alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
218
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53765cac108b46742e8b45c2/apakah-anda-betul2-siap-menjadi-entrepreneur
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ? Saya seringkali menemukan, orang2 yang pulang seminar Kewirausahaan dengan wajah berseri-seri, semangat berapi-api, nadanya tinggi meledak-ledak, serta matanya berbinar-binar penuh harapan baru. Awalnya ia adalah seorang karyawan swasta, yang terkena "virus pengusaha", dan melihat betapa bercahayanya kehidupan para Pengusaha Sukses. Tanpa ra
Lapor Hansip
17-05-2014 01:45

Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?

Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?


Saya seringkali menemukan, orang2 yang pulang seminar Kewirausahaan dengan wajah berseri-seri, semangat berapi-api, nadanya tinggi meledak-ledak, serta matanya berbinar-binar penuh harapan baru.

Awalnya ia adalah seorang karyawan swasta, yang terkena "virus pengusaha", dan melihat betapa bercahayanya kehidupan para Pengusaha Sukses. Tanpa ragu lagi ia pun langsung melihat tabungan, menentukan lokasi usaha, lalu buka cafe, dan langsung berbangga diri ke teman2nya yang masih bekerja, sekarang dirinya punya kebebasan waktu, dan telah berpindah kuadran.

Sebulan pertama, Cafe ditongkrongin terus, sambil menyambut teman2 yang datang memberi selamat untuk pembukaan cafenya.

Bulan kedua, pembeli datar2 saja, tidak banyak kemajuan.

Bulan ketiga sampai bulan kelima, mulai panik, berbagai cara marketing pun dicoba, mulai dari bagi brosur sampai banting harga dan ditulis besar2 di depan cafe dengan harga mentereng.

Bulan keenam, cafe tutup, ia pun putus asa, dan ga lama kemudian ribut2 di berbagai forum kewirausahaan seperti forum ini : "Hati2 tertipu seminar kewirausahaan, gw udah jadi korban nich !!" atau "Jangan percaya seminar2 wirausaha dech, ini gw gagal dan yang gw dapet cuma malu doank + setumpuk utang. Seminar cuma ngomong enak2nya doank, pembicara brengsek !!"

Klise ? Ya, betul sekali. Cerita klise seperti ini sering kita jumpai di sekitar kita. Lalu, siapakah yang salah ? Pembicara seminar ? ATau peserta seminarnya ?

Daripada ribut dan saling menyalahkan, mari kita telaah masalah ini dengan kepala dingin dan penuh pemikiran positif. emoticon-Angkat Beer

Pertanyaan utama dari permasalahan ini adalah :

Apakah setiap orang bisa menjadi Entrepreneur ? Ataukah Entrepreneur hanya bakat untuk orang-orang tertentu saja ?

Sebenarnya, ini semua adalah permasalahan cara berpikir dan cara bertindak. Saat Anda memutuskan ingin menjadi entrepreneur, apakah Anda sudah berpikir dan bertindak layakanya entrepreneur ? Atau jangan2 Anda hanya fisiknya saja yang sedang menjadi entrepreneur, tapi cara berpikir dan cara bertindak Anda masih layaknya seorang karyawan ?

Lho ?? Apa bedanya ??

Pertama-tama, perlu dipahami terlebih dahulu, bahwa menjadi entrepreneur atau karyawan adalah murni pilihan, tidak ada yang lebih baik di antara keduanya. Pilihan ini adalah pilihan yang sangat adil, karena setiap orang sebenarnya bebas memilih asalkan memiliki CARA BERPIKIR dan CARA BERTINDAK yang TEPAT.

Menjadi Entrepreneur, tidaklah mudah seperti kelihatannya. Jangan pernah sekali-kali berpikir, bahwa menjadi Boss itu jauh lebih mudah daripada menjadi karyawan. Anda SALAH BESAR. Menjadi Boss / Entrepreneur, memiliki tanggung jawab yang besar, memerlukan pemikiran-pemikiran yang brilian, intuisi yang jitu, pandangan yang visioner, harus mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat, dan bla bla bla bla bla, alias masih banyak syarat lainnya.

Mungkin saat di seminar-seminar, Anda melihat :

Betapa suksesnya seorang Chairul Tanjung.
Namun apakah Anda tahu bagaimana perjuangan beliau saat merintis bisnis ? Apakah Anda siap hanya tidur 6 jam per hari tanpa punya banyak waktu untuk keluarga seperti Chairul Tanjung muda ?

Betapa suksesnya seorang Donald Trump.
Namun apakah Anda tahu bahwa ia pernah bangkrut, sampai2 pengemis di pinggir jalan pun lebih kaya dari dirinya ?

Betapa suksesnya Top Ittipat (CEO snack Tao Kae Noi).
Namun apakah Anda tahu bagaimana saat awalnya dia merintis bisnis ? Apakah Anda paham bagaimana rasanya hampir kehilangan rumah satu2nya karena terlilit hutang keluarga, namun sambil masih harus terus berjuang untuk membalik nasib ? Apakah Anda sanggup gagal berkali-kali seperti dia, dan tetap mesti bangkit berdiri walau rasanya sangat sakit dan tertekan (bahkan dihina), seperti yang dia alami ? Ya, dan itulah juga yang saya alami 4 tahun yang lalu, saya mengalami hampir persis seperti yang dialami Top Ittipat sebelum bisa menjadi seperti sekarang ini emoticon-Smilie

Menjadi entrepreneur, itu artinya juga Anda sedang mengelola resiko, SETIAP SAAT, SETIAP WAKTU, dan Anda MESTI SURVIVE DALAM KEADAAN SESULIT APAPUN.

Karena itu, jangan pernah menjadi entrepreneur, bila Anda memang tidak siap dengan segala resikonya. Pahami dulu berbagai resikonya, dan siapkah Anda dengan segala konsekwensinya ?
Siapkah Anda bekerja keras sedangkan orang lain sedang enak2 nonton TV atau main game ?
Siapkah Anda mesti tetap berpikir jernih walau sedang dalam tekanan ? ATau dalam sedikit tekanan Anda sudah stress dan uring2an ?
Siapkah Anda mesti networking dan berkumpul dengan komunitas, saat orang lain sedang asik malam mingguan ?
Siapkah Anda bila membangun bisnis dan merasa miskin, karena belum bisa menggaji diri sendiri, sedangkan teman2 Anda sedang santai2 hang out menikmati gaji mereka ?
Siapkah Anda meninggalkan Comfort Zone Anda, dan berjuang untuk SURVIVE AS AN ENTREPRENEUR setiap saat ?

Nah, itulah bedanya, Entrepreneur dengan Karyawan. Bila Anda ingin menjadi Entrepreneur, bersiaplah dengan segala resiko dan konsekwensinya.

Ubahlah cara berpikir dan cara bertindak Anda layaknya Entrepreneur.

Entrepreneur tidak berpikir bahwa Laba Perusahaan = Gaji Gue. Entrepreneur mesti siap ngirit di masa awal merintis bisnis, untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi.

Entrepreneur tidak berpikir bahwa saat passive income, waktunya untuk main game, nonton tv, dan perbanyak terus family time. Entrepreneur mesti mengubah passive incomenya menjadi MASSIVE PASSIVE INCOME, barulah bisa menikmatinya.

Entrepreneur selalu berpikir bahwa WAKTU ITU ADALAH EMAS, karena mereka paham betul bahwa setiap waktu adalah ASET YANG SANGAT BERHARGA, karena itu tidak boleh dibuang2 sembarangan.

Entrepreneur tahu betul, bahwa dirinya sedang membangun KERAJAAN BISNIS, karena itu mereka selalu bersabar dan tidak selalu mengharapkan "hasil dalam waktu singkat".

Entrepreneur tahu betul, bahwa setiap bisnis memiliki resiko, dan resiko itulah yang mesti mereka kelola, sehingga menjadi resiko yang minimal dengan peluang yang besar.

Menjadi Entrrepreneur itu sangatlah menyenangkan, hanya bila Anda memahami segala resiko dan konsekwensinya.

So, kembali lagi ke pertanyaan awal, Apakah Anda betul2 SIAP menjadi Entrepreneur ?

Pilihan di tangan Anda emoticon-Angkat Beer





My Business




*Saya bukanlah seorang motivator, bukan juga speaker di seminar-seminar. Saya adalah seorang Entrepreneur murni yang betul-betul bertumbuh dari minus, dan merasakan perjuangan berat sampai bisa jadi seperti saat ini. So, apa yang saya bagikan adalah berdasarkan pengalaman Bisnis yang saya miliki, juga hasil pengamatan saya terhadap bisnis2 lainnya. Enjoy ! emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh [Shadow]LenZ
1
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 12
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
13-09-2014 08:56

haha

looooooo aja yang PESEIMISSS
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
13-09-2014 09:22
ane siap tidur 6 jam sehari selama umur ane belum nyetuh 30an emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
13-09-2014 16:32
Quote:Original Posted By studentwarrior
ane siap tidur 6 jam sehari selama umur ane belum nyetuh 30an emoticon-Cendol (S)


haha umur rahasia ye gan
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
13-09-2014 16:59
Quote:Original Posted By helmyfahrizal


haha umur rahasia ye gan


umur ane masih 22 kok emoticon-Malu (S)
masih ada sekitar 10thn lagi buat mode on fire
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
13-09-2014 19:57
setuju bgt gan sama statement agan satu ini, mnjadi wirausaha itu tdk smudah mmbalikkan fakta emoticon-Malu (S)
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
04-10-2014 11:57
mau nyari tempat untuk buka usaha nih gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
04-10-2014 13:57
waahh,ud lama bgt gak "ketemu" agan shadowlenz. ada kali 5thn yg lalu di entrepreneur lounge waktu gw masih bisnis resto.haha. waktu kok cepet bgt berlalu ya. tapi thx bro, tulisannya sangat memotivasi! bener banget tuh, mau pengusaha / pegawai ya itu pilihan dan sama2 berat. gw juga udah gagaall beberapa kali sampe akhirnya sempat vakum dulu (kimpoi dan beranak emoticon-Stick Out Tongue), bahkan hampir memutuskan buat kerja lagi. tapi kok panggilan hati ini tetap di bisnis ya. jadi harus sering2 nengokin kaskus lagi nih buat ngumpulin semangat dan belajar dari kesalahan2 yang lalu. sukses terus bro emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
04-10-2014 19:55
jangan siapkan mental utk jadi sukses, tapi siapkan mental utk jadi gagal
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
04-10-2014 23:45
"Sukses" itu relatif, gimana pola pikir kita. Banyak yg bilang sukses itu berarti banyak uang, sukses itu punya keluarga yg harmonis. Tp kl pola pikir sy, sukses itu ketika kita bisa berbagi ke sesama yg membutuhkan. Atur ulang income kita tiap bulan,persentasekan brp yg akan kita sumbangkan. Setelah itu kita tinggal tunggu, biarkan "tangan tuhan" yg akan bekerja memberi kita pintu rezeki entah dari mana datang nya yg kadang tidak masuk logika manusia. Percayalah akan keajaiban tuhan. Dan sampai skg, sy belum pernah mendengar ada org yg jatuh bangkrut karena sering bersedekah. Dan saya pun yakin orang orang terkaya di dunia pasti menyisihkan sebagian income nya dengan berbagi. Akhir kata, berapapun income anda tiap bulan selalu sisihkan untuk bersedekah. Saya bisa pastikan rezeki anda tidak akan habis. Kalau anda tidak percaya dengan saya,berati anda tidak percaya dengan keajaiban tuhan Alloh s.w.t.
(Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi).
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
05-10-2014 19:32
ijin mempelajari dlu gan emoticon-Malu (S)
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
05-10-2014 19:37
emoticon-Matabelo
gila gan keren banget bakalan ane pelajarin secara continue gan,,
bismillah...
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
06-10-2014 10:33
Mantab banget ulasannya gan!!

Kadang orang lihat "hasil" nya saja. Tapi gak tau susah payahnya mencapai kesuksesan tersebut
Ane salah stu yg terjebak di comfort zone, lagi berusaha keluar nih gan... Jika Tuhan berkenan dalam 6 bulan kedepan usaha udah launching gan....



0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
16-12-2014 16:20
Ud mau akhir taun nich...yuk waktunya review akhir tahun dan merencanakan Action Plan tahun depan emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
19-12-2014 07:45
sangat sangat memotivasi emoticon-Smilie
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
24-12-2014 23:57
mencerahkan gan, kadang juga ada gan yang pengennya kerja dikantoran tapi di sisi lain dia juga pengen punya punya usaha sampingan. Dan menurut ane itu hal yang rumit. [removed]void(0);
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
25-12-2014 08:50
usaha sendiri harus siap mental ya gan , siap ngirit buat ngembangin usaha ,siap pusing buat ngatur cashflow ,siap dicemooh kalau belum sukses , yg penting dari situ memotivasi kita untuk terus maju gan emoticon-Toast
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
25-12-2014 14:30
Tulisan yg keren bro chandra.
ayo pas ke bali. mampir ke cafe gw lagi emoticon-Big Grin
yup jadi entrepreneur tuh ga gampang.
butuh usaha super keras, menjadi boss bukan berati kita justru bisa lebih santai. malah jauh lebih sibuk

dulu pas gw masih kerja di jakarta di sebuah perusahaan konstruksi pertambangan
hidup gw malah lebih santai.
pulang kantor masih bisa jalan2 sama teman2 sabtu minggu bangun siang dan jalan2 naiknya mobil keren.
sekarang jam tidur gw paling maximal 6 jam an gw malah lebih milih pake mobil yg lebih berguna buat operasional malah sering gw setir pickup buat kirim barang kalo lagi kekurangan supir.
bukan berati gw ga bisa beli mobil bagus. dengan usaha gw sekarang gw mau beli mobil sport pun bisa. cuman apakah itu penting???
untuk sebagian orang mungkin
bagi gw dari pada beli mobil sport harga selangit mending gw pakai buat ekspansi usaha gw
perlu di sadari banyak orang ingin jadi sukses.
TETAPI!!! sukses itu tidak ada yang instan, orang baru bisa di bilang sukses kalo sudah melalui proses dan proses itu yang sangat penting karena proses menghasilkan pengalaman dan pengalaman itu tidak bisa di beli

sebelum anda memuali bisnis perlu di sadari 1 hal. bisnis tidak mudah!!!
jadi sebelum memulai bikin strategi dulu, survey marketnya , bikin planning kedepan, sampai membuat SOP tutup usaha. dengan kata lain sudah menyiapkan Plan B hingga Plan Z.

dan dalam bisnis
Motivasi - Strategi = Depresi
(Motivasi di kurangi strategi alias tanpa strategi sama dengan Depresi , Frustasi , You name it lahh emoticon-Big Grin )
perbedaan jendral yg menang perang dan kalah perang adalah jendral pemenang memikirkan matang matang strateginya sedangkan jendral yg kalah hanya sekedar memikirkan
bisnis perlu visi dan misi yang jelas sehingga kita tahu tujuan kita di depan.
selalu tentukan tujuan akhir kita sehingga kita tahu sampai di mana progress kita.
sukses itu ga bakal datang ke hadapan mu tetapi harus anda yang melangkah menuju sukses
dan bukan masalah anda bisa atau tidak. tetapi MAU atau Tidak???!!
dan selalu di ingat
"ORANG YG GAMPANG MENYERAH TIDAK AKAN MENJADI PEMENANG DAN PEMENANG ADALAH ORANG YANG TIDAK PERNAH MENYERAH"



sory saya ketik dari hp jadi berantakan
Diubah oleh bledavik
0 0
0
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
27-12-2014 14:07
Pengen bisnis. Tapi bingung ane bingung gan.
Dana nganggur 100juta+. Pengen usaha tapi belum ada pengalaman dan harus kemana. Mohon pencerahan gan.
0 0
0
Halaman 5 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.