thedakotaAvatar border
TS
thedakota
Agan suka nahan buang air kecil ? nih gan dampaknya......


Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil



Jangan menyepelekan kebiasaan menahan pipis kencing (buang air kecil) karena bila hal ini terus menerus dilakukan akan bisa berakibat kurang baik terhadap kesehatan diri kita masing-masing. Menahan kencing seringkali dilakukan oleh tidak sedikit orang karena alasan tertentu. Bisa karena tempat buang air (WC) yang kotor atau pun alasan lainnya.
Akan tetapi dilihat dari segi kesehatan hal ini kurang baik untuk kesehatan terutama kesehatan yang berkaitan dengan saluran perkemihan. Kita ketahui bersama bahwasannya yang dimaksud dengan pengertian definisi urine adalah merupakan cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh. Urine terdiri dari bahan terlarut berupa sisa metabolisme di tubuh seperti urea, garam terlarut dan bahan organik lainnya yang tidak diperlukan oleh tubuh.
Berikut adalah merupakan paparan dari seorang dokter spesial urologi (Dr. Nur Rasyid Sp.U) mengenai hal ini "Jika seseorang memiliki masalah di kandung kemih seperti pompa yang kurang baik atau kandung kemih yang sudah berlebih maka bisa jadi saat buang air kecil, urine yang keluar tidak sampai selesai. Sisa urine yang tertinggal di kandung kemih bisa menyebabkan infeksi di saluran kemih".

Dinding kandung kemih memiliki reseptor yang mengukur berapa banyak kandung kemih mampu untuk menampung urin yang masuk . Ketika kandung kemih kita hampir penuh, reseptor ini akan mengirim sinyal ke otak untuk memberitahu kita bila telah tiba waktunya untuk ke kamar mandi.
Dalam situasi yang normal, otak akan mengirim sinyal ke kandung kemih untuk menutup erat sampai waktu yang tepat tiba(ketika ditoilet). Kebanyakan orang dewasa memiliki kontrol, dan bisa menahan buang air kecil selama diperlukan. Hanya saja bila berlebihan akan menimbulkan penyakit akibat menahan kencing ini bisa saja terjadi.
Ketika seseorang menahan buang air kecil, maka kandung kemih akan melakukan mekanisme seperti halnya melar atau pun meregang, hal ini tentunya akan mengakibatkan pompa di kandung kemih tidak bisa berfungsi dengan baik saat buang air kecil. Sehingga tak jarang banyak orang yang baru selesai buang air kecil, tak lama kemudian akan timbul kembali rasa ingin pipis.

Penyakit Akibat Menahan Kencing
Ada beberapa jenis penyakit yang bisa ditimbulkan oleh karena seseorang seringkali menahan pipis atau buang air kecil. Dan diantaranya adalah :

Spoiler for 1. Infeksi Ginjal.:

Spoiler for 2. Infeksi Saluran Kemih.:

Spoiler for 3. Gagal Ginjal.:

Spoiler for 4. Batu Ginjal.:



0
44.6K
590
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.