Arsata
TS
Arsata
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
CAUTION!!!
WELCOME HOME SG MANIA





WARNING :
  • Forum SG Mania tidak bertanggung jawab apabila ada yang menggunakan nama SG Maniapada dagangannya baik di FJB kaskus ataupun diluar kaskus.
  • Beberapa konten pada page 1 ada yang sudah tidak relevan, karena tulisan tersebut dibuat dengan keterbatasan info saat itu.


Spoiler for Sugar Glider:


Makanan untuk Sugar Glider
makanan bayi (bubur susu), madu, yogurt, sayuran / buah-buahan seperti apel, wortel, ubi, pisang dll
boleh telur rebus, keju, dog/cat food

SG butuh makanan yg high protein, high kalsium, low phospor, low fat, etc

karena SG itu termasuk pemilih dalam hal makanan (un-balanced diet), harap bersabar dalam menyusun menu...sebab bisa saja hari ini dia doyan apel..tapi belum tentu besok dia doyan, juga berbeda setiap binatangnya


Jenis-jenis Warna Sugar Glider
Untuk di Indonesia, jenis warna Sugar Glider hanya terdiri dari Abu-abu (Black beuty/Grey),Cinnamons, dan Lions.
Spoiler for Jenis warna Sugar Glider:



Prilaku Sugar Glider
Untuk pemula lebih baik beli dari breeder.karena lebih gampang dijinakkan dan lebih cepat untuk bonding.bila anda punya jiwa petualangan boleh2 coba menjinakkan SG liar.
SG termasuk binatang nocturnal.artinya aktif dimalam hari, jadi kalau anda mau menjinakkan SG.disarankan mengajak main disiang hari.tapi ingat SG tidak bisa melihat langsung ke sinar matahari,bisa terancam buta.
agar SG jinak, kita harus sering 'bermain' dengan mereka. proses ini disebut bonding yaitu proses pengenalan SG kepada pemiliknya. proses bonding bisa bermacam-2, seperti sering mengajak SG bermain dengan kita, proses handfeed (memberikan makanan kepada SG langsung dengan tangan kita), meletakkan baju kedalam kandang (yang berguna agar SG mengenali bau tubuh kita).

Apabila SG merasa terganggu atau terancam..dia akan mengeluarkan bunyi seperti mendengung..jangan dipaksa..
disarankan untuk menghabiskan waktu minimum 2 jam/hari..dan siap2 tangan anda bocel2 atau gores2 sewaktu SG mencoba menjelajah anda.

para pemilik sg disini rata-2 memberikan 'anak-2' nya dengan bubur beras merah untuk bayi kepada SG dengan dicampur racikan yang dibuat oleh sis julylie yang kadang-2 juga dicampur dengan madu atau yoghurt. SG juga membutuhkan minuman. Air bersih harus disediakan sepanjang hari, (disarankan air mineral/yang telah melalui proses penyulingan) atau juice buah, dan bisa diletakkan di dalam tempat minum untuk hamster (disarankan juga yang ada bola nya agar air tidak mengotori kandang)atau bisa diletakkan dalam wadah kecil yang berat sehingga tidak mudah tumpah pada saat sugar glider bermain2. selain itu makanan yang diberikan bisa berupa buah2an dan serangga. Sugar glider setiap hari membutuhkan protein dalam jumlah yang cukup besar (mencapai 40%). Oleh karena itu jika memberikan buah2an bisa diberi tambahan berupa serangga (jangkrik, belalang) dan ulat untuk memenuhi kebutuhan proteiinnya. Jenis makanan yang diberikan sebaiknya bervariasi. Misalnya di lakukan rotasi setiap 3 hari, yaitu buah2 dengan serangga, sayur dengan ulat, dan jangkrik. Jenis2 ini selalu diberikan secara bergilir untuk memenuhi kebutuhannya. Jika mendapatkan diet yang benar sugar glider akan hidup dengan sehat .

sebelum membeli sugar glider, harus dipertimbangkan akan membelinya berupa apa ? maksudnya adalah apakah akan membeli liar(wild captive/wc) atau yang sudah diternakkan (captive breed/cb). sugar glider wc dapat ditemui di pasar-2 burung atau di pet shop di kota anda ataupun juga di forum fjb kaskus.
perbedaan yang mendasar dari wc dan cb adalah jinak/liarnya serta kondisinya, karena didapat dari liar, maka sg wc cenderung akan susah untuk menjinakkannya dan kondisinya kadang tidak terurus karena sang penjual hanya mempertimbangkan keuntungan saja tanpa peduli kondisi mereka.


Spoiler for kandang:



Spoiler for Mainan Sg:
Diubah oleh Arsata 19-04-2018 04:28
pandadistrobos.kutangtata604
tata604 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
481.1K
5.6K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mamalia
Mamalia
icon
3.2KThread1.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.