Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
705
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54d7481612e25722068b4573/jogja-istimewa-filosofi-kesederhanaan-angkringan
Setelah melihat ini, masak tega sih membuat Mal Terbesar Se-Jawa Bagian Tengah Beroperasi Mei 2015 (klik tulisan diatas ini) #jogjaoradidol pasang ini di Twitter mu #jogjaoradidol (jogja tidak d
Lapor Hansip
08-02-2015 18:27

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

Past Hot Thread
Setelah melihat ini, masak tega sih membuat
[JOGJA SEMAKIN MEN-JAKARTA]
Mal Terbesar Se-Jawa Bagian Tengah Beroperasi Mei 2015

(klik tulisan diatas ini)


[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
#jogjaoradidol
pasang ini di Twitter mu

#jogjaoradidol
(jogja tidak dijual)




Berhubung saat ini Angkringan sedang menjadi sorotan (HT), maka izinkan saya mempertajam informasi yang telah diberikan di HT mengenai salah satu "restoran kaum elite" yang biasa disebut dengan Angkringan.dan mari kita sama - sama kupas, dimanakah letak keistimewaannya?

(mari kita simak bersama - sama)

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

" SEBUAH USAHA MENYAJIKAN MAKANAN DAN MINUMAN
YANG MAMPU DIJANGKAU OLEH SELURUH LAPISAN MASYARAKAT
TANPA TERKECUALI "



https://soundcloud.com/jetisfreeman/jahe-susu



Quote:1. SEJARAH ANGKRINGAN
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

sumber foto
Sejarah angkringan di Jogja merupakan sebuah romantisme perjuangan menaklukan kemiskinan. Angkringan di Jogjakarta dipelopori oleh seorang pendatang dari Cawas, Klaten bernama Mbah Pairo pada tahun 1950-an. Cawas yang secara adminstratif termasuk wilayah Klaten Jawa Tengah merupakan daerah tandus terutama di musim kemarau. Tidak adanya lahan subur yang bisa diandalkan untuk menyambung hidup, membuat Mbah Pairo mengadu nasib ke Jogjakarta.

KLARIFIKASI WILAYAH CAWAS


Quote:Original Posted By pilapoernomo


Cawas itu Kecamatan, makanya kalo mau spesifik dan mencari tau, apalagi ini penelitian katanya, ya di cari desa apa. Kalo mau mnjeneralisir itu gak tepat, soalnya Cawas rata2 itu sawah semua, dan itu dah dari dulu. Tanah di klaten yang paling mahal ya disekitar situ, pedan, delanggu, cawas. Karna suburnya tanah disana.


Mbah Pairo bisa disebut pionir angkringan di Jogjakarta. Usaha angkringan Mbah Pairo ini kemudian diwarisi oleh Lik Man, putra Mbah Pairo sekitar tahun 1969. Lik Man yang kini menempati sebelah utara Stasiun Tugu sempat beberapa kali berpindah lokasi. Seiring bergulirnya waktu, lambat laun bisnis ini kemudian menjamur hingga pada saat ini sangat mudah menemukan angkringan di setiap sudut Kota Jogja. Angkringan Lik Man pun konon menjadi yang paling dikenal di seluruh Jogja, bahkan di luar Jogja.


Quote:2. GEROBAK WARUNG ANGKRINGAN

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

Diawal kemunculannya angkringan menggunakan pikulan sebagai alat sekaligus center of interest. Bertempat di emplasemen Stasiun Tugu Mbah Pairo menggelar dagangannya. Pada masa Mbah Pairo berjualan, angkringan dikenal dengan sebutan ting-ting hik (baca: hek). Hal ini disebabkan karena penjualnya berteriak “Hiiik…iyeek” ketika menjajakan dagangan mereka. Istilah HIK sering diartikan sebagai Hidangan Istimewa Kampung. Sebutan HIK sendiri masih ditemui di Solo hingga saat ini, tetapi untuk di Jogja istilah angkringan lebih populer. Demikian sejarah angkringan di Jogjakarta bermula.

Saat ini angkringan telah memakai gerobak dengan bentuk/pakem yang sangat khas, umumnya berupa tenda warna warni yang terbuat dari terpal, gerobak kayu, kursi kayu memanjang seimbang dengan panjang gerobak dan diatasnya diisi teko air panas/air tawar/teh (khusus teko teh, ada keistimewaaan tersendiri semakin tua tekonya rasa teh yang keluar semakin khas), tempat lauk pauk untuk meletakkan jajanan, dan anglo bakaran.



Quote:3. MENU ANGKRINGAN

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

Berdasarkan HT yang dibuat oleh agan gondronk90 terdapat 8 MENU ANGKRINGAN YANG PERLU AGAN KETAHUI , YUK ! dan beberapa menu lainnya, yaitu: sego kucing/nasi kucing/sego bandeng/nasi bandeng, indomie telur, sundukan/ satetelur puyuh, sate keong, sate jeroan, tahu/tempe bacem, dan aneka gorengan Tempe Mendoan, Tahu Susor, Tahu Bakso, Pisang Goreng, Gatot, Tempe Goreng, Tahu Goreng, Bakwan (Ote-ote/ Weci), Pisang Goreng, Resoles, wedang kampul, susu jahe, kopi joss, dll

Dari semua angkringan yang pernah saya coba, menu yang paling sering ts makan di angkringan itu teh nasgitel (panas legi kentel), sego usus, dan bakwan/piya2. Menu yang disajikan sangat - sangat sederhana, bahkan sangat jarang angkringan menyajikan aneka makanan yang terbuat dari daging/ayam utuh. Karena menu - menu yang ada di angkringan memang diusahakan untuk berbiaya produksi sangat rendah.



Quote:4 HARGA MAKANAN

Quote:Original Posted By royfernando13
nasi kucing @Rp.1000- @Rp. 1500
sate telur @Rp.2000
sate ayam @Rp. 1000
sate ati bakar @Rp.2000
ceker @Rp.1000 - @Rp.2000
kepala ayam bakar @Rp.1000 - @Rp.2000
sate usus @Rp.1000
gorengan @Rp.500
kopi @Rp.1000 - @Rp.2000
teh @Rp.1000 - @Rp.2000
kopi jos @Rp.2000
sate keong @Rp.500 - @Rp.1000
es/jeruk anget @Rp.1000 - @Rp.2000

itu yg ane tau dijogja gan
hehhee


Dengan rentang harga makanan berkisar antara 500 - 5000 nasi kucing harga berkisar 2000 rupiah, es teh 1500 - 2000 rupiah, aneka sudukan/sate 1000 - 1500 rupiah, dan aneka gorengan 500 - 1000 rupiah tentulah sangat murah. Walaupun, ada yang berpendapat bahwa makan sampai kenyang di angkringan itu menjadi lebih mahal apabila dibandingkan dengan makan - makanan di warung makan.

DISINILAH KONSEP UTAMA ANGKRINGAN Dilihat dari menu yang disajikan dan sejarah angkringan, angkringan berangkat dari usaha menyajikan makanan bagi seluruh lapisan masyrakat, khususnya orang - orang saat zaman Pak Pairo yang tidak mampu untuk makan direstoran sampai kenyang. Perlu diketahui, harga makanan pada tahun 60-an sangat sangat mahal. Coba tanyakan kepada kakek nenek/bapak ibu agan2 yg hidup pada masa2 tersebut, ts yakin rata - rata mereka akan bercerita hal yang membuat hati agan miris. (mulai dari 1 telur dibagi dua, makan daging sebulan sekali atau bahkan kurang, dst)

Bagi orang - orang yang hidup pada zaman tsb, sudah dapat makan saja sudah cukup/sangat bersyukur. Disini Pak Pairo melihat ada celah/kesempatan, sehingga oleh Pak Pairo dibuatlah kombinasi menu makanan yang harganya murah meriah dan dapat dibeli oleh semua kalangan, khususnya kalangan bawah.

Hingga melekat stereotipe, Angkringan adalah "Restoran" bagi kaum marjinal berkantung cekak yang beranggotakan sebagian mahasiswa, tukang becak, kuli panggul, buruh maupun karyawan kelas bawah. Perlu diamati ternyata, makanan - makanan yang disajikan di angkringan juga menjadi salah satu indikator inflasi harga makanan di kota Jogja lho (^_^).

Namun saat ini, peminat angkringan bukan lagi kaum marjinal yang sedang dilanda kesulitan keuangan saja, tetapi juga orang berduit yang bisa makan lebih mewah di restoran. tidak jarang warung angkring Lik Man kedatangan orang-orang terkenal dari berbagai jenis pekerjaan. Djadug Feriyanto misalnya, kakak kandung Butet Kartaradjasa yang juga leader kelompok musik Sinten Remen ini pun jatuh cinta kepada angkringan Lik Man di Stasiun Tugu sana. Tidak hanya Djadug, beberapa sastrawan, budayawan, atau olahragawan ternama seperti Cak Nun (Emha Ainun Najib), Butet Kartaradjasa, Marwoto Kawer hingga Jammie Sandoval pemain PSIM asal Chilie pun sering meluangkan waktu malamnya untuk jajan di angkringan.

Quote:5. SUASANA DI ANGKRINGAN

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN

Ini dia yang tidak dapat dilupakan dan meninggalkan kesan yang sangat melekat bagi orang - orang yang telah berkunjung ke Angkringan. Suasananya sangat khas, rasanya nikmat sekali sambil ngobrol bersama teman - teman di malam hari sambil berdiskusi berbagai hal mulai dari yang ringan - ringan, pacar hingga topik yang sedikit memutar otak rencana studi, sosial, politik, dll. Percayalah suasana ngobrol di angkringan jogja itu tidak akan pernah tergantikan dan mempunyai magnet kerinduan yang sangat luar biasa untuk dapat kembali kesana, walaupun hanya untuk sekedar makan gorengan dan minum teh hangat !!! emoticon-Big Grin

dan sangat menyenangkan sekali melepas kepenatan bersama teman atau orang lain yang baru ketemu disana, lalu ngobrol ngalor-ngidul, gojeg kere, main plesetan kata-kata, menggoda bencong lewat, sampai tertawa lepas melepaskan beban pikiran. Tak perlu minder dengan apa status anda saat ini, karena di angkringan semuanya adalah sama.


APAKAH KONSEP ANGKRINGAN MASIH RELEVAN DI ZAMAN MODERN INI ?

JAWAB :
"DISINILAH MANUSIA MENJADI TANPA SEKAT BERBAUR MENJADI SATU
TANPA MEMANDANG LATAR BELAKANG, STATUS SOSIAL, HINGGA STATUS EKONOMI.
ANGKRINGAN TELAH MENJADI RUANG DAN SARANA UNTUK SALING BERINTERAKSI DENGAN SANGAT MANUSIAWI"


Jetis Freeman - Jahe Susu (Official Video)


Jika Berkenan...
REKOMENDASI HOT THREAD



literasi :
https://mysukmana.wordpress.com/2008...jogja-hiksolo/
http://santapjogja.com/legenda-kulin...or-angkringan/
http://www.slideshare.net/fifinism/m...hidupan-sehari
https://gerobakangkringan10.wordpres...ringan-sukses/
Polling
962 Suara
Kaskuser Sudah Pernah ke Angkringan? 
Diubah oleh Jatafest
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 18 dari 37
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 05:25
Quote:Original Posted By Akhmar


tergantung angkringanny juga gan.. ada yang enak ada yang ga.. kalo belum pernah cobain semua angkringan di jawa.. lebih baik jangan meng-generalisir.. emoticon-Ngakak (S)


hehe... ga tau gan... kirain sama... thank info
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 05:29
jadi kangen sama jogja

keramahan Dan sajian wisata jadi saya tarik

apalagi angkringan, makanannya enak enak
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 05:31
ooh jadi kalo angkringan jaman dulu tuh anak kecil yang dateng pada gapake baju ya gan emoticon-Ngakak bercanda gan. no offense emoticon-Big Grin
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh celanaman
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 05:48
pasar malem makanan
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 05:49
cadaaas gan emoticon-Big Grin
cuma bisa bilang.. dua jempol
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 05:57
gak tahu kenapa kalo ane lagi gak napsu makan mesti lsg menuju angkringan.. emoticon-Bingung (S)
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 05:59
Ini yg selalu ane omongkan kl kumpul2. Jogja berhenti nyaman. Karena pemegang kebijakan sekarang adalah orang yg tidak mengerti jogja termasuk karena ulah presiden/penguasa yg hendak menggoyang pemerintahan yogya atas nama demokrasi. Hasilnya yogya sekarang adalah jakarta wanna be. Apalagi jaman sekarang mahasiswa atau perantau semakin kaya. Terbukti ortu mahasiswa banyak yg membekali anaknya dg mobil. Tambah sedihnya lagi yg merajai jalan jogja adalah mobil yang bukan plat AB. Sudah beberapa kali d survey. Motor? Sampai pertengahan 2008 sebelum mobil memenuhi jogja, motor yg melimpah blm membuat jalan2 yogya penuh. blm pernah ane ngalami macet dari perempatan ring road sampe depan toko dazzle jln. gejayan cuma gara2 motor.

Kondisi ekonomi yg mapan itu membuat para perantau membuat tuntutan lebih. Tuntutan yg lebih ke arah hedonisme atau kehidupan yg cenderung mewah dan individualis. Menjamurlah lokasi2 yg mendukung kehidupan hedonis macam club, restoran, mall, sampe minimart. Disinilah fungsi penting kesederhanaan macam angkringan, cangkrukan, njagong, sego segawe (sepeda buat sekolah dan kerja), dll buat menjaga masyarakat yogya agar tetap waras dari gilanya "kemajuan zaman". Dukungan buat TS yg ikut "memanaskan" keaslian dan kesederhanaan jogja lewat dunia maya
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 06:00
Seddaaap gan emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 06:03
wah jadi kangen suasa jogjakarta nih emoticon-Belo
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 06:09
Mantep gan infonya emoticon-Matabelo
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 06:10
angkringan di jambi mahal
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 06:12
Quote:Original Posted By putera.bagus
kalau pengen makan diluar tapi dompet mepet biasanya ke angkringan sih,
tapi ada juga tempat yang make konsep angkringan tapi harganya nggak keangkringan emoticon-Hammer (S)


berarti tidak semua angkringan harga makanannya murah.. emoticon-Peace
ane belum pernah ke kota jogja, jadi ane belum pernah ngerasain suasana di angkringan kota jogja.. emoticon-Malu (S)
kalau ane pengen makan diluar biasanya ke warteg aja.. emoticon-Metal
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 06:13
gitu tohh sejarahnya,.dulu ane semper mau buka usaha angkringan jg, cman mentok di modal, btw nais info gan :beer
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 06:14
Pgn ke jogja
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 06:15
aihhh, angkringan Pak Man itu rame sekali, sy malah gak terlalu seneng nongkrong disana walaupun kopo joss nya manteb emoticon-Big Grin
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 06:19
ah, jadi kangen angkringan deket kos, pas di jogja dulu emoticon-Frown

kangen jahe susu, sate usus, teh manis anget, nasi kucing emoticon-Frown
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 06:21
Oh jadi angkringan itu asal mulanya dari Jogja toh..
ditempat ane mulai bnyk nih angkringan namun harganya mahal2 bgt dah emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 06:24
Quote:Original Posted By yaelahsu
Kalo ga ada lauk biasanya ke angkringan ganemoticon-Ngakak (S)


sama gan, ane juga kalau tidak ada lauk biasanya ke angkringan.. emoticon-Malu (S)
tapi ane cuma beli lauk secukupnya aja misalnya : tahu/tempe bacem sama sate telur puyuh.. emoticon-Peace
makannya tetap di rumah cuma lauknya aja yang dibeli.. emoticon-Malu (S)
0 0
0
[JOGJA ISTIMEWA] Filosofi Kesederhanaan ANGKRINGAN
10-02-2015 06:30
Hahaha jogja emang Istimewa gan, ga sia-sia dulu susah2 nyari cara biar bisa skolah di jogja yg akhirnya ksampean juga emoticon-2 Jempol
btw angkringan itu juga jadi penyelamat di akhir bulan lho gan, pas dompet udah menceper emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 18 dari 37
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia