News
Batal
KATEGORI
link has been copied
87
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54a0989832e2e6854f8b4572/santunan-penumpang-rp-2025-miliar
JAKARTA - Nasib pesawat AirAsia dengan nomor registrasi PK-AXC yang hilang dalam penerbangan dari Surabaya ke Singapura kemarin (28/12) belum ada titik terang. Namun Kementerian Perhubungan meminta pihak maskapai tetap bersiap memberikan santunan bagi keluarga penumpang. Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata mengatakan bahwa ketentuan tentang ganti rugi terhadap korban k
Lapor Hansip
29-12-2014 06:56

Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar

JAKARTA - Nasib pesawat AirAsia dengan nomor registrasi PK-AXC yang hilang dalam penerbangan dari Surabaya ke Singapura kemarin (28/12) belum ada titik terang.

Namun Kementerian Perhubungan meminta pihak maskapai tetap bersiap memberikan santunan bagi keluarga penumpang.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata mengatakan bahwa ketentuan tentang ganti rugi terhadap korban kecelakaan pesawat sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor 77 tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Udara.

"Mengenai masalah santunan itu sudah dibuat payung hukumnya jadi maskapai harus patuh," ujarnya kemarin (28/12).

Jumlah ganti rugi terhadap penumpang yang meninggal dunia, cacat tetap atau luka-luka sudah diatur dalam Permenhub tersebut. Diantaranya, untuk penumpang yang meninggal dunia di dalam pesawat akibat kecelakaan atau kejadian yang ada hubungannya dengan pengangkutan udara diberikan ganti rugi Rp 1,25 miliar per penumpang."Hanya untuk nama yang tercantum dalam manifest," tukasnya.

Jika di dalam pesawat itu terdapat 155 penumpang, 2 pilot, 4 awak kabin dan 1 teknisi maka total terdapat 162 orang yang harus diberi santunan. Jika dikalikan Rp 1,25 miliar maka AirAsia harus menyediakan dana Rp 202,5 miliar.

"Ganti rugi meninggal itu bukan hanya hak penumpang tetapi juga awak kabin, pilot dan co pilot. Tapi semoga situasi itu tidak terjadi," kata Barata.

Dia masih berharap ada berita baik yang akan muncul dalam pencarian berikutnya. Sebab ada kemungkinan pesawat melakukan pendaratan ke daerah yang belum diketahui. Jika itu terjadi dan penumpangnya luka-luka maka Pemerintah juga sudah menjaminnya melalui Permenhub 77.

"Kalau penumpangnya cacat tetap juga akan diberikan ganti rugi berdasar aturan yang berlaku," tambahnya.

Menurut Permenhub tersebut penumpang yang dinyatakan cacat tetap oleh dokter dalam jangka waktu paling lambat 60 hari kerja sejak terjadinya kecelakaan tersebut maka diberikan ganti rugi yang sama seperti penumpang meninggal yaitu Rp 1,25 miliar.

Sementara penumpang luka-luka yang harus menjalani rawat inap atau rawat jalan diberikan ganti rugi paling banyak Rp 200 juta."Maskapai harus siap bayar itu," tandasnya.

Sementara itu Corporate Communication Manager AirAsia, Audrey Progastama Petriny berharap tidak terjadi sesuatu yang buruk terhadap pesawat tersebut. Dia tetap berdoa agar semua penumpang pesawat AirAsia yang terbang dari Surabaya ke Singapura itu bisa pulang ke rumah dengan selamat."Sampai sekarang belum ada informasi tentang keberadaan pesawat itu," tukasnya.

Audrey mengatakan bahwa saat inin tim SAR telah melaksanakan operasi pencarian. Pihaknya mendukung penuh segala aktifitas pencarian yang dilakukan banyak pihak dan bersedia secara kooperatif untuk memberikan informasi dalam proses investigasi.

"Sebetulnya pesawat dalam kondisi laik terbang dan telah melakukan perawatan berjdwal terakhir pada 16 November 2014," ungkapnya.

Sementara itu pihak produsen pesawat Airbus mengaku ikut berduka atas hilangnya pesawat milik AirAsia tersebut. Berdasar data Airbus, pesawat tersebut memiliki MSN (Manufacturer Serial Number) 3648 dan diserahkan kepada AirAsia pada bulan Oktober 2008.

"Pesawat ini digerakkan oleh mesin CFM 56-5B dan telah melakukan penerbangan sebanyak 23.000 jam dalam 13.600 penerbangan," kata Senior Consultan Airbus Ameer Brontoari.

Menurut Ameer hingga saat ini belum ada informasi faktual lain yang tersedia untuk diberikan kepada pihak terkait yang melakukan upaya pencarian maupun penyelidikan atas hilangnya pesawat tersebut.

"Sesuai dengan kesepakatan internasional ICAO Annex 13, Airbus akan memberikan bantuan penuh kepada otoritas yang berwenang dalam melakukan investigasi hilangnya pesawat AirAsia itu," jelasnya. (wir)

SUMBER

habis bayar santunan, kayanya bakal tutup tuh air asia emoticon-Berduka (S)
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 09:45
Knapa bnyk yg lbh ngutamain uangnya dr pada keselamatan korban. Keluarga korban pasti akan lbh berharap kalo penumpang pesawatnya selamat dibanding dapat uang yg milyaran jumlahnya.
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 09:45
200m yg nanggjng ansuransinya kan ..pemilik airasia ini tajir .. punya klub di liga inggris wkwkkw
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 09:48
Quote:Original Posted By novi77
Tutup? emoticon-Big Grin

Masih jauh panggang dari api gan emoticon-Big Grin

Malaysia air aja ga tutup padahal udah 2 pesawat emoticon-Big Grin


MAS kan flag carrier, ya gak bakalan tutup lah, pasti dpt talangan dr negaranya.

tp airasia jg msh kuat lah bayar biaya kompensasi plus biaya2 pencarian pesawatnya, gak sampai tutup lah.
Diubah oleh bangunnegeri
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 09:51
Quote:Original Posted By savinka.namiera
Knapa bnyk yg lbh ngutamain uangnya dr pada keselamatan korban. Keluarga korban pasti akan lbh berharap kalo penumpang pesawatnya selamat dibanding dapat uang yg milyaran jumlahnya.

Ah ga juga kok gan, ente blm pernah jd petugas yg ngurus santunan laka ato org asuransi aja emoticon-Big Grin. Klo g pasti ente bakal tau realita dunia ini, walau g semuanya gitu sih.
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 09:54
kalo pas beli tiket ga bayar asuransi

apa ga dapat tuh 1.25m? emoticon-Bingung
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 09:56
banyak orang idiot dimarih yg gak bisa baca.. mungkin katarak emoticon-Ngakak
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:19
Quote:Original Posted By serka.joko
Ane lebih berharap tu pesawat mendarat darurat, semua selamat tapi karena masalah komunikasi ga bisa menghubungi pusat emoticon-Angel


Amin. Smoga aja ya gan emoticon-Smilie
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:19
Padahal kalau darat cm 25 jt yah? Cmiiw
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:22
Tunggu hasil pencarian dulu dehh masih ada harapan kan.jgn menjudge langsung.kasian keluarga korban yg masih berharap
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:24
Quote:Original Posted By savinka.namiera
Knapa bnyk yg lbh ngutamain uangnya dr pada keselamatan korban. Keluarga korban pasti akan lbh berharap kalo penumpang pesawatnya selamat dibanding dapat uang yg milyaran jumlahnya.


Ya jelaslah.gak tau malah ngomongin uang.padahal belum ketemu
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:25
Sayang santunan 1,2 M berlaku hanya utk pesawat coba berlaku juga bagi pengendara motor, kan lumayan bisa mengurangi jumlah geng motor yg berkeliaran sebab mereka gak berlomba utk balapan liar lagi tapi berlomba menabrakan diri ke trotoar dan tiang listrik
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:29
Seeet daah pada ngitung2 smua..
emoticon-Hammer (S)

Mang sii bgi kita yg idup 1,25M gede..

Tp tetep byg namanya nyawa ga da gantinya..
emoticon-No Hope"
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:31
biasanya khan maskapai pegang assuransi, itu yg bayar ass semua bukan air asianya.... bahkan air asia jyga dpt uang dr ass atas hilangnya pesawat

harus cepat dibayar tuh duit
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:33
sekarang baru nyadar kan kalo nyawa harganya lebih mahal dari segitu emoticon-Amazed

ente bisa sih ngatain ah duit segitu buat ini itu emoticon-Nohope
coba kalo kejadiannya yang kena kerabat keluarga ente emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:39
Quote:Original Posted By prof.lelebamb
Mo 1.2 kek, mo 10 milyar kek, mana ada yang mau kerabatnya meninggal dalam insiden tragis kayak gitu.


Setuju ma agan emoticon-Salaman
1,2M banyak emang...tp buat apa klo kehilangan keluarga/kerabat.

Buat yg masih bisa guyonan dr musibah ini emoticon-fuck emoticon-fuck3 semoga itu gak terjadi sama kalian...
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:40
kalau pihak keluarga korban lebih baik keluarga mereka selamat daripada dapat duit santunan
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:40
lumayan santunannye, moga jika terjadi bisa terealisasi ga cuma di atas kertas dan cuap" petinggi aza

yg lebih baik si harapan sluruh penumpangnya pd sehat walafiat seluruhnya, dan bsa berkumpul lg dgn kluarga tercintanya
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:46
Quote:Original Posted By sebelasebelas
Yeh lu pada.. orang surabaya mah kaya2 kali.. duit 1.2 milyar sama kalo kehilangan kepala keluarga mah jauh lah..


kalo kaya kok make Garuda or Batik? or SQ yg full service

sorry cuman nanya doang nih..
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:49
1.25 M tetep tidak bs menggantikan posisi orang yang sudah tiada
tapi setidaknya dapat membantu orang2 yg ditinggalkan untung berjuang untuk hidup....emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Santunan Penumpang Rp 202,5 Miliar
29-12-2014 10:51
Quote:Original Posted By ojopekokle
ada yg pergi satu keluarga 4 orang berarti dapat 5 miyar keluarga yg ditinggalkan, tadi di TV ada satu cowok yg ditinggal 4 orang keluarganya....lumayan ya dapet 5 milyar emoticon-Big Grin, andai bener2 meninggal semua.
tapi ngga tau apa dibagi2 ke semua keluarganya atau satu cowok itu aja.


mau 5 milyar kek mau 1 triliun. emang bisa ngegantiin nyawa keluarga yang ilang. jangan asal bilang lumayan gan. mana bisa nyawa diganti duit. coba kalau ortu agan yang ilang. emang masih bisa ngerasain itu duit ketelen.
0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia