News
Batal
KATEGORI
link has been copied
235
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55175097138b46301f8b456b/waspada-pasar-properti-mulai-jenuh
Penulis : Dimas Jarot Bayu | Sabtu, 28 Maret 2015 | 23:43 WIB BEKASI, KOMPAS.com - Pasar properti Indonesia mulai memasuki masa jenuh. Hal ini ditandai dengan perlambatan yang mencapai titik minus lima persen hingga minus delapan persen. "Memang pergerakan pasar properti pada 2014 lambat, namun kuartal I/2015 ini lebih lambat lagi. Perlambatannya -5 persen hingga -8 persen. Saya prediksi perl
Lapor Hansip
29-03-2015 08:08

Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!

Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!

Penulis : Dimas Jarot Bayu | Sabtu, 28 Maret 2015 | 23:43 WIB

BEKASI, KOMPAS.com - Pasar properti Indonesia mulai memasuki masa jenuh. Hal ini ditandai dengan perlambatan yang mencapai titik minus lima persen hingga minus delapan persen.

"Memang pergerakan pasar properti pada 2014 lambat, namun kuartal I/2015 ini lebih lambat lagi. Perlambatannya -5 persen hingga -8 persen. Saya prediksi perlambatan akan terus terjadi sampai akhir 2015," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch, Ali Tranghanada kepada Kompas.com, di Bekasi, Sabtu (28/3/2015).

Ali mengatakan pasar properti pada tiga bulan pertama 2015 mencapai titik paling rendah sejak tahun lalu, seiring kondisi pasar yang sedang jenuh dan terlalu tingginya harga properti.

"Pasar kita ini sudah jenuh. Ketika hal ini terjadi maka pasar akan terbatas, dan tidak akan mengalami peningkatan. Apalagi dengan tingginya harga yang dipasarkan pengembang. Pasar Indonesia itu kan dominan kelas menengah tapi pengembangnya justru selalu main di atas," lanjut Ali.

Selain itu, kekacauan politik dan ekonomi yang melambat membuat banyak pemilik modal ketakutan untuk berinvestasi di sektor properti. Banyak investor menahan modal dan memilih menunggu situasi hingga kembali kondusif.

"Ada ketakutan sesaat para investor karena politik dan ekonomi kita ini sedang tidak stabil. Mereka sensitif terhadap masalah (politik dan ekonomi) ini sehingga masih menahan investasi," tambah Ali.

Meski begitu, Ali menegaskan bahwa bisnis properti akan terus merangkak dari keterpurukan hingga akhir tahun 2015. Namun kondisi tersebut perlu diperbaiki karena masih berada pada posisi minus.

"Banyak tanda-tanda properti ini akan merangkak naik. Suku bunga Bank Indonesia (BI Rate) disusul suku bunga Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) turun. Inflasi di Indonesia juga terjaga. Banyak pengembang Asia Pasifik, seperti Jepang, Tiongkok, bahkan Korea masuk ke Indonesia juga memperkuat basis ekonomi. Pemerintah juga sekarang sedang gencar membangun infrastruktur. Namun setahun ini masih akan tetap minus sebetulnya," papar Ali.

Ali juga menyebut untuk tahun ini, pengembang akan mengalihkan orientasinya ke pasar menengah melihat kondisi pasar kelas atas yang kian jenuh.

"Melihat pergerakan dari 2014 ke 2015, mulai ada keseimbangan (segmentasi pasar dan harga jual properti) yang akan menimbulkan kenaikan. Pengembang tahun ini diprediksi menyasar pasar menengah," tandas Ali.

Code:
http://properti.kompas.com/read/2015/03/28/234345521/Waspada.Pasar.Properti.Mulai.Jenuh.

Diubah oleh 4ka14
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 12
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
01-04-2015 20:18
Koq bisa jeuh orang banyak temen kantor ane yg belum punya rumah padahal rata2 gajinya ampir 2 digit semua
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
01-04-2015 21:00
udah.....jual batu aja bosss
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
01-04-2015 21:03
Quote:Original Posted By emptyshell
kalau di gogling rumah di tampa. Florida usa rumah seharga 80.000 usd udah dapet ukuran besar.. lah coba harga 1 milyat idr bisa dapet ukuran berapa di jakarta bandung medan dan surabaya ???




Jangankan di kota2nya, di satelit kotanya kayak bekasi, cibubur, tangerang aja ga msuk akal...developer keterlaluan, makanya ga usah beli dulu biar pada mampus dulu semuanya, kita liat yg katanya 3 tahun ga ada yg beli msh kuat...hahahah semuanya mhahaha bankk kok...dari mana mereka bisa bayar bunga plus utang klo ga laku2...

0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
01-04-2015 21:11
Quote:Original Posted By maknyuzz
Koq bisa jeuh orang banyak temen kantor ane yg belum punya rumah padahal rata2 gajinya ampir 2 digit semua




Kalo hampir 2 digit di jkt dan sekitarnya jngn mimpi punya gan, minimum 2 digit, atau joint income suami istri baru bisa nyicil, itupun nyicil ampe 20thn ( anak ampe idh lulus kul baru lunas ), itulah kurang ajarnya tukang goreng prproperti, padahal tmpt tinggal itu kebutuhan wajib...dan onget..gara2 bubbling orng2 nyicil 20 tahun sambil ngetatin ikat pinggang, developernya yg foya2...
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
01-04-2015 21:15
Quote:Original Posted By ahoenk234




Kalo hampir 2 digit di jkt dan sekitarnya jngn mimpi punya gan, minimum 2 digit, atau joint income suami istri baru bisa nyicil, itupun nyicil ampe 20thn ( anak ampe idh lulus kul baru lunas ), itulah kurang ajarnya tukang goreng prproperti, padahal tmpt tinggal itu kebutuhan wajib...dan onget..gara2 bubbling orng2 nyicil 20 tahun sambil ngetatin ikat pinggang, developernya yg foya2...


Stuju ma agan ini... Coba skalian tekunin dunia saham dlu sblum beli rmh.. Kmbang biakin bua DP.. Tp susah jg sih ya.. Butuh skill dan ksabaran..
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
03-04-2015 01:36
Harga rumah di Indonesia memang terlalu tinggi
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
03-04-2015 01:43
Quote:Original Posted By ahoenk234
Kita liat aja yg ngmng 3 thn ga kolaps, klo kejadian US 2008 terjadi diaini juga ntar bnyk rumah diskon, kecuali rumah2 di pusat kota, yerutama jakarta..jngn khawatir, lah ini rumah di ujung dunia harga selangit...siap2 aja yg maksain kpr skr, kena korban spekulan...


Yg pegang duit tarok aja dulu di emas...ga usah beli dulu, harga ga masuk akal...ini orng2 juga udah mulai mikir ke " yang penting makan dulu " karna kebutuhan yang naik...semua harga naik,...

Tahan and kita liat seberapa kuat sih developer2 itu, di amrek aja bangkrut.,...wakakaka


Ane juga lagi ngincer rumah nih
Ditahan dulu cash nya emoticon-Big Grin nunggu yg punya jual butuh emoticon-Big Grin
Harganya 100 jt diatas harga normalnya sich
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
03-04-2015 01:48
Masi jauh mimpi kalo mau jatuh properti di indonesia byk mafia tanah yg suka mengoreng harga apa lg yg iklan di tv. . A*ung s*d*yu. . Ditambah penduduk indonesia brojol gk kira" tiap tahun. .
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
03-04-2015 02:09
mampos lo yg tukang goreng2 hrg!

gegara kelakuan developer laknat tukang rusakin hrg pasar, rumah di gang / di kampung2 pun naek nga wajar.
skrg br mulai berasa imbasnya. lo tanyain dah org2 yg mau jual rumah, betapa gampangnya jual rumah hari gini.
temennya temen gw ada yg mau jual rumah dr 2 taon lalu, hrg awal 800jt skrg 500jt nego padahal rumah lama & luasnya cuma seiprit.
mampos aja tu manusia2 serakah emoticon-Ngakak
1 0
1
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
03-04-2015 02:33
dari dulu konon melambat, jenuh, dsb.... tapi harga tetep aj ga toron.

jd properti tetap lebih bahus drpd batu akik
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
03-04-2015 17:13
nyimak ajah emoticon-Malu
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
05-04-2015 17:19
jenuh pasti, karena pasokan banyak

turun harga pasti, tapi gak mungkin turun drastis harganya
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
05-04-2015 17:33
ada didaerah gua lebih tolol lagi kemaren iseng lewat situ ada yang bikin rumah cluster jual 1m


fasilitas kagak ada bro alias jalan kampung emoticon-Ngakak

cuman di jalan tikus doang jual 1m
emoticon-Gila
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
05-04-2015 17:39
Tahan ayo ditahan...
Jgn diambil dl rumahnya

yg baru berkeluarga jgn punya anak banyak2 ya,
pait2 anaklu bs nerusin rumah yg dah lu bangun.
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
12-04-2015 16:26
Jual rumah makin sulit jika harganya tidak masuk akal
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
17-04-2015 07:11
Quote:Original Posted By Klovvor
dari dulu konon melambat, jenuh, dsb.... tapi harga tetep aj ga toron.

jd properti tetap lebih bahus drpd batu akik


IyA gan tetep aja naik...
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
17-04-2015 07:38
makin susah mengendalikan harga pasar tanah dan bangunan terutama di kota besar.
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
21-04-2015 12:22
Yup ud mulai jenuh. Kmrn liat rmh di gang kcl cm bs msk mbl 1, di tengah kota jakarta harga "hanya" 2.3M. 6X13 luas tanah
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
21-04-2015 13:19
Quote:Original Posted By cocacolabottle
Yup ud mulai jenuh. Kmrn liat rmh di gang kcl cm bs msk mbl 1, di tengah kota jakarta harga "hanya" 2.3M. 6X13 luas tanah


Gila itu namaya emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)
================

Emang ya bisnis properti menggiurkan banget. Ortu gw udah ngerintis nih bisnis properti mulai dari bikin kos2xan gitu. Rencananya kalo gw jadi kuliah s2 di Jkrt, mau beli apartemen sekalian invest dari hasil duit kost2xan. Berhubung ada berita bakal terjadi buble, jadi mikir2x juga mw beli apartemen.. emoticon-Bingung (S)

ya moga tahun 2016 bublenya pecah yah gan.. biar jatuhnya murah emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Waspada, Pasar Properti Mulai Jenuh!
21-04-2015 13:25
Ini Pasti Salah Jongoswi emoticon-Marah
0 0
0
Halaman 9 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia