News
Batal
KATEGORI
link has been copied
4815
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008994943/serba-serbi-tilang
Assalamualaikum gan.. Ane cm mo bagi sedikit ilmu tentang lalu lintas terutama tilang dan segala hal yg berkaitan dengan hal tersebut pada agan2 sekalian,soalnya ane baca beberapa thread ttg tilang ada sedikit kesalahan konsep dari agan2… Langsung ja yah gan… Tilang adalah bukti pelanggaran,dmn berkas tilang itu ada 5 rangkap : 1.MERAH : diberikan pada pelanggar yg tdk koperatif dgn petugas n td
Lapor Hansip
06-06-2011 15:57

Serba Serbi Tilang

Assalamualaikum gan..

Ane cm mo bagi sedikit ilmu tentang lalu lintas terutama tilang dan segala hal yg berkaitan dengan hal tersebut pada agan2 sekalian,soalnya ane baca beberapa thread ttg tilang ada sedikit kesalahan konsep dari agan2…

Langsung ja yah gan…
tilang

tilang


tilang


Ni gan daftar denda2 tilang yg berlaku sekarang
keterangan

denda tilang

sumber : UU/22/2009 & PP 41-44 th 1993(aturan ini msh berlaku sampe ada penggantinya)

Sekian artikel dari saya,semoga bermanfaat
Quote:update aturan terkait lalu lintas
PP 32 th 2011 ttg MANAJEMEN DAN REKAYASA, ANALISIS DAMPAK, SERTA MANAJEMEN KEBUTUHAN LALU LINTAS
PP 37 th 2011 ttg FORUM LLAJ
PP 55 th 2012 ttg KENDARAAN
PP 80 th 2012 ttg PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR
Perkap 5 th 2012 ttg Registrasi dan Indentifikasi Kendaraan
Perkap 9 th 2012 ttg SIM+lampirannya
PP 50 th 2010 ttg Penerimaan Negara Bukan Pajak di POLRI



SEBELUM TNY2 WAJIB BACA INI
Quote:Original Posted By update
Tambahan Tentang Tilang
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...77&postcount=6
Prosedur Sidang Tilang
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...65&postcount=9
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...09&postcount=5
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...5&postcount=82
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...8&postcount=83
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=319
Lampu Siang Hari
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6781802
Kontroversi Slip Merah n Biru
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=167
http://www.kaskus.co.id/show_post/52...c000007/2262/-
Masyarakat meriksa Polisi
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=313
Perbandingan dgn Aturan Luar Negri
http://abateny.org/mclaws.html
Mekanisme Slip Biru,pengembalian sisa denda tilang(pengalaman Kaskuser)
http://www.kaskus.co.id/show_post/54...f8b456c/3357/-

Diubah oleh vitawulandari
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 179 dari 244
Serba Serbi Tilang
27-03-2015 10:34
Quote:Original Posted By buduik.ketek

sama2 gan emoticon-Shakehand2

selamat sidang gan.... emoticon-Big Grin

emg kesalahan supirnya apa gan?

Setiap saran, opini dan masukan yang saya tulis adalah murni Pendapat Pribadi.
Tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Gunakan untuk memperoleh "second opinion" untuk masalah Anda.
Kebijaksanaan dari para pembaca sangat disarankan.



oh kasus dan video itu kan yg masuk HT gan emoticon-Malu (S)

kalok gk salah:
- ada pengendara motor gak pake helm + masuk jalur busway
- busway nabrak motor tersebut

Pak polisi: Nilang supir busway + ngebebasin pengendara motor emoticon-Kiss (S)

NB: denger2 sih pengendara motornya perwira polisi gitu emoticon-Malu (S)
0 0
0
Serba Serbi Tilang
28-03-2015 10:46
Quote:Original Posted By m.kovacic10


oh kasus dan video itu kan yg masuk HT gan emoticon-Malu (S)

kalok gk salah:
- ada pengendara motor gak pake helm + masuk jalur busway
- busway nabrak motor tersebut

Pak polisi: Nilang supir busway + ngebebasin pengendara motor emoticon-Kiss (S)

NB: denger2 sih pengendara motornya perwira polisi gitu emoticon-Malu (S)

klo gak salah??brrti blm tentu benar dunk....
ada yg bisa mengklrifikasi kebenaran cerita yg beredar mpe skrg gak gan??sebab videonya sendiri gk jelas...tiba2 tu polisi dah didalam bus aja...emoticon-Bingung (S)
klo mw lanjut diskusinya,pindah ke trit sebelah aja gan

Setiap saran, opini dan masukan yang saya tulis adalah murni Pendapat Pribadi.
Tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Gunakan untuk memperoleh "second opinion" untuk masalah Anda.
Kebijaksanaan dari para pembaca sangat disarankan.

Diubah oleh buduik.ketek
0 0
0
Serba Serbi Tilang
28-03-2015 16:22
Quote:Original Posted By buduik.ketek

klo gak salah??brrti blm tentu benar dunk....
ada yg bisa mengklrifikasi kebenaran cerita yg beredar mpe skrg gak gan??sebab videonya sendiri gk jelas...tiba2 tu polisi dah didalam bus aja...emoticon-Bingung (S)
klo mw lanjut diskusinya,pindah ke trit sebelah aja gan

Setiap saran, opini dan masukan yang saya tulis adalah murni Pendapat Pribadi.
Tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Gunakan untuk memperoleh "second opinion" untuk masalah Anda.
Kebijaksanaan dari para pembaca sangat disarankan.



lebih jelasnya baca2 beritanya di media aja gan emoticon-Malu (S)

ane pan cuma share doang dimari emoticon-Malu (S)

menurut ane sih keduanya salah:
yg satu menabrak, yg satu lagi gak pake helm + masuk ke jalur busway

au dah keputusan polisi gmn emoticon-Malu (S)
0 0
0
Serba Serbi Tilang
29-03-2015 10:15
Quote:Original Posted By m.kovacic10


lebih jelasnya baca2 beritanya di media aja gan emoticon-Malu (S)

ane pan cuma share doang dimari emoticon-Malu (S)

menurut ane sih keduanya salah:
yg satu menabrak, yg satu lagi gak pake helm + masuk ke jalur busway

au dah keputusan polisi gmn emoticon-Malu (S)

menurut ane yg slah adalh yg melanggar aturan terlebih dahulu...siapa??ane juga gk tau...gk da cerita yg bisa dipastikan kebenarannya....tau2 si polisi dah di dalam bus aja

0 0
0
Serba Serbi Tilang
29-03-2015 12:32
Quote:Original Posted By buduik.ketek

menurut ane yg slah adalh yg melanggar aturan terlebih dahulu...siapa??ane juga gk tau...gk da cerita yg bisa dipastikan kebenarannya....tau2 si polisi dah di dalam bus aja



Ckck.. ya berarti si pengendara motor dong emoticon-Stick Out Tongue
sudah gak pake helm, plus masuk ke jalur busway pulak emoticon-Cape d... (S)
eh tapi kan pengendara motornya itu "u know who" emoticon-Malu (S)

cari info gan, di media banyak banget noh beritanya emoticon-Malu (S)

#SayaBerhak
0 0
0
Serba Serbi Tilang
31-03-2015 08:11
Quote:Original Posted By m.kovacic10


Ckck.. ya berarti si pengendara motor dong emoticon-Stick Out Tongue
sudah gak pake helm, plus masuk ke jalur busway pulak emoticon-Cape d... (S)
eh tapi kan pengendara motornya itu "u know who" emoticon-Malu (S)

cari info gan, di media banyak banget noh beritanya emoticon-Malu (S)

#SayaBerhak

tau drmn gk pake helm,tau drmn yg slah motor?
tau drmn supir bus salah,tau drmn busnya ngawur?

info di berita banyak gan,ada 2versi...mana yg benar?suara mayoritas apa minoritas?
klo mayoritas,apa mayoritas selalu benar?klo minoritas,apa minoritas selalu benar?

klo agan bisa ambil kesimpulan dari video yg cm sepotong,berarti agan hebat bgt dunk ya......soalnya di video itu gk menjelaskan apapun,isi berita?emg agan percaya ama isi media sekarang?ane sih gak....apapun beritanya,sblm ane bisa buktiin sendiri kebenarannya...

Setiap saran, opini dan masukan yang saya tulis adalah murni Pendapat Pribadi.
Tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Gunakan untuk memperoleh "second opinion" untuk masalah Anda.
Kebijaksanaan dari para pembaca sangat disarankan.

0 0
0
Serba Serbi Tilang
31-03-2015 13:13
Quote:Original Posted By buduik.ketek

tau drmn gk pake helm,tau drmn yg slah motor?
tau drmn supir bus salah,tau drmn busnya ngawur?

info di berita banyak gan,ada 2versi...mana yg benar?suara mayoritas apa minoritas?
klo mayoritas,apa mayoritas selalu benar?klo minoritas,apa minoritas selalu benar?

klo agan bisa ambil kesimpulan dari video yg cm sepotong,berarti agan hebat bgt dunk ya......soalnya di video itu gk menjelaskan apapun,isi berita?emg agan percaya ama isi media sekarang?ane sih gak....apapun beritanya,sblm ane bisa buktiin sendiri kebenarannya...

Setiap saran, opini dan masukan yang saya tulis adalah murni Pendapat Pribadi.
Tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Gunakan untuk memperoleh "second opinion" untuk masalah Anda.
Kebijaksanaan dari para pembaca sangat disarankan.



wih masih gak percaya emoticon-Belo

yaudah sih serah ente emoticon-Stick Out Tongue

cukup tau emoticon-Malu (S)

++----------------------++

CASE CLOSED emoticon-Betty (S)

0 0
0
Serba Serbi Tilang
31-03-2015 13:24
Quote:Original Posted By m.kovacic10


wih masih gak percaya emoticon-Belo

yaudah sih serah ente emoticon-Stick Out Tongue

cukup tau emoticon-Malu (S)

++----------------------++

CASE CLOSED emoticon-Betty (S)


wkwkwkwkwk.....
yg ane percaya itu tuhan,bukan media gan.....
sama ane percaya klo ane dh buktiin sendiri,bkn cm terima mentah2 dari media...lgian seingat ane td dari media jga ada klarifikasi dari pihak polisi....
mana yg benar?ane mah gk yakin dua2nya emoticon-Ngakak (S)

klo ente cermati postingan2 ane di kaskus,ente akan tau sikap ane thd kasus2 yg melibatkan polisi....emoticon-Malu (S)
benar kita bilang benar,salah kita bilang salah...gk perduli itu polisi,tentara,masy,kpk,pemerintah...semua sama aja

kan dh ane bilang,klo mw dilanjut diskusinya,pindah trit aja...ada noh di trit sebelah,blm diclosed ama momod cantik emoticon-Kiss (S)
ane layani agan diskusi dengan kepala dingin dan akal sehat di trit sebelah klo berkenan emoticon-Malu (S)

atau jangan2 agan ada di dalam bus,klo iya....ane percaya ama keterangan agan 100% emoticon-Malu (S) emoticon-Betty (S)
=====
edited :
br dpt link yg ane baca2 soal keterangan dari pihak polisi
https://www.facebook.com/notes/tmc-p...52865532426647
http://www.rmoljakarta.com/read/2015...-TransJakarta-

jad sekali lagi,siapa yg agan percaya emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer (S) emoticon-Wink

Diubah oleh buduik.ketek
0 0
0
Serba Serbi Tilang
01-04-2015 10:25

kena tilang di luar kota

guys, mau numpang tanya nih. saudara saya kebetulan baru pertama nyetir ke jakarta, dia salah di bunderan HI soal jalir kiri n kanan ( kiri belok kiri, kanan belok kanan ), berhubung pelat D, jadilah kena ama pol jakarta. oke lah kita salah, sim mau diambil dan harus bayar ke bri, tapi harus ttp ambil sim di jakarta. polisinya henat , jujur sampai diminta bantuan sampai 500rb pun gak mau. sebenarnya kalau untuk orang di luar kota ada nggak sih aturannya bisa bayar di kota asal ( bandung ) dan ambil sim nya juga di kota asal ( dikirim via JNE dsb ) ? kasihan juga orangnya kerja kantoran sibuk banget.
0 0
0
Serba Serbi Tilang
01-04-2015 11:17
Quote:Original Posted By GODBLESSME
guys, mau numpang tanya nih. saudara saya kebetulan baru pertama nyetir ke jakarta, dia salah di bunderan HI soal jalir kiri n kanan ( kiri belok kiri, kanan belok kanan ), berhubung pelat D, jadilah kena ama pol jakarta. oke lah kita salah, sim mau diambil dan harus bayar ke bri, tapi harus ttp ambil sim di jakarta. polisinya henat , jujur sampai diminta bantuan sampai 500rb pun gak mau. sebenarnya kalau untuk orang di luar kota ada nggak sih aturannya bisa bayar di kota asal ( bandung ) dan ambil sim nya juga di kota asal ( dikirim via JNE dsb ) ? kasihan juga orangnya kerja kantoran sibuk banget.


sayangnya tidak ada gan mekanisme bayar tilang dikota asal . tilang dibayar berdasarkan kota tempat agan terkena tilang. kalau bayar dan ambil BB (SIM) bisa diwakilkan.
0 0
0
Serba Serbi Tilang
01-04-2015 11:49

cukup merepotkan ya kalau beda kota kena tilang nya.

sayang yah sistem bayar tilang di kota asal begitu tidak ada di di Indonesia. Yang lebih disayangkan lg polisinya asem juga gaada maaf padahal orang beda kota rasanya masih masuk diakal dimaafkan kalo melanggar ringan seperti itu.
0 0
0
Serba Serbi Tilang
01-04-2015 11:55
gan tanya dong...ada seorang pengendara (mobil) nabrak adik ane (pake motor)
kronologisnya : adik ane bawa motor lurus, mobil nya belok masuk ke komplek ruko, dan tiba2 nabrak adik ane.

singkat cerita kami tidak selsaikan di polisi karena pengendara mobil mau tanggung jawab, tapi semakin lama semakin ga mengenakkan (mau lari dr tanggung jwab), dan terakhir dia blg lapor polisi aja dan lpas tanggung jawab...

hari ini sudah sekitar 1 minggu dari kejadian, apakah masih dapat dipolisikan? motor sudah diperbaiki (masih di bengkel tunggu orangnya bayar), adik ane jelas masih SMA jd belom ada SIM

ane siap bayar denda tilang ga ada SIM nya, asalkan tuh orang jera.

dan apakah bisa di kenakan pasal 310 ayat 2?

ralat...hampir 2 minggu
Diubah oleh cocokmology
0 0
0
Serba Serbi Tilang
02-04-2015 02:05

tanya

Ask dong,
semisal saya bawa ranmor roda 2 dengan kelengkapan sangat standar, diberhentikan dan di tilang gara2 sim mati. singkat cerita sang oknum polisi menawarkan (baca:memaksa) saya untuk bayar di tempat. menurut postingan terdahulu, tidak ada yang namanya bayar "nitip", dan hal tersebut termasuk tipikor (suap)
di kasus tsb saya menolak, dan saya memilih untuk sidang.
pertanyaan saya;
1.apakah oknum polisi tersebut bisa saya laporkan ke propam?
2.jika bisa, apa saya perlu mengumpulkan barang bukti dan saksi?
3.apakah rakyat biasa seperti saya bisa terjamin tidak di "balik" tuntut oleh orang/instansi tertentu?

Terima kasih
0 0
0
Serba Serbi Tilang
02-04-2015 17:53
Numpang nanya gan...

Setahun yg lalu ane kena tilang diluar kota, karena faktor jarak dan kesibukan ane gak sempet ikut sidang sampai sekarang...

Karrna berapa bulan lagi SIM ane akan habis masa berlakunya , ane mau ambil itu SIM gan ...

Nah...
Pertanyaannya...
Apakah SIM ane masih ada dikejaksaan gan ? mengingat udah setahun lebih tidak diurus...

Sekian gan pertanyaan ane , mohon pencerahannya dan terima kasih
0 0
0
Serba Serbi Tilang
02-04-2015 18:10
disini angker gan...penghuninya entah kmn emoticon-Takut:
0 0
0
Serba Serbi Tilang
02-04-2015 19:45
Quote:Original Posted By GODBLESSME
sayang yah sistem bayar tilang di kota asal begitu tidak ada di di Indonesia. Yang lebih disayangkan lg polisinya asem juga gaada maaf padahal orang beda kota rasanya masih masuk diakal dimaafkan kalo melanggar ringan seperti itu.


kl emang gak tau apalagi beda daerah terkadang suka dikasih toleransi tp sifatnya diskresi / tergantung kebijakan masing2 anggota di lapangan.

kadang ane heran , pernah nonton acara 86 ada motor dr arah slipi yg "salah jalan" masuk Jalan tol Tangerang setelah diperiksa ternyata org tsb Sim Bogor
Setelah dijelaskan dia baru tau kl itu jalan tol dan akhirnya ditilang setelah itu anggota kembali melanjutkan perjalanan

Yg bikin ane aneh pas dia lagi gatur di perempatan lampu merah menemukan pemotor naik ke trotoar tp kok cuma diperingatkan aja.

Kasus pertama jelas2 si pemotor gak tau jalan , memang ane akui rambu di wilayah slipi arah masuk ke tol Tangerang agak kurang jelas apalagi buat pengendara luar kota yg blm pernah ke slipi ..
Dulu th 2000an waktu ane mash SmU pernah masuk ke jalan tol tsb lalu dikasih tau pengendara mobil dan ane lgsg balik emoticon-Big Grin

Kasus kedua jelas2 tuh pemotor bloon gara gara macet naik ke trotoar yg bukan hak dia kok cuma ditegur aja emoticon-Nohope
0 0
0
Serba Serbi Tilang
02-04-2015 19:49
Quote:Original Posted By cocokmology
gan tanya dong...ada seorang pengendara (mobil) nabrak adik ane (pake motor)
kronologisnya : adik ane bawa motor lurus, mobil nya belok masuk ke komplek ruko, dan tiba2 nabrak adik ane.

singkat cerita kami tidak selsaikan di polisi karena pengendara mobil mau tanggung jawab, tapi semakin lama semakin ga mengenakkan (mau lari dr tanggung jwab), dan terakhir dia blg lapor polisi aja dan lpas tanggung jawab...

hari ini sudah sekitar 1 minggu dari kejadian, apakah masih dapat dipolisikan? motor sudah diperbaiki (masih di bengkel tunggu orangnya bayar), adik ane jelas masih SMA jd belom ada SIM

ane siap bayar denda tilang ga ada SIM nya, asalkan tuh orang jera.

dan apakah bisa di kenakan pasal 310 ayat 2?

ralat...hampir 2 minggu


Pendapat ane mengemudikan kendaraan tanpa memiliki Sim udah kesalahan besar emoticon-Hammer
Nah soal mau tuntut balik nunggu Ts disini kasih penjelasannya yah
0 0
0
Serba Serbi Tilang
02-04-2015 19:56
Quote:Original Posted By ranggamaniax
Ask dong,
semisal saya bawa ranmor roda 2 dengan kelengkapan sangat standar, diberhentikan dan di tilang gara2 sim mati. singkat cerita sang oknum polisi menawarkan (baca:memaksa) saya untuk bayar di tempat. menurut postingan terdahulu, tidak ada yang namanya bayar "nitip", dan hal tersebut termasuk tipikor (suap)
di kasus tsb saya menolak, dan saya memilih untuk sidang.
pertanyaan saya;
1.apakah oknum polisi tersebut bisa saya laporkan ke propam?
2.jika bisa, apa saya perlu mengumpulkan barang bukti dan saksi?
3.apakah rakyat biasa seperti saya bisa terjamin tidak di "balik" tuntut oleh orang/instansi tertentu?

Terima kasih


1. Bisa laporin aja
2. Minimal ad bukti rekamannya gan apalagi kl ada saksi lbh bagus lg
3. Selama sifatnya bukan fitnah ane rasa gak mungkin dituntut balik
0 0
0
Serba Serbi Tilang
02-04-2015 19:57
Quote:Original Posted By adi.aja
Numpang nanya gan...

Setahun yg lalu ane kena tilang diluar kota, karena faktor jarak dan kesibukan ane gak sempet ikut sidang sampai sekarang...

Karrna berapa bulan lagi SIM ane akan habis masa berlakunya , ane mau ambil itu SIM gan ...

Nah...
Pertanyaannya...
Apakah SIM ane masih ada dikejaksaan gan ? mengingat udah setahun lebih tidak diurus...

Sekian gan pertanyaan ane , mohon pencerahannya dan terima kasih


Pertanyaan yg sulit emoticon-Hammer diCoba aja ke kejaksaan setempat
Pernah baca2 ada yg udah setahun lbh tp barang buktinya mash ada di kejaksaan
0 0
0
Serba Serbi Tilang
02-04-2015 19:59
Quote:Original Posted By cocokmology
disini angker gan...penghuninya entah kmn emoticon-Takut:


Ada kok emoticon-Stick Out Tongue
Harap maklum kl lama dibalasnya soalnya punya kesibukan masing2 emoticon-Big Grin

Sebenernya yg ditanyakan sama kaskuser rata2 atau mayoritas sudah pernah dibahas emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Halaman 179 dari 244
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia