thedakotaAvatar border
TS
thedakota
Efek Membakar dan Mengubur Sampah


Efek negatif membakar dan mengubur sampah merupakan sesuatu hal yang penting untuk dibahas. Kini, salah satu masalah yang melanda lingkungan kita adalah pencemaran sampah. Pengelolaan sampah yang baik dan benar harus digalakan kepada setiap lapisan masyarakat untuk membuat lingkungan kita menjadi lebih bersih dan sehat.
Salah satu langkah yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengelola sampah adalah dengan membakar dan menguburnya. Tetapi, sebelum kita melakukan hal tersebut, ada baiknya kita mempelajari tentang efeknya lebih dahulu.


Dampak Pembakaran Sampah


Kita berusaha membakar sampah untuk menanggulangi pencemaran lingkungan. Tetapi, tahukah agan bahwa pembakaran sampah juga bisa mencemari udara? Ini tentu erat kaitannya dengan kesehatan manusia dan ekosistem lainnya. Beberapa efek negatif membakar dan mengubur sampah dibawah ini semoga bisa menjadi pelajaran untuk kita.

• Menghasilkan CO2. Pembakaran sampah akan menghasilkan sebuah racun yang justru tidak dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh membuang gas CO2 dalam proses respirasi. CO2 yang dihasilkan dari pembakaran tentu membahayakan manusia dan juga memberikan efek buruk pada kesuburan tanah.

• Dioxin dalam plastik PVC. Sampah plastik jenis PVC yang dibakar akan menghasilkan sebuah gas racun yang disebut dioxin. Ada 75 zat beracun di dalam senyawa dioxin dan dioxin ini adalah salah satu penyebab kanker.

• Debu halus particulate matter juga bisa dihasilkan oleh pembakaran sampah. Debu ini tidak akan bisa tersaring oleh sistem pernafasan manusia, sehingga bisa terhirup oleh paru-paru dan menyebabkan masalah kesehatan.

• Asap dari hasil pembakaran bisa membuat jarak pandang menjadi terbatas. Hal ini sangat buruk untuk kepentingan kendaraan bermotor.

Selain pembakaran sampah, mengubur sampah jenis-jenis tertentu (seperti plastik) bukanlah ide yang cerdas. Sampah plastik membutuhkan waktu hingga 1000 tahun untuk bisa terurai dalam tanah. Ketika plastik sudah terurai, maka bisa mencemari tanah dan air yang ada di dalam tanah.

Pengelolaan Sampah yang Benar


Sampah harus benar-benar dikelola dengan baik supaya tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan hidup. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengelola sampah ini adalah dengan sistem “kumpul-pilah-olah”. Sampah akan dikumpulkan oleh pemerintah, kemudian dipilah, dan hasil akhirnya diolah supaya sampah tesebut tidak bisa lagi mencemari lingkungan.
Khusus untuk beberapa sampah material plastik, kita bisa mengumpulkannya dan menjualnya. Plastik yang kita jual akan dijadikan bahan untuk didaur ulang. Dengan demikian, sampah tersebut menjadi lebih bermanfaat dan ramah lingkungan. Kita harus benar-benar memahami tentang efek negatif membakar dan mengubur sampah bagi lingkungan sekitar.



terima kasih sudah mampir dithread ane emoticon-Shakehand2


Diubah oleh thedakota 09-03-2015 08:47
dafdiv11
dafdiv11 memberi reputasi
1
17.8K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.