News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
4037
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/546acb5c138b46a6398b457b/soal-kenaikan-bbm-jangan-emosi-dulu-gan
Helloooooo Agan dan Aganwati Sekalian! :shakehand2:shakehand2:shakehand2:shakehand2 Mumpung masih anget-anget gimana gitu, ane mau ngebahas soal kenaikan BBM nih gan. Kita simak dulu yuk beritanya gan. :malus BBM Naik: Premium Rp 8.500, Solar Rp 7.500 Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah secara resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar mulai Selasa (18/11/2014
Lapor Hansip
18-11-2014 11:30

Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan

Past Hot Thread
Helloooooo Agan dan Aganwati Sekalian!
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


Mumpung masih anget-anget gimana gitu, ane mau ngebahas soal kenaikan BBM nih gan. Kita simak dulu yuk beritanya gan. emoticon-Malu (S)

Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan


Quote:
BBM Naik: Premium Rp 8.500, Solar Rp 7.500
Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah secara resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar mulai Selasa (18/11/2014) pukul 00.00 WIB.

Harga premium naik Rp 2.000 menjadi Rp 8.500 per liter dari sebelumnya Rp 6.500 per liter. Sementara harga solar naik Rp 2.000 dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500 per liter.

Kenaikan harga BBM ini diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Senin (17/11/2014). "Saya selaku Presiden RI menetapkan harga BBM baru yang akan berlaku pukul 00.00 pada Selasa 18 November 2014," ujar Jokowi.

Dia menuturkan kenaikan harga BBM sudah melalui proses pembahasan di tingkat menteri hingga sidang kabinet maupun ratas di istana. Kenaikan harga BBM ini akan dialihkan untuk subsidi ke sektor lain.

"Kami harus memilih dan mengambil keputusan hari ini melalui serangkaian pembahasan di sidang rakor teknis Menko dan ratas di Istana, memutuskan pengalihan subsidi dari konsumtif ke sektor produktif," kata dia.

Turut hadir pada pengumuman tersebut, Menko Perekonomian Sofjan Djalil, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.


Nah, berarti sekarang udah fix kalau harga Premium menjadi Rp.8000 dan Solar Rp. 7500. Tapi tenang dulu gan! Buat menghadapi hal itu, Presiden kita enggak tinggal diem kok. Beliau memberikan beberapa kompensasi buat kita, masyarakatnya yang sudah memberikan beliau kepercayaan untuk memimpin negeri ini. emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:
Ini "Kompensasi" Kenaikan Harga BBM Menurut Jokowi

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, Senin (17/11/2014) malam. Berikut ini adalah kompensasi yang diberikan atas kenaikan harga itu.

"Untuk rakyat tidak mampu, disiapkan perlindungan sosial berupa paket Kartu Keluarga Sejahtera, Kartu Indonesia Sehat, dan Kartu Indonesia Pintar," ujar Jokowi, dalam konferensi pers di Istana Negara, Senin malam.

Menurut Presiden, ketiga kartu itu akan segera dapat digunakan untuk menjaga daya beli dan sekaligus meningkatkan ekonomi produktif.

Jokowi tak menampik bakal ada pendapat setuju dan tidak setuju atas kebijakan ini. "Pemerintah menghargai masukan-masukan," kata dia sembari menyebut kenaikan harga BBM ini merupakan kebijakan pengalihan subsidi untuk sektor produktif.

Namun, Jokowi menegaskan, keputusan ini merupakan jalan untuk "menghadirkan" anggaran belanja yang lebih bermanfaat bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Dalam pengumumannya itu, Jokowi menyebutkan, harga premium yang semula Rp 6.500 per liter naik menjadi Rp 8.500. Adapun solar, harga semula Rp 5.500 naik menjadi Rp 7.500 per liter.


Enggak cuma itu gan, ternyata BBM seharusnya dinaikan Rp. 3500 tapi pemerintah masih mensubsidi Rp.1500.


Quote:
Meski Harganya Naik, BBM Masih Disubsidi Rp.1500
TEMPO.CO , Jakarta: Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyatakan, pemerintah masih memberikan subsidi untuk bahan bakar premium dan solar sebesar Rp 1.500 per liter. Sesuai kalkulasi dalam setahun, pada 2014 pemerintah memberi subsidi hingga Rp 3.500 per liter. (Baca: Jokowi: Harga BBM Naik Rp 2.000 Per Liter)

Subsidi tersebut akan berkurang mulai Senin malam sebesar Rp 2.000 untuk dialihkan ke bidang lain. "Kita harus menghitungnya selama setahun, jangan per hari," kata Bambang di kompleks Istana Presiden, Senin malam, 17 November 2014. (Baca: Nurul Arifin: Harga Dunia Turun, Kok BBM Kita Naik)

Ia menyatakan, jika hanya melihat tren harga minyak dalam dua bulan terakhir, tentu akan sulit menerima kebijakan penurunan subsidi. Menurut Bambang, faktanya dalam satu tahun pemerintah memberikan subsidi yang sangat tinggi. (Baca: Menkeu: Harga BBM Naik Minimal Rp 2.000 Per Liter)

Soal bantuan sosial, Bambang menyatakan, pemerintah tak akan menggunakan dana peralihan subsidi BBM. Pemerintah telah memiliki alokasi dana sosial dari cadangan dana Rp 5 trilium ditambah cadangan resiko fiskal sebesar Rp 1,4 triliun.

Ia juga menyatakan, pemerintah tak perlu berkonsultasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat soal pengurangan subsidi. Hal ini didasarkan pada Undang-undang Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan 2014 yang mengharuskan pemerintah berkonsultasi. (Baca: JK: Kenaikan Harga BBM Tinggal Tunggu Pengumuman)

Pengurangan subsidi sendiri memberikan ruang fiskal yang besar bagi pemerintah. Kebijakan tersebut, ujar Bambang, penting sebagai modal Kabinet Kerja yang dibentuk presiden Joko Widodo dalam menjalankan visi pemerintahannya selama tahun pertama.


Quote:
Selama ini mungkin kita gak tau, apa aja sih alasan yang bikin BBM di negara kita ini sering naik. Mungkin 10 alasan ini bisa memberikan agan-agan pencerahan nih gan. emoticon-Smilie

Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan

Indonesia Negara Boros Subsidi

Neraca Defisit, Rupiah Terpukul

53% Subsidi Di Nikmati Mobil Pribadi

Indonesia Bukan Kaya Minyak

Indonesia Bukan Lagi Eksportir Minyak

Rezim Subsidi BBM Kian Ditinggalkan

Negara Petrodolar pun Siap Pangkas Subsidi

Dana Migas Tekor Untuk Subsidi Energi

Ketimpangan Subsidi Energi

Menghambat Tumbuhnya Energi Alternatif



Lanjuuuuut, agan-agan pada tau gak, ternyata banyak banget hal yang bisa dilakukan oleh pemerintah dengan mengalihkan dana subsidi BBM ke sesuatu yang lebih menguntungkan buat perkembangan bangsa ini. Bayangin aja, dengan biaya subsidi BBM negara kita ini bisa bikin 16 bandar udara kayak Kuala Namu, Medan. Cekidot!


Pengalihan Subsidi BBM

Nih Gan!


Quote:
Gimana gan, masih protes dan marah kalau bbm naik? Masa sih kita harus marah kalau benar pemerintah akan mengalokasikan dana subsidi BBM untuk sesuatu yang bisa membangun bangsa ini. emoticon-Smilie
Nah, buat menyiasati BBM yang naik yuk kita hemat BBM gan atau coba lakukan hal ini deh.
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan


Semoga tulisan ane yang masih banyak kekurangan ini bisa memberikan hal positif untuk menyikapi keputusan pemerintah saat ini ya Gan. Jangan dikasih emoticon-Blue Guy Bata (L)tapi kasih ane emoticon-Blue Guy Cendol (L) aja ya gan emoticon-Malu (S)


Quote:SUMUR 1
SUMUR 2
SUMUR 3
SUMUR 4




emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh kamoezzzz
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 30 dari 205
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:07
Quote:Original Posted By big_guy789
Kenaikan BBM sekarang ini punya rekor baru :
a. Rekor tercepat dari jarak seorang presiden dilantik, karena belum sebulan dilantik. Sebelumnya rekor tercepat dipegang Gus Dur, 7 bulan.
b. Paling banyak didukung, walaupun dengan alasan yang paling gak masuk akal sekalipun. Motifnya biasanya karena sudah terima bayarannya di awal, sudah di-baiat sampai mati, sudah terlanjur malu ngedukung dari awal jadi mau gak mau harus terus dukung, atau ,mungkin sekedar lupa otaknya ditaruh di mana.


wuih mantap analisisnya #SALAM2RIBU
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:08
Memang harus naik dri 2/3thn lalu gan..terlalu enak disubsidi trs,yg ada malah dijadikan mafia minyak.ya krn mafia minyaknya jg ada beking politik,skrg saat nya INDONESIA tercinta harus/kudu/musti BERUBAH

0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:08
iya betul jg gan yg ente tulis, berarti motor n mobil pribadi yg paling banyak ya baru tau ane. kalo gt angkot n angkutan masuknya kmn ya?emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:08
Quote:Original Posted By elephander
Kalo saya sih sederhana saja, Kenapa harus 2000 naiknya?? kenapa gak sekalian 5000 atau 6000 naiknya?? jadi kalo sakit sekalian saja jangan setengah setengah, Ibarat orang sakit, sekaliannya aja sakitnya kalo perlu mati aja langsung. Toh barang kebutuhan pokok pada naik semua gak usah di umumkan sudah pada naik, apalagi di umumkan pada naik lagi, apa gak dua kali?? , padahal kalo saya pribadi sudah banyak yang di kurangin, rokok sudah berhenti, kendaraan sekarang naik sepeda, listrik sekedarnya (cukup untuk penerangan, kulkas kecil, dan televisi), pulsa sekedar buat sms itu juga jarang jarang, ngaskus paling banter 1 bulan sekali cuma 1 jam di warnet, pertanyaannya apa lagi yang di hemat?? yang nulis aja untung belum nikah, cuma tanggungan orang tua masih ada, gaji?? sebulan cuma 1 juta buat makan aja susah apalagi boro boro mo nikah cuma di angan angan aja. Mo kreatif?? gimana mo kreatif waktu tersita untuk pekerjaan dan mengurus orang tua satu satunya udah gitu beliau kena musibah lagi jatuh patah tangan, sebagai anak tunggal cuma aku yang bisa ngurus (sory kalo ane curhat), di televisi bilang minyak tanah 2.500 gak berubah, di sini harga minyak tanah 10 rebu, mo pakai gas ? ibu ane gak berani pakai. Ibu ane yang jualan kue aja kadang ngeluh, bahan kue naik tapi mo menaikkan harga susahnya setengah mati.
Jadi Intinya APAPUN teori Ekonomi tentang naiknya BBM, bagiku itu udah BASI, gak akan efek apa apa ke kehidupan sini, Barang tetap naik, kebutuhan tetap naik, angkutan naik, jadi mengapa cuma 2000 saja, sekalian saja 5000 ampe 6000, jadi gak ada subsidi sekalian toh dalam waktu kedepan naik juga. jadi yang naik motor ganti jadi sepeda atau jalan kaki, masak ganti aja jangan pake minyak dan gas, ganti pake kayu kalo perlu ambil kayu rumah tetangga. kalo makan jangan lagi yang enak enak, nasi pake garam aja, kalo gak singkong ama garam aja. Kan supaya rakyat hemat kan?!! gitu aja udah ngejalaninya.

Dan yang pasti ane nulis panjang panjang gini pasti gak bakalan ada yang baca.


riil kondisi lapangan ya mas bro,.. ya semoga ibu diberi kesehatan ya...emoticon-Smilie
Ane sepakat sama ente, kebanyakan teori yg ujung2nya melegalkan supaya kedepan terjadi kenaikan lagi..
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:08
Quote:Original Posted By gombalmukiyoh
Lo kira orang yg kelas menengah kebawah mau nerima penjelasan lo ini? TS nya pasti udah menengah keatas jadi bisa santai..iya nggak?
Logis aja lah...minyak dunia turun kok bbm malah naik?kalo ga naik pun juga untung kan?soalnya harga minyak dunia turun emoticon-fuck


menengah kebawah itu berarti masih mampu gan, kalo orang kismin itu masuknya kalangan bawah, yang sepeda motor aja mereka gak punya. mobil gak punya
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:08
FIX TS Panastak !


emoticon-Ngacir
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:09
Quote:Original Posted By elephander
Kalo saya sih sederhana saja, Kenapa harus 2000 naiknya?? kenapa gak sekalian 5000 atau 6000 naiknya?? jadi kalo sakit sekalian saja jangan setengah setengah, Ibarat orang sakit, sekaliannya aja sakitnya kalo perlu mati aja langsung. Toh barang kebutuhan pokok pada naik semua gak usah di umumkan sudah pada naik, apalagi di umumkan pada naik lagi, apa gak dua kali?? , padahal kalo saya pribadi sudah banyak yang di kurangin, rokok sudah berhenti, kendaraan sekarang naik sepeda, listrik sekedarnya (cukup untuk penerangan, kulkas kecil, dan televisi), pulsa sekedar buat sms itu juga jarang jarang, ngaskus paling banter 1 bulan sekali cuma 1 jam di warnet, pertanyaannya apa lagi yang di hemat?? yang nulis aja untung belum nikah, cuma tanggungan orang tua masih ada, gaji?? sebulan cuma 1 juta buat makan aja susah apalagi boro boro mo nikah cuma di angan angan aja. Mo kreatif?? gimana mo kreatif waktu tersita untuk pekerjaan dan mengurus orang tua satu satunya udah gitu beliau kena musibah lagi jatuh patah tangan, sebagai anak tunggal cuma aku yang bisa ngurus (sory kalo ane curhat), di televisi bilang minyak tanah 2.500 gak berubah, di sini harga minyak tanah 10 rebu, mo pakai gas ? ibu ane gak berani pakai. Ibu ane yang jualan kue aja kadang ngeluh, bahan kue naik tapi mo menaikkan harga susahnya setengah mati.
Jadi Intinya APAPUN teori Ekonomi tentang naiknya BBM, bagiku itu udah BASI, gak akan efek apa apa ke kehidupan sini, Barang tetap naik, kebutuhan tetap naik, angkutan naik, jadi mengapa cuma 2000 saja, sekalian saja 5000 ampe 6000, jadi gak ada subsidi sekalian toh dalam waktu kedepan naik juga. jadi yang naik motor ganti jadi sepeda atau jalan kaki, masak ganti aja jangan pake minyak dan gas, ganti pake kayu kalo perlu ambil kayu rumah tetangga. kalo makan jangan lagi yang enak enak, nasi pake garam aja, kalo gak singkong ama garam aja. Kan supaya rakyat hemat kan?!! gitu aja udah ngejalaninya.

Dan yang pasti ane nulis panjang panjang gini pasti gak bakalan ada yang baca.


emoticon-Matabelo jleb banget gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:09
bbm naik tetep aja banyak mobil n motor berkeliaran di jalan emoticon-Ngakak
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:09
ada benernya jg sih ... yg penting subsidi pupuk jadi...emoticon-Sundul Up
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:10
Quote:Original Posted By neele46

Coba gan larangan serius yang ente maksud gimana. emoticon-Bingung
Mobil pribadi yang mau beli bbm subsidi diomelin gitu, petugas spbu maksa buat beli pertamax ?
lah kalo yg beli lebih galak?? dan pasti banyak yg lebih galak.
suru polisi jagain? yang sekarang aja anggota polisi masih kurang. disuruh jagain spbu pula.. emoticon-Cape d...



Jangan sediain nozel premium buat mobil di pom bensin. Kasih sangsi buat yang nekat jual premium buat mobil. Banyak gan caranya. Pemerintah aja yg ga serius mikir

Jangan lupa Salam 2 Ribu

0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:10
Kalo buruh dengan gaji UMR SMA, itu termasuk Miskin atau Tidak Miskin ya?..
saya masih belum bisa ngerti data-data di atas yg termasuk Tidak Miskin yang menikmati BBM bersubsidi itu yang mana?..
ada gak kategori yang Gak Miskin dan Gak Kaya?..
Kalo infrastruktur yang mau dibuat itu, yahh.. tinggal lihat 5 tahun ke depan..
Itu juga data dari timses Pak Jokowi aja..
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:10
Quote:Original Posted By big_guy789
Kenaikan BBM sekarang ini punya rekor baru :
a. Rekor tercepat dari jarak seorang presiden dilantik, karena belum sebulan dilantik. Sebelumnya rekor tercepat dipegang Gus Dur, 7 bulan.
b. Paling banyak didukung, walaupun dengan alasan yang paling gak masuk akal sekalipun. Motifnya biasanya karena sudah terima bayarannya di awal, sudah di-baiat sampai mati, sudah terlanjur malu ngedukung dari awal jadi mau gak mau harus terus dukung, atau ,mungkin sekedar lupa otaknya ditaruh di mana.

kebalik gan.
dari awal kita ngedukung presiden yang berani naikin harga bbm.

0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:10

kerja,kerja,kerja tanpa mikir

klo memang targetnya orang kaya yang punya mobil pribadi...kenapa yang dinaikan harga BBMnya. yang BBM itu dinikmati langsung oleh semua kalangan mulai yang gak punya motor sama sekali sampai yang punya mobil mewah 10 unit. klo memang sasarannya yang bermobil, kenapa tidak yang dinaikan Pajak mobil pribadi saja, tarif parkirnya...dinaikan 10x ato sampai 100x. pasti tepat sasaran. klo BBM yang dinaikan, yang naik bis, omprengan juga ikut nanggung gan. yang tiap hari cuma makan nasi aking juga ngerasain. kerja tu pakai mikir
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:10
kalo gw mah tetep santai sebagai rakyat kecil
suatu saat indonesia akan jadi negara maju
gw yakin suatu saat nanti
emoticon-Smilie
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:10
itu bisa bangun 20 stadion piala dunia?
yg boneng gan?
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:11
subsidi listrik maunya dihapuskan juga donk emoticon-Smilie
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:11
Quote:Original Posted By burga

Jangan sediain nozel premium buat mobil di pom bensin. Kasih sangsi buat yang nekat jual premium buat mobil. Banyak gan caranya. Pemerintah aja yg ga serius mikir

Jangan lupa Salam 2 Ribu



Setuju bgt nih.. harusnya dipikirin nih yang begini..
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:11
Quote:Original Posted By zigots007


sebenernya mau ane buat jadi thread, cuma bingung ngerangkai kata2nya gan.
emoticon-Ngakak
pengen ane tampolin tuh orang2 yg antrenya ga matiin mesin motornya.
emoticon-Mad (S)


Buruan dibikin deh gan emoticon-Malu (S) ane paling jengkel sama orang macam itu, mana asepnya langsung kehirup yang dibelakangnya emoticon-Mad (S)
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:12
Seharus nya di naikin aja skalian tanpa ada subsidi ... Biar bahan pokok naik cuman 1x .
Ntar juga kalo di naikin lagi bahan pokok malah makin menggila harga nya ..,
0 0
0
Soal Kenaikan BBM, Jangan Emosi Dulu Gan
18-11-2014 15:12
Kantong udah kering,, bakalan tambah kering lagi dahh...
0 0
0
Halaman 30 dari 205
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia