News
Batal
KATEGORI
link has been copied
147
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e4416fbfcb17fd4b8b456e/apa-maksud-pegawai-pemerintah-non-pns
sore gan.. sesuai judul.. ane mau bertanya mengenai pegawai yang bekerja di instansi pemerintah, namun bukan PNS / NON PNS, apa bedanya dengan PNS ? bagaimana jenjang karirnya ? apakah ada kemungkinan diangkat menjadi PNS ? boleh juga gan mungkin kalau ada yang mau share pengalaman sebagai pegawai instansi pemerintah NON PNS :Yb
Lapor Hansip
18-02-2015 14:38

Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?

sore gan.. sesuai judul.. ane mau bertanya mengenai pegawai yang bekerja di instansi pemerintah, namun bukan PNS / NON PNS,

apa bedanya dengan PNS ?
bagaimana jenjang karirnya ?
apakah ada kemungkinan diangkat menjadi PNS ?

boleh juga gan mungkin kalau ada yang mau share pengalaman sebagai pegawai instansi pemerintah NON PNS emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
profile-picture
denidzuko dan hambapanji13 memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
18-02-2015 20:06
sundul gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
19-02-2015 12:35
Quote:Original Posted By SinarPurnama
sore gan.. sesuai judul.. ane mau bertanya mengenai pegawai yang bekerja di instansi pemerintah, namun bukan PNS / NON PNS,

apa bedanya dengan PNS ?
bagaimana jenjang karirnya ?
apakah ada kemungkinan diangkat menjadi PNS ?

boleh juga gan mungkin kalau ada yang mau share pengalaman sebagai pegawai instansi pemerintah NON PNS emoticon-Blue Guy Peace


Yang disebut pegawai non pns itu pegawai yang direkrut oleh instansi pemerintah tapi nggak lewat jalur penerimaan cpns. Kayak pegawai honorer atau kontrak gitu deh. Bisa aja sih diangkat jadi pns, tapi mesti ikut seleksi penerimaan cpns dulu. Kalo honorer k1 yang gajinya dibiayai dari apbn/apbd langsung, nggak diwajibkan ikut seleksi penerimaan cpns, tapi lama nunggu pengumuman kapan diangkatnya itu yang nggak jelas. Namanya juga birokrasi, administrasinya rada ribet. Bedanya yang utama itu dari segi gaji sama jabatannya.
profile-picture
hambapanji13 memberi reputasi
1 0
1
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
19-02-2015 18:26
Quote:Original Posted By ventus28


Yang disebut pegawai non pns itu pegawai yang direkrut oleh instansi pemerintah tapi nggak lewat jalur penerimaan cpns. Kayak pegawai honorer atau kontrak gitu deh. Bisa aja sih diangkat jadi pns, tapi mesti ikut seleksi penerimaan cpns dulu. Kalo honorer k1 yang gajinya dibiayai dari apbn/apbd langsung, nggak diwajibkan ikut seleksi penerimaan cpns, tapi lama nunggu pengumuman kapan diangkatnya itu yang nggak jelas. Namanya juga birokrasi, administrasinya rada ribet. Bedanya yang utama itu dari segi gaji sama jabatannya.


thx atas penjelasannya gan, ane baru tau kalo "non pns" itu adalah HONORER emoticon-Hammer (S) ,

kalau dari banyak berita yg beredar yaitu tentang sedikitnya gaji yg diterima, contohnya honorer guru, apakah sedikitnya gaji itu juga terjadi pada tenaga selain guru ? contoh seperti akuntan, IT support, atau tenaga administrasi.

apakah instansi satu dgn yang lain punya kebijakan sendiri/independen menentukan besaran salary untuk pegawai honorer mereka ?

tapi sebenernya worthed ap nggak gan? soalnya ane dpt panggilan interview di salah satu instansi pemerintah.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
19-02-2015 18:55
gan ane mw tanya, ane punya sodara yg kerja di ponkesdes apakah bisa di angkat jd pns?
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
19-02-2015 19:48
Quote:Original Posted By SinarPurnama


thx atas penjelasannya gan, ane baru tau kalo "non pns" itu adalah HONORER emoticon-Hammer (S) ,

kalau dari banyak berita yg beredar yaitu tentang sedikitnya gaji yg diterima, contohnya honorer guru, apakah sedikitnya gaji itu juga terjadi pada tenaga selain guru ? contoh seperti akuntan, IT support, atau tenaga administrasi.

apakah instansi satu dgn yang lain punya kebijakan sendiri/independen menentukan besaran salary untuk pegawai honorer mereka ?

tapi sebenernya worthed ap nggak gan? soalnya ane dpt panggilan interview di salah satu instansi pemerintah.


Iya gan, kalo dibandingin sama pegawai tetap, gaji pegawai honorer biasanya lebih kecil. Dan itu berlaku untuk semua karir nggak cuma guru aja, cuma besaran gajinya aja yang disesuaikan sama aturan dari instansi masing-masing. Termasuk pendapatan dan pengeluaran daerahnya juga apa tergolong tinggi atau rendah. Jadi besaran gajinya untuk daerah yang satu dengan yang lain bisa beda. cmiiw.

Soal worthed apa nggaknya, liat dulu jenjang karirnya dan gajinya sesuai minat agan apa nggak. Kalo besaran gaji yang ditawarin itu dirasa pas sama kebutuhan hidup agan, monggo coba apply aja. Tapi kalo menurut agan ada karir yang lebih worthed dengan gaji yang lebih gede, silakan cari yang lain. Coba cari tau info dari kerabat/temen agan yang jadi pegawai honorer juga deh.

Quote:Original Posted By cipta088
gan ane mw tanya, ane punya sodara yg kerja di ponkesdes apakah bisa di angkat jd pns?


Kalo honorer bisa aja, cuma yang statusnya k2 (gaji nggak dari apbn/apbd) mesti ikut ujian seleksi cpns dulu. Tapi sejauh yang ane tau kalo yang namanya berurusan sama birokrasi itu nggak sebentar prosesnya.
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
19-02-2015 20:09
Quote:Original Posted By ventus28


Iya gan, kalo dibandingin sama pegawai tetap, gaji pegawai honorer biasanya lebih kecil. Dan itu berlaku untuk semua karir nggak cuma guru aja, cuma besaran gajinya aja yang disesuaikan sama aturan dari instansi masing-masing. Termasuk pendapatan dan pengeluaran daerahnya juga apa tergolong tinggi atau rendah. Jadi besaran gajinya untuk daerah yang satu dengan yang lain bisa beda. cmiiw.

Soal worthed apa nggaknya, liat dulu jenjang karirnya dan gajinya sesuai minat agan apa nggak. Kalo besaran gaji yang ditawarin itu dirasa pas sama kebutuhan hidup agan, monggo coba apply aja. Tapi kalo menurut agan ada karir yang lebih worthed dengan gaji yang lebih gede, silakan cari yang lain. Coba cari tau info dari kerabat/temen agan yang jadi pegawai honorer juga deh.



Kalo honorer bisa aja, cuma yang statusnya k2 (gaji nggak dari apbn/apbd) mesti ikut ujian seleksi cpns dulu. Tapi sejauh yang ane tau kalo yang namanya berurusan sama birokrasi itu nggak sebentar prosesnya.

Hehe iyaa gan, skrg aja msh juga K2 status nya belum diangkat'' emoticon-Ngakak

0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
20-02-2015 08:29
Quote:Original Posted By ventus28

Iya gan, kalo dibandingin sama pegawai tetap, gaji pegawai honorer biasanya lebih kecil. Dan itu berlaku untuk semua karir nggak cuma guru aja, cuma besaran gajinya aja yang disesuaikan sama aturan dari instansi masing-masing. Termasuk pendapatan dan pengeluaran daerahnya juga apa tergolong tinggi atau rendah. Jadi besaran gajinya untuk daerah yang satu dengan yang lain bisa beda. cmiiw.

Soal worthed apa nggaknya, liat dulu jenjang karirnya dan gajinya sesuai minat agan apa nggak. Kalo besaran gaji yang ditawarin itu dirasa pas sama kebutuhan hidup agan, monggo coba apply aja. Tapi kalo menurut agan ada karir yang lebih worthed dengan gaji yang lebih gede, silakan cari yang lain. Coba cari tau info dari kerabat/temen agan yang jadi pegawai honorer juga deh.

aduh, brati mendingan swasta kalo kyk gt.. hemm hemm..
spertinya ane coba interview dulu gan, itung" tambah pengalaman

thx bro emoticon-Big Grin
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
20-02-2015 09:06
Quote:Original Posted By SinarPurnama

aduh, brati mendingan swasta kalo kyk gt.. hemm hemm..
spertinya ane coba interview dulu gan, itung" tambah pengalaman

thx bro emoticon-Big Grin


Kalo menurut ane sih ya enakan langsung ngelamar jadi cpns-nya, sekali jalan gitu maksudnya kecuali kalo agan punya alasan tertentu tetep pengen jadi pegawai honorer. Monggo kalo mau interview, soal keterima atau nggaknya urusan belakangan emoticon-Smilie. Perusahaan Swasta & BUMN juga diliat-liat dulu jenjang karirnya gimana, kalo dirasa udah sreg yo wes silakan coba lamar. Moga sukses gan emoticon-Smilie.
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
16-10-2015 15:07
SEDIH SEKALI jaman sekarang makin banyak aja yang NON PNS ... semakin hari semakin ndak menghargai TENAGA atau SUMBER DAYA MANUSIA emoticon-Frown ... maunya LANGSUNG main PECAT emoticon-Frown kalau ndak butuh manusia pakai MESIN saja ...

Maka rasa cinta / memiliki instansi / perusahaan akan semakin PUNAH Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ? Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?

maaf mas sedikit curhat, thanks atas threadnya emoticon-Big Grin
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
11-01-2016 08:48
Bedakan antara honorer dan pegawai non PNS terutama di kementerian"

Kalau non PNS gajinya bisa jauh lebih besar malah dari pns mya karena gajinya berdasarkan harga pasar.

Contoh non pns pengelola teknologi informasi, kebetulan dia dulu pernah bekerja di swasta ada bukti audit payrol atau bukti setor pajak pemghasilan yg menunjukan kalau gaji dia sebelumnya 15 juta ya di bayar min 15 juta sbgai non pns di kementerian tsbt.

Kalau ternyata tidak ada paling min 3 juta - 4 jt dia, tp gapok doang tidak termasuk fasilitas kainnya.

Sedangkan honorer dah ketaun kecil ya tuh gaji.
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
11-01-2016 09:27
Quote:Original Posted By kusanagi_kyo
Bedakan antara honorer dan pegawai non PNS terutama di kementerian"

Kalau non PNS gajinya bisa jauh lebih besar malah dari pns mya karena gajinya berdasarkan harga pasar.

Contoh non pns pengelola teknologi informasi, kebetulan dia dulu pernah bekerja di swasta ada bukti audit payrol atau bukti setor pajak pemghasilan yg menunjukan kalau gaji dia sebelumnya 15 juta ya di bayar min 15 juta sbgai non pns di kementerian tsbt.

Kalau ternyata tidak ada paling min 3 juta - 4 jt dia, tp gapok doang tidak termasuk fasilitas kainnya.

Sedangkan honorer dah ketaun kecil ya tuh gaji.


thanks infonya gan...
ane juga kemarin coba apply non pns di sebuah kementerian, seleksinya ketat ga sih gan?

kalo masa kontrak sudah habis..masih ada kemungkinan diperpanjang ga?
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
12-01-2016 00:06
Semakin besar gajinya semakin ketat gan, yup.
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
18-03-2016 17:55
Aku mau tanya dong aku gajinya dari apbd berarti ak k1 y? Gaji ny kisaran brp y kira"? aku bag dishub
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
28-03-2016 01:12
Honorer yg dikerjain senior gan emoticon-Frown
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
07-05-2016 22:42
Mau tanya nih mastah,untuk pegawai kontrak apa diperbolehkan untuk sambil kuliah?sya diterima di jadi pegawai kontrak di kesbangpol.
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
18-05-2016 00:02
Quote:Original Posted By moecikary
Mau tanya nih mastah,untuk pegawai kontrak apa diperbolehkan untuk sambil kuliah?sya diterima di jadi pegawai kontrak di kesbangpol.


bebas itu gan selama di kontraknya tidak tertulis larangannya.

tapi tanya yang jelas dulu siapa tau pimpinan disana tidak mengerti dan paham

Pegawai Non PNS itu jenjangnya karirnya dari paling rendah ke tinggi :

1) Kelompok tenaga pengamanan, Pramu, Driver dan sejenisnya ( < 3 Juta )
2) Kelompok Tenaga Pendukung ( seperti penerimaan di LKPP, Kemen Ekon, BPN dll kisarannya 3 - 5 Gapok gajinya tergantung jabatan)
3) Kelompok Tenaga Ahli Sub Profesional ( 5 - 9 Juta Gapok Gajinya tergantung jabatan)
4) Kelompok Tenaga Ahli yang terbagi lagi tingkatannya dari Ahli Pratama, Muda, Madya, Utama ( belasan - puluhan Juta tergantung Tingkatan Ahlinya)

Agak termasuk kelompok yang mana ? seharusnya kalau sudah masuk kategori 2 sudah nyaman itu, kalau kategori 4 anda layak dapet bintang soalnya gajinya emoticon-Shutup



Diubah oleh k4crut01
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
18-05-2016 10:34
Quote:Original Posted By k4crut01


bebas itu gan selama di kontraknya tidak tertulis larangannya.

tapi tanya yang jelas dulu siapa tau pimpinan disana tidak mengerti dan paham

Pegawai Non PNS itu jenjangnya karirnya dari paling rendah ke tinggi :

1) Kelompok tenaga pengamanan, Pramu, Driver dan sejenisnya ( < 3 Juta )
2) Kelompok Tenaga Pendukung ( seperti penerimaan di LKPP, Kemen Ekon, BPN dll kisarannya 3 - 5 Gapok gajinya tergantung jabatan)
3) Kelompok Tenaga Ahli Sub Profesional ( 5 - 9 Juta Gapok Gajinya tergantung jabatan)
4) Kelompok Tenaga Ahli yang terbagi lagi tingkatannya dari Ahli Pratama, Muda, Madya, Utama ( belasan - puluhan Juta tergantung Tingkatan Ahlinya)

Agak termasuk kelompok yang mana ? seharusnya kalau sudah masuk kategori 2 sudah nyaman itu, kalau kategori 4 anda layak dapet bintang soalnya gajinya emoticon-Shutup





Ane di kategori 1 gan mungkin karna ane lulusan sma emoticon-Ngakak
Kalau untuk jenjang menuju cpns apa harus ikut tes dulu gan kalau pegawai kontrak?
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
19-05-2016 08:25
Quote:Original Posted By moecikary


Ane di kategori 1 gan mungkin karna ane lulusan sma emoticon-Ngakak
Kalau untuk jenjang menuju cpns apa harus ikut tes dulu gan kalau pegawai kontrak?


Kalau kenjang CPNS yes dulubyg dari Kemenpan RB kalau lulus ya diangkat.

Tp kalau sudah berkecimpung di Non PNS uber jenjang karir ke TA, udah cakep banget itu ibaratmya TA itu pejabat nya di non pns he he he
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
19-05-2016 09:17
masuk kementerian gak melulu lewat jalur cpns juga kan gaaan. ane cukup berminat nih. khususnya kemenlu sih. ane udah baca-baca sih review pegawai-pegawainya di sini, mereka nyebutin benefit-benfitnya dan itulah yg paling menarik hati ane emoticon-Big Grin gaji juga ane cek di situ cukup okelah
0 0
0
Apa maksud pegawai pemerintah NON PNS ?
20-05-2016 16:04
Quote:Original Posted By k4crut01


Kalau kenjang CPNS yes dulubyg dari Kemenpan RB kalau lulus ya diangkat.

Tp kalau sudah berkecimpung di Non PNS uber jenjang karir ke TA, udah cakep banget itu ibaratmya TA itu pejabat nya di non pns he he he


Btw TA kepanjangannya apa gan hehe?
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia