kurniadihusengoAvatar border
TS
kurniadihusengo
TIDUR SEHAT OTAK SEHAT
Para ilmuwan Swedia mengungkap mereka telah menemukan bukti lebih jauh bahwa tidur meningkatkan kesehatan sel-sel otak. Hasil ini diperole dari dua biomarker - petunjuk dari aktivitas biologis - yang ditemukan di dalam darah dari pria muda yang kekurangan tidur.

Untuk studi ini, sekelompok peneliti dari Uppsala University merekrut 15 sukarelawan bertubuh sehat , dan membuat mereka berada dalam kondisi kekurangan tidur selama semalam/sebaliknya , membuat mereka tidur selama 8 jam.

Dari antara mereka yang mengalami kekurangan tidur , tes darah menunjukkan peningkatan sekitar 20% dalam molekul khas bernama Neuron-Specific Enolase/NSE , dan S-100 protein B pengikat kalsium , atau S-100B.

Molekul-molekul otak ini biasanya meningkat dalam darah saat seseorang berada dalam kondisi kerusakan otak , ujar pakar ilmu saraf Christian Benedict.

Ini berarti , kekurangan tidur diduga meningkatkan peluang terhadap proses-proses Neurodegeneratif , sementara tdiur malam yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan otak.

Studi yang diterbitkan di dalam jurnal Sleep tersebut merupakan lanjutan dari penelitian yang diterbitkan sebelumnya di jurnal Science , yang menemukan bahwa tidur meningkatkan pembersihan limbah sel dari otak kita. Limbah tersebut mencakup Amyloid Beta , protein yang ketika terakumulasi bisa memicu Alzheimer.





MENGENAL MELATONIN

Melatonin adalah hormon yang diproduksi di dalam Kelenjar Pineal dan memegang peran penting dalam mengatur irama biologis kita , termasuk siklus tidur dan reproduksi.

Dalam sebagian besar hewan , Melatonin juga mengatur efek fisiologis yang muncul sebagai respon terhadap perubahan musim , seperti pertumbuhan bulu tebal saat musim dingin tiba.

Pada manusia , Melatonin paling umum dikenal sebagai pengatur siklus tidur dan bangun dalam Irama Sirkadian. Produksi Melatonin dipengaruhi pemaparan cahaya terhadap mata kita ; Melatonin meningkat saat malam hari dan menurun saat siang hari.

Meski tidak secara langsung memicu tidur , Melatonin memiliki efek yang terkait dengan tidur. Studi telah menunjukkan bahwa pada dosis tinggi , Melatonin bisa menurunkan suhu tubuh , mengurangi aktivitas motorik , dan meningkatkan rasa lelah.

Kini , Melatonin dipasarkan sebagai suplemen dan digadang-gadang sebagai obat ampuh untuk Insomnia , jet lag , dan penuaan. Namun , sesungguhnya efek keseluruhan dari suplemen Melatonin terhadap kesehatan kita masih belum banyak diketahui.
0
1.1K
11
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.