• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Serba Serbi Mengenai Negara "Dunia Ketiga" dan Kaum "Dunia Keempat".

blak2anAvatar border
TS
blak2an
Serba Serbi Mengenai Negara "Dunia Ketiga" dan Kaum "Dunia Keempat".


Agan-aganwati sekalian pernah atau sering dengar gak istilah negara “Dunia Ketiga”?? emoticon-Bingung (S)



Dari jamannya siaran Dunia Dalam Beritamasa Pak Harto dulu atau di kolom berita koran Pos Kota, sampai jaman sekarang pada segmen berita tertentu di stasiun TV kan masih lumayan sering disebutin juga tuh.

Yah INDONESIA sendiri pun termasuk dikategorikan negara “Dunia Ketiga”. Loh jadi apa sebenarnya maksud dan arti dari negara “Dunia Ketiga” itu ??? Ok, Let’s cekidot yeahhhhh…



Jadi semua itu bermula pada saat Perang Dingin (Cold War) gan, alias Perang Dunia ke-2 (PD II) di mana dunia dalam keadaan kacau balau akibat perang.

Pada akhir Perang Dunia ke-2 , peta kekuatan dunia pun ‘terbelah’ menjadi 2 kubu besar, yang saling bertolak belakang berdasarkan geopolitik kedua kubu tersebut baik itu dalam hal pemerintahan dan pandangan sikap politik. Adapun kubu atau blok yang terbentuk adalah :



Quote:




Quote:



Quote:




Negara “Dunia Ketiga”ini biasanya adalah negara-negara bekas jajahan atau kolonial, yang umumnya terdiri dari negara sedang berkembang, negara kurang berkembang dan juga beberapa negara yang miskin.

Meskipun negara “Dunia Ketiga” mencakup jumlah sekitar 75 persen populasi di dunia, mereka nyatanya hanya menyerap atau menggunakan sekitar 20 persen dari jumlah sumber daya di bumi ini.

Quote:


Meskipun mayoritas negara-negara “Dunia Ketiga”, umumnya merupakan negara yang secara kekuatan ekonomi tidak terlalu kuat, namun ternyata ada juga loh negara kaya raya yang tergolong negara “Dunia Ketiga”, yaitu Arab Saudi dan beberapa negara jazirah Arab lainnya.



Quote:


Eh eh pemirsa, ternyata masih belum selesai nih…!! Masih ada tambahan lagi loh !!! Ada juga yang ternyata disebut dengan kelompok kaum “Dunia Keempat”!!! Masih penasaran kan?? Begini penjelasannya… !!

Quote:


Quote:


Beberapa di antara kaum bangsa kelompok “Dunia Keempat” yang terkenal dengan jumlah populasi yang cukup banyak antara lain :

Quote:


Suku Indian


Quote:


Quote:


Quote:


Suku Kurdi


Quote:


Sedangkan di Indonesia sendiri, yang jumlah penduduknya sekitar 250 juta orang lebih, pemerintah mengakui 1128 grup etnis yang ada di Indonesia.

Menteri Pemberdayaan Sosial menyatakan bahwa beberapa di antaranya merupakan komunitas adat terpencil, yang bisa kita konotasikan sebagai kaum "Dunia Keempat".

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) memperkirakan bahwa keseluruhan jumlah suku atau penduduk adat terpencil atau kaum "Dunia Keempat" di Indonesia berkisar antara 50 hingga 70 juta penduduk.

Beberapa di antaranya yaitu :

Quote:


Quote:


Quote:


Suku Kubu


Quote:


Daftar Sumur Yang Digali

[CENTER]Maju[/CENTER]
[CENTER]Cantik[/CENTER]
[CENTER]Mundur[/CENTER]
[CENTER]Cantik[/CENTER]
[CENTER]Maju[/CENTER]
[CENTER]Mundur[/CENTER]
[CENTER]Cantik[/CENTER]
[CENTER]Cantik[/CENTER]


Gak Mungkin Repost Gan, Soalnya Ane Translate Manual Langsung Dari Sumbernya !!




Silahkan Mampir Ke Thread Ane Lainnya Gan emoticon-Smilie

Quote:
Diubah oleh blak2an 25-01-2015 16:52
nyimak92
nyimak92 memberi reputasi
1
135.5K
879
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.