lukay75
TS
lukay75
E-KTP Dihentikan, Ini Penjelasan Mendagri


Rimanews - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menghentikan sementara pencetakan dan pendistribusian e-KTP, hingga akhir November 2014. Penghentian dilakukan karena banyaknya keluhan masyarakat.

"Menyangkut e-KTP, kami tanya kendalanya di mana, toh anggarannya berlimpah. Perangkat lunak dan perangkat kerasnya ada. Permasalahannya, ini yang dari pusat diserahkan ke daerah, 1 bulan ini kami stop dulu,"ujar Tjahjo di Kantor Wakil Presiden, Jumat (7/11).

Dikatakan Tjahjo, pihaknya akan mengecek dulu database, perangkat, hingga sumber daya manusia yang menangani. Setelah semua dilakukan, dia menjadwalkan program e-KTP akan berlanjut pada 1 Desember 2014.

Penghentian ini, menurut dia juga akan dijadikan bahan evaluasi Mendagri guna memperbaiki kualitas e-KTP. "Kita akan perbaiki kualitasnya, ini sebagai data tunggal, bisa dipakai oleh kementerian lain. Bisa dipakai kepolisian, oleh asuransi," jelas dia.

Tjahjo meminta masyarakat lebih proaktif. Termasuk pers diminta mengkritisi jika ada perangkat-perangkat di bawah yang lambat dan lalai. Dia menegaskan, dalam pelaksanaan e-KTP, pemerintah tidak menetapkan adanya pungutan tambahan.

Dia yakin, penghentian ini nantinya akan efektif untuk membuat seluruh warga negara Indonesia mendapatkan E-KTP. "Saya kira, penekanan kepada persiapan sumber daya manusia, perangkat lunak dan perangkat lengkap segera diselesaikan," ujar dia.

Pemerintah, menurut dia ingin memberikan jaminan bahwa seluruh warga negara mempunyai e-KTP. Dia mempersilakan Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) untuk mengawal Program e-KTP, jika nantinya terdapat penyelewengan anggaran dalam proyek e-KTP.

"Silakan untuk KPK masuk. Sampai dimana KPK kami mempersilakan. Yang penting, program ini clean and clear," tutup Tjahjo.[]


0
2.4K
33
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.