News
Batal
KATEGORI
link has been copied
150
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54d4f2579e740459288b4567/dan-indonesiapun-akhirnya-belajar-kepada-malaysia
di awal pemerintahannya suharto+habibie mencanangkan proyek mercusuar yang menjadi kebanggaan negara kita saat itu. seketika nama BJ Habibie berkibar menjadi icon manusia genius indonesia yg diagung2kan. setiap anak2 pada masa itu bercita2 ingin menjadi seperti habibie, tdk terkecuali ane. hanya berselang beberapa tahun perdana mentri malaysia mahathir muhammad mencanangkan proyek mobil nasional m
Lapor Hansip
06-02-2015 23:56

Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia

di awal pemerintahannya suharto+habibie mencanangkan proyek mercusuar yang menjadi kebanggaan negara kita saat itu.
seketika nama BJ Habibie berkibar menjadi icon manusia genius indonesia yg diagung2kan. setiap anak2 pada masa itu bercita2 ingin menjadi seperti habibie, tdk terkecuali ane.

hanya berselang beberapa tahun perdana mentri malaysia mahathir muhammad mencanangkan proyek mobil nasional melalui Perusahaan Otomoti Nasional (PROTON).

setelah berjalan beberapa dasawarsa coba kita bandingkan hasilnya:

proyek soeharto+habibie yg sudah menghabiskan uang rakyat segunung sampe detik ini masih blm dirasakan manfaatnya oleh rakyat indonesia. satu2nya yang dsumbangkan proyek ini hanyalah rasa bangga dan gengsi.(makan tuh gengsi).

dilain pihak rakyat malaysia sudah lama bisa menikmati mobil rakyat yang bisa ddapat dengan harga terjangkau. negaranyapun sudah banyak diuntungkan karena PROTON sudah dieksport ke 20 negara.

jika melihat fakta ini, suharto+habibie vs mahathir muhammad manakah yang lbh genius?

Quote:"Dengan keahlian yang dimiliki, serta kesamaan budaya, kami yakin Proton bisa membantu melatih dan meningkatkan keahlian tenaga kerja ahli kami untuk pasar otomotif kami," kata mantan Kepala Badan Intelijen Negara itu, seperti diberitakan oleh Berita Harian Malaysia.

Sebelumnya diberitakan, dalam kunjungan kenegaraan ke Malaysia Jokowi memang akan mampir ke sebuah pabrik mobil. Itu dikonfirmasi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (5/2). "Di Malaysia memang berniat mau ke pabrik mobil," katanya.
http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/...obil-nasional/


Bagi para kaum Nasionalis dan yang alergi terhadap autokritik, dipersilakan caci makinya..
Diubah oleh mahabodoh
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 8
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 01:52
Quote:Original Posted By piggy.


ngak mudeng juga lu masak kalah sama gw yang waktu itu masih sd belum kuliah kek elu emoticon-Ngakak

karoseri wah ngeri juga bacot lu yak emoticon-Ngakak pelecehan lu sama habibie dan mereka mereka di belakang terciptanya sejarah dirgantara kita bener bener sadis coy emoticon-Cape d... emoticon-Najis



iya gan kita itu kmrn2 cuma bikin rumah2 pesawat, istilah kerennya perusahaan karoseri.
cuma ya lbh kerenan dikit dbanding perusahaan karoseri mobil..
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 01:53
Quote:Original Posted By coolcrew
Eek lah kaw jok.. sorry mulai dr cimb, excel dan apapun yg related sm malay sdh lama gw banned dr kehidupan sehari2 gw.. yg ada malay2nya pasti gw buang jauh2

ASU kaw jok.. emoticon-Najis


nggak cuman prosesor AMD, banyak chipset komputer, HP, RAM komputer yang assembly-nya di Malaysia. emoticon-Ngakak
malaysia sudah maju jauh daripada bangsa overproud (makan tuh gengsi). emoticon-Ngakak
Diubah oleh tole_90
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 01:55
Quote:Original Posted By mahabodoh


iya gan kita itu kmrn2 cuma bikin rumah2 pesawat, istilah kerennya perusahaan karoseri.
cuma ya lbh kerenan dikit dbanding perusahaan karoseri mobil..


gw bicara N 250 coy mudeng ngak lu emoticon-Cape d...

dari tadi ngalor ngidul taunya pembahasan lu lain emoticon-Ngakak

capek capek ngetik gw emoticon-Cape d...
Diubah oleh piggy.
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 02:06
Quote:Original Posted By piggy.


gw bicara N 250 coy mudeng ngak lu emoticon-Cape d...

dari tadi ngalor ngidul taunya pembahasan lu lain emoticon-Ngakak

capek capek ngetik gw emoticon-Cape d...


N 250 itu mesinnya buatan perusahaan Allison AE
http://id.wikipedia.org/wiki/N-250
rumah2nya atau karoserinya made in indonesia

banyak2 baca nak biar rada pinteran dikit..

Diubah oleh mahabodoh
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 02:07
Quote:Original Posted By mahabodoh
masih mending asemka krn masih ada kerjaan ngrakitnya walopun dikit.
klo jaman suharto bener2 parah. benar2 cuma untuk ngakal2in doank..
beli mobil jadi ke korea, minta ganti nama timor, bgtu mobilnya datang dtaro di sentul.
instansi dpaksa beli.


Eh yang ane denger itu timor aslinya mercy apa apa ya, jadi yang bener itu timor aslinya mobil jadi darimana sih emoticon-Nohope

Jadi penasaran emoticon-Ngacir
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 02:11
Quote:Original Posted By mahabodoh


N 250 itu mesinnya buatan perusahaan Allison AE
http://id.wikipedia.org/wiki/N-250
rumah2nya atau karoserinya made in indonesia

banyak2 baca nak biar rada pinteran dikit..



udah gw jelasin di belakang ngak mudeng juga lu emoticon-Cape d...

katanya waktu itu udah kuliah emoticon-Ngakak

kok bekas anak kuliah di zaman itu ngak ada bekas bekasnya sih emoticon-Ngakak

ini yang di bilang diskusi ngak nyambung emoticon-Ngakak

kalah sama gw yang waktu N 250 hadir masih sd emoticon-Ngakak
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 02:17
Quote:Original Posted By piggy.


udah gw jelasin di belakang ngak mudeng juga lu emoticon-Cape d...

katanya waktu itu udah kuliah emoticon-Ngakak

kok bekas anak kuliah di zaman itu ngak ada bekas bekasnya sih emoticon-Ngakak

ini yang di bilang diskusi ngak nyambung emoticon-Ngakak

kalah sama gw yang waktu N 250 hadir masih sd emoticon-Ngakak


bgini nih generasi skrg, kebanyakan ngaskus tp jarang baca..
ngomongnya kenceng salah pula..
kpn bangkitnya indonesia klo bgini..

ampun dah...
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 02:21
Kalo mau belajar nanggung amat emoticon-Ngakak belajar dong sama yg dah benr2 ahli emoticon-Ngacir
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 02:23
Quote:Original Posted By mahabodoh


bgini nih generasi skrg, kebanyakan ngaskus tp jarang baca..
ngomongnya kenceng salah pula..
kpn bangkitnya indonesia klo bgini..

ampun dah...


begini kelakuan orang kuliah zaman N 250 lahir emoticon-Ngakak

pesawat N 250 karya anak bangsa di cibir di lecehkan emoticon-Cape d...

hasil rancang bangun habibie dan mereka di belakang lahirnya N 250 di olok olok emoticon-Najis

yang jadi andalan mesin buatan luar padahal pesawat itu tidak terbatas hanya dari mesin emoticon-Ngakak

pantesan ngak maju indonesia di isi generasi generasi tua yang pikirannya setua umurnya dan mengarah ke arah kepikunan berpikir saja sudah berat emoticon-Ngakak

0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 02:28
Quote:Original Posted By piggy.


ngak mudeng juga lu masak kalah sama gw yang waktu itu masih sd belum kuliah kek elu emoticon-Ngakak

karoseri wah ngeri juga bacot lu yak emoticon-Ngakak pelecehan lu sama habibie dan mereka mereka di belakang terciptanya sejarah dirgantara kita bener bener sadis coy emoticon-Cape d... emoticon-Najis



percuma deh, bangga banggaan. kalau realisasinya tidak dirasakan mertua (baca: bangsa indonesia), yang ngerasain malah mertua lain (baca: Amerika, perancis).
Diubah oleh tole_90
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 02:31
Quote:Original Posted By tole_90


percuma deh, bangga banggaan. kalau realisasinya tidak dirasakan mertua (baca: bangsa indonesia), yang ngerasain malah mertua lain (baca: Amerika, perancis).



itu tadi udah gw jelaskan n 250 terhalang IMF si lintah darat padahal tinggal produksi masal emoticon-Berduka (S)

bagaimana mungkin bisa di nikmati mertua ( bangsa indonesia ) tapi pak habibie dan anaknya tidak menyerah terus berjuang kan sekarang lagi dan sedang proses menghidupkan lagi semua itu emoticon-Big Grin

apalagi banyak tukang insinyur kita yang akhirnya pergi dan katanya si mahabodoh yang kuliah di zaman itu kakak iparnya juga ikut katanya emoticon-Ngakak
Diubah oleh piggy.
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 02:36
Quote:Original Posted By ruuuruuu
Kalo mau belajar nanggung amat emoticon-Ngakak belajar dong sama yg dah benr2 ahli emoticon-Ngacir


setuju kalau mau belajar ke jepang kek atau korea juga bisa atau german prancis juga sip emoticon-Big Grin

lah ini malaysia emoticon-Cape d... emoticon-Ngakak
Diubah oleh piggy.
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 02:39
sorry, ketimbang mobil dari malon,ane lebih pilih mobil china aja deh! emoticon-Ngakak emoticon-Cool
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 02:55
Quote:Original Posted By mahabodoh


ente betul
awalnya proton itu hanyalah mitsubishi, tp mereka berhasil memaksa perusahaan jepang itu untuk alih teknologi hingga jadilah proton sperti sekarang ini.
tp itu tidak dilakukan oleh suharto+habibie
yang dbikin malah proyek yang ngabisin uang rakyat demi sebuah kebanggaan dan gengsi, bukan berdasar kebutuhan rakyat.
blm sekalipun proyek pesawat ini membukukan keuntungan walau sepeserpun

jika mahathir muhammad tidak cerdik, mungkin dia dulu akan ikut2an bikin pesawat.
tdk perlu punya habibie, cukup sewa ahli dari negara yg maju dan paksa mereka alih teknologi.

tp mahathir tidak melakukan, karena mahathir tau mobil lbh dbutuhkan rakyat dbanding pesawat.

di negara kita banyak perusahaan mobil jepang, tp setelah puluhan tahun kita tetap hanya sebagai tukang rakit tanpa pernah bisa memaksa org jepang itu untuk alilh teknolgi.


Ts sok"an bacot hina karya sendiri emoticon-Najis (S)

Liat dulu habibie soeharto visi nya apa bikin pesawat.
Habibie melihat indonesia negara kepulauan, mereka merancang pesawat untuk menghubungkan antar daerah pulau di indonesia bisa untuk kemajuan ekonomi

Ga cuma buat gengsi blok, andai indonesia ga terguncang krisis itu pesawat bisa sukses penjualannya. Liat sekarang perkembangan pesawat CN , itu kan juga hasil rintisan yang dulu. Sekarang udah tau sendiri kan di ekspor ke berbagai negara.

Jelekin bangsa sendiri ngebelain memuja malesia emoticon-Cape deeehh
Benci sama pak harto , tomi , habibie?
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 03:02
ngga sekalian belajar bikin monorel sama malaysia emoticon-Malu (S)
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 03:06
Malah ribut sendiri... emoticon-Cape d... (S)

Mau belajar ya belajar aja, ngapain juga gengsi

--------------

Gengsi ketinggian malah jadi ky North Korea emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 03:11
Quote:Original Posted By likekus


Ts sok"an bacot hina karya sendiri emoticon-Najis (S)

Liat dulu habibie soeharto visi nya apa bikin pesawat.
Habibie melihat indonesia negara kepulauan, mereka merancang pesawat untuk menghubungkan antar daerah pulau di indonesia bisa untuk kemajuan ekonomi

Ga cuma buat gengsi blok, andai indonesia ga terguncang krisis itu pesawat bisa sukses penjualannya. Liat sekarang perkembangan pesawat CN , itu kan juga hasil rintisan yang dulu. Sekarang udah tau sendiri kan di ekspor ke berbagai negara.

Jelekin bangsa sendiri ngebelain memuja malesia emoticon-Cape deeehh
Benci sama pak harto , tomi , habibie?


ini initiative swasta atau pemerintah sih? dimana di berita bahwa ini pemerintah punya.. hanya karena embel2 mobil nasional berati project pemerintah?

kalau swasta mau buat mobil nasional, sah2 saja kan? dan si Jokowi dan PM Malaysia hanya MENYAKSIKAN penandatanganan MOU antara 2 perusahaan (bukan pemerintah) ... dan ini hal yang normal dilakukan.. bahkan obama kemaren menyaksikan ttd MOU antara Lion dan Boeing ..

Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 10:21

mobil nasional ri diimpor dulu dari malaysia nanti bikin sendiri

Http://finance.detik.com/read/2015/0...-bikin-sendiri

Quote:Perusahaan otomotif Malaysia, Proton Holdings Berhad telah menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan perusahaan Indonesia, PT Adiperkasa Citra Lestari untuk melakukan studi kelayakan memproduksi mobil nasional Indonesia.

Penandatanganan proyek ini merupakan salah satu agenda kunjungan bilateral pertama Presiden Indonesia Jokowi ke Malaysia.

Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Chief Executive Officer Proton Holdings Bhd Datuk Abdul Harith Abdullah dan CEO Adiperkasa Citra Lestari AM Hendropriyono di Proton Centre of Exellence, Jumat kemarin

Turut menyaksikan acara itu di antaranya Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak, Pemimpin Proton Tun Dr Mahathir Mohamad, serta Presiden Indonesia Joko Widodo.

"Pada peringkat awal kita mungkin eksport kereta buatan Malaysia. Selepas itu kita akan memasang kereta di Indonesia dan seterusnya mengeluarkan bahagian-bahagian di negara itu agar ia akan menjadi kereta Indonesia yang sebenar," kata Mahathir usai menyaksikan penandatanganna seperti dikuti dari Bernama, Sabtu (7/2/2015).

Kira-kira terjemahannya begini, "Pada tahap awal kita mungki akan ekspor mobil buatan Malaysia. Setelah itu kita akan merakit mobil di Indonesia dan seterusnya memproduksi komponen di dalam negeri supaya nanti benar-benar menjadi mobil Indonesia."

0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 10:35
Quote:Original Posted By mahabodoh


bgini nih generasi skrg, kebanyakan ngaskus tp jarang baca..
ngomongnya kenceng salah pula..
kpn bangkitnya indonesia klo bgini..

ampun dah...


Hahaha... jleb gan, setuju. Dan jawaban ente cerdas2 yg baca jg tau.
Syg yg lu lawan nasionalisme buta, ibarat peribahasa katak dalam tempurung.
Kaga maju2 jadinya... karena over bangga jadi selalu merendahkan bangsa lainnya.

0 0
0
Dan Indonesiapun Akhirnya Belajar Kepada Malaysia
07-02-2015 10:42
Quote:Original Posted By piggy.


buktikan mana buktinya emoticon-Cape d...

lu tau anak BJ habibie Pak ilham habibie pesawat yang di buatnya coy pesawat tapi di tidak cuba bacot tapi punya aksi buat perusahaan sendiri emoticon-Ngakak

lah ini cuma mobil emoticon-Ngakak motor pun tidak bisa buat emoticon-Najis

lalu mana yang lu bilang yang banyak itu tadi, pada ngumpet di gorong gorok yak emoticon-Ngakak




ngapain mobil konvensional, mobil listrik pun bisa org indo bikin , bikinan bang ricky elson

emang niat jongos bagi2 kue
0 0
0
Halaman 3 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia