muengasloAvatar border
TS
muengaslo
Masih Ingatkah Agan dengan Serial ini?
Meteor Garden (流星花園) adalah drama televisi Taiwan yang ditayangkan pertama kalinya pada tahun 2001. Film ini diangkat dari manga/komik yang telah tersebar dan terkenal dari Jepang, Hana yori Dango (花より男子).

Meteor Garden berkisah tentang seorang gadis dari keluarga miskin bernama San Chai (Barbie Hsu) yang masuk ke universitas yang dipenuhi anak-anak orang kaya. Universitas tersebut dikuasai oleh empat orang lelaki dari keluarga terpandang yang tergabung dengan kelompok bernama F4 (singkatan dari Flower 4). F4 seringkali menggunakan kekuasaan mereka sebagai anak dari dewan kampus untuk menyingkirkan orang-orang yang mereka anggap mengganggu. San Chai adalah gadis yang kuat dan pemberani, dia membenci tingkah-tingkah yang F4 lakukan di kampus mereka dan dialah satu-satunya orang yang berani menantang F4. Sejak itulah, hidup San Chai berubah karena kehadiran F4 dan San Chai pun terlibat cinta segitiga dengan Hua Zhe Lei yang ia kagumi dan Dao Ming Shi yang menyukai San Chai. Aktor-aktor yang menjadi pemeran anggota F4 adalah Vic Zhou, Jerry Yan, Vanness Wu, dan Ken Zhu. Vic Zhou yang berperan sebagai Hua Zhe Lei, Jerry Yan yang berperan sebagai Dao Ming Shi.

Pada tahun 2003, ditayangkan sekuel Meteor Garden, Meteor Garden II. Selain itu, pada tahun 2005 Hana Yori Dango juga difilmkan menjadi drama seri di Jepang. Yang terbaru, versi Korea nya ditayangkan tahun 2009 dengan judul Boys Before Flowers.

Di Indonesia, film serial Meteor Garden ditayangkan di Indosiar kemudian ditayangkan ulang oleh Trans TV dan Trans7.



"Meteor Garden", Penanda Awal Booming Drama Asia di Indonesia

SERIAL yang satu ini menjadi penanda awal berjayanya drama asal Taiwan di Indonesia. Tayang di hari Senin di jam malam tidak membuat serial ini sepi penonton. Bisik-bisik di belakang yang mengatakan kemiripan sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta dengan Meteor Garden makin membuat banyak orang penasaran. Bagaimana selanjutnya? Serial ini booming luar biasa dan begitu dinantikan penayangannya saban Senin Malam.
Sejak ditayangkan Indosiar, Meteor Garden membawa perubahan besar dalam industri hiburan Tanah Air. Pertama adalah tren serial, dimana saat itu Indosiar sedang gencar menayangkan film Bollywood, namun semenjak Mandarin sukses menyita perhatian, dimulailah era kejayaan serial Mandarin. Menyusul Meteor Garden, stasiun-stasiun televisi lain berlomba-lomba menayangkan serial asal Taiwan. Mulanya, semua serial yang menampilkan personel F4 seperti Idol Boy: Poor Prince (Vic Chou), Orange Boys (Ken Zhu), serta Meteor Rain (Jerry Yan) yang paling diburu. Tapi kemudian, serial Mandarin lainnya mulai menjamur membanjiri stasiun televisi kita.



Hebatnya lagi, Meteor Garden sampai mempengaruhi gaya anak-anak remaja. Salah satu imbasnya, gaya potongan rambut. Cewek-cewek berlomba-lomba rebonding rambut agar lurus seperti San Chai sedangkan cowok-cowok mulai memanjangkan rambutnya agar mirip Hua Ce Lei dan Tao Ming Se. Semua hal berbau F4, mulai VCD, kaset, CD, poster, majalah, atau artikel sekecil apa pun soal MG dan F4 pasti laris manis.

Di negara asalnya sendiri, Taiwan, pada saat ditayangkan tahun 2001 silam, serial ini berhasil memecahkan rekor sebagai tontonan yang paling banyak dilihat. Rating serial di Taiwan dianggap bagus apabila menyentuh TVR 2, untuk Meteor Garden sendiri mencapai angka 4.



Dampak popularitas yang didapat oleh Meteor Garden melejitkan para artis pendukungnya. Bahkan boyband asal Taiwan F4 yang waktu itu masih pendatang baru langsung melesat ke tingkat popularitas tingkat atas. Boyband beranggotakan Jerry Yan, Vic Zhou, Vanness Wu dan Ken Zhu ini berhasil menjelma menjadi idola baru Taiwan. Sekarang semuanya telah menjelma menjadi aktor dan aktris yang diperhitungkan namanya di jagad hiburan Taiwan. Sebut saja Barbie Hsu yang sukses membintangi sejumlah serial selepas Meteor Garden misalnya A Chinese Ghost Story, Mars, Phantom Lover, Corner With Love, serta Summer Desire.



Berikut ini sinopsis singkatnya :

Meteor Garden berkisah tentang seorang gadis dari keluarga miskin bernama San Chai (Barbie Hsu) yang masuk ke universitas yang dipenuhi anak-anak orang kaya. Universitas tersebut dikuasai oleh empat orang lelaki dari keluarga terpandang yang tergabung dengan kelompok bernama F4 (singkatan dari Flower 4).

F4 seringkali menggunakan kekuasaan mereka sebagai anak dari dewan kampus untuk menyingkirkan orang-orang yang mereka anggap mengganggu. San Chai adalah gadis yang kuat dan pemberani, dia membenci tingkah-tingkah yang F4 lakukan di kampus mereka dan dialah satu-satunya orang yang berani menantang F4. Sejak itulah, hidup San Chai berubah karena kehadiran F4.

Awalnya San Chai mendapat perlakuan yang tidak baik dari mahasiswa kampus tersebut karena F4 sudah memberikan memo merah pada San Chai. Memo merah dianggap sebagai momok paling menakutkan di kampus itu, karena setiap yang mendapatkan memo pasti akan diganggu hidupnya oleh F4. Bukannya takut, San Chai malah berani menentang Dao Ming Shi (Jerry Yan), sang pemimpin kelompok F4.

Keberanian San Chai pada Dao Ming Shi malah membuat cowok tersebut tertarik padanya. Karena selama ini belum ada yang berani menentang mereka. Namun rupanya, San Chai telah menaruh hati pada Hua Zhe Lei (Vic Zhou) yang pendiam dan selalu melindunginya. Kedekatan San Chai dengan Dao Ming Shi pada akhirnya mengubah haluan hati San Chai pada Dao Ming Shi. Hal itu terjadi juga karena Hua Zhe Lei yang tak kunjung berani menunjukkan perasaannya pada San Chai. San Chai pun terlibat cinta segitiga dengan Hua Zhe Lei yang ia kagumi dan Dao Ming Shi yang menyukai San Chai.

Di sisi lain, kisah percintaan Xi Men (Ken Zhu) dengan Xiao You (Rainie Yang) juga menarik untuk diikuti. Xi Men adalah sosok playboy yang sering bergonta-ganti pacar. Sementara Xiao You adalah sosok gadis pendiam yang pemalu. Interaksi antara Xi Men dan Xiao You mengundang greget para penonton oleh dua insan yang berbeda latar belakang ini.



Semoga Berkualitas ya gan! emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast
0
10.8K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.