News
Batal
KATEGORI
link has been copied
161
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54d775b5c1cb17683c8b456d/warga-solo-kecewa-jokowi-lebih-pilih-proton-sedang-esemka-dicuekin
Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggandeng Proton, pabrikan mobil asal Malaysia benar-benar mengejutkan sejumlah pihak. Selain Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang menolak keras rencana itu, sejumlah warga Solo yang ditemui merdeka.com mengungkapkan pendapat yang sama. Mereka kecewa, rencana tersebut hanya akan menguntungkan segelintir orang. Sebagian lagi berpendapat rencana itu menyakiti
Lapor Hansip
08-02-2015 21:41

Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin

Quote:
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin



Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggandeng Proton, pabrikan mobil asal Malaysia benar-benar mengejutkan sejumlah pihak. Selain Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang menolak keras rencana itu, sejumlah warga Solo yang ditemui merdeka.com mengungkapkan pendapat yang sama.

Mereka kecewa, rencana tersebut hanya akan menguntungkan segelintir orang. Sebagian lagi berpendapat rencana itu menyakiti hati rakyat lantaran, Malaysia baru saja merendahkan martabat bangsa Indonesia.

"Kalau saya jelas kecewa mas, dulu Jokowi mengunggul-unggulkan Esemka, katanya enggak kalah sama Proton. Kalau pakai nama luar negeri apa itu namanya mobil nasional?" ujar Endang Kusumastuti, warga Pajang, Laweyan Solo, Minggu (8/2).

Endang yang dulu ragu dengan tuduhan banyak orang dan lawan politik Jokowi, sekarang ia percaya bahwa Esemka hanya untuk pencitraan.

"Dulu Pak Jokowi bilang Esemka enggak kalah sama Proton. Kalau yang namanya mobil nasional, ya produksi sendiri semuanya. Kalau untuk teknologinya bisa menggandeng negara yang maju bidang otomotifnya, seperti Jerman atau Jepang," tandasnya.

Pendapat senada dikemukakan Anna Marita, warga Jambangan, Sragen. Menurut dia, dulu Jokowi pernah berjanji untuk membesarkan Esemka. Namun sekarang ia lupa dengan janjinya itu.

"Dulu niatnya pak Jokowi kan membesarkan Esemka. Sampai-sampai dia harus bolak-balik uji kelayakan ke Jakarta. Kenapa sekarang justru malah menggandeng Proton dari negara tetangga?" ucapnya.

Menurut Anna sebenarnya mobil yang dibuat oleh Indonesia cukup banyak. Tetapi mereknya memang berasal dari luar negeri. Seperti Toyota dan Honda, meski kandungan lokalnya hanya sedikit.

"Rasanya nanggung kalau cuma menggandeng Proton. Kalau niatnya dulu mengenalkan Esemka, ya harus dibesarkan sekalian. Kerja sama dengan pabrikan besar sekalian, seperti Toyota, Honda atau Hyundai. Apalagi merek-merek Jepang itu kan juga sudah ada pabrik di Indonesia," tuturnya.

Pendapat berbeda dikemukakan Wisti Valerina, warga Kadipiro, Banjarsari, Solo. Meski kecewa, ia mengajak masyarakat berpikir positif terhadap rencana tersebut.

"Kalau memang niatnya ngambil ilmu dari Proton kaitannya sama pengembangan industri mobil Indonesia enggak salah kok. Tapi kalau niatnya lain, atau ada kepentingan politik di dalamnya yang kita belum tahu apa itu, ya kita pasti kecewa," jelasnya.

Meski demikian, lanjut Wisti, langkah Jokowi sebagai presiden harus dihargai. "Enggak ada kan bapak (presiden) yang mau menyengsarakan keluarganya (rakyatnya)?" terangnya.

"Malaysia itu baru saja merendahkan kita, menghina bangsa Indonesia dengan iklan yang kemarin. Masak Jokowi malah menggandeng Proton, apa kita mau dihina lagi? Kerja sama boleh saja, tapi negara yang lebih maju kan banyak," pungkas M Rifky warga Kentingan, Jebres.


SUMBER



ANE JUGA KECEWA emoticon-Mewek emoticon-Mewek emoticon-Mewek
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 9
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 17:23
Quote:Original Posted By mooray
lebih kecewa mana?
penanganan masalah KPK vs Polri
ato
proton vs esemka..
Presiden yg hebat...datang ke malaysia degan tegas...


SUPER KECEWA gan, 2-2nya gak ada yang beres emoticon-Cape d...
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 17:26
Ok esemka di bidang kendaraan umum /pribadi tak dihargai dri pada ngarep jokowi yg gk jelas.
Mending pindah haluan esemka buat kendaraan militer kek tank ato mobil lapis baja gaet pindad. Biar kita giles tuh produk malay pake roda baja.
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 17:27
emoticon-Big Grin
wajar lah kecewa...
ente jadi tau kan sopo dia emoticon-Big Grin
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 17:30
sudah ane pilih sekarang janjinya kog beda? sangat kecewa..
mobil esmka lebih bagus daripada mobil proton dr malay,kesannya tr bukan mobnas lagi.seperti menjilad ludah sendiri ya pak emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh Yurines
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 19:31
ane bukan orang solo aja kecewa gan dengan kebijakan ini
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 20:03
Rada aneh sebenarnya ngurusin mobil (pribadi) dulu kayaknya anti mobil murah (ane sepakat).

Kenapa gak langsung ke negara maju sekelas jepang atau jerman untuk pengembangan kendaraan umum massal yg bisa memakai energi alternatif (meski secara rupiah jangka pendek kurang menguntungkan, namun secara jangka panjang lebih menguntungkan)
Ane lebih seneng obsesi Dahlan Iskan yang ingin mengembangkan kendaraan listrik dulu (walaupun terlihat itu adalah usaha sendiri, tanpa sokongan pemerintah, meslipun beliau menteri bumn)
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 20:09
Barisan sakit hatikah?apa mungkin sumber yg di bayar wowo ,,#penastak SOP emoticon-Big Grin
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 20:16
WOY JOKOWI GAK PERNAH SALAH INGAT ITU emoticon-Malu (S)
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 20:19
mobnas itu apa sih ? wong esemka jg jeroannya made in cina. proton ? produk gagal.gak laku. diberakin Najib Razak emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 20:26
Quote:Original Posted By sisin
mobnas itu apa sih ? wong esemka jg jeroannya made in cina. proton ? produk gagal.gak laku. diberakin Najib Razak emoticon-Cape d... (S)

Iya gan,anoa aja mesinnya pake Renault buatan perancis..anoa mah keren copas barang dari perancis,lah klo proton???? emoticon-Big Grin
Dalem negri dia sendiri aja pada males make emoticon-Big Grin
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 20:35
daripada mobil proton atau esmeka
gue lebih dukung mobil listrik Ricky Elson

Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
gimana keren gk kalau di jadi mobil nasional
tapi sayang pemerintah gk medukung
padahal gk jaman lagi mobil bakar minyak
ingat bahan bakar minyak bakal habis kalau gk ada sumber baru
kenapa gk beralih ke mobil listrik..
yang pasti ramah lingkungan dan mengurangin polusi udara
Diubah oleh 3911199
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 21:01
Menunggu ada yg bikin program tandingan: DONAT "DOkar NATional"
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 21:04
piye to pak ?
esemka keknya udah tinggal kenangan emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 21:39
kirain dari awal udah tau.. kalo esemka cuma dijadiin kosmetik politik..
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 23:42
tertipu??? laporin dengan pasal penipuan aja gan... emoticon-Malu (S) emoticon-Betty (S)


emoticon-Traveller
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 23:50
Bener tuh gan, kalo dikenain pasal penipuan, bisa kena pasal berlapis tuh dia emoticon-Big Grin
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 23:54
ane g kecewa gan .soalnya ane bkn warga solo sma g pilih bung joko emoticon-Ngakak
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
10-02-2015 10:27
Quote:Original Posted By rjrex8

aku tdk mengungkitnya gan aaaaarghhhhhh emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown aku d tipunya gan aaaarggghhhhhh emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown


Wakakakakakakak....
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
08-04-2015 14:34
banyak juga ya yang kecewa...emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Halaman 8 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
lia-eden-meninggal-dunia
Berita dan Politik
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia