Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1322
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545df69e5074109b5f8b456c/stop-bilang-jangan-ke-anak
Mumpung Masih Di Atas, Mari Kita :rate5 :rate5 :rate5 :rate5 :rate5 :rate5 :rate5 Makasih Momod Mimin :shakehand2 :selamat Makasih Kaskuser Semua :shakehand2 :selamat :mewek :mewek STOP Kata JANGAN ke anak Pendahuluan Tentu saja sering mendengar agar orang tua menghidari berkata jangan pada anak. Atau banyak mendapat info di social media tentang alternatif kata jangan. Mungkin saja banyak ayah bun
Lapor Hansip
08-11-2014 17:55

STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!

Past Hot Thread

STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!

Mumpung Masih Di Atas, Mari Kita
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


Thanks HT

Thanks To Kaskuser


Yang tega bener


Quote:
STOP Kata JANGAN ke anak


Quote:
Pendahuluan

Quote:
Tentu saja sering mendengar agar orang tua menghidari berkata jangan pada anak. Atau banyak mendapat info di social media tentang alternatif kata jangan.

Mungkin saja banyak ayah bunda bertanya-tanya, kenapa kata jangan harus dihindari? Rudicahyo yang merupakan Dosen di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dalam blognya rudicahyo.com menuliskan alasan kenapa kata ‘JANGAN’ harus dihindari penggunaannya.



Quote:
Alasannya



1. kata jangan memotong kesenangan

Quote:
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!

Sebenarnya, yang lebih tepat adalah kata ‘jangan’ memotong aktivitas yang sedang berjalan. Hanya saja, memotong aktivitas itu tidak begitu berefek besar pada diri anak, kecuali berhentinya sebuah tindakan.

Berhentinya tindakan tidak berarti berhentinya perilaku. Jika aku mengatakan perilaku, berarti tindakan-tindakan atau aktivitas-aktivitas sebagai hasil dari belajar, sudah membentuk diri. Karena itu, kata ‘jangan’ mungkin menghentikan kegiatannya, tetapi tidak mengubah pola perilakunya.

Bahkan sangat mungkin kata ‘jangan’ membentuk perilaku baru yang tidak sesuai dengan harapan. Misalnya, “Jangan lari-lari!”. Mungkin anak menghentikan larinya, tetapi dia menandai, bahwa menghentikan berlari adalah ketidaknyamanan, sakit hati, sebel dan emosi negatif yang sejenis. Dengan demikian, agar emosinya menjadi positif, maka ia memelihara niat atau keinginannya untuk berlari.


2. kata ‘jangan’ menghambat perkembangan kreativitas

Quote:
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!

kata ‘jangan’ berefek demikian jika kita terburu-buru mengucapkannya dan terlalu banyak menggunakannya. Jika sedikit-sedikit anak dipotong perilakunya dengan mengatakan jangan, maka hasrat untuk berinisiatif melakukan tindakan, akan berkurang. Anak juga terlampau hati-hati dalam tindakannya. Jika berlebihan, maka daya kreasi anak akan berkurang.


3. kata ‘jangan’ mempersempit pilihan

Quote:
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!

Kata ‘jangan’ membuat anak menandai bahwa perbuatan tertentu tidak boleh dilakukan. Anak memasukkan tindakan tertentu ke dalam kotak larangan. Berarti menandai sebuah perilaku tidak akan ia lakukan. Dengan demikian, jika suatu ketika situasi tertentu justru mengharuskan ia melakukan sebaliknya, ia tetap tidak mau melakukan. Coba bayangkan jika seseorang berpegang pada “Jangan memberi pengemis, karena bisa membuatnya manja!”


4. kata ‘jangan’ tidak mengandung solusi

Quote:
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!

Terhentinya tindakan lebih dekat kepada efek dari sebuah kritik atau larangan, bukan solusi atau perubahan. Misalnya saja ada orangtua mengatakan, “Jangan main air, lebih baik main mobil-mobilan!”. “Jangan main air!” sangat berbeda, bahkan tidak berhubungan dengan “(Ayo) main mobil-mobilan!”. Tetap saja “Jangan main air” bukan solusi, meskipun “(Ayo) main mobil-mobilan” bisa dibilang demikian.


Singkatnya

Quote:
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!



Quote:
Penggantinya

Quote:
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!


STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!


Yang Minta Ke Pejwanin


Diubah oleh scandal77
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 60 dari 75
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 06:58
Sebenernya mah setuju aja tidak boleh banyak bilang jangan, cuma bukan berarti tabu. Lah, kata jangan itu memang ada kosakatanya, ada tujuannya. Yang penting proporsional aja penggunaannya. Ini mah lagi nge-trend aja. Ada banyak juga yang menang harus pakai jangan pada anak kecil. Kalo menyuruh, membentak, memarahi, membantah, memusuhi, berpikir negatif pada orang tua itu memang pakai jangan.
Kalo ane bukan tipe Barat yang dalam kosakatanya hampir sederajat antara anak dan orangtua, ane tipe Timur yang nemang bagaimanapun anak di bawah orangtua.
Meskipun tujuan dari tret ini ane sependapat...
emoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamat
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:01
tadi sempet setuju sama ini
tapi setelah baca komen di pejwan yg ttg kata jangan di kitab suci
jadinya malah tetap mendukung kata jangan emoticon-Embarrassment
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:05
wah berguna banget ini
keren
emoticon-thumbsup
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:08
Wah, nambah pengetahuan lagi nih..

Sepertinya di lingkungan kita memang hampir tidak bisa ditinggalkan kata "JANGAN" dan jarang juga yg menggunakan kata tersebut dengan intonasi yg baik.. Sungguh memperihatinkan, tidak jauh2 contohnya dalam keluarga bahkan kita pun sering menggunakan kata tersebut.

Sebenarnya penggunaan kata "JANGAN" itu, tergantung dari hati. Ketika kita melihat seseorang melakukan yang tidak kita inginkan, entah untuk tujuan baik atau semata-mata tidak senang. Ya.. balik lagi ke hati masing-masing. CMIIW emoticon-Big Grin
Diubah oleh Rumblebot
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:16
Quote:Original Posted By mgazzaf
Belom punya anak ane gan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

sama gan,.. nikah aja belum emoticon-Ngakak
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:18
Shrusnya ortu mendidik dgn bijak yaa, tp cranya hrus beda, itu aja sih
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:23
emmm kalo ane masih pake jangan tuh....
Quran juga mengajarkan kata2 Jangan buat anak anak
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:24
Quote:Original Posted By berkati26
Shrusnya ortu mendidik dgn bijak yaa, tp cranya hrus beda, itu aja sih


pake cara kasar iya. .
emoticon-Ngakak
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:29
Quote:Original Posted By distro.rohim


pake cara kasar iya. .
emoticon-Ngakak


Lah jgn lah, beda gan. Boleh sih kita blg jgn tp pda umum sja, tdk utk yg bnar2 baik mnurut kite gan
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:29
buat pembelajaran nihh ...
manstrab gan ..
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:30
ane setuju gan klo kata jangan tu membatasi kreatifitas anak, bisa jadi apa yg dia lakukan saat itu bisa berefek positif bagi kedepannya,,tp krna kita larang, malah g jadi deh,, emoticon-Cape d... (S)

Lebih baik sbgai org tua kita mengawasi..selama g membahayakan si buah hati dan g ada efek negatif, biarin aja emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

nice share gan emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:30

Menggunakan kata "jangan" kenapa tidak

Kalo "Jangan menyekutukan ALLAH" bagaimana solusinya? (lihat QS-Luqman)
Klo menurut ane sih, kata "jangan" justru penting dalam mendidik anak. tujuannya agar anak mengerti koridor-koridor apa yang mesti ia lakukan dan apa-apa yang tidak boleh ia lakukan. Dan pelarangan menggunakan kata "jangan" adalah propaganda semata untuk mendidik anak agar "liberal" tanpa koridor aturan agama.
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:31
Quote:Original Posted By berkati26


Lah jgn lah, beda gan. Boleh sih kita blg jgn tp pda umum sja, tdk utk yg bnar2 baik mnurut kite gan


contohnya seprti apa?
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:33
Keren gan mantap baru tau pengalaman baru emoticon-2 Jempol, nitip link forum ya gan ane abis kena tipu
emoticon-Mewek

HEBOH PENIPUAN ONLINE KASKUS !!!!!! Hati-hati gan !!!
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:33
nice infoo gannnn...
smoga bisa bermanfaat bagi para kaskuser smuanya dalam mendidik anaknya...
emoticon-2 Jempol emoticon-Kiss
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:34
Quote:Original Posted By distro.rohim


contohnya seprti apa?


jgn kentut seberangan nak, pdhl itu baik gan, ntar klo ga kentut mahh jd penyakit emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:34
mau ngomong soal surah Lukman udh ada yg ngmgn...hehehe...

yg penting didik ank secara islam gan, secara islam ga hrs masuk pesantren koq
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:37
Wah, dapet info lagi nih.. Thx gan emoticon-Big Grin
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:38
Quote:Original Posted By kokakaa
trit yg bgs, cuman terkadang kita sebagai orang dewasa yg kebiasaan mengucapkan kata jangan, dan susah di ubah.
ada baiknya klo terlanjur terucap kata jangan, kita sertai alasan kepada anak, kenapa jangan melakukan hal2 yg dia lakukan. anak2 skrg sangatlah kritis.


yup
berikan pengertian pada anak sampai paham emoticon-Angkat Beer
0 0
0
STOP!! Bilang 'JANGAN' ke anak !!
11-11-2014 07:38
Quote:Original Posted By berkati26


jgn kentut seberangan nak, pdhl itu baik gan, ntar klo ga kentut mahh jd penyakit emoticon-Ngakak (S)


itu sh wajar
0 0
0
Halaman 60 dari 75
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia