Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
438
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5424bf71a2cb17e84c8b4571/info-rahasia-dibalik-makna-kata-daeng
semoga gak repost :malus PEMBUKAAN sumber gambar makassarterkini.com sumber gambar bulank.blogspot.com Selama ini Makassar diberi gelar sebagai Kota Daeng. Tapi apa sebenarnya arti dan m
Lapor Hansip
26-09-2014 08:20

(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”

Past Hot Thread
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”

(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
HT#6


semoga gak repost emoticon-Malu (S)
no repost


(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”

PEMBUKAAN

makna kata daeng

Quote:

kota daeng

Selama ini Makassar diberi gelar sebagai Kota Daeng. Tapi apa sebenarnya arti dan makna yang terkandung dalam kata “daeng” tersebut?

Sebenarnya ada dua arti kata “daeng”, yaitu pertama sebagai sebutan kepada orang yang lebih tua atau yang dituakan. Sifatnya sama dengan kata “mas” bagi orang Jawa atau ”akang” bagi orang Sunda. Panggilan ini awalnya hanya milik suku Makassar saja, karena “daeng” memang sebenarnya adalah bagian dari budaya suku Makassar. Daeng sebagai panggilan kepada orang yang lebih tua, dipergunakan merata kepada pria ataupun wanita.

Kata “daeng” yang kedua atau lebih spesifik adalah bagian dari paddaengang. Dalam tradisi suku Makassar, paddaengang merupakan bagian penting. Istilah lainnya adalah areng alusu’ atau nama halus. Seseorang yang bersuku Makassar, biasanya akan menerima penyematan nama halus atau paddaengang di belakang nama aslinya. Contohnya seperti nama asli Muhammad Irwan, tapi kemudian ditambahkan dengan paddaengang, yaitu Daeng Rewa. Jadilah nama lengkapnya Muhammad Irwan Daeng Rewa.


(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”

MAKNA KATA "DAENG"

Quote:
Paddaengang biasanya diambil dari nama para leluhur atau tetua dalam garis keluarga suku Makassar. Biasanya berupa doa atau harapan, namun ada juga yang berupa ciri fisik atau kelakuan. Penyematan paddaengang di belakang nama seseorang dulu dilakukan dengan upacara khusus. Namun belakangan seiring perjalanan zaman, paddaengang itu disematkan begitu saja tanpa ada upacara khusus.

super daeng


Bagi orang Makassar, setelah resmi menyandang nama paddaengang, maka yang bersangkutan sudah masuk masa akhil baliq, maka wajib hukumnya bagi orang-orang di sekitarnya apalagi yang lebih muda dari yang bersangkutan untuk memanggil dengan nama paddaengang-nya. Memanggil orang tersebut bukan dengan paddaengang-nya akan dianggap tidak sopan, karena paddaengang adalah nama halus dari yang bersangkutan.

Strata Sosial
Pada dasarnya dulu di Makassar terdiri atas 3 strata sosial yaitu:
1. Karaeng: Raja atau Bangsawan
2. Daeng: Kalangan pengusaha, shah bandar
3. Ata : Budak

Sultan Hasanuddin


Dalam tradisi asli suku Makassar sebenarnya juga dikenal yang namanya kasta. Kasta tertinggi adalah Karaeng atau raja dan kasta paling bawah adalah Ata atau budak. Mereka yang berkasta Karaeng berhak mendapat paddaengang, sementara pada Ata tidak. Sultan Hasanuddin sendiri punya nama paddaengang, yaitu Daeng Mattawang plus gelar kebangsawanan, sehingga nama aslinya menjadi I Mallombassi Daeng Mattawang Sultan Hasanuddin Karaeng Bontomangape Tu Menanga Ri Balla Pangkana. I Mallombassi adalah nama kecil, daeng Mattawang adalah nama paddaengang, Sultan Hasanuddin adalah nama Islamnya, Karaeng Bontomangape adalah gelar kebangsawanan dan Tu Menanga Ri Balla Pangkana adalah gelar anumerta yang berarti orang yang meninggal di rumah.


(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”

PENUTUP

Quote:
jadi di Makassar itu hanya orang-orang tertentu yang bisa mendapatkan gelar "daeng"ini. Bagi orang-orang yang punya gelar "daeng", maka wajib dipanggil dengan nama "paddaengang"nya. Terutama bagi orang-orang yang lebih muda darinya. Apabila tidak dipanggil dengan nama "paddaengang"nya maka hal itu dianggap kurang sopan


(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”

(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”


(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”

(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
Diubah oleh lionelwin10
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 23
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:04
Daeng tempat favorite ane untuk cicipin makanan konro, iga sapi, iga bakar, ikan bakar dll
emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:07
setau ane wapres JK itu ga bisa dipanggil dgn sebutan daeng karena keturunan doi dari Bugis. namun sekarang sebutan daeng itu bukan lagi menyebutkan status kasta namun lebih ke general.

aturan yang tepat :

orang Makassar = Daeng
orang Bugis = Andi

contoh kayak Andi mallarangeng adalah keturunan Bugis [bangsawan]
Diubah oleh biscuid
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:08
Dukung trus indonesia
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:10
Baru tau ane gan,,, nice info banget.. emoticon-Shakehand2
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:11
hehehe ane nyimak aja gan , ane gak tau asal usulnya ...
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:12
ohh jadi itu sejarahnya baru tau ane gan bermanfaat ni thread
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:15
Baru tau nih ane gan emoticon-Matabelo
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:15
Jadi tau ane gan. Nice Info emoticon-Jempol
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:17
Berarti msh bnyk org yg salah kaprah soal penyebutan daeng. Nice thread gan!
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:18
emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:18
kratingdaeng artinya apa ya gan? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:18
oalahh..ternyata ada juga toh arti kata nya..hahaha..
Nice dah..hahaha..emoticon-Blue Guy Peace

Yuk maen game FPS Xshot di PC kalian..
Banyak Event" keren loh..
http://goo.gl/tlsUFE
http://goo.gl/pD1XOx
http://goo.gl/SB1o9E
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:18
Quote:Original Posted By NyongGogos
di Ambon kata 'daeng" juga menjadi ciri ato panggilan kepada perantau asal bugis/makassar diperantauan yang menujukkan identitas sebagai warga pendatang asal bugis/makassar. ane gak tau tepatnya kapan kata "daeng" digunakan. contohnya ane dipanggil "bapak daeng" sama penduduk lokal, begitu juga dengan yg lainnya dan itu sebagai bentuk penghormatan penduduk lokal kepada kita.


orang luar sulawesi memang sering menjadikan sapaan umum buat warga sulawesi gan emoticon-Big Grin meskipun sebenarnya hanya orang tertentu di makassar yg boleh memakai gelar ini emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By hideto7
ane pikir kata panggilan "daeng" itu untuk panggilan ke cowo seperti di jawa manggil mas gan

ternyata ada makna lainny juga ya, bermanfaat bgt trit ini bisa jadi tau ttg daeng di Sulawesi Selatan


iya gan. ga semua bisa pake gelar daeng ini emoticon-Big Grin
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:19
baru tau ane gan, nice trit btw tsemoticon-Cendol (S)
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:19
punya 2 temen makassar ,. 2-2nya susah dibilangin gan ,. emoticon-Hammer (S) no offense ,.
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:23
ane baru denger daeng emoticon-Ngakak
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:24
mantap tawwa threat ta daeng.. menambah wawasan... emoticon-Smilie
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:26
Quote:Original Posted By sibaongbandung
Istri ane orang makassar tapi ayah mertua ane (alm) pake gelarnya Poeang/Puang, cuma anak-anaknya gak pake gelar lagi.
Apa karena ibu mertua non sulawesi sehingga anaknya ga dapat gelar lagi ato udah ga mau aja pakenya.....


mungkin karena udah nggak mau pake lagi gan, karena suku bugis makassar menggunakan sistem patrineal, jadi gelar/status ibunya nggak mempengaruhi gelar. cmiiw

kakek buyut gw dari garis turunan ayah namanya pake andi, tapi dia nggak ngasih nama andi ke anaknya. jadi gw juga nggak pake andi deh...
Diubah oleh rr28
0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:26
nais inpo gan..

0 0
0
(INFO) Rahasia Dibalik Makna Kata “Daeng”
05-02-2015 13:31
Jokowi bisa disebut karaen kali ya emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Halaman 8 dari 23
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia