News
Batal
KATEGORI
link has been copied
2382
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000871251/96089474share94749608-jangan-serakah-bedakan-antara-investasi-dan-spekulasi
NOTE: Mengingat thread lama "Jangan Serakah" di-lock sejak kaskus kena hack kemarin, utk sementara, thread "Jangan Serakah" pindah ke sini dahulu. Buat teman-teman yg ingin membaca artikel-artikel di thread yg lama, bisa didownload dlm bentuk file pdf di sini. Jika linknya sudah kadaluarsa, harap info ke saya, agar bisa saya upload. Saya juga akan pelan-pelan memindahkan isi fi
Lapor Hansip
22-05-2008 19:13

█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi

NOTE: Mengingat thread lama "Jangan Serakah" di-lock sejak kaskus kena hack kemarin, utk sementara, thread "Jangan Serakah" pindah ke sini dahulu. Buat teman-teman yg ingin membaca artikel-artikel di thread yg lama, bisa didownload dlm bentuk file pdf di sini. Jika linknya sudah kadaluarsa, harap info ke saya, agar bisa saya upload. Saya juga akan pelan-pelan memindahkan isi file pdfnya ke thread ini, tetapi akan memakan waktu karena formattingnya harus saya kerjakan lagi.

-----OOO-----

JANGAN SERAKAH, BEDAKAN ANTARA
INVESTASI DAN SPEKULASI


Terkadang sedih rasanya melihat banyak orang yang setiap kali terjebak "investasi" (dalam tanda kutip) yang nggak bener, karena belum mengerti investasi yang benar itu seperti apa. Investasi itu, menurut Benjamin Graham (gurunya Warren Buffet), adalah

"an operation which, upon thorough analysis, promises safety of principal and an adequate return. Operations not meeting these requirements are speculative".


Dalam bahasa Indonesianya kira kira :

"sebuah operasi, dimana melalui analisa yang mendalam, menjanjikan keamanan modal pokok dan tingkat keuntungan yang pantas/layak. Operasi yang tidak memenuhi persyaratan ini adalah spekulatif"

-------


Dalam definisi di atas ada 3 elemen yang penting buat sebuah investasi:
  1. Kita harus melakukan analisa yang mendalam

    Apa nih artinya? Artinya kita mesti pelajarin data data tentang investasi kita. Tidak cuma dengerin kata orang doang. Pelajari apakah model investasi itu benar feasible.

    Misalnya ada yg nawarin invest warnet, coba tanya teman teman yg punya warnet. Kalau nggak ada, luangin waktu liat gimana operasi warnet pada umumnya. Cari insider info dari karyawan warnet kalau perlu, tanya mereka per hari ada berapa jam, tapi minta data beneran jgn cuma omong "rame terus pak". Hitung estimasi pendapatan, hitung estimasi biaya (listrik mahal sekarang!), hitung biaya sewa, karyawan, penyusutan komputer dan lain lain.

    Repot? Tidak serepot kalau modal investasi kita hilang dan mesti ngumpulin modal lagi.


  2. Kita harus berusaha sebisa mungkin menjaga keamanan modal pokok kita

    Modal pokok kita adalah ibaratnya pohon di taman kita. Kalau cuma buah dicuri, tahun depan bisa berbuah lagi. Kalau misalnya dahan dipatahin orang, biarpun mengganggu, selama pohon masih hidup, masih bisa kita nikmatin buahnya tahun depan. Tapi kalau sampai pohon ini roboh?

    Harus diingat, SEMUA investasi itu ada resikonya. Bahkan anda beli Surat Utang Negara ataupun US Treasury Bonds pun masih ada resikonya, cuma resikonya sangat kecil saja.Jadi kalau ketemu orang nawarin investasi yang bilang NO RISK, langsung tinggalin saja, karena itu udah misleading, atau lebih parah lagi sedang mencoba buat scam kita.


  3. Kita harus berusaha mencapai tingkat pengembalian/keuntungan yang "PANTAS"/"LAYAK", bukannya "LUAR BIASA".

    Salah satu aturan utama yang kita harus selalu ingat, baik kita invest maupun spekulasi itu adalah "return proportionate to risk" atau "keuntungan itu berbanding dengan resiko". Risiko rendah memberikan tingkat Return/untung yang rendah. Resiko tinggi itu menawarkan tingkat Return yang tinggi.

    Tidak ada yang namanya "Resiko rendah-Return Tinggi". Lagi lagi kalau ada yang nawarin hal seperti ini, langsung aja tinggalin, karena kalau bukan misleading, ya berarti lebih parah lagi alias scam.

    Kalau baca koran sekarang, banyak yang nawarin "mimpi" main forex/options. Klaimnya "Over 1100% profit in 1 day!!!!!" Apakah itu bohong? Tidak juga, bisa saja kejadian seperti itu, karena saya juga pemain options and stocks. Tapi realita tidak seindah itu. Mereka tidak pernah nulis bahwa utk 1 orang yang profit 1100% in 1 day itu, sudah berapa orang yang modalnya ludes semua? Bahkan sebelum profit 1100% itu atau juga sesudahnya, orang itu sudah rugi berapa? Yang difokuskan dlm iklan adalah bahwa pada 1 hari itu, orang itu menang 1100%. Padahal dengan membeli lotere kita juga bisa "menang", beribu ribu % malahan.

    Jadi berapa sih tingkat keuntungan yang "Layak"/"Pantas"? Itu tergantung kepada banyak variabel, terlalu banyak buat dibahas semua. Tapi ada satu metode yang paling gampang. Kalau ada orang yang nawarin investasi dengan untung 10% perbulan misalnya, bahkan tanpa memperhitungkan faktor compounding (bunga berbunga) itu berarti udah 120% per tahun.

    Nah logikanya, kalau orang itu begitu yakin dgn proyeknya, kenapa dia tidak mengagunkan aja semua assetnya (rumah, mobil, dll), kalau perlu pinjam saudara. Bunga kredit dari bank di Indonesia itu sekarang tergantung tipenya paling 13-14%. Masih untung 100%++...

    Bahkan kalau orang itu narik duit pakai kartu kredit, yang bunganya gak kalah dengan rentenir, itu baru 48% setahun, masih untung 72% setahun!!! Tapi orang ini malah nawarin investasi ini ke anda, berarti anda udah harus mulai curiga ada udang di balik batu. Jadi analisanya harus lebih mendalam lagi. Lebih baik bertanya daripada sesat di jalan, itu kan kata orang tua kita.


-------


Nah permasalahnya, banyak orang yang tidak mengetahui hal hal diatas, lalu berpikir mereka invest, tapi gak sadar kalau mereka itu sebenarnya spekulasi, atau lebih parah lagi kena scam.

Ada satu catatan penting lagi yang mesti diingat, ini gak berarti spekulasi semuanya jelek. Seperti kata Benjamin Graham :

"Just as there is intelligent investing, there's also intelligent speculation. But there are many ways in which speculation may be unintelligent. Of these, the foremost are : (1) speculating when you think you are investing; (2) speculating seriously instead of as a pastime, when you lack the proper knowledge and skill for it"; and (3) risking more money in speculation than you can afford to lose"


Indonesianya kira-kira :

"Sama halnya bahwa ada Investasi dengan cerdik, ada juga Spekulasi dengan cerdik. Tetapi ada beberapa kondisi dimana spekulasi mungkin tidaklah cerdik, terutama : (1) Berspekulasi sambil menganggap bahwa anda itu berinvestasi (2) Berspekulasi secara serius (dan bukan utk bermain-main), padahal tidak mempunyai pengetahuan maupun keahlian utk itu; dan (3) Mempertaruhkan uang di spekulasi dalam jumlah yg terlalu besar".

Happy Investing!

------NOTE-----


Thread ini BUKAN tentang bagaimana "membuat Rp 1000 anda jadi Rp 1 juta". Kalau mau dibilang, thread ini lebih condong kepada "Bagaimana agar Rp 1 juta anda TIDAK menjadi Rp 1000."

Diskusi dalam thread ini mungkin akan saya arahkan kepada diskusi tentang :
  1. Investasi (investasi secara umum, bagaimana menyusun portofolio, instrumen investasi apa yg cocok bagi masing masing orang, dll)
  2. Spekulasi
  3. Financial Planning/Perencanaan Keuangan
  4. SCAM (bagaimana cara mengenali sesuatu tawaran sebagai SCAM, dll)


Fokus kepada topik di atas adalah karena saya lumayan akrab dengan topik-topik tersebut. Kalau mengenai bisnis/enterpreneurship, saya tidak berani banyak bicara, karena saya tahu banyak orang yg jiwa enterpreneurshipnya yang hebat. Selain itu pandangan tentang bisnis & cara menjalankan bisnis pun berbeda-beda antara tiap orang. Walaupun demikian, kalau sekedar bertukar cerita, tidak dilarang emoticon-Smilie.

----000----


Bagi yg tertarik buat ngikutin thread ini tetapi tidak sempat baca keseluruhan thread, di bawah ini adalah direct link ke beberapa posting dan juga diskusi saya dengan user lain di thread ini yang topiknya agak menarik.

Meskipun demikian, jika ada waktu, mungkin lebih baik untuk membaca thread dengan lengkap, karena banyak post yg bagus dari user lain yang tidak dibuatkan direct linknya (takut kepenuhan). Sayang kalau user-user sudah pada sharing tapi tidak kita manfaatkan.

Proyek Terjemahan/Rangkuman buku "The Intelligent Investor" : (MUST READ!!!)



Berkenalan dengan Reksadana
(link, tambahan)

Mengenal lebih dekat Obligasi
(part 1, part 2)

Investasi Emas di saat ini
(link)

Options : Investasi atau Spekulasi? (link)

Spekulasi, FM forbiz dan FM profesional
(link)
profile-picture
unik19 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 119 dari 121
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
09-01-2015 17:52
Quote:Original Posted By pamz


Emas...
Saya cuma invest kecil2 an, tapi rutin seadanya uang
Jadi mungkin opini saya cuma bermanfaat buat investor emas mikro..
Hmmm, kalo soal bagus tidaknya...
Sebagai ilustrasi, misalnya kita beli emas setahun lalu, saat itu harga beli sekitar 205.000 per gram. Bulan Maret 2008 harga emas sempat mencapai 300.000 per gram, dan bulan-bulan belakangan bergerak di angka 260.000-270.000 per gram (jadi kita misalkan stabil di 265.000 per gram). Dengan demikian, bila saat ini saya jual emas saya, mungkin saya bisa dapat profit 60.000 per gram, atau = 29.5%.

Kecil yah, dibandingkan saham yang konon bisa 50% lebih (emang bener sih)

Hmmm, kita lihat dulu...Sebagai perbandingan aja, kalau kita beli reksadana saham (karena saya cuma investor kecil, mainnya RD), belinya setahun lalu (untuk Trimegah Kapital), harga beli 3.400, saat ini harga jualnya 4500, yang berarti profitnya sekitar 32%

Ga jauh beda yah... Yang satu 29.5%, yang RD saham 32%... Eits, tar dulu... Bulan Desember 2007, NAV RD bisa mencapai 5.500, yang berarti untungnya 61.8% dalam jangka waktu kurang dari setahun... Kita bandingin kalau misalnya kita beli emas di level 205.000, kemudian dijual di level 300.000 (bulan Maret 2008 sempat lho segitu) --> profit emas adalah : ...... 46.4%... Yang berarti kalaupun investor kecil yang 50% spekulan, dengan strategi buy low sell high, profitnya RD saham masih lebih besar.

Kalau kita spekulan untung banget yang beli murah jual mahal di saat yang tepat?? Profit reksadana saham : buy 3.400, sell 5.500 --> 61.8%
Profit emas : buy 205.000, sell 300.000 --> 46.34%

Itu dari segi profit...

Kita lihat lah dari segi rugi...
RD saham TRIM Kapital sempat anjlok dari 5500 ke 3800 di bulan April. Yang berarti kalau kita beli seharga 3400, jual di harga 3800, "rugi" hanya dapat profit 10.5% per tahun. Sedangkan emas?? Harga jual nya di saat yang sama (seingat saya) adalah 260.000. Berapa coba "rugi" dapat profitnya??? profit 26, 8%... Lebih dari 2 kalinya RD saham.

Perbandingan rugiiiinya, kalau kita spekulasi dalam setahun terakhir, apes pes beli mahal jual murah
RD Saham --> buy 5500, sell 3700 --> minus 32.7%
Emas --> buy 300.000, sell 260.000 --> minus 13.4%

Kembali lagi ke prinsip "high risk high return"... Kalau kita sama2 investor RD saham dan emas, saya bilang emas lebih safe. Why?? Misalnya anda mau invest RD saham atau emas besok pagi, tanyakan ke saya, harga RD saham setahun lagi naik atau turun dibandingkan current? Saya jawab "I don't know, I hope it will rise , lha wong suasana gonjang ganjing, mau pemilu pula". Tanya lagi ke saya, harga emas setahun lagi naik atau turun?? Saya jawab dengan kepastian 100% --> NAIK, walaupun cuma Rp. 5.000 per gram, tapi saya berani bilang akan naik...

Jadi, kalau anda-anda tipe investor yang tak ingin ambil resiko kehilangan kapital, belilah emas. Tapi kalau anda lebih perduli ke profit ambillah investasi lain yang lebih agresif (saham/RD saham). Hanya ingat selalu : "high risk high return"

CMIIW, kenaikan harga emas yang mencapai 30% dalam tahun terakhir ini, menurut saya lebih dipengaruhi harga minyak yang naik gila2an, so kalau asumsi harga minyak stabil, indonesia ga ada kerusuhan, ekonomi tumbuh terus, ga ada demo & phk, ya saya mendingan ambil RD saham or sekalian saham blue chip... Tapi kalau situasi indo aja ga jelas gini, portfolio saya lebih banyak ke emas. Karena saya mau invest untuk setidaknya 4 tahun... And btw, Amrik aja bisa krisis ekonomi kok, apalagi indonesia... Kalau NAV RD hancur, setidaknya emas saya profit...


gann pam.
mau nanya nih.
dmana qt bsa jualbeli emas yg bsa dpake invest.?
trus apakah emasnya harus brsrtifikat?
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
09-01-2015 23:32
Quote:Original Posted By pujis3


gann pam.
mau nanya nih.
dmana qt bsa jualbeli emas yg bsa dpake invest.?
trus apakah emasnya harus brsrtifikat?


Gan kalo saham itu belinya gimana?maklum ane mahasiswa blum ngerti2 amat tapi mau belajar dan setau agan yg paling kecil cost untuk pertama invest brapa gan?
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
09-01-2015 23:37
Bantu jawab y gan pujis3.
Beli emas di toko emas juga banyak, untuk invest baiknya LM antam, krn sangat likuid, antam jg bersertifikat, tp klo sertifikat ilang pengaruh jg si sama hrgnya, jd lebih rendah, meski emasnya ttp gampang dijual.
Di kaskus jg ad komunitas jual beli LM antam tu, bisa COD pula. Coba aj di search.

Happy invest gan
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
12-01-2015 21:12
Quote:Original Posted By masbent
Bantu jawab y gan pujis3.
Beli emas di toko emas juga banyak, untuk invest baiknya LM antam, krn sangat likuid, antam jg bersertifikat, tp klo sertifikat ilang pengaruh jg si sama hrgnya, jd lebih rendah, meski emasnya ttp gampang dijual.
Di kaskus jg ad komunitas jual beli LM antam tu, bisa COD pula. Coba aj di search.

Happy invest gan


ok.trim kasih gan.
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
13-01-2015 01:26
ikutan promo gan, klik link ini plisss
www.ilovearisan.com/?id=eros
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
13-01-2015 22:42

BAGI YANG MENCARI SUPPLIER

JUAL GROSIR BATHB BOMBS NATURAL MURAH! emoticon-Kissemoticon-Kiss
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi


Apa itu Bath Bomb?
Bath Bomb atau Bom Mandi adalah aksesoris mandi yang termasuk dalam rumpun produk spa yang bermanfaat untuk campuran air rendaman pada saat mandi, seperti pula garam mandi atau rempah mandi. Bedanya adalah ketika Bom Mandi dicemplungkan ke dalam air mandi/bath tub maka dia akan meletup-letup kecil atau berbusa sebentar dan akan membuat air mandi wangi dan berwarna

Apa khasiat Bath Bomb?
Kandungan Asam dan Soda yang bercampur akan membuat kulit menjadi cerah, juga karena adanya tambahan pelembab alami pada Bath Bomb maka setelah berendam dengan menggunakan Bath Bomb kulit akan terasa cerah dan segar.
Pakailah dengan rutin sekali seminggu selama minimal 1 Bulan maka kulit anda akan lebih cerah dari sebelumnya.


ADA 5 VARIAN:
- CHOCOLATE
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
- GREEN TEA
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
- JASMINE
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
- STRAWBERRY
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
- VANILLA
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi

HARGA:
1 LUSIN / 12 PCS @12.000 PER PCS
4 LUSIN / 48 PCS @10.000 PER PCS
HARGA UMUM SATUAN KIRA-KIRA 25rbuan, Bath bomb LUSH kira2 200-300rbuan *justinfo*

CONTACT ME!
Text/WA: 082211201000
Line: pretty_olivia
IG: @naturalbeautyindo
Email: naturalbeautyindo@gmail.com
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
17-01-2015 23:21

.

Wah saya telat bacanya. Saya pemula juga, saya investasi di saham, tp saya beli saham menurut felling saya doang. Berarti saya spekulan. Ijin bergabung, menyimak yaa suhu, dan mohon bimbingannya.
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
21-01-2015 08:52
izin nyimak.
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
26-01-2015 01:29
Quote:Original Posted By cetrum
izin nyimak.


saya kurang tertarik dengan investasi dan spekulasi berbasis betting gan.. emoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
29-01-2015 22:11
salam

terima kasih gan telah share ilmu...walau postnya tahun 2008..masih terpakai sampai detik ini..


regards
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
01-02-2015 06:09
makasih infonya . sangat bermanfaat
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
03-02-2015 11:37
Pake feelingnya gmn gan?? Saham ap aj yg dipilih, modalnya brp, sdh brp lama, hasilnya gmn??
Maaf klo nanya2 gan, pengen buktiin ap yg pernah ane baca, kbetulan agan yg praktekin.
Quote:Original Posted By Cipuut
Wah saya telat bacanya. Saya pemula juga, saya investasi di saham, tp saya beli saham menurut felling saya doang. Berarti saya spekulan. Ijin bergabung, menyimak yaa suhu, dan mohon bimbingannya.

0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
04-02-2015 21:02
Halo agan aganwati dan kaskuser sejagad raya..
bagi yang suka bet..yuk gabung sama bersama kami.
ini beberapa info yg kami tawarkan

Player:
1.Sistem deposit terlebih dahulu minimal Rp.100.000.minimal bet 50k
2.Bagi yang minus minimal Rp.10.000.000 dapat potongan pembayaran 2,5%
3.Bagi yang minus minimal Rp.20.000.000 dapat potongan pembayaran 5%

Promo utk player :
Deposit 1-5jt,jika total saldo mencapai 10× lipat, player berhak memenangkan 1 buah Motor Ninja 250cc

Deposit 6-10jt,jika total saldo mencapai 15x lipat, player berhak memenangkan 1 buah Mobil Avanza

Hadiah diberikan kepada player,dan saldo kemenangan player tetap bisa withdraw.
Kapan lg dpt withdraw uang kemenangan dan mendapatkan hadiah.

Agent:
1,Agent PT bisa d tanyakan via bbm
2.minimal deposit Rp.5.000.000 akan medapatkan balance 10,000k (asumsi PT 50%)

Broker:
1.Tanpa Modal deposit.
2.Bila player plus kami bayar full.
3.Bila player minus 5% adalah hak Broker

NB : Withdraw dan Deposit 24jam tergantung offline/online bank BCA

Berminat?silahkan kontak CS kami via BBM
pinbbm:
Jason 536E9761
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
08-02-2015 18:27
Quote:Original Posted By andyrvnsh
ane kemarin juga ditawari sama temen ane kayak gituan
modal awal bisa kembali plus untung 100% pada bulan berikutnya
katanya modal kita diinvestasikan ke temannya buat maen forex
dan dari hasil maen forex tersebut (katanya) temannya bisa meraup untung hingga 1000%
tapi setelah ane pikir2 kayaknya gk masuk akal
setelah itu ane browsing2, tanpa sengaja ane menemukan apa yg disebut sebagai skema ponzi
untung aja ane tau duluan
sebelum terlanjur investasi gituan emoticon-Big Grin


Skema ponzi gimana gan maksudnya?
0 0
0
Post ini ditandai sebagai spam
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
09-04-2015 09:58
Skema Ponzi itu money game, bisnis yang menjanjikan keuntungan tetap yang tidak masuk akal. Kalau ada yang menawarkan investasi forex pasti untung dengan pembagian misalnya 5% perbulan, sudah tidak masuk akal, karena George Soros saja bisa rugi. Ada juga yang mengklaim punya robot forex nomor satu yang bisa mendatangkan keuntungan stabil, kalau memang sehebat itu kenapa dia tidak pakai sendiri terus soalnya kalau banyak yang pakai malah rusak. Isaac Newton pernah bilang bahwa dia tidak bisa memprediksi kegilaan manusia sewaktu dia bangkrut di bursa saham. Anda bisa lebih hoki dari Isaac Newton tapi apakah anda lebih pintar dari dia? Lebih bagus belajar dan berusaha sendiri daripada tertipu tawaran yang muluk-muluk. If something is too good to be true then it probably is.
btw broker, baik saham, komoditas, forex dsb, lebih menyukai day trader daripada investor jangka panjang soalnya komisi mereka mengalir terus dari jual maupun beli, baik rugi maupun untung. Kalau semua investor jadi investor jangka panjang atau value investor kayak Warren Buffet bisa bangkrut semua broker
Diubah oleh angkawan
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
09-04-2015 11:57
Makasih ya gan infromasinya , cukup membuka sudut pandang , Thx emoticon-Cendol (S)
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
09-04-2015 23:59
Salam kenal semua gan.. Ane newbie mau ngikutin thread ini...
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
17-04-2015 00:24
ninggalin jejak dulu ya gan. btw link pdf nya tolong di update dung gan, udah expired soal nya
0 0
0
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
17-04-2015 00:24
sorry dopost
Diubah oleh mockedbay
0 0
0
Halaman 119 dari 121
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia