juzzylinkAvatar border
TS
juzzylink
[Berita] Program Tol Laut Jokowi, 5 Kota Ini akan Ada Pelabuhan 'Raksasa'

Jakarta -Rencana pembangunan 'tol laut' atau sistem logistik kelautan yang digagas pemerintahan Jokowi-JK membutuhkan dukungan infrastruktur pelabuhan baru dan perluasan 20 lebih pelabuhan. Dari pelabuhan-pelabuhan tersebut akan disiapkan 5 pelabuhan 'raksasa' sebagai bagian dari jaringan 'tol laut'.

"Sebenarnya prinsip dari tol laut itu adalah memperkuat konektivitas di laut, karena itu, kita fokus pada lima pelabuhan besar yang ada di Medan, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Sorong," ujar Menko Bidang Maritim Indroyono Soesilo di Kantor BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (12/11/2014).

Menurutnya, dengan memperkuat lima pelabuhan tersebut, maka kapal-kapal besar akan mudah dimobilisasi. "Itu jelas akan memperlancar konektivitas dan memperkuat jaringan logistik antar negara dan antar pulau," jelasnya.

Selain memperbesar lima pelabuhan utama, pemerintah juga akan membangun 23 pelabuhan penghubung (feeder). Hal ini untuk mengefisienkan pergerakan barang dari pulau satu ke pulau lainnya menuju pelabuhan utama.

"Kita juga telah membangun 23 feeder untuk mengefisienkan pergerakan logistik tersebut. Namun saya lupa berapa yang baru, nanti saya akan cek ulang," jelasnya.

Indroyono menegaskan akan mempersiapkan segala infrastruktur untuk pembangunan tol laut seperti listrik dan alat pengangkut kontainer. Adapun hingga saat ini, proses tersebut dalam tahap negosiasi dengan investor.

"Para investor juga akan bertemu, kita juga akan mempercepat perizinan dan penyederhanaan. Ini semuanya tergantung dari Menteri Perhubungan, jadi kita terus melakukan koordinasi," tutupnya.
Sumber

Mudah2an cepat terealisasi ya pak de....emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh juzzylink 12-11-2014 08:58
0
9.6K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.