modol.luAvatar border
TS
modol.lu
[akhir 2014 kapan????] Jokowi: Pembanguan Tol Laut Dimulai Akhir 2014
Jokowi: Pembanguan Tol Laut Dimulai Akhir 2014

Metrotvnews.com, Jakarta : Joko Widodo segera mewujudkan pembangunan tol laut pada akhir tahun 2014. Ini merupakan implementasi dari program maritim pemerintahan Jokowi-JK.

"Nanti kita lihatlah bulan November atau Desember sudah mulai dibangun (tol laut)," jawab Jokowi ditanya rencana pembangunan tol laut di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Anggaran sebesar Rp 60 triliun, menurut dia cukup untuk membangun tol laut mulai dari Sabang-Merauke, termasuk perbaikan infrastruktur dan pembenahan pelabuhan. Sementara kapal berkapasitas besar yang akan digunakan untuk mengangkut barang bisa melalui kerja sama pihak swasta.

"Itu sudah cukup untuk menjalankan tol laut. Artinya kapal sudah bisa berjalan, tinggal pengusaha bergerak,"tutur Politikus PDI Perjuangan

Tol laut yang direncanakan rampung selama masa pemerintahan Jokowi ini merupakan sistem distribusi barang berskala besar dengan menggunakan jalur laut. Sementara infrastruktur tol laut itu sendiri berupa kapal berkapasitas besar dan pelabuhan laut dalam (deep sea port).

"saya kira rampung dalam 4-5 tahun. Pokoknya harus optimis,” kata dia

Jokowi menambahkan negara Indonesia memang negara maritim yang kaya dengan laut, sehingga langkah yang paling tepat untuk memajukan transportasi adalah dengan menggunakan sarana transportasi laut. "Ya namanya kita kan negara maritim, ya harus ke situ," tutup Jokowi

LHE

Infrastruktur Tak Memadai Sulit Wujudkan Tol Laut Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Indonesian National Shipowner Association (INSA) menyatakan belum bisa mengimplementasikan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun tol laut. Mengingat merealisasikan tol laut dibutuhkan kapal berkapasitas 3.000 TEUs.

Ketua Umum INSA, Carmelita Hartoto mengatakan, hal tersebut sulit karena tak didukung oleh infrastruktur yang memadai. "Tol laut 3.000 TEUs, tidak mungkin mana pelabuhannya? Kami siapkan 1.000-1.500 TEUs itu pun harus ada join slot dulu," kata dia di Jakarta, Jumat (5/12/2014).

Minimnya barang angkutan saat balik karena tidak berkembangnya industri di wilayah timur Indonesia juga menjadi kendala. Menurut dia, pembangunan industri dan pelabuhan harus sama-sama berkembang untuk mewujudkan tol laut.

"Kami menunggu pembangunan industri timur dan pelabuhannya, harus beriringan. Kita nunggu saat ini," lanjutnya.

Tak sekadar itu, untuk mewujudkan tol laut perlu sejumlah insentif dari pemerintah seperti pemangkasan biaya angkut di pelabuhan. Lantaran, biaya pengangkutan kontainer isi dan kosong hanya selisih tipis.

"Misal di pelabuhan, untuk kontainer kosong saja 75 persen dari biaya kontainer isi. Ini mesti ada pengurangan," tandas dia. (Amd/Ahm)
sumur

============================================================
2014 habis 2 hari lagi. proyek belum jg dimulai emoticon-Big Grin




bloesoekan doeloe ......................... emoticon-Ngacir2
0
7.1K
107
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.