News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1019
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55010ba01cbfaa033c8b4574/mengapa-saya-harus-memulai-karir-di-perusahaan-besar
Halo Agan & Aganwati! Salam kenal dari karir.com, kontributor baru di Subforum Lowongan Kerja. Karir.com adalah salah satu situs rekrutmen tenaga kerja online terbesar dengan informasi lowongan ker
Lapor Hansip
12-03-2015 10:44

Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?

Past Hot Thread
Quote:
Halo Agan & Aganwati!

Salam kenal dari karir.com, kontributor baru di Subforum Lowongan Kerja. Karir.com adalah salah satu situs rekrutmen tenaga kerja online terbesar dengan informasi lowongan kerja terbaru setiap hari dari berbagai perusahaan di Indonesia. Kedepannya, Karir.com akan membahas seputar tips yang berhubungan dengan karir (seperti memilih perusahaan, memilih pekerjaan yang cocok, sampai memilih pekerjaan baru).

Profile dan jadwal tanya jawab Kaskuser - Karir.com bisa dilihat di sini

Terima Kasih


Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?

Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
gambar di ambil dari www.simpletuition.com

Semester akhir menjelang lulus, pertanyaan “Mau berkarir di mana?” menjadi momok bagi sebagian besar mahasiswa yang nilainya pas-pasan. Kenapa sebagian besar? Karena sebagian kecil lainnya mungkin sudah mendapatkan tempat berkarya di perusahaan bonafid melalui rekrutmen langsung melalui kampus. Sebagian kecil ini adalah mereka yang memiliki nilai IPK mumpuni dan sudah lolos serangkaian seleksi dan tes dari perusahaan tersebut. Mereka sudah tersenyum lebar dan siap berkarya.

Sebutlah Astra International yang rajin melakukan Campus Hiring untuk beberapa program Management Trainee dan Pelatihan lainnya. Ketika saya masih kuliah dulu (dulu sekali), beberapa perusahaan lalu lalang di kampus mengadakan seleksi langsung di tempat. Astra merupakan salah satu incaran, lantas ada Bank Bali (sekarang sudah almarhum), Bank Niaga dan bank-bank lainnya. Bukan Bank Romli ya. Dia mah yang jualan sate di depan komplek.

Ada juga Freeport, Schlumberger, Ernst and Young dan masih banyak company lainnya yang berlomba mendapatkan talenta terbaik dari kampus saya, Universitas Gadjah Mada. Agak bangga dikit karena Presiden kita sekarang anak UGM juga. Tapi beda fakultas ya, saya anak Ekonomi, Jokowi anak Hutan (Kehutanan maksudnya).

Lantas bagaimana dengan sebagian besar dari mahasiswa yang nilainya pas-pasan?
Yang gak kuliah di kampus terkenal? Sehingga tidak dilirik sama perusahaan besar?

Singkat kata, bagaimana nasib Anda yang sedang membaca artikel ini?
Akuilah, kalau Anda sudah diterima di perusahaan besar tersebut, ngapain juga baca artikel ini?
Tapi, apakah berarti Company tidak akan merekrut Anda?
Beneran pengen tau jawabannya? Baca terus artikel ini…

Quote:Fakta yang ada
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
gambar di ambil dari www.cheekyscientist.com

Pahami dulu fakta ini. Setiap tahunnya Indonesia melahirkan 300 ribuan mahasiswa baru lulus kuliah dengan gelar sarjana atau diploma. Sayangnya, setiap tahun juga tidak kurang dari 15 ribuan atau sekitar 5% dari mereka masih menyandang gelar tambahan, pengangguran. SEp, Sarjana Ekonomi pengangguran. STp, Sarjana Teknik pengangguran.
Kok bisa? Katanya ekonomi kita masih membaik?

Ya memang, karena company lebih baik tidak melakukan rekrutmen jika kandidat tidak memenuhi kualifikasi.


When we should to start?
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
gambar di ambil dari www.cheekyscientist.com

Jadi, mulai dari mana?
Saya selalu menganjurkan untuk memulai awal karir Anda dengan perusahaan besar yang bonafid dan memiliki reputasi.
Mengapa?
Jawabannya satu : SISTEM.
Apa maksudnya?
Semua perusahaan besar pastinya mulai dari kecil. Nah, mereka bisa besar karena memiliki inovasi dan sistem. Tanpa sistem, hampir mustahil rasanya sebuah perusahaan akan menjadi besar. Dengan sistem yang mereka jadikan formula ini, maka mereka bisa memperbesar skala bisnis mereka.

Nah, jika Anda sudah menguasai sistem mereka ini, maka skill Anda akan jauh lebih dihargai di perusahaan lain. Sebagai contoh, ketika saya memulai karir saya setelah lulus kuliah, saya berkarir di salah satu bank Nasional terbaik, dan banyak atasan saya berasal dari Citibank. Mereka diberi julukan Citibankers.
Kenapa karir mereka bisa melesat lebih cepat dibandingkan yang lain?
Ya, jelas karena perusahaan menilai mereka telah memiliki pengalaman dengan perusahaan dengan skala yang jauh lebih besar dan telah menguasai sistem yang mampu membawa perusahaan ke skala tersebut.

Beberapa citibankers yang cukup populer diantaranya, Rini Suwandi (sekarang Rini Soemarno), yang kini menjabat menteri, Stanley Atmadja, pentolan grup Adira. Auddie Wiranata, kini PresDir Asuransi Aviva.

Tentu saja banyak elemen lain yang mampu membuat seseorang bisa menjadi ON TOP, diantaranya kemampuan memimpin (leadership). Tapi, ini adalah topik yang berbeda dan bisa panjang sekali kalau dijabarkan. Mari kita fokus dengan topik mengapa Anda harus memulai karir di perusahaan Besar.

Bagaimana Anda mengidentifikasi perusahaan besar tersebut?
Beberapa langkah cepat yang dapat saya anjurkan:

Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
gambar di ambil dari www.noesisresearch.com.au
1. Lakukan riset
Anda hidup di jaman google. Cari tau, perusahaan mana yang saat ini sedang gencar melakukan ekspansi usaha.

Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
gambar di ambil dari www.nextgenerationgrowth.files.wordpress.com
2. Sebaiknya fokus pada jurusan Anda.
Jika Anda lulusan akuntasi, masak iya mencari pekerjaan di Administrasi Hukum, misalnya? Jika Anda lulusan Ekonomi, masak iya mencari pekerjaan teknis?
Walaupun faktanya di lapangan banyak orang yang berkarir (dan sukses) dengan latar belakang pendidikan yang berbeda, tetap hal ini jangan dijadikan acuan.

Menurut saya, anomali ini hanya terjadi jika Anda lulusan kampus-kampus terbaik di tanah air, misalnya IPB (Insititut Pertanian Bogor), yang jelas – jelas banyak lulusannya menjadi Bankir yang kampiun. Tapi ya, karena dia adalah lulusan IPB. Institut Pleksibel Banget.

Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
gambar di ambil dari www.ncsl.org
3. Targetkan 10 perusahaan yang menurut Anda terbaik
dan lakukan riset lebih mendalam lagi terhadap perusahaan tersebut.

Memulai berkarir adalah langkah penting dalam hidup Anda. Jangan sampai salah. Memilih perusahaan pertama berkarir bagi saya seperti memilih Universitas yang bagus ketika Anda lulus SMA. Karena perusahaan ini akan menjadi tempat Anda kembali ‘belajar’ dan menjadi lulusan yang berharga.

Nah, saya yakin Anda banyak pertanyaan setelah membaca artikel di atas. Silakan.
Dino Martin
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
Diubah oleh KASKUS.Update
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 36 dari 53
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:05
Ane semester akhir tapi masih bingung mulai karir dari mana , tapi ane lebih mau usaha emoticon-Betty
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:06
Ane masih kuliah di nurusan teknik, tapi mudah-mudahan nanti ane bisa kerja di perusahaan besar yg sudah lama saya idam-idamkan..
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:07
saya juga pengen kerja di perusahaan bonafit tapi saya kuliah di kampus yg tidak terkenal, soal nilai saya diatas rata-rata tapi bukan unggulan juga..apa mungkin bisa?
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:09
nice gan, klo ane sebagai jur informatika dan lbh tepatnya kuli coding. lbh baik sih mulai dr vendor (software house) walaupun pendapatan awalnya d bwh perusahaan besar tp ilmu dan pengalaman yg di dpt jauh lbh banyak dr yg lgs berkarir di user. karena di vendor kita bakal di pecut dan tenaga kita dipakek semaksimal mungkin dgn pendapatan yg tak seberapa. cuma ketika sudah +- 3thn berkarir di vendor dan pindah ke user, disini kita bisa loncat jauh drpd temen kita yg dr awal lgs masuk sbg user. emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:10
pertamaxx
ane jga mw gan punya career di perusahaan besar
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:11

hari gini masih jadi karyawan???

Ane mau berbagi pengalaman nih buat agan & agan wati sekalian emoticon-Smilie

Ane sendiri lulusan Teknik informatika, lulus dgn ipk cukup, awal setelah wisuda ane sibuk tuh cari kerja, ane coba lamar kesana kemari, akhirnye ane dpt kerja di sebuah perusahaan finance, ya buat freshgruade ane seneng banget bisa dpt kerjaan, lambat laun ane ngerasa hidup ane monoton gak berkembang, akhirnye ane putusin resign trus cari tempat kerja yg lbh wokee, singkat cerita ane ketrime di salah satu bank swasta, secara level ane naik tuh dari finance ke bank, tapi yg ane rasain tetep sama (itulah nasib karyawan),
Ane harus bangun pagi buat berangkat ke kantor trus plg gak tentu kadang sampe malam *oh noo!!!*

Coba bayangin Ane yg katane Pegawai Bank, pake kostum rapi, sepatu kinclong trus masuk dari pasar ke pasar buat cari nsbh yg notabene para pedagang yg maaf kate 'sdm lbh rendah dari ane'

Dsitu ane mulai berpikir, ane rapi gini 'trus cari nbsh yg hanya pedagang yg sekolah tapi kagak lulus trus mreka bisa nabung banyak lagi (lah ane yg kata orang ini keren emoticon-Big Grin tapi gak bisa nabung)
Yang ade tiap gajian hanya tahan sampe 2minggu emoticon-Frown *disitu kadang saya merasa sedih

Lah akhire ane putusin buat resign *ane putusin untuk mulai berbisnis *ane kagak mau jadi budak terus *betul bgt kate Enkong bob sadino, orang pintar itu ujung2e jadi karyawan emoticon-Big Grin
Kalo orang Bodoh jadi bosNya karyawan mantabss emoticon-Big Grin

MAU PERUSAHAAN KECIL ATAU BESAR , MAU POSISI STAF ATAU MANAGER KALIAN TETEP KARYAWAN GAN, YANG HARUS JADI BUDAK TRUS DAPET UPAH TIAP BULAN !!!

HARI GINI SEKOLAH TINGGI UJUNG2NYE BANGGA JADI KARYAWAN !!!

Ayo guys rubah mindset ' Kita adalah pemimpin diri kita sendiri' Salam Entrepeneurship !!!
Diubah oleh jhony.blakblak
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:12
perusahaan besar biasanya gajinya juga besar gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:14
Quote:Original Posted By xiaope
for fresh graduate gw malah nyaranin buat di perusahaan kecil dulu, dari segi pengalaman ya pure bukan mikirin gaji,
karna biasanya diperusahaan kecil, lo bakalan belajar LEBIH banyak karna perusahaan kecil masih minim dari segi kesiapan baik dari sistem maupun penyelesaian masalah.

Ini kejadian ama gw dan beberapa temen gw yang mulai karir diperusahaan kecil terlebih dahulu, pas 1 tahun kita nyari pengalaman diperusahaan kecil terus pindah ke perusahaan besar, haha lucu ketemu masalah2 yang uda perna dialamin sewaktu kita masih diperusahaan kecil, dan lucunya kita jadi kayak problem solver handal emoticon-Ngakak (S) karna orang ga kepikiran solving masalah yang sebenernya ga ribet apalagi da didukung system mumpuni dan juga lebih banyak team yang bisa bikin kerjaan lebih cepat kelar emoticon-Big Grin

So far, jangan perna mau diem disatu tempat bertahun2, harus terus cari ilmu dan jangan mau terikat di comfort zone kalau mau cepat maju emoticon-Smilie

oke anak muda emoticon-Ngacir



betul, tapi kalau ane tetap mencari perusahaan yang bisa dibilang besar juga apalagi di media, nama dan juga kultur menjadi kunci utama nya. dan satu lagi pemilik media neh siapa dulu, kalau politik dan terkenal suka potong dan rekayasa informasi seeh ane ga mau deh.

Dan juga kalau di perusahaan kecil kebanyakan yang megang biasanya orang yang udah professional atau yang pernah kerja di media besar biasanya lebih enak bagi ilmu dan juga lebih bebas.
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:14
Emg bner gannn.
Trus brjuang
Dn ttp smngat
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:14
Quote:Original Posted By karir.com


Betul Bro Yusuf.... tapi perusahaan dari luar negeri BMW dan L'Oreal misalnya, mereka juga memulai dari kecil semua. Jadi besar ya karena memiliki sistem dan inovasi. Eugene Schueller, pendiri L'Oreal awalnya ya ahli kimia (chemist) yang membuat hair color / pewarna rambut dan dijual keliling.


jd pilih yang mana nih? perusahaan yang skala bisnisnya sudah besar atau dengan yang skala tidak besar..
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:14
ide yang bagus gan...
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:15
kl menurut ane perusahaan besar sulit ditembus, makanya bs dijadikan refrensi kl kita pernah magang disana
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:17
nais tips gan buat para mahasiswa yang mau lulus sama yang mau kerja sambil kuliah
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:17
kunci sukses emoticon-Matabelo
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:18
bener banget tuh gan
biar tahu sistem kerja yang profesional
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:18
semua pasti pengen gan kerja di perusahaan besar
tapi susah masuknya emoticon-Big Grin
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:21
Quote:Original Posted By prahenda



betul, tapi kalau ane tetap mencari perusahaan yang bisa dibilang besar juga apalagi di media, nama dan juga kultur menjadi kunci utama nya. dan satu lagi pemilik media neh siapa dulu, kalau politik dan terkenal suka potong dan rekayasa informasi seeh ane ga mau deh.

Dan juga kalau di perusahaan kecil kebanyakan yang megang biasanya orang yang udah professional atau yang pernah kerja di media besar biasanya lebih enak bagi ilmu dan juga lebih bebas.


hooh, biasa karna atasan masi terjamah, lo bakalan bisa belajar banyak, dapet bos yang enak sih bakalan mau share banyak hal, dari beberapa bos yang gw punya, mereka dengan senang hati ngajarin, selama kita niat belajar, dan mereka juga bilang ke semua staff, jangan jadikan perusahaan ini pemberhentian terakhir, ambil ilmunya, kalo ada tawaran lebih baik, kenapa ditolak? getoh
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:22
Ninggalin jejak dlu.
0 0
0
Mengapa saya harus memulai karir di perusahaan besar?
13-03-2015 14:23
saya termasuk yang gagal sekolah bray............

lulus sekolah ane cari kerja bray............

untuk jadi tukang nasi goreng pun ane gak berani bray........

WTF bray emang pendidikan kita kalau jauh sama malon
0 0
0
Halaman 36 dari 53
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia