HokagoTiTaimuAvatar border
TS
HokagoTiTaimu
Kritik untuk Sub-Forum Windows Phone
Kritik ini saya tujukan untuk pengelola subforum Windows Phone, mencakup Moderator, Officer setempat, user juga boleh.

Tujuannya, untuk meningkatkan kenyamanan berforum serta rasa saling mengayomi dalam sebuah forum.

Sasaran kritik saya adalah sebuah aturan yang mungkin jamak dalam sebuah forum: "Gunakan Multi-Qote".

Teman-teman pasti tahu bahwa aturan ini dibuat untuk merapikan forum dan mencegah "kejar postingan" atau "junk" yang mungkin ada di puncak kepopulerannya pada era old Kaskus.

Penerapan sebuah aturan adalah urusan subjektif sebuah sub-forum dan perlu untuk dihargai. Namun yang ingin saya kritisi adalah penerapannya yang mungkin justru malah menimbulkan ketidaknyamanan.

Secara khusus di subforum Windows Phone, user bebas melontarkan pertanyaan dan berharap mendapatkan bantuan dari user lainnya. Ketika user lain menjawab dengan semangat, berniat membantu, dan mungkin kadang menabrak aturan "Gunakan Multi-Quote" tersebut - Apakah relevan bila dia harus disamakan dengan tukang posting sebaris yang benar-benar "kejar postingan" sehingga harus dikerasi, di-ban, kemudian di-reset post-nya? Apakah benar-benar tidak ada cara lain untuk sekedar menunjukkan penghargaan pada orang yang ingin membantu selain menegakkan peraturan secara kaku?

Menurut pendapat saya, hal itu menimbulkan ketidaknyamanan pada mereka yang tadinya senang mengunjungi sub-forum terkait, berdiskusi, dan juga menawarkan bantuan secara rela.

Latar belakang kritik tersebut adalah karena hukuman ban user dan reset posting terhadap salah satu ID saya, dengan kronologi yang kurang lebih saya jabarkan di atas.

Quote:


Saya tidak mengharapkan ID saya tersebut dicabut hukumannya ataupun dikembalikan post-nya dan saya sangat memahami konsekuensi pelanggaran aturan. Namun saya berharap bahwa saya adalah korban terakhir dari aturan yang diterapkan secara semena-mena, yang justru mengakibatkan ketidaknyamanan dalam berforum. Apalagi bila boleh membandingkan, pada sub-forum lain yang juga terkait OS ponsel, justru saya merasa lebih didukung dan disayangi oleh para warganya. Itu adalah sebuah ironi karena saya sendiri adalah pecinta produk Microsoft yang aktif di banyak forum selain Kaskus serta web lain baik lokal maupun internasional.

Sekian kritik saya, semoga tak sekedar menggarami lautan.


PS: @El-Nawari - Monggo digembok kapan aja, tapi kalo bisa setelah dibaca SF terkait dunk. emoticon-Hammer
Thanks yaa
zharki
zharki memberi reputasi
1
2.6K
30
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kritik, Saran, Pertanyaan Seputar KASKUS
Kritik, Saran, Pertanyaan Seputar KASKUS
icon
8.3KThread1.6KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.