Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
935
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54ed8626507410ab398b4567/kode-pergaulan-yang-hanya-diketahui-orang-indonesia
:kr HT :kr Terima Kasih Buat Kaskus Officer Dan Para Kaskuser Selain dikenal sebagai bangsa yang ramah, orang Indonesia juga dikenal sebagai orang-orang yang lucu dan kreatif. Sebagai negara yang s
Lapor Hansip
25-02-2015 15:21

Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia

Past Hot Thread
Quote:
emoticon-Kaskus RadioHT emoticon-Kaskus Radio

Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
Terima Kasih Buat Kaskus Officer Dan Para Kaskuser



Quote:Selain dikenal sebagai bangsa yang ramah, orang Indonesia juga dikenal sebagai orang-orang yang lucu dan kreatif. Sebagai negara yang statusnya masing berkembang, kita memang menemui banyak sekali kesulitan dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, hal itu tidak membuat kita berhenti mencari solusi dan hidup dengan lebih kreatif lagi.
Kreatifitas itulah yang akhirnya membuat orang Indonesia memiliki aturan-aturan pergaulan yang mungkin hanya dimengerti oleh sesama orang Indonesia saja. Berikut ini adalah daftar beberapa peraturan-peraturan dalam pergaulan yang sering kita pakai sehari-hari. Ini akan membuat kita sadar betapa uniknya cara bergaul orang Indonesia.



Quote:
Jam Indonesia

Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia

Hanya orang Indonesialah yang mengerti peraturan tentang jam yang satu ini. Kita tentu sering diundang ke sebuah acara, dan ketika ditanya, “jam berapa?” jawabnya adalah “habis maghrib”. Maka, tanpa diberi tahu secara spesifik, kita akan datang sekitar pukul 6.30 atau pukul 7.00 malam. Dengan mengandalkan insting, orang Indonesia bisa tahu apa itu artinya “habis Maghrib”.
Demikian pula jika kita berjanji untuk bertemu dengan teman, biasanya kita akan diberi kode “siangan dikit”, maka kita akan datang sekitar pukul 10.00 atau 11.00 pagi. Masih banyak lagi peraturan-peraturan waktu yang kita buat sendiri, yang jika kita katakan kepada bule, bule tersebut akan kebingungan.



Quote:
Liat Ntar ya…

Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia

Orang Indonesia sering dihinggapi rasa “tidak enak” pada seseorang. Bahkan untuk melakukan sesuatu yang jelas-jelas benar, perasaan “tidak enak” ini sering kali menghampiri. Demikian juga dalam hal menolak sebuah tawaran atau ajakan. Dibandingkan menolak dengan tegas, biasanya orang Indonesia akan memilih kata “Liat ntar, ya…”
Jika anda mendapat kata “liat ntar”, sudah hampir bisa dipastikan bahwa tawaran atau ajak anda ditolak. Hanya saja orang yang anda ajak sungkan untuk menolak secara langsung. Orang yang dapat jawaban “liat ntar” juga cenderung mengerti bahwa jawaban tersebut hanya kata lain dari “tidak.



Quote:
Kualat

Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia

Orang-orang di Indonesia sangat menghargai orang yang lebih tua. Itu sebabnya, ketika bertemu dengan orang yang lebih tua, orang di Indonesia selalu mencium tangan sebagai perwujudan rasa hormat dan patuh. Orang tua dianggap sebagai orang yang telah mengalami banyak kejadian dalam hidup, oleh karena itu nasihat orang tua wajib didengar.
Jika tidak mendengar nasihat orang tua atau melawan orang tua, seseorang bisa kualat atau mendapat sial. Soal kualat ini, memang sudah “dipelihara” sejak dahulu kala. Buktinya, kita dibesarkan dengan dongeng-dongeng anak kualat seperti Malin Kundang, Sangkuriang dan lain-lain.



Quote:
Belum Lima Menit

Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia

Ini adalah satu kebiasaan yang lebih aneh lagi. Biasanya, jika sebuah makanan jatuh ke lantai, orang akan membuang makanan tersebut. Namun di Indonesia, ada istilah “belum lima menit”. Tentu kita sering melihat kejadian seperti ini: makanan jatuh ke lantai dan seseorang memungut makanan itu lalu sambil nyengir berkata, “belum lima menit”. Kemudian dengan cuek memakan kembali makanan tersebut.Usut punya usut, ternyata terminologi “belum lima menit” ini muncul akibat sebuah iklan pembersih lantai di tahun 1990-an. Dalam iklan tersebut, produsen pembersih lantai tersebut menunjukkan keunggulan produknya yang bisa mematikan semua kuman di lantai sehingga jika ada makanan jatuh, makanan tersebut tidak terkontaminasi kuman.



Quote:
“Belum Rejeki”

Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia

Ini adalah trik sekaligus ungkapan yang paling pas menurut orang Indonesia untuk menghibur teman atau menghibur diri sendiri. Jika seseorang sudah melakukan semua yang terbaik, namun hasil yang didapatkan masih belum maksimal, makan orang Indonesia akan berkata “Sudahlah, namanya juga belum rejeki.”
“Belum rejeki” juga digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya tidak mengenakkan. Misalnya ada yang bertanya, “kemarin lolos CPNS, nggak?” maka menjawab dengan “belum rejeki” akan lebih dipilih daripada menjawab dengan “gak lulus.”



Quote:
Pamali

Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia

Pamali atau pantangan adalah hal-hal yang sering kita dengar dari orang tua kita atau kakek/nenek kita. Pantangan tersebut tentunya berawal dari banyaknya kasus yang terjadi karena melanggar pantangan tersebut meski segala sesuatunya adalah bersandarkan atas kehendak Tuhan. Percaya atau tidak… terserah bagaimana anda menyikapinya.



Quote:Orang Indonesia memang selalu punya cara unik untuk mempererat kebersamaan. Sehingga kebersamaan itu seringkali membuahkan peraturan-peraturan unik dalam pergaulan Indonesia. Jika kita lihat lebih jauh lagi, masing-masing daerah di Indonesia juga memiliki tata pergaulan uniknya masing-masing.



Quote:
Bonus


Quote:



Quote:Jangan Lupa Tinggalkan Komentar ya gan/sis
Bantu Juga emoticon-Rate 5 Star ya
emoticon-Cendol (S)


Quote:
cendol

Terima Kasih Buat Agan/Sista Yang Udh Lempar Cendol/Abu Gosok emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh elektrikboy
profile-picture
profile-picture
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 48
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:21
Kata sih juga gan banyak artinya dlm pergaulan
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:21
ini thread apaan sih emoticon-Ngakak emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:22
bener banget gan, apalagi yang jam indonesia. malah suka dipakai becanda. "Kapan ? Habis Maghrib ; Ya, kapan ? subuh juga kan abis maghrib" haha emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:22
Wkwkwkwk semua udah ane alamin nih
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:23
ada lagi gan, cara menunjukan ga enakan yg lainnya...

temen : bro lu ultah, selamat ya. makan-makan lah...

ane : tanggal tua bro...

tanggal tua berarti ga punya uang alias kantong kering alias belom gajian alias males keluar uang alias pelit emoticon-Ngakak
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:23
wah emang belum rejeki kali gan emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:24
ini thread bikin ane prihatin emoticon-Mewek
tapi jg kocak emoticon-Ngakak
ane prnah ngalamin semua emoticon-Sorry
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:24
Ane pake kode bahasa tubuh gan.
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:24
Quote:Original Posted By priscadwi
bener juga emoticon-Ngakak


ah bisa aja sist jadi malu emoticon-Malu
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:24
indonesia banget nih gan emoticon-Big Grin tapi bisa nambahin kykna. klo lagi ada 2 orang janjian, yg satu telpon atau sms nanya "di mana?" terus jawabnya "di jalan" itu artinya belum berangkat gan emoticon-Ngakak

tapi ga semua orang kyk gitu sih emoticon-Big Grin
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:25
emoticon-Ngakak (S) iya jg yah...ane baru nyadar gan emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:26
memang unik negara kita ini emoticon-Ngakak
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:28
wakakakka, belum 5 menit
mau itu makanan jatoh ke tnah juga, tetep belum 5 menit
emoticon-Ngakak
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:29
terkadang tata pergaulan lebih di taati dr hukum pemerintah gan
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:29
Bener banget gan, tanpa sadar kita tahu sendiri makna kalimat tersebut... tp yg belum lima menit tuh yg paling janggal, lima menit itu lama wooyy, kalo nunggu sampe lima menit udah berdebu kali itu makanan :hammper
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:30
Sama "InShaa Allah", gan.
Artinya bisa iya, bisa engga.
Padahal bawa2 nama Tuhan. emoticon-Cape d...
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:31
yg jam itu keren gannnn menurut ane wkwkwk
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:31
PHP ama summon gan
cuma ada di indonesia
di negara lain ga ada yang ngarti emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:34
jangan lupa gan....
"OTW" yg artinya dia akan datang setahun kemudian
0 0
0
Kode Pergaulan yang Hanya Diketahui Orang Indonesia
25-02-2015 20:34
Hahahaha,,,,, namanya juga orang Indonesia gan,,.
Kalau orang lain merasa aneh.. tapi kita biasa aja gan itu juga budaya warisan bangsa juga
0 0
0
Halaman 6 dari 48
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia