BaiqYagami
TS
BaiqYagami
My Life as Internet Cafe's Operator [Operator warnet masuk!]


Sebelomnya, budaya disini emang musti sertakan tanda bukti no-repost, oke! berhubung ini curhatan gue sendiri yang nulis, nggak mungkin gue repost lah ckck.... tapi berikut buktinya

Spoiler for bukti:


Quote:



Perlu pake basa basi nggak nih? Gue cuma mau sedikit curhat aja sih, kebetulan ini sedikit pengalaman gue juga selama gue kerja jadi Operator warnet, eh tapi bukan warnet juga, kurang mewah namanya... selama gue jadi Operator Internet Cafe! Ya itu maksudnya!

Nggak gampang sebenernya kalo lo jadi Operator, sebenernya Operator apapun sih yang kerjanya itu menangani orang banyak yang jadi customer/user kita. Berhubung gue ini operator internet cafe, jadi gue share pengalaman gue seputaran itu aja.

Juni 2014, awal gue pertama kali jadi Operator. Dengan berbagai macam pelatihan dari pelatihan make up agar terlihat segar dimata customer dan pelatihan teknis guna membantu customer perihal software maupun hardware PC. Memang sebelumnya pun pada saat pendaftaran kita diwajibkan mengisi keterampilan masing - masing di bidang komputer. Penyisihan operatornya pun tak bisa dibilang gampang meskipun ini hanya untuk sebuah part time. Lo harus isi formulir yang udah lo beli di warnet - warnet yang bersangkutan, terus abis itu lo dipanggil buat memulai perjalanan lo menuju diterima atau nggak nya jadi Operator disini. Gamau spoiler ya, lu lu pada coba aja sendiri kalo pas waktunya ada pendaftaran di sini...

Gaperlu gue kasih scene satu sampe sekian ratus, langsung ke inti dimana gue kudu curhat soal customer/user nya. Pertama kali gue kerja disini, gue kira say hi ke user dengan senyum itu adalah hal yang sangat mudah, ternyata susah banget! Lo bakal nemu moment dimana lo kudu sabar banget ngadepin beberapa user yang sifatnya nyebelin banget. Berikut tipe - tipe user menurut pengalaman gue :

1. Greeting

Quote:


2. Tanya Bilik

Quote:


3. User gaptek tapi ngatain operator yang gaptek

Quote:


4. USER PREMAN

Quote:


5. Ninggal jaminan atau Kabur

Quote:


Gue nggak abis pikir sama customer/user yang bukan maen negatifnya bikin pikiran kotor sejauh itu, tapi ya apa boleh buat, itu semua demi kedisiplinan, gue yang sebagai operator harus tetep tegas dan tetep tenang ngadepin segala jenis user.

Eits! Tapi jangan serta merta nelen ini curhatan gue mentah – mentah, cari hal baiknya, nggak semua user kayak gini, mayoritas user itu bisa diatur, mau ikutin sign yang ada dan berkelakuan baik serta menyenangkan. Semua kembali ke elu yang menangani mereka kayak gimana. Ada waktunya lunak, ada waktunya tegas. Itu yang gue pikirin, ini juga bisa ngebantu kalo elu bakal daftar kerja di tempat yang pada akhirnya berhadapan dengan customer lagi, entah di bank atau di tempat yang lain.
Ini juga belom seberapa, mungkin gue bakal curhat lagi dengan ngepost curhatan gue yang laen tentang customer/user di tempat gue kerja. Jadi, kalo ada pikiran untuk komentar ya monggo aja, tapi sekali lagi ini cuma curhatan gue, karangan panjang berdasarkan pengalaman yang mungkin bisa jadi pengalaman kalian yang entah bakal melakukan cara yang lain untuk menangani user yang sedemikian rupa bentuk dan sifatnya.

Gue ga bisa mention nama tempat gue kerja, no mention aja deh, yang kepo cari sendiri aja emoticon-Malu (S)
kalo mau share juga boleh lho gue taro di pejwan yang punya cerita menarik buat kalian sbagai operator warnet


Source: My Latest Post
Diubah oleh BaiqYagami 19-01-2015 03:28
0
8.2K
66
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.