News
Batal
KATEGORI
link has been copied
53
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545b897ad44f9fdb028b4570/mau-cari-pacar-bule---cas-cis-cus-bersama-komunitas-polyglot
Jakarta, CNN Indonesia -- Menguasai suatu bahasa asing saja tidak cukup. Bahasa asing juga perlu dilatih dan dipraktekkan. Inilah yang membuat para pendiri Polyglot Indonesia merasa perlu mendirikan komunitas di mana sesama pengecap bahasa asing berguyub untuk mempraktekkan bahasa yang sudah dikuasainya. Didirikan pada 2012 oleh tiga orang pendirinya Arra’di Nur Rizal (domisili Swedia), Monis Pa
Lapor Hansip
06-11-2014 21:45

[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot

Quote:

[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot


Jakarta, CNN Indonesia -- Menguasai suatu bahasa asing saja tidak cukup. Bahasa asing juga perlu dilatih dan dipraktekkan. Inilah yang membuat para pendiri Polyglot Indonesia merasa perlu mendirikan komunitas di mana sesama pengecap bahasa asing berguyub untuk mempraktekkan bahasa yang sudah dikuasainya.

Didirikan pada 2012 oleh tiga orang pendirinya Arra’di Nur Rizal (domisili Swedia), Monis Pandhu Hapsari (domisili Italia), dan Krisna Laurensius (yang saat itu berada di Korea Selatan), komunitas ini hadir sebagai wadah bagi para penggemar bahasa untuk berkumpul dan berlatih bersama.

Setahun berikutnya, mereka menggelar kegiatan pertama Language Exchange Meetup di Jakarta. Sampai saat ini, komunitas ini telah melangsungkan pertemuan mereka di enam kota: Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Banda Aceh, dan Semarang.

Di pertemuan yang berlangsung selama dua sampai tiga jam, para anggota Polyglot Indonesia dikelompokkan sesuai bahasa yang dikuasainya. Tiap kelompok mendiskusikan topik-topik tertentu yang dipandu oleh seorang koordinator bahasa.

“Sampai saat ini, ada kelompok bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Itali, Spanyol, Arab, dan Jepang. Tetapi tergantung permintaan para pesertanya sendiri, misalnya ada yang minta bahasa Korea maka digabungkan,” kata direktur eksekutif Polyglot Indonesia Mira Fitria Viennita Zakaria.

Koordinator bahasa bukan sembarang orang. Setidaknya dia menguasai tiga sampai empat bahasa tambahan di luar bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. “Bahkan ada satu orang yang menguasai sebelas bahasa,” tambah Mira yang menguasai bahasa Inggris, Jerman, Perancis, dan mengerti bahasa Spanyol.

Sekalipun sudah mahir, menurut Mira, “pada dasarnya kemampuan menguasai bahasa asing perlu diolah terus, harus dilatih.” Kebetulan pekerjaan Mira menuntutnya untuk menggunakan bahasa Jerman, sehingga tetap bisa lancar.

Komunitas yang sudah menjadi organisasi nonprofit ini juga sering mengadakan pertemuan yang bersifat menyenangkan tapi produktif. “Kami sering berkumpul, misalnya di kafe, atau mengikuti acara menonton film di pusat kebudayaan. Selain berdiskusi kadang kami juga melakukan presentasi-presentasi,” Mira menjelaskan.

Terdapat tiga jenis kelompok yang dituju untuk bergabung dalam komunitas ini. Pertama, teman-teman yang pernah belajar bahasa di luar negeri agar bisa mempraktikkan bahasa yang pernah mereka kuasai.

Lalu, ada lagi orang asing yang ingin mempraktikkan bahasa Indonesia mereka. Dan orang-orang yang ingin atau sedang mempelajari bahasa asing dan mencari teman untuk lawan berbicara untuk berlatih.

Bagaimana pun sebagai manusia tentunya tidak ada yang sempurna, terkadang Mira sendiri bisa tertukar saat mempraktekan kemampuan bahasa asingnya. “Kadang, misalnya, saya sedang berbicara bahasa Jerman dan saya harus mencari bahasa Indonesianya, tapi untuk mencari makna dalam bahasa Indonesianya saya kadang harus mencari dari bahasa lainnya,” ia mengungkapkan.

Komunitas ini juga berkomunikasi dengan komunitas polyglot lain di berbagai negara. Sebagai sesama polyglot, mereka sama-sama merasakan pentingnya komunitas seperti ini untuk melatih bahasa yang sudah dikuasai.

Salah satu anggota Polyglot Indonesia pernah mengunggah video-nya sambil menyanyikan bahasa Bosnia dan membuat negara di sana heboh.

“Pernah sampai dijadikan berita karena ada yang menonton video itu,” cerita Mira yang menilai pentingnya bahasa untuk urusan diplomasi.

“Kami juga pernah sama-sama membuat jamu dan juga membuat video tentang bagaimana cara membuat kunyit asam,” cerita Mira

komunitas ini juga memperluas jaringan para anggotanya yang memiliki latar belakang beragam yaitu dari siswa SMA, mahasiswa, sampai pada orang yang sudah bekerja.(vga)


[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot




[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot

Mira Fitria Zakaria , Ketua Polyglot Jakarta emoticon-Kiss (S)

[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot


Tia Saputri , Polyglot Jakarta emoticon-Kiss (S)


[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot







Quote:Original Posted By azure.skies
wah, ayune mbak Mira emoticon-Kiss (S)


-----------------------------

mayan gan nambah2 relasi emoticon-Kiss (S)
Diubah oleh kaaboter
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 21:46
doyan lokal aja ane omemoticon-Matabelo
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 21:50
Polygot jangan diasumsikan dengan bahasa antar negara saja, tapi juga bahasa daerah

Banyak orang Indonesia yg punya kemampuan polygot, misal bisa bahasa Jawa, Sunda, Padang, Bugis dst

0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 21:51
mau donk bule ganteng
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 21:53
Quote:Original Posted By geabeautycare
mau donk bule ganteng


Negro aja neng emoticon-Embarrassment
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 21:54
Quote:Original Posted By bekun
doyan lokal aja ane omemoticon-Matabelo


tgantung selera gan emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By rain_land
Polygot jangan diasumsikan dengan bahasa antar negara saja, tapi juga bahasa daerah

Banyak orang Indonesia yg punya kemampuan polygot, misal bisa bahasa Jawa, Sunda, Padang, Bugis dst


bener jg ente gan emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By geabeautycare
mau donk bule ganteng


cemungudh kk emoticon-Malu (S)
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 21:55
Quote:Original Posted By yomamanigga


Negro aja neng emoticon-Embarrassment


negro bsr bgt itu nya gan jd serem liatnyaaa...hihi
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 21:55
gue bisa bahasa indo,jawa,inggris,bahasa tubuh,sama bahasa kalbuemoticon-Hammer
gue polyglot jg dong emoticon-Cool
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 21:58
Quote:Original Posted By Sleepyboyz
gue bisa bahasa indo,jawa,inggris,bahasa tubuh,sama bahasa kalbuemoticon-Hammer
gue polyglot jg dong emoticon-Cool


Ente Poliphonic gan emoticon-Hammer (S)
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 22:00
bisa poligami juga ? emoticon-Malu
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 22:01
bnyk bule nidurin cwek indo gratisan
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 22:02
Enak emang menguasai bbrp bahasa, apalagi bahasa universal dan bahasa tubuh
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 22:02
Bahasanya roaming gan
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 22:03
Gimana sih jd member nya
kebetulan bisa beberapa bahasa nih
inggris, russia, indonesia, perancis, sama jerman emoticon-Cool
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 22:07
Quote:Original Posted By adnan.januzaj.
Gimana sih jd member nya
kebetulan bisa beberapa bahasa nih
inggris, russia, indonesia, perancis, sama jerman emoticon-Cool


tinggal ketik di search engine : polyglot indonesia
ada fb , situs , twit , dll emoticon-Malu (S)
daftar deh ke adminnya ,

klo sempet pas ada gath bs dateng emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh kaaboter
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 22:13
Kaga ada guna, mo sebelas bahasa kek, 100 bahasa kek. Kalo ngak bisa bahasa arab kaga bisa masuk surga. emoticon-Ngakak
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 22:17
main clashofclans ajah.
setaun lantjar jerman gw emoticon-Big Grin
plus bonus kimchil bule. canada gampang noh emoticon-Big Grin
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 22:17
Quote:Original Posted By kaaboter


Ente Poliphonic gan emoticon-Hammer (S)


jiah gue setara hp nokia jadul dongemoticon-Hammer (S)
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 22:17
wah, ayune mbak Mira emoticon-Kiss (S)
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 22:18
Kalau masuk situ, entar bisa direkrut jadi anggota BIN ga bro? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
[ MAU CARI PACAR BULE ? ] Cas Cis Cus bersama Komunitas Polyglot
06-11-2014 22:19
Quote:Original Posted By bontol
Kaga ada guna, mo sebelas bahasa kek, 100 bahasa kek. Kalo ngak bisa bahasa arab kaga bisa masuk surga. emoticon-Ngakak


bener. semua bahasa nanti akan musnah kecuali bahasa Arab. makanya ikutan les bahasa Arab sama ustadz Ucup
emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia