Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1082
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52c750540e8b4687660000e1/agan-ingin-tinggal-di-desa-pikirkan-lagi-8-hal-ini
Tulisan ini ane tujukan untuk mereka yang lahir, besar, dan tinggal di kota yang belum pernah merasakan tinggal di desa. Bagi yang pernah tinggal di desa pasti akan tidak setuju dengan tulisan ane ini, dan itu wajar, ane terima itu sebagai sebuah masukan, apapun pendapat Agan-agan. karena ini adalah forum terbuka forum bebas. silakan berpendapat... Pernah baca tentang sebuah trit HT yang membahas
Lapor Hansip
04-01-2014 07:05

Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini

Quote:Original Posted By TS: Baca dulu ya

Tulisan ini ane tujukan untuk mereka yang lahir, besar, dan tinggal di kota yang belum pernah merasakan tinggal di desa.
Bagi yang pernah tinggal di desa pasti akan tidak setuju dengan tulisan ane ini, dan itu wajar, ane terima itu sebagai sebuah masukan, apapun pendapat Agan-agan. karena ini adalah forum terbuka forum bebas. silakan berpendapat...



Quote:Original Posted By TS: Inspirasi

Pernah baca tentang sebuah trit HT yang membahas tentang INDAHNYA HIDUP DI DESA, dengan berbagai alasan, yang tentu saja masuk akal dan dapat diterima dan tentunya pula sangat mudah dipraktikkan.


Quote:Original Posted By TS: 8 Hal Umum Kehidupan di Pelosok Desa

Tapi pernahkan Agan berpikir tentang sisi lain hidup di desa? Kehidupan yang ramah tapi juga bisa sebaliknya jika tidak bisa menempatkan diri tinggal di desa.

Apa sajakah itu? Mari agan bahas satu persatu:

1. JAUH DARI KOTA BESAR
Quote:

Karena desa itu bukan kota maka tentu keduanya sangat berlawanan. Kota tidak sama dengan desa, dan sebaliknya. Konsekuensinya, jika Agan tinggal di desa maka harus mau jauh dari keramaian kota. Kalaupun agan mau ke kota harus menempuh perjalanan dengan waktu minimal 45 menitan baru sampai di kota.

Masalah sering timbul ketika agan buru-buru harus sampai kota untuk perjalanan jauh, misal ke bandara atau stasiun kereta, agan harus menyediakan waktu beberapa jam sebelum jam keberangkatan. Hal itu disebabkan harus menempuh perjalanan dulu sebelum sampai stasiun atau bandara.


2. LISTRIK SERING MATI
Quote:

Ini juga salah satu kendala ketika agan tinggal di desa, yaitu listrik sering mati tanpa ada pemberitahuan atau sosialisasi terlebih dahulu bahwa jam sekian sampai jam sekian akan mati listrik. Sebab lain listrik mati adalah seringnya kabel listrik tertimpa tumbangan pohon di pinggir jalan.

Jika agan tinggal di kota, mudah tinggal telpon operator PLN, tidak lama kemudian akan segera diperbaiki, lain dengan di desa, karena kantornya ada di kota atau jauh dari lokasi, mereka juga memerlukan perjalanan dahulu sebelum sampai ke lokasi, belum waktu pengerjaannya yang juga memakan waktu. Jadi bersabarlah emoticon-Big Grin


3. JALAN RAYA SEBAGIAN RUSAK DAN KALAU MALAM GELAP
Quote:

Namanya pedesaan, perawatan sarana jalan tidak sekontinyu di kota, kadang berada proyek ke sekian kalinya setelah proyek di perkotaan (ibukotanya) tentunya. Walaupun tidak dipungkiri juga, banyak juga wilayah pedesaan yang jalannya lebih bagus daripada jalan di perkotaan, selalu dirawat dan setiap ada kerusakan selalu segera diperbaiki, terutama ini terjadi di jalan menuju obyek wisata (ada maunya emoticon-Big Grin ).

Selain masalah sebagian jalan yang rusak, ada masalah lainnya adalah sepanjang jalan yang gelap, karena minimnya lampu penerangan jalan, terutama setelah keluar dari pedesaan (jalan antar pedesaan). Oleh karena itu, lampu kendaraan wajib untuk selalu dicek untuk selalu siap menerangi di kegelapan.

Selain itu jalannya juga ada yang naik turun dan berbelok-belok, terutama pedesaan yang wilayahnya ada di pegunungan, harus semakin hati-hati, selain gelap, naik turun dan berbelok-belok.


4. PERKAMPUNGAN/PEDESAAN YANG HOMOGEN
Quote:

Ini tentu sudah ada yang pernah belajar, terutama yang pernah/sedang menempuh sekolah SMA, pada pelajaran Sosiologi, tentang perbedaan pemukiman di pedesaan dan perkotaan.

Kalau di perkotaan, antar kampung atau pemukiman itu heterogen, artinya sepanjang jalan akan agan temui rumah-rumah atau pemukiman penduduk, jadi mereka tinggalnya menyebar. Sedangkan di pedesaan, akan agan temui pemukiman warga itu berkumpul pada satu titik kemudian ada lagi pada titik berikutnya dengan jarak beberapa kilometer. Artinya jika agan menempuh perjalanan di pedesaan, setelah agan melewati sebuah perkampungan akan agan temui beberapa kilo setelahnya sawah menghampar di pinggir kanan kiri jalan (yang kalau malam gelap), baru kemudian agan temui lagi sebuah pemukiman/perkampungan berikutnya. Jadi pemukiman di desa itu lebih homogen (berkumpul pada satu titik). Ingat kan pelajaran ini?


5. SERING TERJADI KEJAHATAN
Quote:

Nah, karena jarak antar pemukiman/pedesaan satu dengan pedesaan berikutnya berjarak beberapa kilometer, tak jarang sering menjadi tempat untuk berbuat kejahatan (merampok atau mengambil paksa kendaraan, tidak jarang pembunuhan), terutama jika jalan yang dilewati itu berbelok-belok atau naik turun dan tidak ada lampu penerangan jalan. Waspada ya atau tanyakan dulu kepada warga setempat tentang lokasi-lokasi kejahatan di malam hari.

Tidak semua tempat di desa seperti ini gan, selebihnya aman di pedesaan emoticon-I Love Indonesia (S)


6. PASAR YANG TERBATAS
Quote:

Jika di kota agan akan dengan mudah menemukan pasar, baik pasar tradisional, pasar modern, atau bahkan pasar kaget (pasar musiman) dan juga yang dijajakan pedagang juga beragam jenis dagangan, maka akan lain halnya jika agan tinggal di desa. Pasar di pedesaan itu terbatas di tempat tertentu saja, biasanya pasar tradisional.

Walaupun yang dijajakan pedagang juga terhitung lengkap akan tetapi ada keterbatasan untuk pasar di pedesaan
• Kadang terbentur dengan yang namanya hari pasaran (pon, wage, kliwon,legi, pahing, terutama ini di jawa tengah dan jawa timur). Jadi ada sebagian pasar di pedesaan yang ramai pedagang hanya pada hari-hari pasaran tertentu, tidak setiap hari. Akibatnya, kalau belanja dan berharap ramai pedagang/dagangan harus belanja di hari-hari tertentu yang berlaku, jika tidak dipastikan, pasar akan sepi pedagang.
• Waktu berjualan pedagang juga terbatas, jika di kota akan agan temui pedagang berjualan dari pagi sampai sore atau malam hari, maka jika di desa atau pasar pedesaan, pedagang hanya akan berdagang dari jam 5 pagi sampai jam 12 siang saja. Setelah itu pasar itu sepi pedagang. Buktikan sendiri.
• Tidak ada mall atau supermarket, bahkan minimarket pun terbatas dan sangat jarang ditemui. Kalau mau silakan datang ke kota dulu, hehe...


7. HARUS MAU SOSIALISASI (GOTONG ROYONG)
Quote:

Ini juga penting, tinggal di desa itu harus mau bergaul dan bekerja sama dengan mereka dalam pekerjaan-pekerjaan umum mereka (gotong royong). Banyak contoh, seperti gotong royong membangun rumah, kerja bakti, atau kegiatan desa lain.

Konsekuensi tinggal di desa harus ikut dalam kegiatan sosial, jika tidak bisa, ijinlah baik-baik, asal jangan tidak pernah datang saja pada setiap kegiatan desa. Memang sih, warga tidak akan menegur langsung, tapi secara tidak langsung ketika yang sering tidak hadir itu ada perlu dan butuh bantuan, mungkin warga tidak akan ada yang datang, kalaupun ada sedikit. Sebab kata mereka, dia juga tidak pernah datang... emoticon-Frown

Ujung-ujungnya, uang juga yang harus keluar untuk mengambil dan membayar tukang bayaran (kayak di kota, padahal di desa), padahal kalau dibantu warga sekitar, mungkin cuma memberi minum atau makan, yang jika dihitung, tetap lebih murah plus sosialisasi dan bermasyarakat. Coba saja kalau tidak percaya.


8. FASILITAS SPBU, BANK, ATM AGAK JAUH
Quote:

Tinggal di desa juga harus siap dengan kendaraan yang saat pulang full bahan bakar, terutama yang lebih senang mengisi BBM di SPBU bukan di pedagang eceran.

Kenapa? Karena di pedesaan untuk menemukan SPBU itu susah, kalaupun ada agak jauh jaraknya. Solusinya kalau kehabisan bahan bakar di pedesaan, mau tidak mau harus mengisi dari pedagang eceran.

Kemudian, bank dan ATM juga jauh, biasanya kantor bank adanya di perkotaan, jarang di pedesaan, mungkin hanya BRI yang sampai pedesaan (kebanyakannya). Maka dari itu, jika ingin tinggal di desa, siapkan uang cash lebih agar tidak bolak-balik ATM/bank yang jaraknya agak jauh tersebut.


8. FASILITAS SPBU, BANK, ATM AGAK JAUH
Quote:

Tinggal di desa juga harus siap dengan kendaraan yang saat pulang full bahan bakar, terutama yang lebih senang mengisi BBM di SPBU bukan di pedagang eceran.

Kenapa? Karena di pedesaan untuk menemukan SPBU itu susah, kalaupun ada agak jauh jaraknya. Solusinya kalau kehabisan bahan bakar di pedesaan, mau tidak mau harus mengisi dari pedagang eceran.

Kemudian, bank dan ATM juga jauh, biasanya kantor bank adanya di perkotaan, jarang di pedesaan, mungkin hanya BRI yang sampai pedesaan (kebanyakannya). Maka dari itu, jika ingin tinggal di desa, siapkan uang cash lebih agar tidak bolak-balik ATM/bank yang jaraknya agak jauh tersebut.



Quote:Original Posted By TS: Penutup
Foto-foto dari Google.com

Itu saja dulu gan, maaf hanya opini pribadi, bersumber dari pengalaman pribadi emoticon-Malu (S)

Bagaimanapun, bagi sebagian orang tinggal di desa itu tetap lebih menyenangkan.


Quote:Original Posted By TS: Baca juga ini
Yes, saya pantau terus thread ini, tapi bukan bermaksud tidak mau menanggapi satu persatu, akan tetapi karena saya kira sudah jelas, pro dan kontra terhadap isi thread ini akan selalu ada, walaupun sudah dijelaskan, kembali lagi kepada masing-masing desa tempat tinggal kaskuser di sini berbeda-beda situasi, kondisi, dan segala macamnya.

So, keep posting gan emoticon-Toast
Diubah oleh heane
profile-picture
profile-picture
nnaura dan Anafirli memberi reputasi
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 49 dari 56
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
20-02-2015 14:34
amin . amin gan. good luck gan.
Quote:Original Posted By YSCDnolapansatu


ane tinggal dikota gan ....

tinggal di desa itu cita2 gan .... lagi kumpulin modal buat buka lahan usaha emoticon-Malu (S)

amin.amin gan, good luck
semoga lekas terwujud. punya usaha ternak (sapi, kambing atau ayam ,, dll)



Diubah oleh djo.
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
20-02-2015 14:39
Usia produktif pasti enakan d kota klo udh tuwir mah enk d desa. Suasana tenang dan sejuk biar ga stress
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
20-02-2015 15:19
Di desa ane apa" gampang gan,mau ke atm,ke kantor bank,ke swalayan(gede maupun kecil),ke mall,ke resto,ke hotel(klo yg bntang 3 ke atas lmyan sih tp g jauh" bngt lh)deket gan,mau delivery jg monggo gampang ngakses nya gan,jln" jg g rusak,signal internet udh bs smpe HSDPA-4G jg gan,mau nongkrong smpe subuh jg g prnh ada yg nglarang(trmsuk ktua RT/RW jg g nglarang,mlah sering nobar bareng jg klo ada bola),msyrakatnya jg rukun adem ayem,sling bntu,akses k kota jg deket.nah itu gmn? pdhl sawah" jg bnyk,kali"(sungai) jg bnyk lho emoticon-Big Grin
Diubah oleh rendra2326
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
20-02-2015 15:29
lah itu 8nya double ya
emoticon-Ngakak

nice trit tapi gan
emoticon-2 Jempol
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
20-02-2015 16:11
6. PASAR YANG TERBATAS

ini yang ane ga demen di perkampungan gans
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
20-02-2015 16:19
Tambahan dari ane gan..
semenjak merit ane milih hijrah ke kota alasan ane...nanti anak ane kalo skul di desa pasti laen ma di kota gan....masalah pendidikan kalo ane gan...
ane asli dari desa gan..separuh hidup ane hidup di desa...enaknya..apa2 murah gan..biaya hidup sedikit kalo di desa..
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
20-02-2015 17:16
ane keturunan dari desa walaupun tinggal di kota emoticon-Big Grin
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
20-02-2015 23:19
tapi didesa itu asri dan gak sunpek gan
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
21-02-2015 07:59
Quote:Original Posted By rendra2326
Di desa ane apa" gampang gan,mau ke atm,ke kantor bank,ke swalayan(gede maupun kecil),ke mall,ke resto,ke hotel(klo yg bntang 3 ke atas lmyan sih tp g jauh" bngt lh)deket gan,mau delivery jg monggo gampang ngakses nya gan,jln" jg g rusak,signal internet udh bs smpe HSDPA-4G jg gan,mau nongkrong smpe subuh jg g prnh ada yg nglarang(trmsuk ktua RT/RW jg g nglarang,mlah sering nobar bareng jg klo ada bola),msyrakatnya jg rukun adem ayem,sling bntu,akses k kota jg deket.nah itu gmn? pdhl sawah" jg bnyk,kali"(sungai) jg bnyk lho emoticon-Big Grin


gak gimana-gimana emoticon-Big Grin
karena orang mendefinisikan desa itu adalah bukan kota, sedangkan desa itu luas ada desa yang di pinggiran kota seperti tempat agan mungkin dan ada juga desa yang di pelosok di pedalaman di gunung lagi seperti desa saya, makanya kesannya di sini sunbyektif menggambarkan desanya TS emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
21-02-2015 10:15
Bahasa lainnya kampung

Tinggal di kampung jangan sampe kampungan

Biasa nya daerah pinggiran tuh terlalu norak sama hal2 baru
Sok update
Pdahal ga ngerti
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
01-03-2015 15:57
di Sapporo enak gan, ga pernah mati listrik. banyak tofu dan susu emoticon-Ngakak emoticon-Bookmark (S) emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
01-03-2015 15:59
ane pilih dikota aja gan banyak cewek cakepemoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh celanaman
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
01-03-2015 16:40
enakan di desa gan kalau versi ane.

cos desa ane fasilitas terbilang lengkap, pusat dari desa2 lain, jantung kota, enak dah pokoknya, desa bandung tulungagung jawa timuremoticon-Malu (S)
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
01-03-2015 16:45
Ada lagi gan. Sewaktu KKN dulu, ane belajar sesuatu.

-kalo desanya itu bener2 pelosok, orangnya masih ramah2 gan. Mereka belum ngerti duit. Jadi suka nolong tanpa pamrih asal kita jg sopan sama mereka.
-kalo desanya udah agak ke campur pengaruh kota, orang2nya biasanya matre. Dikit2 duit gitu gan. Soalnya mereka ngerasa orang tg datang dari kota banyak duitnya. Padahal kita masih mahasiswa emoticon-Frown

Ow iya itu cm berlaku di jawa. Kalo daerah lain masih belum ngerti emoticon-Big Grin
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
01-03-2015 16:51
Kalo konsekuensi tinggal di desa kaya gitu mending tinggal di desa pas waktu masa pensiun kali ya biar hidup tenang
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
03-03-2015 09:36
ttp nyaman didesa gan pasti sehat
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
03-03-2015 09:37
desa ane gak segitu gitunya banget kok gan
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
03-03-2015 09:45
well,
bukannya mau sok2an atau gmn ya gan,
ane lahir sampai sma tinggal di desa, skarang ud hampir 10 tahun ane tinggal di kota.
buat ane, justru alasan2 yg di tulis sama TS yg bikin ane pengen balik tinggal d desa.
0 0
0
Agan Ingin Tinggal di Desa? Pikirkan Lagi 8 Hal Ini
03-03-2015 09:52
kalo masih produktif mending di kota dulu, kalo udah masa senja baru pindah ke desa. Ane akui kalo masa muda kbnyakan di desa pemikiran sulit berkembang malah jadi terkesan kolot. Ane tinggal di desa, tp skrang udah aga modern sih. Ane simpulin gini karena liat tmen2 ane aja.
0 0
0
Halaman 49 dari 56
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia