1ll2ll3
TS
1ll2ll3
Ingin Buka Usaha di Stasiun? Ini Tarifnya


JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia mengungkapkan bahwa perusahaannya tidak hanya terbatas dalam bidang transportasi, tetapi juga menyewakan lahan yang ada di dalam stasiun sebagai tempat usaha.

Senior Manager Unit Pengusahaan Aset PT KAI Myrna Fitria mengatakan, PT KAI sedang gencar mengajak pengusaha untuk menyewa tempat di stasiunnya. Tentunya dengan tarif yang telah ditentukan oleh PT KAI.

"Harga sewa di Stasiun Gambir sudah Rp 1 juta per meter persegi tiap bulannya," ujar Myrna di Stasiun Juanda, Selasa (10/2/2015).

Akan tetapi, tarif sewa bisa berbeda di tiap stasiun. Myrna mengatakan, range sewa di Stasiun Jatinegara, Stasiun Juanda, dan Stasiun Jakarta Kota justru lebih murah, yaitu Rp 650.000 per meter persegi tiap bulannya.

Mengenai lokasi, kata Myrna, luasnya beragam di tiap stasiunnya. Di Stasiun Juanda sudah dipisahkan outlet-outlet seluas 28 meter persegi. Jika seseorang ingin menyewa tempat tersebut, maka harus membayar sewa sekitar Rp 28 juta.

"Tetapi, kami punya syarat dan ketentuan sendiri, jadi tidak bisa dipatok berapa tarif untuk seluruhnya," ujar Myrna.

Di beberapa stasiun sudah banyak yang menyewakan lahannya untuk tempat usaha. Toko-toko franchise internasional seperti Starbucks, KFC, Seven Eleven, Circle K, dan Dunkin Donuts pun sudah masuk di beberapa stasiun.

Myrna mengatakan, tarif yang diberikan untuk toko franchise internasional bisa berbeda dengan usaha lain. Biasanya, pemilik usaha akan memilih stasiun dengan traffic penumpang yang tinggi. Seperti di Stasiun Manggarai, lahan usaha di stasiun ini kini sudah penuh.

Myrna menyarankan bagi pemilik usaha yang ingin menyewa untuk datang ke kantor unit pengusahaan aset PT KAI di Stasiun Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Akan tetapi, kata Myrna, PT KAI tidak melakukan pengecualian terhadap badan usaha yang ingin bekerja sama. Pengusaha kecil menengah pun bisa membuka usaha di stasiun, asalkan mampu mengikuti peraturan yang dimiliki PT KAI.

Saat ini, PT KAI sedang mengadakan Jakarta Station Arcade Expo. Pameran tersebut berisi foto-foto dan juga maket aset PT KAI yang bisa dimanfaatkan untuk umum, seperti reklame, launching event, dan penyewaan lahan.


http://megapolitan.kompas.com/read/2...campaign=Khlwp

gila satu juta per meter persegi per bulan coy!

klo sewakecil aja buat dagang makanan minuman 9m2---> 9X1jt=9 Juta perbulan sewa doang

klo untung jualan minuman aja untung 1000, kira2 bisa untung ? atau malah buntung? susah jaman skrg bray.....
0
35.4K
119
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.