News
Batal
KATEGORI
link has been copied
4426
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529152a51f0bc3772f000007/share-amp-diskusi-dunia-semut-rangrang-amp-budidayanya
Ane bukan "expert" bidang per-semut-an gan. Namun ane akan share pengetahuan yang ane punya tentang Dunia Semut Rangrang dan Budidaya-nya. Ane harap dengan men-share pengetahuan yang ane punya, kita bisa bersama-sama menambah pengetahuan tentang budidaya-nya. Paling tidak, sedikit pengetahuan ini mampu meminimalisir kegagalan dalam berbudidaya Semut Rangrang. Langsung aja ya gan ... A. D
Lapor Hansip
24-11-2013 08:13

[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~

Ane bukan "expert" bidang per-semut-an gan. Namun ane akan share pengetahuan yang ane punya tentang Dunia Semut Rangrang dan Budidaya-nya. Ane harap dengan men-share pengetahuan yang ane punya, kita bisa bersama-sama menambah pengetahuan tentang budidaya-nya. Paling tidak, sedikit pengetahuan ini mampu meminimalisir kegagalan dalam berbudidaya Semut Rangrang.

Langsung aja ya gan ...

A. Dunia Semut Rangrang

"Peta Sebaran Semut Rangrang"


(Semut) Rangrang atau kerangga (Oecophylla) adalah semut berukuran agak besar yang dikenal memiliki kemampuan tinggi dalam membentuk anyaman untuk sarangnya. Karena hal inilah maka ia disebut sebagai weaver ant atau "semut penganyam". Di dunia dikenal dua jenis rangrang yang pertama adalah Rangrang Asia (O. smaragdina) yang tersebar luas dari Pakistan sampai Australia bagian utara dan Rangrang Afrika (O. longinoda) yang menghuni kawasan tropis di Afrika.

Sebagaimana banyak semut lainnya, semut rangrang adalah serangga sosial dan membentuk koloni. Dalam kelompok sosial tersebut, pekerjaan dibagi sesuai dengan tipe individunya (kasta). Populasi dalam satu koloni semut rangrang bisa sangat banyak sekali. Semut Rangrang juga bersifat teritorial (menjaga tempat hidupnya) dan bertemperamen "galak". Rangrang tidak segan-segan menyerang apa pun yang mendekati kawasan aktivitasnya.

B. Struktur Sosial Semut Rangrang

"Struktur Sosial Semut Rangrang"


1. Ratu Semut
Ratu semut mudah dikenali karena tubuhnya lebih besar, berwarna hijau hingga coklat dengan perut yang besar dan menghasilkan banyak telur. Ratu semut ini pada mulanya mempunyai sayap seperti halnya semut jantan, tetapi setelah kimpoi sayapnya lepas.
Ratu semut banyak ditemukan pada tempat-tempat yang tidak terganggu. Mereka menyukai tempat yang aman untuk meletakkan telur. Jika merasa terganggu, mereka akan berpindah ke tempat lain yang lebih aman.
Ratu semut umumnya berada pada sarang yang tidak terlalu kecil, dengan daun-daun yang masih segar dan hijau. Apabila daun-daun pembentuk sarangnya mengering, sebagian semut bahkan ratunya akan meninggalkannya dan berpindah ke sarang baru

2. Semut Jantan
Semut jantan lebih kecil daripada ratu semut, berwarna kehitam-hitaman dan hidupnya singkat. Setelah mengawini ratu ia mati.

3. Semut Pekerja
Semut pekerja adalah semut betina yang mandul. Mereka tinggal di dalam sarang dan merawat semut-semut muda. Namun pada kondisi dimana satu koloni Semut Rangrang tidak memiliki Ratu Semut, maka semut pekerja akan bertelur.

4. Semut Prajurit
SSemut prajurit merupakan anggota yang paling banyak jumlahnya dalam koloni dan bertanggung jawab untuk semua aktivitas dalam koloninya. Mereka menjaga sarang dari serangan pengacau, mengumpulkan dan membawa makanan untuk semua anggota koloninya serta membangun sarang. Ketika sarangnya terganggu ? Mereka membawa semut-semut muda dengan giginya yang kuat dan memindahkannya ke tempat aman. Pada kondisi tertentu mereka juga dapat meletakkan telur ke tempat yang lebih aman, seperti ratu semut.

C. Siklus Perkembangbiakan Semut Rangrang

"Larva & Pupa"


Tahap pertumbuhan semut dimulai dari telur menjadi larva, pupa, kemudian semut dewasa. Telur berukuran sangat kecil, kira-kira 0.5 mm x 1 mm dan berbentuk elips, berwarna putih.. Sedang Larva mempunyai kulit yang halus, putih seperti susu, tidak berkaki dan tidak bersayap, sudah terbentuk mata dan mulut. Selanjutnya Pupa menyerupai semut dewasa namun tidak aktif dan berwarna putih. Selanjutnya Pupa akan menjadi semut yang berubah warna sesuai dengan kastanya.

Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah berapa lama siklus perkembangbiakan semut rangrang tersebut? Berapa umur semut rangrang?

Dari sejak Ratu Semut kimpoi, sayap Ratu Semut akan gugur dan setelah sayap Ratu Semut gugur, selama 5-10 hari, Ratu semut akan bertelur. Perkembangan telur selanjutnya sangat tergantung dari suhu lingkungan. Pada suhu 30°C, telur akan berubah menjadi Larva dalam jangka waktu sekitar 8 hari. Selanjutnya Pupa setelah hari ke-17 dan semut pekerja dewasa pertama muncul setelah 28 hari.

Berapa lama umur semut ratu?
Berikut data dari http://en.wikipedia.org/wiki/Queen_ant
Quote:Original Posted By ""

A queen ant is an adult, reproducing female ant in an ant
colony; generally she will be the mother of all the other
ants in that colony. Some female ants do not need to
mate to produce offspring, reproducing through asexual parthenogenesis or cloning, and all of those offspring will be female. Others, like those in the genus Crematogaster, undergo mating in a nuptial flight. Ant offspring develop from larvae specially fed in order to become sexually mature among most species.
Depending on the species, there can be either a single mother queen, or potentially, hundreds of fertile queens in some species. Queen ants have one of the longest life-spans of any known insect – up to 30 years.[1] A queen of Lasius niger was held in captivity by German Entomologist Hermann Appel for 28¾ years; also a a Pogonomyrmex owyheei has a maximum estimated longevity of 30 years in the field.[1]


D. Cara Membangun Sarang

Prajurit semut menarik daun-daun secara bersama-sama, sementara semut lainnya merajut daun-daun tersebut dari dalam dengan menggunakan larva dan giginya sebagai pemintal benang. Larva semut menghasilkan benang-benang sutera halus untuk merajut daun.

E. Makanan Semut Rangrang

"Makanan Semut"

Makanan semut sangat beragam, namun dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok besar, yaitu protein dan gula. Tidak seperti semut lainnya, semut rangrang lebih menyukai protein daripada gula. Protein dapat ditemukan pada daging, ikan, ayam, tikus dan serangga.

F. Tempat Ideal Untuk Bersarang

Semut Rangrang mempunyai kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan kondisi lingkungannya. Mereka selalu berusaha mendapatkan makanan dan tempat tinggal dalam kondisi optimal.

Lalu apa kondisi ideal bagi Semut Rangrang untuk bersarang?
1. Sedikit gangguan dari manusia,
2. Cukup Makanan,
3. Tersedia daun cukup lebar namun lentur atau daun kecil tapi banyak,
4. menyukai lingkungan dengan suhu antara 26-34°C dan kelembaban relatif antara 62 sampai 92%.

Di alam sekitar, Semut Rangrang menyukai pohon-pohon yang tinggi seperti pohon kedondong (Spondias dulcis) atau pohon mangga (Mangiferasp.).

G. Manfaat Semut Rangrang

Kajian mengenai peran semut rangrang sebagai pengendali hama telah dimulai pada tahun 304 Masehi di Cina. Pada waktu itu, semut rangrang terbukti mampu mengendalikan hama kutu-kutuan pada tanaman jeruk. Di Indonesia, semut rangrang juga diketahui memangsa beberapa jenis hama, misalnya larva lalat buah dan ulat bulu. Disamping itu, Larva Semut Rangrang (biasa disebut Kroto di Indonesia) juga dijadikan konsumsi manusia dan burung kicauan.



Nah sekarang agan & aganwati semua sudah mempunyai sedikit dasar tentang dunia semut rangrang. Beberapa catatan tentang dunia semut rangrang di atas, mampu menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dalam hal budidaya semut rangrang. Contohnya : berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk panen kroto?

Selanjutnya akan ane update tentang Budidaya Semut Rangrang. Tungguin ya gan ...

"Klik"
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 163 dari 222
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
28-11-2014 21:57
Quote:Original Posted By kingiyk



emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
btw, disini ada yang ternak semutnya udah jadi core bisnis belum yah?
kalo kita kan masih jadi secondary...
ane pernah baca yang farm al namh ato apa gitu bisa hasilin 20-40 juta sekali panen emoticon-Matabelo


Maaf gan, sumbernya akurat gak tuh sampe bisa menghasilkan profit segitu sekali panen? Ada bukti otentiknya gak? ”⌣”ƗƗɐƗƗɐ...ƗƗɐƗƗɐ emoticon-Big Grin
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
28-11-2014 22:00

hhhmmm.....

Quote:Original Posted By jackers46
Disini Ada yg pernah sukses menangkar caltu sampe jd ratu g?



Pertanyaan yg bagus nih gan, mari2 para master yg sudah sukses menangkarkan caltu sampe menjadi ratu mari disharing pengalamannya...
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
29-11-2014 09:45
Quote:Original Posted By satriyoberkuda


Maaf gan, sumbernya akurat gak tuh sampe bisa menghasilkan profit segitu sekali panen? Ada bukti otentiknya gak? ”⌣”ƗƗɐƗƗɐ...ƗƗɐƗƗɐ emoticon-Big Grin


nah itu yang ane pikirin...
untuk katakanlah omzet 20 juta dengan asumsi per kg 200rb, berarti dia 1kuintal tuh sekali panen... kalo aasumsi 50sarang jadi 1 kg, berarti dia punya sekitar 5000 sarang dunk...
ato kalo ga panen perhari sekitar 3-5kg yah? emoticon-Matabelo
yang di kebunkroto.com ato .net kayaknya ane liat... lupa emoticon-Hammer2

http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...mut.Rangrang.1

nih direktori lama... tapi semoga bisa membantu
Diubah oleh kingiyk
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
29-11-2014 09:48
Quote:Original Posted By kingiyk


iya gan... di situ orangnya baik kok
wkwkwk coba main kesana aja gan...temenku yang kesana bilang kalo banyak ilmunya... ada juga sih yang rahasia perusahaan.. dan ane kurang enak kalo dishare disini... emoticon-Malu

kalo boleh ane PM ya gan...nimba ilmu ke agan...emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:Original Posted By BraMana


ane punya 32 toples isi plus5 toples kosong gan.. berarti d pancing ama kroto segar y gan

dishare dimari ya gan..gimana hasil pancingan nya emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By satriyoberkuda


Ane 300 jadi 800 murni dr pengembangan koloni gan. Ane maennya gak gabungin koloni soalnya. Ane maennya malah mecah koloni. ”⌣”ƗƗɐƗƗɐ...ƗƗɐƗƗɐ emoticon-Big Grin jd satu rak ane pecah2 jd beberapa koloni gt. Meskipun bibit awalnya 1 koloni. Itu utk yg sdh pny koloni 100 toples ke atas gan

nah..itu dia gan..kalo ane masih belum memungkinkan utk mecah koloni gan..yg ada ane harus temukan metode yg lebih baik lagi gimana cara satuin koloni..karena hasil tiap mbolang..tiap minggu..juga gak terlalu banyak gan
Quote:Original Posted By satriyoberkuda


1,5 th lebih gan. Kl agan pake 100 toples bibit dlm wkt 1th agan kepingingin jd 1000 toples tidak menutup kemungkinan, tidak ada salahnya mencoba impian ˆ⌣ˆ✽ïƴää✽ˆ⌣ˆ gan?

Tapi mental agan harus bnr2 dipersiapkan dulu. Semangat gan. ”⌣”ƗƗɐƗƗɐ...ƗƗɐƗƗɐ emoticon-Big Grin

mental pengusaha kroto ya gan...emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By satriyoberkuda
Timbul beberapa pertanyaan dari teman2, gimana kalo bibit yg ane punya dari alam maupun bibit yg ane beli sedikit gan?

Semua ada solusinya gan tenang aja. Kuncinya sebenarnya terletak pada rak yg agan punya. Jika koloni yg agan punya sedikit dibawah 100 toples maka agan cukup buat rak T.2m x L.50cm x P.50cm.
Jarak tingkat 1 ke 2 = 30cm.
Jarak tingkat 2 ke 3 = 10cm.
Jarak tingkat 3 ke 4 = 30cm.
Jarak tingkat 4 ke 5 = 10cm.
Jarak tingkat 5 ke 6 = 30cm.
Jarak tingkat 7 ke 8 = 10cm.
Jarak tingkat 9 ke 10 = 30cm.
Jarak tingkat 11 ke 12 = 10cm.

Rak model ini memang membutuhkan besi L agak banyak dan triplek agak banyak pula. Alas rak tidak usah dilobangin seperti model raknya agan TS akuq.

Utk penempatannya rak yg paling atas dan tingkat yg jaraknya 30cm agan bisa taruh toples bibit 2susun, sedangkan tingkat yg jaraknya 10cm agan taruh botol mizone muat 14 botol dlm posisi tidur.

Jadi dalam satu rak agan bisa membuat pengembangan koloni sekaligus toples utk panen kelak. Utk rak paling bawah biarkan kosong utk menaruh kembali semut yg abis dipanen krotonya biar gak stress taruh dirak yg paling bawah agar nantinya semut akan naik ke tingkat atasnya ketika sudah tenang.

Trus cara pecah koloninya gmn gan? Agan bisa memberi potongan kain handuk dilumuri oli di ke empat kaki rak sehingga memisahkan semut agar tidak menyatu dg koloni dirak atasnya maupun dibawahnya.

Inti dari memecah koloni sendiri adalah utk memaksa semut betelur lebih banyak karena dia merasa koloninya tidak banyak dan meminimalisir ruang gerak semut agar semut hanya terkonsentrasi makan, minum, dan bertelur. cara ini sangat2 efisien jika agan tidak mempunyai ratu sama sekali maupun agan mempunyai sedikit ratu.

Rak model ini rancangan ane utk semut eksperimen ane. Dan ternyata sangat2 efektif utk mempercepat jumlah koloni yg qt punya dg jmlh koloni yg sngt2 minim.

Kira2 agan sdh dpt gambarannya ttg rak rancangan ane khn? Jadi dg ruangan yg sngt2 minim sekalipun diruangan 1Mx1M agan sdh bisa beternak semut dg jumlah 100 toples, 58 botol mizone.

Jadi agan begitu dpt sarang dari alam maupun beli bibit baru agan tinggal taruh ditiap tingkat raknya yg sdh dipisahkan oli dr tingkat diatas dan dibawahnya.

Tanpa perlu repot2 menggabungkan koloni. Cara ini pula sangat efektif utk penggabungan koloni tanpa perlu repot2 tinggal taruh bibit yg agan dapet dr alam dirak. Biarkan 1jam, kalo agan mau menggabungkan koloni agan tinggal melepas kain yg dilumuri oli dari ke empat sisi kaki pembatas tingkat yg ingin agan gabungkan koloninya

Selamat mencoba dan semangat kroto gan

nice share gan emoticon-Blue Guy Cendol (L) ane catat dulu..makasih telah berbagi pengalaman gan..moga agan selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam rejeki yg halal emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:Original Posted By kingiyk


wkwkwk 100 toples jadi 1000 toples dalam setahun si mungkin gan...
kan ane tiap 2 bulan sekali (diusahakan) tambah bibit 100 toples emoticon-Ngakak
nggak murni dari perkembangan koloni tapi nge push beli bibit terus selama 2015.... cuma ya akibatnya 2015 puasa dulu emoticon-Hammer2
perkiraan akhir 2015 itu total ane beli kira2 600-700 toples lah, tanpa menghitung perkembangan koloni... cuma ya tergantung ntar dananya gimana emoticon-Ngakak
ane ngincer percepatan tumbuhnya gan... berhubung masih single dan jones emoticon-Hammer2
jadi duit gaji nggak dibuat ngecengin cewek tapi buat ngecengin semut emoticon-Ngakak

tetap semangat gan..moga semua rencana dapat berjalan lancar sesuai rencana emoticon-Blue Guy Cendol (L) tp jangan lupa untuk berbagi disini ya gan emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By jackers46
Disini Ada yg pernah sukses menangkar caltu sampe jd ratu g?

nah...ane punya pengalaman gini gan..ane pernah cerita bahwa saat mbolang ane mendapatkan banyak sekali caltu yg berwarna coklat maupun hijau...kalo di jumlah dari semua koloni yg ane punya caltunya ada lebih dari 200-an campuran caltu coklat + ijo.

tapi hari kamis kemarin ada beberapa caltu warna hijau..mungkin sekitar 10-an yg jatuh kelantai tp sudah dalam kondisi tanpa sayap. ane mau sebut itu ratu tp kok aneh masa iya ada ratu tanpa dikerumuni semut pekerja, tts mau ane sebut caltu tp nyatanya udah gak bersayap, ada dilantai dan masih hidup..kaki2nya udah ane periksa juga masih lengkap.

ane gak tau itu dari koloni yg mana..karena rak ane jadikan 3 koloni yg terpisah

pernah ane coba ambil dan taruh ke dalam salah satu koloni..respon semut yg ada didalam koloni juga biasa2 aja, kalo berpapasan hanya dilewati aja..keluar masuk toples juga biasa aja...tp ada juga yg langsung dibantai

kesimpulan ane..mungkin itu sebenarnya masih dikategorikan caltu tp karena suatu hal..sayapnya rontok ato digigit semut lain..terus dia terpeleset dari rak sehingga jatuh kebawah. alasanya, kalo betul dia telah jadi ratu..kenapa respon koloni hanya biasa aja..kayak gak ada hormat sedikitpun kepada ratu emoticon-Ngakak

ato mungkin ada dari agan2 disini yg mempunyai pengalaman serupa..mohon di share
Quote:Original Posted By BraMana
pagii alll


btw kok kroto ane bnyak yg warna coklat ya? kan biasanya putih2.

ini emang krotonya yg udah mau jd semut ato emang ada yg ga beres??

itu kayaknya calon semut muda gan...yg kalo oleh agan TS disebut sebagai albino
Quote:Original Posted By kingiyk



emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
btw, disini ada yang ternak semutnya udah jadi core bisnis belum yah?
kalo kita kan masih jadi secondary...
ane pernah baca yang farm al namh ato apa gitu bisa hasilin 20-40 juta sekali panen emoticon-Matabelo

maksudnya An-Naml kali gan...kalo iya mungkin agan kev1n80 bisa kasih penjelasan..krn kalo gak salah agan kev1n80 mau buka jadi cabang An-Naml
Quote:Original Posted By satriyoberkuda


Krotonya itu yg msh bentuk larva apa yg sdh berbentuk semut? Kl yg sdh berbentuk semut berwarna cokelat itu pertanda sebentar lg akan jd semut muda gan

ane sependapat gan..emoticon-Ngakak
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
29-11-2014 10:22
Quote:Original Posted By kimprut28

kalo boleh ane PM ya gan...nimba ilmu ke agan...emoticon-Blue Guy Cendol (L)

dishare dimari ya gan..gimana hasil pancingan nya emoticon-Ngakak

nah..itu dia gan..kalo ane masih belum memungkinkan utk mecah koloni gan..yg ada ane harus temukan metode yg lebih baik lagi gimana cara satuin koloni..karena hasil tiap mbolang..tiap minggu..juga gak terlalu banyak gan

mental pengusaha kroto ya gan...emoticon-Ngakak

nice share gan emoticon-Blue Guy Cendol (L) ane catat dulu..makasih telah berbagi pengalaman gan..moga agan selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam rejeki yg halal emoticon-Blue Guy Cendol (L)

tetap semangat gan..moga semua rencana dapat berjalan lancar sesuai rencana emoticon-Blue Guy Cendol (L) tp jangan lupa untuk berbagi disini ya gan emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

nah...ane punya pengalaman gini gan..ane pernah cerita bahwa saat mbolang ane mendapatkan banyak sekali caltu yg berwarna coklat maupun hijau...kalo di jumlah dari semua koloni yg ane punya caltunya ada lebih dari 200-an campuran caltu coklat + ijo.

tapi hari kamis kemarin ada beberapa caltu warna hijau..mungkin sekitar 10-an yg jatuh kelantai tp sudah dalam kondisi tanpa sayap. ane mau sebut itu ratu tp kok aneh masa iya ada ratu tanpa dikerumuni semut pekerja, tts mau ane sebut caltu tp nyatanya udah gak bersayap, ada dilantai dan masih hidup..kaki2nya udah ane periksa juga masih lengkap.

ane gak tau itu dari koloni yg mana..karena rak ane jadikan 3 koloni yg terpisah

pernah ane coba ambil dan taruh ke dalam salah satu koloni..respon semut yg ada didalam koloni juga biasa2 aja, kalo berpapasan hanya dilewati aja..keluar masuk toples juga biasa aja...tp ada juga yg langsung dibantai

kesimpulan ane..mungkin itu sebenarnya masih dikategorikan caltu tp karena suatu hal..sayapnya rontok ato digigit semut lain..terus dia terpeleset dari rak sehingga jatuh kebawah. alasanya, kalo betul dia telah jadi ratu..kenapa respon koloni hanya biasa aja..kayak gak ada hormat sedikitpun kepada ratu emoticon-Ngakak

ato mungkin ada dari agan2 disini yg mempunyai pengalaman serupa..mohon di share

itu kayaknya calon semut muda gan...yg kalo oleh agan TS disebut sebagai albino

maksudnya An-Naml kali gan...kalo iya mungkin agan kev1n80 bisa kasih penjelasan..krn kalo gak salah agan kev1n80 mau buka jadi cabang An-Naml

ane sependapat gan..emoticon-Ngakak


Sory2 yg sdh Ъќ>:/ bersayap dan jatuh itu caltu warna apa gan? Ane dulu prnh nemu di jual kroto caltu warna hitam pekat dg ring warna emas di perutnya. Trs ane ambil dpt 2 wkt itu. Trs ane pelihara dg toples tersendiri. Kemudian besoknya sayap salah satu caltu lepas. Tp kok msh blm bertelur jg ane pikir.

Kl menurut infonya sih. Caltu yg sdh kimpoi dan siap bertelur dia akan memisahkan diri dari koloni dg mencari sarang baru lg utk bertelur dan dia tahan 2 minggu tanpa makan dan minum, dia hanya makan sayapnya dan menunggu telur pekerja menetas dan akan merawat dia nantinya
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
29-11-2014 10:24
Quote:Original Posted By satriyoberkuda
Krotonya itu yg msh bentuk larva apa yg sdh berbentuk semut? Kl yg sdh berbentuk semut berwarna cokelat itu pertanda sebentar lg akan jd semut muda gan


udh bntuk semut gan
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
29-11-2014 10:49
Quote:Original Posted By satriyoberkuda


Sory2 yg sdh Ъќ>:/ bersayap dan jatuh itu caltu warna apa gan? Ane dulu prnh nemu di jual kroto caltu warna hitam pekat dg ring warna emas di perutnya. Trs ane ambil dpt 2 wkt itu. Trs ane pelihara dg toples tersendiri. Kemudian besoknya sayap salah satu caltu lepas. Tp kok msh blm bertelur jg ane pikir.

Kl menurut infonya sih. Caltu yg sdh kimpoi dan siap bertelur dia akan memisahkan diri dari koloni dg mencari sarang baru lg utk bertelur dan dia tahan 2 minggu tanpa makan dan minum, dia hanya makan sayapnya dan menunggu telur pekerja menetas dan akan merawat dia nantinya

yang jatuh itu warna perutnya hijau gan...ada juga yg hijau agak gelap gitu..ane masukin lagi kedalam rak gan tp kok responnya biasa2 aja..gak ada seremoni ato penyambutan ato apa gitu gan..emoticon-Ngakak .terus ada juga yg dibantai..kalo ini mungkin ane salah taruh ke koloni yg berbeda gan, coz ane hanya punya 1 rak tp di tiap tingkatan rak ane kasih pemisah dari spon yg ane lingkarkan ke besi siku-nya terus ane kasih oli
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
29-11-2014 11:04
Quote:Original Posted By kimprut28

yang jatuh itu warna perutnya hijau gan...ada juga yg hijau agak gelap gitu..ane masukin lagi kedalam rak gan tp kok responnya biasa2 aja..gak ada seremoni ato penyambutan ato apa gitu gan..emoticon-Ngakak .terus ada juga yg dibantai..kalo ini mungkin ane salah taruh ke koloni yg berbeda gan, coz ane hanya punya 1 rak tp di tiap tingkatan rak ane kasih pemisah dari spon yg ane lingkarkan ke besi siku-nya terus ane kasih oli


Next time kl nemu caltu yg msh berwarna hijau kehitam2an Ъќ>:/ bersayap masukan ke toples yg lobang keluar masuknya semut hanya 3mm saja dg diberi kapas dicelupin kelarutan gula, tapi jngn terlalu basah sekali gan. Itu sebenarnya caltu yg sdh kimpoi n nunggu bertelornya aja antara 1minggu until 2 mingguan.
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
29-11-2014 11:16
Quote:Original Posted By satriyoberkuda


Next time kl nemu caltu yg msh berwarna hijau kehitam2an Ъќ>:/ bersayap masukan ke toples yg lobang keluar masuknya semut hanya 3mm saja dg diberi kapas dicelupin kelarutan gula, tapi jngn terlalu basah sekali gan. Itu sebenarnya caltu yg sdh kimpoi n nunggu bertelornya aja antara 1minggu until 2 mingguan.

wooooo emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
gitu ya gan...tadi pagi pas mau berangkat kerja ane juga dibilangin anak ane gan..katanya banyak calon ratu gundul (sebutan anak ane buat calon ratu yg gak punya sayap) yg ada dilantai dibawah rak gan..tapi gak ane perhatikan karena udah maua berangkat kerja.

berarti dikarantina di toples tersendiri gitu ya gan terus dipisahkan dari koloni...ato ditoples tersendiri tapi masih didalam koloni gan?
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
29-11-2014 16:22
Quote:Original Posted By kimprut28

wooooo emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
gitu ya gan...tadi pagi pas mau berangkat kerja ane juga dibilangin anak ane gan..katanya banyak calon ratu gundul (sebutan anak ane buat calon ratu yg gak punya sayap) yg ada dilantai dibawah rak gan..tapi gak ane perhatikan karena udah maua berangkat kerja.

berarti dikarantina di toples tersendiri gitu ya gan terus dipisahkan dari koloni...ato ditoples tersendiri tapi masih didalam koloni gan?


Agan itu satu rak terdiri dari beberapa koloni ˆ⌣ˆ✽ïƴää✽ˆ⌣ˆ? Lah itu kendalanya si caltu punya koloni yg mana? Tp gpp spekulasi aja gan, yup masukan ketoples kasih kapas basah air gulaa tp jngn terlalu basah. Lobang kluar masuk semut hanya 3mm aja biar caltu Ъќ>:/ kluar. Setelah itu taruh toples dmn aja yg menurut agan caltu itu koloni yg mana gt.
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
29-11-2014 16:51
Quote:Original Posted By satriyoberkuda


Agan itu satu rak terdiri dari beberapa koloni ˆ⌣ˆ✽ïƴää✽ˆ⌣ˆ? Lah itu kendalanya si caltu punya koloni yg mana? Tp gpp spekulasi aja gan, yup masukan ketoples kasih kapas basah air gulaa tp jngn terlalu basah. Lobang kluar masuk semut hanya 3mm aja biar caltu Ъќ>:/ kluar. Setelah itu taruh toples dmn aja yg menurut agan caltu itu koloni yg mana gt.

ane punya 1 rak ada 4 tingkat gan...tp sementara yg ada semutnya hanya 3 rak dan masing2 rak ane pisah...jadinya ada 3 koloni gan...nah caltu yg jatuh itu dari rak tingkat keberapa itu yg ane juga gak tau gan, makanya saat caltu ane taruh kembali ke rak yg menurut perkiraan ane itu rak caltu tsb..ada yg diterima tp dicuekin aja...ada juga yg dibantai

makasih gan..ane coba experimen aja taruh di toples baru dan taruh ke salah satu koloni..moga aja bisa jadi ratu beneran emoticon-Blue Guy Cendol (L)

0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
29-11-2014 21:10
Quote:Original Posted By kimprut28

ane punya 1 rak ada 4 tingkat gan...tp sementara yg ada semutnya hanya 3 rak dan masing2 rak ane pisah...jadinya ada 3 koloni gan...nah caltu yg jatuh itu dari rak tingkat keberapa itu yg ane juga gak tau gan, makanya saat caltu ane taruh kembali ke rak yg menurut perkiraan ane itu rak caltu tsb..ada yg diterima tp dicuekin aja...ada juga yg dibantai

makasih gan..ane coba experimen aja taruh di toples baru dan taruh ke salah satu koloni..moga aja bisa jadi ratu beneran emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Amin... Jngn lupa dikasih drones jg gan yg bnyk. Agan ini sepanjang apa jambangan tinggalx?
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
30-11-2014 06:38
Quote:Original Posted By kimprut28

maksudnya An-Naml kali gan...kalo iya mungkin agan kev1n80 bisa kasih penjelasan..krn kalo gak salah agan kev1n80 mau buka jadi cabang An-Naml



nah itu gan... An-Naml... kita tunggu aja deh...
sebenernya sih mungkin2 aja yah kalo bisa segitu... misal punya 10k toples dipanen sekaligus bisa dapet 1kw++ kali...
duit semua emoticon-Ngakak

happy holiday all emoticon-Kiss
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
30-11-2014 12:51
Quote:Original Posted By kingiyk


nah itu gan... An-Naml... kita tunggu aja deh...
sebenernya sih mungkin2 aja yah kalo bisa segitu... misal punya 10k toples dipanen sekaligus bisa dapet 1kw++ kali...
duit semua emoticon-Ngakak

happy holiday all emoticon-Kiss


:v emoticon-Big Grin kertas semua gan
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
30-11-2014 14:55
Pengen belajar praktek dulu ke yg lebih berpengalaman tapi gak ada yg deket2 depok nih gan, akhirnya ane putusin belajar langsung aja deh beli bibitnya beberapa toples dulu. Lagian juga kayaknya ilmh teori di thread ini udah banyak bgt, tinggal prakteknya deh learning by doing emoticon-Big Grin

Beli bibit dimana ya gan kalo boleh minta saran?
Diubah oleh loveeating
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
30-11-2014 16:08
salam kenal agan semua. wah ...... tiap hari saya perhatikan tambah asik saya baca posting ini. sampek habis kopi bayak. saya jg ikut coba2 miara semut. trnyata seru jga klo d perhatikan tingkah semut2 itu. saya cari d alam dpt satu botol ajua 1 ltr. yg bikin saya heran semut saya kok gk mau makan ulat hongkong ya?????

padahal mreka udah bikin sarang dn mulai bertelir. tiap hari cuma minum air gula trus. apa gk kembung itu semut. tolong masukannya ya utk agan semua
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
30-11-2014 17:52
akhirnya 2 dari 5 toples baru ane udah di tempatin...
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
30-11-2014 18:25

maf ane gak bermaksud promo.

Quote:Original Posted By loveeating
Pengen belajar praktek dulu ke yg lebih berpengalaman tapi gak ada yg deket2 depok nih gan, akhirnya ane putusin belajar langsung aja deh beli bibitnya beberapa toples dulu. Lagian juga kayaknya ilmh teori di thread ini udah banyak bgt, tinggal prakteknya deh learning by doing emoticon-Big Grin

Beli bibit dimana ya gan kalo boleh minta saran?


Ane bisa bantu gan utk pengadaan bibit berkualitas yg benar2 menghasilkan kroto.
Ane akan pandu sampe bisa n mandiri kepada semua binaan ane gan.

Sharing dengan ane setiap waktu kalo ada kendala dlm budidaya kroto. Ane siap memandu. Utk pelaksanaan teknis bisa ane pandu dr jarak jauh gan. Hasil tetap maksimal.

Sekali lagi ane Ъќ>:/ bermaksud utk promo. Ane hanya membantu agan2 yg kesulitan mendapatkan bibit
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
30-11-2014 18:27
Quote:Original Posted By agnikimal
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~

ini gan perkembangan ternak ane sama hasil buruan ane emoticon-Smilie


Maaf , newbie. om. itu gambarnya kok dideketin tembok, apa semutnya tidak lari.
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
30-11-2014 19:08

semut gak mau makan

Quote:Original Posted By irwanp620
salam kenal agan semua. wah ...... tiap hari saya perhatikan tambah asik saya baca posting ini. sampek habis kopi bayak. saya jg ikut coba2 miara semut. trnyata seru jga klo d perhatikan tingkah semut2 itu. saya cari d alam dpt satu botol ajua 1 ltr. yg bikin saya heran semut saya kok gk mau makan ulat hongkong ya?????

padahal mreka udah bikin sarang dn mulai bertelir. tiap hari cuma minum air gula trus. apa gk kembung itu semut. tolong masukannya ya utk agan semua


Semut gak mau makan banyak faktornya gan. Bisa karena tempat rak terlalu panas suhunya, tingkat kelembapan rak kurang, terus lokasi rak sering dilewatin manusia, intensitas cahaya jg perlu diperhatikan gan diusahakan mendekati gelap atau bisa dengan mengakali botol ditutupin dg koran.
Semua faktor diatas tsb dpt mengakibatkan semut stress gan, tapi solusinya agan lakukan pengembunan tiap pagii n sore gan. Kalo sdh Ъќ>:/ stress pasti mau mkn gan.

Barangkali di bawah ane ada yg mau menambahin
0 0
0
Halaman 163 dari 222
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia