News
Batal
KATEGORI
link has been copied
161
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54d775b5c1cb17683c8b456d/warga-solo-kecewa-jokowi-lebih-pilih-proton-sedang-esemka-dicuekin
Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggandeng Proton, pabrikan mobil asal Malaysia benar-benar mengejutkan sejumlah pihak. Selain Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang menolak keras rencana itu, sejumlah warga Solo yang ditemui merdeka.com mengungkapkan pendapat yang sama. Mereka kecewa, rencana tersebut hanya akan menguntungkan segelintir orang. Sebagian lagi berpendapat rencana itu menyakiti
Lapor Hansip
08-02-2015 21:41

Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin

Quote:
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin



Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggandeng Proton, pabrikan mobil asal Malaysia benar-benar mengejutkan sejumlah pihak. Selain Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang menolak keras rencana itu, sejumlah warga Solo yang ditemui merdeka.com mengungkapkan pendapat yang sama.

Mereka kecewa, rencana tersebut hanya akan menguntungkan segelintir orang. Sebagian lagi berpendapat rencana itu menyakiti hati rakyat lantaran, Malaysia baru saja merendahkan martabat bangsa Indonesia.

"Kalau saya jelas kecewa mas, dulu Jokowi mengunggul-unggulkan Esemka, katanya enggak kalah sama Proton. Kalau pakai nama luar negeri apa itu namanya mobil nasional?" ujar Endang Kusumastuti, warga Pajang, Laweyan Solo, Minggu (8/2).

Endang yang dulu ragu dengan tuduhan banyak orang dan lawan politik Jokowi, sekarang ia percaya bahwa Esemka hanya untuk pencitraan.

"Dulu Pak Jokowi bilang Esemka enggak kalah sama Proton. Kalau yang namanya mobil nasional, ya produksi sendiri semuanya. Kalau untuk teknologinya bisa menggandeng negara yang maju bidang otomotifnya, seperti Jerman atau Jepang," tandasnya.

Pendapat senada dikemukakan Anna Marita, warga Jambangan, Sragen. Menurut dia, dulu Jokowi pernah berjanji untuk membesarkan Esemka. Namun sekarang ia lupa dengan janjinya itu.

"Dulu niatnya pak Jokowi kan membesarkan Esemka. Sampai-sampai dia harus bolak-balik uji kelayakan ke Jakarta. Kenapa sekarang justru malah menggandeng Proton dari negara tetangga?" ucapnya.

Menurut Anna sebenarnya mobil yang dibuat oleh Indonesia cukup banyak. Tetapi mereknya memang berasal dari luar negeri. Seperti Toyota dan Honda, meski kandungan lokalnya hanya sedikit.

"Rasanya nanggung kalau cuma menggandeng Proton. Kalau niatnya dulu mengenalkan Esemka, ya harus dibesarkan sekalian. Kerja sama dengan pabrikan besar sekalian, seperti Toyota, Honda atau Hyundai. Apalagi merek-merek Jepang itu kan juga sudah ada pabrik di Indonesia," tuturnya.

Pendapat berbeda dikemukakan Wisti Valerina, warga Kadipiro, Banjarsari, Solo. Meski kecewa, ia mengajak masyarakat berpikir positif terhadap rencana tersebut.

"Kalau memang niatnya ngambil ilmu dari Proton kaitannya sama pengembangan industri mobil Indonesia enggak salah kok. Tapi kalau niatnya lain, atau ada kepentingan politik di dalamnya yang kita belum tahu apa itu, ya kita pasti kecewa," jelasnya.

Meski demikian, lanjut Wisti, langkah Jokowi sebagai presiden harus dihargai. "Enggak ada kan bapak (presiden) yang mau menyengsarakan keluarganya (rakyatnya)?" terangnya.

"Malaysia itu baru saja merendahkan kita, menghina bangsa Indonesia dengan iklan yang kemarin. Masak Jokowi malah menggandeng Proton, apa kita mau dihina lagi? Kerja sama boleh saja, tapi negara yang lebih maju kan banyak," pungkas M Rifky warga Kentingan, Jebres.


SUMBER



ANE JUGA KECEWA emoticon-Mewek emoticon-Mewek emoticon-Mewek
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 9
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 13:03
kalo gini terus bisa bahaya beneran nih rezim ini emoticon-Takut (S)

tolong jangan kudeta dong emoticon-Frown
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 13:05
doain aja biar mobilnya ga laku emoticon-Ngakak
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 13:54
Quote:Original Posted By k4surus4k


kalau ini B to B kenapa mau dijadikan mobnas gan??

esemka kok didiemin? padahal kemarin ni mobil kan jadi senjata kampanye

serius ane kecewa pernah merasa jokowi cocok memimpin indonesia

pemimpin ngibul :'(


Dari info yg ane denger bahwa ini bukan mobil nasional (mobnas) gan, belum tau apa namanya, ane juga ga paham knapa harus pemimpin negara harus hadir, mungkin sebagai rasa terimakasih jokowi ke hendro priyono (karna mendukung pemerintahan jokowi). Memang kalo diliat sih ini seperti manuver politik yg sedang dijalankan pemerintah. Sampai sekarang ane masih berpikiran positif gan. Memang tingkat kepercayaan ane ke pemerintah udah menurun tapi masih berharap jokowi masih bisa membuat indonesia lebih. Ane paham dengan agan utk masalah kekecewaan, sudah banyak yg seperti agan, tapi ane masih mikir positif sampai terbukti pemerintahan jokowi bobrok...intinya..semoga indonesia bisa lebih baik, damai dan sejahtrakan rakyatnya...peace
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 14:00
Quote:Original Posted By jurigkuris


B to B yang di hadiri orang nomor satu dari 2 negara ...........emoticon-Ngakak (S) dan kita tahu yang mewakili B dari indonesia itu perannya sebagai apa pas pemilu kemarin dan B yang lainnya bukalanha perusahan yang sehat mereka bisa survive hingga saat ini hanya murni karna sokongan penuh dari pemerintah sanah ..knp bisa kepilih emoticon-Ngakak (S)
senaif inikah ..........
walaupun katanya pemerintah tidak mengeluarkan uang sepeserpun tapi dalam hal ini pemerintah pasti dapata gw pastikan akan membantu dengan cara yang lain misalny mempermudah perizinan dan peraturan ...Bulshit kalo gak ada ... kalo gak adamah gak bakalan kedua petinggi negara menghadiri acara begituan
emoticon-Ngakak (S)

Thanx gan udah merespon komen ane, memang ada hal yg agak aneh bahwa utk masalah B to B, harus orang nomor 1 dari kedua negara, tapi rasanya itu mungkin sebagai rasa terimakasih jokowi utk hendro priyono udah mendukung pemerintahannya. Ane memang melihat ada keanehan dalam kesepakatan tsb, karena proton sendiri sudah hadir di indonesia (ada perwakilan proton disini), keliatannya ada manuver lain yg dimainkan. Tapi apapun juga ane masih berpikir positif (walau sudah sangat berkurang) terhadap pemerintahan sekrang...intinya agar pemerintahan skarang bisa membuat keadaan lebih damai, lebih sejahtra dan lebih memajukan ekonomi indonesia...semoga...peace


0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 14:00
Quote:Original Posted By sintenremen



emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


Malah didi kempot ni si agan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 15:26
bukan uruasan saya emoticon-Cool
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 16:01
Quote:Original Posted By rionaldovt


Dari info yg ane denger bahwa ini bukan mobil nasional (mobnas) gan, belum tau apa namanya, ane juga ga paham knapa harus pemimpin negara harus hadir, mungkin sebagai rasa terimakasih jokowi ke hendro priyono (karna mendukung pemerintahan jokowi). Memang kalo diliat sih ini seperti manuver politik yg sedang dijalankan pemerintah. Sampai sekarang ane masih berpikiran positif gan. Memang tingkat kepercayaan ane ke pemerintah udah menurun tapi masih berharap jokowi masih bisa membuat indonesia lebih. Ane paham dengan agan utk masalah kekecewaan, sudah banyak yg seperti agan, tapi ane masih mikir positif sampai terbukti pemerintahan jokowi bobrok...intinya..semoga indonesia bisa lebih baik, damai dan sejahtrakan rakyatnya...peace


ane maklum gan kalo ada janji-janjinya yang belum ditepati gan karena janji mungkin butuh waktu

tapi kalau janji diingkari berarti emang gak niat nepati gan
ESEMKA mau diselingkuhin ama Proton ? WHAT THE... !!!!!!

tenaga ahli kita di bidang mobil gak kalah lho gan, sampai mobil listrik pun kita mampu buat
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 16:07
Quote:Original Posted By rjrex8
aku jg gan kecewa berat, knp kemarin aku pilih jokowi....???emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown


Sabar gan... Masih banyak yg akan mengikuti langkah agan. Sadar dari pengaruh air kobokan.
emoticon-Ngakak
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 16:09
puja simbok dan jokowi ululululu emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 16:24
Seorang Pemimpin tertinggi negara rela meluangkan waktunya dengan mengunjungi negara tetangga demi politik balas budi berkedok "Mobil Nasional", di saat kondisi politik dlm negeri sendiri sedang carut marut

Gak perlu jd Panastak atau Panasbug, Pro ini atau itu. cukup jd rakyat Indonesia yg masih waras;

"Tidaklah pantas tindakan tersebut dilakukan oleh simbol negara!". Titik
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 16:29
Quote:Original Posted By rionaldovt


Dari info yg ane denger bahwa ini bukan mobil nasional (mobnas) gan, belum tau apa namanya, ane juga ga paham knapa harus pemimpin negara harus hadir, mungkin sebagai rasa terimakasih jokowi ke hendro priyono (karna mendukung pemerintahan jokowi). Memang kalo diliat sih ini seperti manuver politik yg sedang dijalankan pemerintah. Sampai sekarang ane masih berpikiran positif gan. Memang tingkat kepercayaan ane ke pemerintah udah menurun tapi masih berharap jokowi masih bisa membuat indonesia lebih. Ane paham dengan agan utk masalah kekecewaan, sudah banyak yg seperti agan, tapi ane masih mikir positif sampai terbukti pemerintahan jokowi bobrok...intinya..semoga indonesia bisa lebih baik, damai dan sejahtrakan rakyatnya...peace


di spanduk jelas2 ditulis ko "Indonesia National Car",cari aja gambar pas tandatangan perjanjiannya
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 16:33
Yaelaaa hari gene masi percaya ama jokowi ?? emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 16:40
Kini giliran rakyat yg bilang "saya prihatin" kpd pemimpinnya
0 0
0
Post ini ditandai sebagai spam
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 16:46
esemka dalam mitologi indonesia adalah mantan kendaraan jokongeus emoticon-Ngakak
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 16:47
WARGA SOLO DULU KETIPU, SEKARANG KETIPU LAGEE emoticon-Big Grin
SALUT HATRICK YG DIBIKIN WIWI emoticon-Big Grin
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 17:00
Seluruh rakyat Indonesia ditipu....

Kelen para idiot penyoblos Jokowi = perusak negara
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 17:11
Ni presiden bisa sampe 5 taun gak ya...kok ane rada ragu emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 17:16
Wisti valeria adalah contoh nastak die hard
0 0
0
Warga Solo Kecewa Jokowi Lebih Pilih Proton Sedang Esemka Dicuekin
09-02-2015 17:22
gw juga emoticon-Smilie
0 0
0
Halaman 7 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia