
0
Menjadi sahabat untuk diri sendiri
09-04-2015 16:06
motivasi juga nih buat ane yang rendah diri ini emoticon-Embarrassment
0 0
0
Halaman 22 dari 36
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia