Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
8
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5498436d9252337c598b4569/mahasiswa-kedokteran-atau-dokter-masuk-gan
Gan bisa dilihat dari gambar diatas, apakah ada yg salah dr isi resep tersebut? Kalau penulisan dosis resep satuannya dahulu baru angka apakah benar? -diagnosis yg ane dpt TB pd anak -susunan resep dr gambar diatas menurut ane sudah tepat terima kasih sebelumnya sejawat Hehe
Lapor Hansip
22-12-2014 23:14

Mahasiswa kedokteran atau dokter masuk gan

Mahasiswa kedokteran atau dokter masuk gan

Gan bisa dilihat dari gambar diatas,
apakah ada yg salah dr isi resep tersebut?
Kalau penulisan dosis resep satuannya dahulu baru angka apakah benar?

-diagnosis yg ane dpt TB pd anak
-susunan resep dr gambar diatas menurut ane sudah tepat

terima kasih sebelumnya sejawat
Hehe
Diubah oleh cendol.........
0
icon-close-thread
Thread sudah digembok
health
Health
4.9K Anggota • 20.6K Threads
Mahasiswa kedokteran atau dokter masuk gan
23-12-2014 01:13
Quote:Original Posted By cendol.........
Mahasiswa kedokteran atau dokter masuk gan

Gan bisa dilihat dari gambar diatas,
apakah ada yg salah dr isi resep tersebut?
Kalau penulisan dosis resep satuannya dahulu baru angka apakah benar?

-diagnosis yg ane dpt TB pd anak
-susunan resep dr gambar diatas menurut ane sudah tepat

terima kasih sebelumnya sejawat
Hehe


Gambatnya kurang jelas.

Btw, kamu ini koas? Koq geje begini nih threadnya.
Coba buka buku lagi, belajar penulisan resep yg benar.
0 0
0
Mahasiswa kedokteran atau dokter masuk gan
23-12-2014 01:44
Quote:Original Posted By diverboy


Gambatnya kurang jelas.

Btw, kamu ini koas? Koq geje begini nih threadnya.
Coba buka buku lagi, belajar penulisan resep yg benar.


bkn gan hehe
ane msh semester 1, cm baru bljr dkt dr buku.
Yang di foto itu soal test dr senior syarat untuk masuk organisasi kampus.
Makanya ane tanya gan apakah soalnya jebakan atau gimana

*udah ane upload ulang gambarnya
Diubah oleh cendol.........
0 0
0
Mahasiswa kedokteran atau dokter masuk gan
23-12-2014 02:14
Quote:Original Posted By cendol.........


bkn gan hehe
ane msh semester 1, cm baru bljr dkt dr buku.
Yang di foto itu soal test dr senior syarat untuk masuk organisasi kampus.
Makanya ane tanya gan apakah soalnya jebakan atau gimana

*udah ane upload ulang gambarnya


Oh masih semester-1.
Penulisan resepnya memang ada yg kurang tepat.

R1: kesalahannya terbalik penulisan angka & satuan, kemudian tanda (signa) pemberian per hari tidak dituliskan.

Harusnya ditulis sbb:
penulisan yg benar

Dari komposisinya 2 antibiotika yg diberikan Rimfampisin (R) & Isoniazid (H) sepertinya D/ Tuberculosis paru pada anak. Piridoksin alias vit.B6 digunakan utk menekan rasa mual.
Namun yg perlu dikritisi adalah pada anak dg berat antara 20-32 kg, dosis R 300mg, sementara dosis H seharusnya 200mg
penulisan dg dosis yg tepat


R2: pada pemberian sediaan oral cair/ suspensi, lazimnya penulisan bagian 'Tandailah' (signa) adalah: S. I dd I Cth.
Diubah oleh diverboy
0 0
0
Mahasiswa kedokteran atau dokter masuk gan
23-12-2014 12:05
Quote:Original Posted By diverboy


Oh masih semester-1.
Penulisan resepnya memang ada yg kurang tepat.

R1: kesalahannya terbalik penulisan angka & satuan, kemudian tanda (signa) pemberian per hari tidak dituliskan.

Harusnya ditulis sbb:
penulisan yg benar

Dari komposisinya 2 antibiotika yg diberikan Rimfampisin (R) & Isoniazid (H) sepertinya D/ Tuberculosis paru pada anak. Piridoksin alias vit.B6 digunakan utk menekan rasa mual.
Namun yg perlu dikritisi adalah pada anak dg berat antara 20-32 kg, dosis R 300mg, sementara dosis H seharusnya 200mg
penulisan dg dosis yg tepat


R2: pada pemberian sediaan oral cair/ suspensi, lazimnya penulisan bagian 'Tandailah' (signa) adalah: S. I dd I Cth.


Terima kasih dok atas penjelasannya benar2 sangat membantu
0 0
0
Mahasiswa kedokteran atau dokter masuk gan
23-12-2014 12:35
Quote:Original Posted By cendol.........


Terima kasih dok atas penjelasannya benar2 sangat membantu


Iya sama2 emoticon-shakehand

Oh ya, kemungkinan jg pasien anak itu memiliki berat badan yg rendah utk seusianya, sebagai mana yg biasanya terjadi pada anak penderita TB. Makanya itu R-2 dikasih sirup curcuma utk merangsang nafsu makan.
Pada anak dg berat 10-19kg maka dosis terapinya R=150mg dan H=100mg.
0 0
0
Mahasiswa kedokteran atau dokter masuk gan
24-12-2014 02:59
wah semester 1 mau orientasi kampus aja udah dpet soal begini gan ?.
hahaa serem bener..

waktu ane mau orientasi mah dikasih nya soal soal khas ospek hahahah....
yahh suru cari air mineral merk .... ,dll hahaa..

kyknya sih kalo semester 1 lebih bljr ke tata cara penulisan resepnya kali yah...
untuk diagnosa nanti pas mulai masuk blok sistem...
hehee.. ditambah differential diagnosa gan ntr haha..

mungkin tambahin sdkiti klo dr sya ttg penulisan resepnya aja..
ada baiknya kalo sediaan puyer apa lagi anak kita tambahkan
"sacc. lact. q.s.". = saccarine lactis secukupnya

contoh:
r/
xxxxxxxx 10mg
xxxxxxx 15mg
sacc. lact. q.s.
m.f. pulv. dtd No. XV
S 3 dd 1 pulv p.c
----------------------------------@

pro: unyil
usia: 5th


untuk sediaan syrup nya ada baiknya ditulis yang kemasan brp mL krn brkaitan dgn dosis obt nya (brp mg/5cc nya gan... )
jadi ada baiknya kalo penulisanya spt ini:

r/ tempra syr 60ml fl. I
S 3 dd 1cth pc
-----------------------------------@

pro: unyil
usia: 5th


kembali lagi pada dasarnya penulisan resep adalah "Lege Artis"..
jadi salah / betul (waktu ntr ente ujian) patokannya yah yg diajarin dosen aja...

yah ini dalam sudut pandang materi kuliah yh gan...
mungkin ada bbrp perbedaan dalam penerapan klinis, sy kira para praktisi klinis (koas/dokter/residen) yg bisa beri tambahan atau koreksi klo ad hehe..
Diubah oleh vanthewhite
0 0
0
Mahasiswa kedokteran atau dokter masuk gan
24-12-2014 09:54
Quote:Original Posted By vanthewhite
wah semester 1 mau orientasi kampus aja udah dpet soal begini gan ?.
hahaa serem bener..

waktu ane mau orientasi mah dikasih nya soal soal khas ospek hahahah....
yahh suru cari air mineral merk .... ,dll hahaa..

kyknya sih kalo semester 1 lebih bljr ke tata cara penulisan resepnya kali yah...
untuk diagnosa nanti pas mulai masuk blok sistem...
hehee.. ditambah differential diagnosa gan ntr haha..

mungkin tambahin sdkiti klo dr sya ttg penulisan resepnya aja..
ada baiknya kalo sediaan puyer apa lagi anak kita tambahkan
"sacc. lact. q.s.". = saccarine lactis secukupnya

contoh:
r/
xxxxxxxx 10mg
xxxxxxx 15mg
sacc. lact. q.s.
m.f. pulv. dtd No. XV
S 3 dd 1 pulv p.c
----------------------------------@

pro: unyil
usia: 5th


untuk sediaan syrup nya ada baiknya ditulis yang kemasan brp mL krn brkaitan dgn dosis obt nya (brp mg/5cc nya gan... )
jadi ada baiknya kalo penulisanya spt ini:

r/ tempra syr 60ml fl. I
S 3 dd 1cth pc
-----------------------------------@

pro: unyil
usia: 5th


kembali lagi pada dasarnya penulisan resep adalah "Lege Artis"..
jadi salah / betul (waktu ntr ente ujian) patokannya yah yg diajarin dosen aja...

yah ini dalam sudut pandang materi kuliah yh gan...
mungkin ada bbrp perbedaan dalam penerapan klinis, sy kira para praktisi klinis (koas/dokter/residen) yg bisa beri tambahan atau koreksi klo ad hehe..


Mantap masukannya emoticon-thumbsup
0 0
0
Mahasiswa kedokteran atau dokter masuk gan
24-12-2014 13:37
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Healthy Lifestyle
slim-s3cret
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia