menoneAvatar border
TS
menone
Tips Belanja Aneka Oleh-oleh

Liburan Telah tiba, dan sebagian tradisi masyarakat kita saat liburan adalah melakukan perjalan/rekreasi baik bersama keluarga, teman kantor maupun para sahabat.

Mungkin dari kita pernah melakukan perjalanan/Tour/Rekreasi dengan menggunakan jasa Travel baik itu pribadi / kelompok (Group), tidak jarang pula Travel yang kita sewa biasanya menyediakan pemandu wisata/perjalanan biasa juga disebut TL (Tour Leader). Keberadaan TL ini sangatlah membantu didalam perjalan Anda apalagi jika anda/Group belum paham tentang lokasi/medan tujuan dari perjalan Anda.

Dalam sebuah Tour salah satu jadwal yang tidak boleh terlewatkan adalah “Belanja Oleh-oleh”… Dan Fenomena sekarang adalah Tujuan belanja oleh-oleh ini biasanya ditentukan oleh pihak Travel/TL, kita akan diarahkan kesalah satu Toko/Pusat Oleh-oleh yang biasa menjadi langganan pihak Travel/TL . Dan tahukan Anda, biasanya antara Toko dan Pihak Travel/TL ini biasanya sudah mempunyai perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak, dimana pihak Travel/TL akan mendapatkan sekian persen dari total belanjaan Anda/Group. (Maaf tidak semuanya Toko danTour/Travel melakukan ini).

Dan fakta dilapangan yang penulis lihat selama ini rata-rata pihak Tour/TL mendapatkan komisi 15%-30% dari total belanjaan Anda/Group, jadi harga barang yang ditoko sudah jelas akan dijual lebih mahal dari harga normal (tanda kutip karena pihak toko juga harus memberikan sekian persen ke pihak Tour/TL + Sales), salah satu contoh sebuah camilan yang biasanya dijual harga normal Rp 7.000/bungkus bisa menjadi Rp 14.500/bungkus (ini fakta karena penulis sudah banyak melakukan pengamatan dilapangan).

Berikut contoh simulasi kejadian diatas:

Misal Anda/Group sejumlah 70 Orang dalam satu bus, dan masing-masing orang belanja habis 200.000,/orang

  • Belanja Rp. 200.000/orang x 70 (jumlah group) = Rp. 14.000.000
  • Travel/TL 30% dari total Belanjaan Group Rp. 14.000.000 x 30% = Rp. 4.200.000
  • Total Bonus/komisi yang diterima pihak Travel/TL Rp. 4.200.000


Kita bisa lihat itu adalah komisi yang mereka dapat didalam jadwal 1x belanja dengan asumsi tiap orang belanja Rp. 200.000,- dan tidak jarang pula dalam setiap tour kita dijadwalkan beberapa kali ke tujuan belanja.

Quote:


Sekian Tips Belanja “Aneka Oleh-oleh” Dari MENONE semoga bisa bermanfaat, Selamat Berlibur… semoga liburan Anda Menyenangkan….. SALAM
0
1.7K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.