JAN3THAAvatar border
TS
JAN3THA
(FAVILLA) Rumah Amin Rais Ditembaki Sehari Setelah Bongkar MoU Jokowi - China
Sebelumnya.. (FAVILLA) Rumah Amin Rais Ditembaki Sehari Setelah Bongkar MoU Jokowi - China
[MORS] Sajadah Amien Rais Bolong Ditembaki dr Jarak 10 m, Motif Kental Unsur Politis
[JUDEX] Komnas HAM Turun Tangan Investigasi Terror Terencana terhadap Amin Rais
[IRAE] Aksi Ruwatan & Penembakan, Komnas HAM: Terror Amin Rais Terencana & Sistematis

Harier Amien Rais Ditembak: Ini Teror !

Ketua Majelis Tinggi Partai Amanat Nasional Amien Rais menyebut penembakan yang terjadi di rumahnya di Pandeansari, Condongcatur, Depok, Sleman, sebagai teror. Garis polisi sudah melintang di lokasi kejadian.

"Serius karena ada perbuatan mengarah semacam teror. Kecil-kecilan tapi itu teror," kata Amien Rais di depan rumahnya, Kamis, 6 November 2014.

Amien meminta Kepolisian menuntaskan kasus ini. Penyelesaian kasus, ujarnya, diperlukan agar kejadian ini tidak menjadi preseden buruk. Menurut dia, teror serupa bisa dialami orang lain.

Sebelumnya, mobil Toyota Harrier milik Amien ditembak orang tak dikenal pada Kamis dinihari. Mobil yang diparkir di rumah , mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu ditembak di bagian belakang sisi kanan. Tembakan sampai menembus jok bagian belakang. "Mobil Harrier yang ditembak," kata Hefi Ismail, 35 tahun, satpam yang menjaga rumah Amien Rais kepada Tempo. (Baca: Mobil Amien Rais Ditembak, Tembus Sampai Jok)

Satpam Amien itu bercerita peristiwa penembakan itu terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Ia hanya mendengar satu kali tembakan. Mobil hitam berpelat AB 264 AR itu memang selalu terpakir di depan rumah Pandeansari Blok 2 Nomor 3 itu.

SAECLUM in FAVILLA

Sehari Sebelumnya..



Putra Amien Rais Curigai Jokowi Mulai Condong ke Tiongkok
Persoalkan MoU BUMN dengan CIF


Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Hanafi Rais memertanyakan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang kerjasama antara Indonesia dengan China International Fund (CIF) yang disinyalir dilakukan diam-diam dalam pertemuan Senin (3/11) di Jakarta. MoU itu melibatkan Kementerian BUMN, PLN, PT KAI dan CIF.

Hanafi mengatakan, dari informasi yang diterimanya, pertemuan dan penandatanganan MoU itu dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Dirut PT PLN Nur Pamudji dan disaksikan oleh Menko Perekonomian Sofyan Djalil.

Hanafi yang juga putra sulung mantan Ketua MPRRI Amien Rais itu curiga MoU itu merupakan bagian dari rancangan besar pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dengan pemerintah Tiongkok untuk memperkuat kerjasama di bidang ekonomi. Hanya saja, yang harus disadari adalah implikasinya pada pekerjaan di bidang politik.

Hanafi melihat kebijakan pemerintahan Jokowi yang mulai menggandeng Tiongkok akan menabrak politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif. “Apakah ini bagian dari politik luar negeri atau sekenanya, ini harus jelas. Jadi jangan sampai ekonomi ini tidak ada kerangka besarnya. Jokowi harus jelas politik luar negerinya seperti apa, foreign policy-nya seperti apa, itu yang kita minta,” ujar Hanafi di Jakarta, Rabu (5/11).

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu lantas mengaitkannya ke dengan rencana pemerintahan Jokowi membeli minyak dari Angola. Menurut Hanafi, selama ini minyak yang dijual ke Tiongkok berasal dari negara-negara Afrika yang pernah dikuasai komunis, termasuk Angola.

“Yang kita tahu, CIF sendiri di perminyakan dunia termasuk sindikasi yang tidak transparan, tidak sepenuhnya profesional. Tapi saya tidak katakan ini mafia, karena istilah ini sindikasi,” ucapnya.

Hanafi menambahkan, jika Presiden Jokowi meneruskan kebijakan itu maka dunia internasional akan memaknainya berbeda. Terlebih, Indonesia dekat dengan persoalan konflik di Laut China Selatan. “Sementara kebijakan (pemerintah) dengan CIF, bank China, kurang bisa diukur. Ini menunjukan ada aktor yang bermain di dalamnya,” lanjutnya.

Apakah Indonesia akan dirugikan oleh kerjasama BUMN dengan CIF? Hanafi menyebut pihak Tiongkok jelas memburu keuntungan demi kepentingan mereka. “Mereka membarter kerjasama itu dengan kepentingan mereka, misalnya infrakstruktur,” ucapnya.

Karenanya Hanafi menyarankan pemerintah untuk membuka MoU dengan CIF itu. “Kalau bikin MoU harus transparan, jangan diam-diam,” ucapnya

SAECLUM in FAVILLA

Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais menuding Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah menandatangani MoU dengan China Investment Fund (CIF) secara diam-diam pada 3 November lalu. Menurut putra Amien Rais tersebut, hal itu ditentang oleh Komisi I DPR yang membidangi urusan luar negeri karena CIF dinilai tidak menguntungkan bagi Indonesia.

Usut punya usut, tudingan Hanafi itu ternyata soal MoU PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Jasa Marga (Persero) tentang pembentukan tim kerja (working group) kerja sama dengan konsorsium CIF untuk pengembangan jasa perkeretaapian dan jalan tol di Tanah Air.

Penandatangan MoU kerangka kerja sama dilaksanakan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin 3 November lalu yang disaksikan Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Dubes China untuk Indonesia Xie Feng.

Menko Perekonomian Sofyan Djalil dalam sambutannya mengatakan kerja sama yang ditandatangani meliputi China Railway dengan KAI dan konsorsium CIF dengan Jasa Marga.

"Detil kerangka kerja sama dua sektor tersebut diharapkan bisa diimplementasikan dan didiskusikan lebih lanjut dalam beberapa bulan ke depan," tutur Sofyan seperti dikutip Antara.

Sofyan mengharapkan kesepakatan kerja sama ini menjadi langkah awal yang baik untuk masa kedua negara dalam pengembangan sektor publik.

Sementara itu, Dubes China untuk Indonesia Xie Feng menuturkan nota kesepahaman ini diharapkan secepatnya menjadi pendorong utama kerja sama aktual keuntungan nyata bagi masyarakat.

Meski begitu detil rencana pembangunan proyek-proyek yang akan dikerjasamakan belum dapat diungkapkan, termasuk nilai investasinya.

Tiga menteri Sofyan Djalil, Rini Soemarno dan Ignasius Jonan, ketika ditanya lebih lanjut soal pertemuan tersebut memilih bungkam.

SAECLUM in FAVILLA

Sebelumnya..(FAVILLA) Rumah Amin Rais Ditembaki Sehari Setelah Bongkar MoU Jokowi - China
[MORS] Sajadah Amien Rais Bolong Ditembaki dr Jarak 10 m, Motif Kental Unsur Politis
[JUDEX] Komnas HAM Turun Tangan Investigasi Terror Terencana terhadap Amin Rais
[IRAE] Aksi Ruwatan & Penembakan, Komnas HAM: Terror Amin Rais Terencana & Sistematis

Lawan politik yg lain siap2 aja emoticon-Kiss

Quote:
Diubah oleh JAN3THA 09-11-2014 16:56
0
16.5K
221
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.