News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
66
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545db2c1a4cb177a4f8b456a/menteri-lukman-hakim-kolom-agama-harus-diisi
VIVAnews - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mewajibkan seluruh warga negara untuk mengisi kolom agama dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP). Lukman tidak sepakat dengan ide bahwa kolom agama bisa dikosongkan. "Intinya kalau dari Kementerian Agama, saya sebagai menteri berpandangan bahwa kolom agama itu tetap harus dipertahankan pada KTP," kata Lukman di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 7 No
Lapor Hansip
08-11-2014 13:05

Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi

VIVAnews - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mewajibkan seluruh warga negara untuk mengisi kolom agama dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP). Lukman tidak sepakat dengan ide bahwa kolom agama bisa dikosongkan.

"Intinya kalau dari Kementerian Agama, saya sebagai menteri berpandangan bahwa kolom agama itu tetap harus dipertahankan pada KTP," kata Lukman di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 7 November 2014.

Menurut politikus PPP itu, identitas agama yang dianut setiap warga Indonesia penting karena bagaimanapun juga agama adalah sesuatu tidak bisa dipisahkan dalam realitas kehidupan masyarakat, termasuk kehidupan pemerintahan.

"Identitas tidak hanya terkait nama, alamat tapi agama yang dianut," ujar dia.

Namun demikian, ujar dia, persoalan mengenai pengisian kolom agama, yang warganya beragama di luar enam agama yang ada dalam Undang-undang (UU), diserahkan pada masing-masing warga negara.

"Berpulang kepada mereka, bagaimana mengisi itu. Dari Kemenag kolom agama tidak boleh dihilangkan, itu tetap penting mengisinya bagaimana berpulang kepada warga negara," katanya.

Lukman mengungkapkan, pemerintah tengah mempersiapkan RUU umat beragama agar agama yag berada di luar UU saat ini bisa diakui. Saat ini, lanjut dia, Kementerian Agama sedang menyerap aspirasi dari masyarakat, ormas, tokoh agama, dan LSM, yang nantinya RUU itu akan dibahas bersama DPR.

"Kami pemerintah tinggal melaksanakan apa yang menjadi perintah UU," ujar dia.

Untuk diketahui, pandangan Lukman ini berbeda dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Tjahjo memperbolehkan warga negara tidak mengisi kolom agama bila ternyata kepercayaannya tidak berada dalam salah satu enam agama yang diakui itu.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
08-11-2014 14:43
Quote:Original Posted By .anonim.


oh jadi klo seperti itu kasusnya,, pembantaiannya itu bukan termasuk terorisme yah? emoticon-Berduka (S)

Itu konflik horisontal antar etnis. Antara penduduk asli Myanmar vs Pendatang illegal Rohingya.

Lu kira Myanmar anti Islam? Di Myanmar juga ada etnis muslim di Rakhine yg diakui negara. Bukan pendatang gelap spt orang Rohingya.
emoticon-Big Grin
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
08-11-2014 14:51
ya elah mendagri bukan mau ilangin kolom agama...

makanya diperkuat sama mentri agama

tapi logika pansbung fialed bingit..

boleh dikosongkan = pengahpusan kolom

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
08-11-2014 15:44
Quote:Original Posted By al.kafirun

Karena radikalisme tumbuh subur di Indonesia, jadi kolom agama sangat penting.

Kenya sudah mengalami. Saat Mall di pusat kota Nairobi disusupi mujahidin Al Shaabab. Semua pengunjung mall disweeping & ditembak mati bagi mereka yg KTP-nya beragama non ... Suriah juga sudah mengalami, sopir2 truk dicegat oleh kelompok Al Qaeda & disweeping KTP-nya, lalu yg agamanya beda, ditembak mati.

Terbukti, kolom agama sangat penting, tapi utk agama tertentu saja.
emoticon-Big Grin


Ente kok jauh2 banget ke kenya, ane nanya disini.. Udah terjadi blm disini? Sebenernya kalo diskriminasi dimana2 pasti ada tnp melihat agama tertentu, itu kan yg di takutin dr adanya kolom agama.. Diskriminasi di dunia kerja juga ada kok
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
08-11-2014 16:02
Quote:"Kami pemerintah tinggal melaksanakan apa yang menjadi perintah UU," ujar dia.

ini ngomong masalah UU, tp selama ini gak ada tuh kebebasan seperti yang di ungkapkan di pasal 29... diluar dari 6 agama resmi gak diakui, trus harus mencantumkan agama di KTP? WTF
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
08-11-2014 16:47
Quote:Original Posted By rizqiabah
Ente kok jauh2 banget ke kenya, ane nanya disini.. Udah terjadi blm disini? Sebenernya kalo diskriminasi dimana2 pasti ada tnp melihat agama tertentu, itu kan yg di takutin dr adanya kolom agama.. Diskriminasi di dunia kerja juga ada kok
emang mungkin di indo belum sampe separah di negara lain.. tapi apa mau tunggu sampe begitu baru diapus? agan juga ga bisa pungkiri kan ada diskriminasi yg terjadi juga di indonesia krn agama, baik di lingkungan sekolah atau kerja.. kalau salah satu faktor penyebab diskriminasi bisa diapus tu bukannya hal yg bagus?

trus kalo dibalik, emang apa untungnya sih ada kolom agama? ada kegunaan apa? lebih besar keuntungan atau kerugian dari adanya kolom agama?
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
08-11-2014 16:58
pak mentri yg ini bisa dipercaya, kalau chyo dan lolalaoly mah kebanyakan air kobokan itu emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
08-11-2014 17:15
Quote:Original Posted By rizqiabah


Ente kok jauh2 banget ke kenya, ane nanya disini.. Udah terjadi blm disini? Sebenernya kalo diskriminasi dimana2 pasti ada tnp melihat agama tertentu, itu kan yg di takutin dr adanya kolom agama.. Diskriminasi di dunia kerja juga ada kok


Pernah dulu waktu kerusuhan tahun 98
Jalan2 di blokir yang mau lewat di razia KTPnya buat lihat agama.
Sebenarnya agama di KTP buat apa sih? pamer?
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
08-11-2014 17:28
Quote:Original Posted By SunLink


Pernah dulu waktu kerusuhan tahun 98
Jalan2 di blokir yang mau lewat di razia KTPnya buat lihat agama.
Sebenarnya agama di KTP buat apa sih? pamer?

ga ada yang bilang mau pamer, berlebihan ente..emoticon-Ngakak

0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
08-11-2014 17:35
diisi lain2 emoticon-Stick Out Tongue
Diubah oleh kaoss.ae
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
08-11-2014 17:35
ane ikut pesan mentri agama om emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
09-11-2014 08:30
Pilpres sudah selesai lama, panasbung masih saja belum bisa move on.
Mana goblognya juga nggak sembuh-sembuh juga emoticon-Cape d... (S)

Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi

Penghapusan kolom agama? Membolehkan pengosongan, bukan penghapusan.
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
09-11-2014 10:42
yang ngomong dari ppp, udah keliatan kayak gimana kualitas ppp

11-12 sama pks emoticon-Ngakak
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
09-11-2014 10:51
Tulisan Dari Ardyan M Erlangga tentang Kolom Agama di KTP.

Saya enggak paham sama orang melulu ribut "banyak ganjalan kalau kolom agama di KTP dihapus". Kau bisa sulit dikubur lah, ada potensi merusak akidah lah, tak sesuai Pancasila lah, menyimpang dari adat ketimuran, blablabla...

Gini lho, wahai kaum malas baca terus suka menyimpulkan sendiri.

Pertama, itu aturan lama, dari awal Reformasi yo wis ono. Mendagri anyar cuma mempertegasnya. Dari mana tiba-tiba kalian bisa menyimpulkan kolom agama dihapus? Gimana kok bisa lompat masyarakat perlahan diminta mengosongkan kolom agama? Apakah kita berada di planet yang sama? Membaca berita dan UU yang sama?

Kedua, cuk, aturan ini bukan buat kalian, para pemeluk agama nan saleh dari enam ajaran yang diakui resmi pemerintah. TAK ADA YANG MEMAKSA KALIAN MENGOSONGKAN KOLOM AGAMA DI KTP. Kenapa harus mikir sampai sejauh itu. Yang sudah beragama, ya sudah toh, aman. Apa yang bikin kalian harus terdampak dari pilihan tersebut????

Ini tuh soal mereka yang jadi penganut Kaharingan, Sunda Wiwitan, Sapto Dharmo, dan lain sebagainya. Dari segi iman, mereka tidak masuk enam agama yang diakui pemerintah. Sementara kalau keterangan KTP mau ditambah, belum ada dasar hukumnya. Solusi paling pas, kosongkan dulu sampai ada kepastian dari DPR.

[size4]Intinya, JELAS MEREKA MEYAKINI AGAMA YANG BERBEDA. Sesulit apa sih memahami itu? [/size]Eling lakum dinukum waliyadin.

Masalahnya tuh kalian orang yang ribut soal kolom agama, mana pernah merasakan diskriminasi. Mereka itu lho, manusia beriman, bayar pajak juga kayak kalian, tapi malah tidak boleh urus ini itu hanya karena agamanya ndak masuk sistem administrasi negara.

Tidak ada upaya mengkafirkan umat. Tidak ada upaya menistakan agama resmi. Bahkan, sebagian ajaran ini sudah dikenal penghuni nusantara jauh sebelum agama samawi datang.

Apane dari mereka yang harus ditakuti umat mayoritas? Atau memang kubu ribut soal kolom agama ini baru puas kalau para penganut agama lokal syahadat, dibaptis, atau ke pura?

Walau saya pesimis kelompok yang ributnya ndak elok soal kolom KTP itu baca sampai sini, tetep saya ulang: Kebijakan ini BUKAN BUAT KALIAN COY. PEMELUK ENAM AGAMA RESMI TIDAK DIUTAK-ATIK, HAK KALIAN DILINDUNGI NEGARA SEPERTI BIASA. SILAKAN BERIBADAH DENGAN NYAMAN.

Sekali lagi, kebijakan itu buat ribuan WNI yang justru terasing di tanah airnya sendiri. Mereka yang kesulitan ngurus KK, ngurus akta kelahiran, nyari kerjaan, cuma karena agamanya sementara ini enggak masuk daftar pemerintah.

Opone yang ateis dan komunis dari kebijakan pilihan mengosongkan kolom agama? Lha wong kabeh le diomongke podo-podo percoyo Tuhan. Podo-podo nduwe agama. Mereka sama-sama menjalankan sila pertama Pancasila NKRI yang sakti mandraguna itu.

Hentikanlah perdebatan tidak perlu ini. Seburuk-buruknya mahluk hidup, menurutku, adalah yang meributkan hal tanpa mereka tahu duduk persoalannya. Ngeyel pula.

N.B: Kesimpulannya semakin banyak populasi penduduk Indonesia melek aksara, cuma baca judul berita. Ini berbanding lurus dengan membiaknya kebodohan dan rasa inferior golongan mayoritas.
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
10-11-2014 13:04
Quote:Original Posted By rizqiabah

ga ada yang bilang mau pamer, berlebihan ente..emoticon-Ngakak



trus buat apa?
memangnya kl ga di tulis di KTP rugi gitu?
Terbukti dulu udah ada kejadian2 orang sweeping KTP dan lihat agama disitu buat ngerusuh.
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
10-11-2014 13:14
pecat menteri agama
ga penting ,ppp uda ancuremoticon-Embarrassment
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
10-11-2014 13:21
Quote:Original Posted By kakek.rusuh




beritanya menyesatkan. intinya 2 pernyataan ledua menteri ini sama kok.
boleh dikosongkan/terserah maunya gmn klo agama/kepercayaannya di luar dr agama resmi

warga bp kaskus mestinya udah pinter2 dalam menelaah berita emoticon-Embarrassment


Jangan ganggu............. panas bung lagi mau croooooottttt nih emoticon-Sorry
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
10-11-2014 18:55
Kalo kolom agama diapus mentri agama jg diapus juga dund
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
10-11-2014 19:12
Quote:Original Posted By theone119


beda om, menag minta kolom agama jangan dihilangkan dan diisi sesuai keyakinan masing2
"Berpulang kepada mereka, bagaimana mengisi itu. Dari Kemenag kolom agama tidak boleh dihilangkan, itu tetap penting mengisinya bagaimana berpulang kepada warga negara," katanya.

mendagri kolom agama dikosongkan
Tjahjo memperbolehkan warga negara tidak mengisi kolom agama bila ternyata kepercayaannya tidak berada dalam salah satu enam agama yang diakui itu.

Ente lebih pintar dan cermat baca 2 statemen mentri tsb gan..yg ngomong sama itu melintir berita atau bego..hehehe
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
10-11-2014 19:17
judul sama isi gak nyambung emoticon-Busa:
0 0
0
Menteri Lukman Hakim: Kolom Agama Harus Diisi
10-11-2014 19:17

Menurut ane sih kalau yang mau kolom agamanya dikosongkan lebih baik mendirikan negara Indonesia baru saja lah
Jelas-jelas agama itu penting menurut founding fathers Indonesia
Makanya di sila pertama adalah ketuhanan yang maha esa
Takutnya sih nanti kalau sekali saja kolom agama sudah berhasil dikosongkan, pasti nanti orang2 akan digiring untuk berfikir buat apa sih ada kolom agama tetapi dikosongkan, kenapa tidak sekalian kolom agama dihapus saja, akhirnya kolom agama dihapus.
Akhirnya Indonesia menjadi negara sekular, yang bertentangan dengan pancasila



0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia