[ILMU] Cara sukses Marketing pakai Ilmu Psikologi . Info bagus gan!
TS
agutinu.center
[ILMU] Cara sukses Marketing pakai Ilmu Psikologi . Info bagus gan!
Sebelumnya ane mau ucapin selamat datang dan terimakasih buat agan yang udah mampir .
langsung aja nih gan ane mau bahas beberapa serba serbi marketing yang mungkin wajib agan agan tau dan moga moga bisa jadi pembelajaran untuk memasarkan produk-produk agan
Quote:
Halo gan sebelumnya kita perlu tahu sesuati gan , apa itu ?? Ya tentang marketing , karena ini merupakan kunci utama sebuah bisnis.
Sebenernya Marketing itu mirip dengan bela diri. Apa apasannnya?
Yuk kita bahas :
Di dalam ilmu beladiri, ada sebuah konsep dasar yaitu saat bertarung yang penting lawannya 'gledak' (KO) . Apapun tehniknya yang penting harus lebih cepat, lebih bertenaga dan tepat sasaran. Kalau sudah bertenaga , tepat sasaran dan menyerang lebih cepat tapi musuhnya nggak ngletak-nglethak (menyerah/KO) berarti tehniknya itu belum bagus , dan tentu ada hal yang perlu diberbaiki.
Apa kuncinya agar bisa membuat 'ngledak' (KO) ? Kuncinya kalo bela diri adalah speed dan power.
Nah , sama halnya Ilmu marketing juga banyak alirannya, Nah berikut ini adalah beberapa ilmu yang bisa to the point ke market agar bisa membuat marketing pas dan tepat sasaran.
Gimana sih marketing yang benar ?
Marketing yang bisa membuat 'ngledak' pasar adalah :
Sebuah penawaran yang menarik ( mudah , cepat dan nikmat) dan dipercaya, sampai-sampai orang yang tidak membelinya kesannya bodoh.
Misalkan contoh iklan promo ' Bakso + Teh Botol = Rp.8.000 ' ,
Nah pembeli berpikir wah murah banget, teh botol saja sekarang harganya udah Rp 3000. Berarti baksonya 5.000 doangg???? . OMG!! Untung nih kita beli disini!!!.
Coba kalo kita pikir lebih dalam Padahal teh botolnya kalau beli grosiran bisa Rp 1.700 dan tentu bukan sehaga 3.000 , dri situ kita sudah dapat selisih yang bisa digunakan utk subsidi modal pembuatan bakso nya , dan tentunya lapak kita akan jauh lebih laku dari lapak sejenis karena kita memberikan tawaran menarik paket 'Bakso + Teh Botol hanya Rp 8.000'.
Dalam bisnis ga perlu lah kita ambil untung banyak2 , karena yang penting rame gan dan yg pentingitu nilai kali !
Mendingan mana untung banyak tapi pelanggannya jarang dan akhirnya kita galau sambil rada-rada tegang nungguin pelanggan dateng sepi bgt sambil hampir mewek? hahaha
Contoh lainnya : 'Beli emas dua gram hadiah payung seharga 40.000'. Pembeli berpikir rugi kalau nggak beli emas disini, dapet payung 40.000 sama emasnya bisa dijual lagi. Padahal payung kalau grosiran harnya dibawah 10.000. Dan kalau emasnya dijual lagi juga kena potongan 10.000 per gramnya.
Marketing harus make ilmu psikologi. Mau tau gimana psikologinya ?
Berikut ini psikologi market yang unik namun real terjadi dimasyarakat:
Spoiler for Pertama:
Mahal = Bagus.
Biar terkesan mahal, naikkan harganya terus kasih discount. Pembeli merasa senang mendapet 'barang mahal' dan 'diskon' an.
Konsumen lebih senang membeli Kaos Rp 90.000 dengan disc 50 %, daripada membeli kaos seharga Rp. 45.000 tanpa diskon. Baik diterapkan untuk toko busana, toko perhiasan, souvenir , cindera mata. Apalagi tokonya di mall, di bandara. Jangan ragu kasih harga mahal + diskon.
Pembuatan diskonnya juga ada caranya :
Caranya dengan mengikutkan event- event tertentu .
contoh : " Dalam rangka........ " atau "Memperingati ..... kami berikan diskon ..."
Misal : " lebaran dah dekat , baju baru, diskon gede! " , atau " Dalam rangka ulangtahun toko ke 100 kami berikan diskon 100 % hahaha , pokoknya begitu lah gan bisa agan sesuaikan sendiri mau ngasih promo giman
Spoiler for kedua:
Timbal Balik.
GIVE dulu Baru Take (Berikan lebih dahulu maka anda akan diberi) .
Misalkan anda mempunyai bengkel mobil, Gartiskan ongkos Ganti Oli, maka konsumen akan membeli olinya ditoko anda. atau misal menawarkan Cek angin ban ,maka bila kurang tambahlah anginnya sebagai free service .
Anda harus memperhatikan hal sepele namun memberi kesan lebih bagi konsumen.
Spoiler for ketiga:
Ikut-ikutan, yang penting rame dulu.
Pernah anda ikut-ikut sekedar ingin tahu ketika ada orang berkerumun menonton sesuatu ?
Ikut-ikutan lihat barang di Mall yang dikerumunin orang ?
Ikut-ikutan memperlambat jalan ngelihat kerumunan orang lagi nonton mobil kecemplung selokan ?
Itulah sifat manusia, ingin tahu saja. Jadi kalau Anda mau launcing harus rame.
Agar rame saat pembukaan harus Aneh, ada Penawaran, Menarik dan Dipercaya.
Anda bisa menggunakan strategi Mie + Teh Botol Rp. 7000, Beli emas dapet Payung seharga 40.000. Cuci Ulang Mobil Gratis, kalau besok hujan. Cuci mobil gratis.
Biarkan antrian mobil yang mo gratis nyuci parkir diluar atau badan jalan yg akan jadi biang kemacetan maka Jadinya pengendara yang lain akan bertanya " Ada apa sih kok tumben macet? ...
"Ooo ada Gratisan Nyuci Mobil/Motor ya, ikutan ah".
Nah, kalau rame orang datang, maka orang-orang yang tadinya cuman sekedar lewat jadi penasaran lihat kerumuman ditempat yang baru.
nah segitu dulu gan , ntr klo kepanjangan tulisan nya agan2 jdi pada males baca nya hehe .
nanti bakal ane tambah ulasan yang lain nya di post selanjutnya gan .
kalo berkenan ane minta
tolong jangan dikasih :
Spoiler for "":
Sumber : Ringkasan dari buku Best seller Marketing Revolution - Tung Dasem W.
Diubah oleh agutinu.center 16-04-2015 01:46
0
17K
Kutip
185
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
22KThread•4.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru