others
Batal
link has been copied
9975
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53e5bc91d44f9f31638b45f0/holy-anda-bertanya-katolik-menjawab---part-5
ANDA BERTANYA KATOLIK MENJAWAB Loving & Understanding Our Catholic Faith Katolik adalah Kristen. Istilah Katolik dipergunakan sejak jaman Gereja awal, untuk membedakan Gereja yang didirikan Yesus yang mengajarkan keseluruhan ajaran Kristus dan ajaran para Rasul, dengan jemaat yang mengaku Kristen, namun tidak mengajarkan keseluruhan ajaran-Nya. Katolik adalah satu. Kesatuan ini ditunjukkan dengan
Lapor Hansip
09-08-2014 13:15

[HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab

ANDA BERTANYA KATOLIK MENJAWAB

Loving & Understanding Our Catholic Faith

[HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5


Katolik adalah Kristen.
Istilah Katolik dipergunakan sejak jaman Gereja awal, untuk membedakan Gereja yang didirikan Yesus yang mengajarkan keseluruhan ajaran Kristus dan ajaran para Rasul, dengan jemaat yang mengaku Kristen, namun tidak mengajarkan keseluruhan ajaran-Nya.

Katolik adalah satu.
Kesatuan ini ditunjukkan dengan kesatuan dalam hal iman dan pengajaran berdasarkan ajaran Kristus, kesatuan liturgi dan sakramen dan kesatuan kepemimpinan, seperti ketika sebelum wafatNya Yesus berdoa untuk kesatuan GerejaNya: "supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau …"

Katolik adalah kudus
Atas dasar janji-janji Yesus pada rasul-rasulNya, Gereja Katolik dituntun oleh Roh Kudus dan oleh karena itu terlindungi dari terjadinya kesalahan pengajaran.

Katolik adalah apostolik
Melalui suksesi para rasul, Katolik merupakan kelanjutan dari komunitas Kristiani yang didirikan oleh Yesus dengan mentahbiskan Santo Petrus. Gereja Katolik menetapkan pengajarannya melalui berbagai konsili ekumenis, meneladani para rasul pertama dalam Konsili Yerusalem.

Misi Katolik adalah memberitakan Injil Yesus Kristus, melayankan sakramen-sakramen dan melakukan karya amal, menjalankan program-program dan lembaga-lembaga sosial di seluruh dunia, termasuk juga sekolah-sekolah, universitas-universitas, rumah-rumah sakit, misi-misi dan perumahan, serta organisasi-organisasi kemanusiaan yang membantu kaum papa, keluarga-keluarga, orang-orang jompo, dan orang-orang sakit.

Dengan sejarah yang membentang sepanjang dua ribu tahun, inilah Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik.

Quote:

[HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5

“Tetaplah dekat dengan Gereja Katolik di setiap saat, karena hanya Gereja yang dapat memberikanmu kedamaian sejati, sebab hanya dia yang memiliki Yesus, Raja Damai yang sesungguhnya, dalam Sakramen Maha Kudus”

~ St. Padre Pio


Quote:Original Posted By drtommy94
@Sist ana silahkan di edit OS nya emoticon-shakehand


Rule of thumb

Quote:Original Posted By widya poetra
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Siapa aja yang bikin ribut di tret ini,
ane laporin. emoticon-army:

Entah itu dari pihak Protestan, Katolik, Islam, Hindu, Buddha, Konghucu, maupun non-religius.

Supaya ini tret bisa lebih sedikit tidak malu2in sebagai tret ber-tag [HOLY].


Silakan berdiskusi dengan damai. emoticon-Angkat Beer



Quote:
Pelapor Resmi


Fans Resmi
  • tagarasamana
    Quote:Original Posted By tagarasamana
    Iya, Romo Kim An itu Asnawi asli dia, bukan Koreanemoticon-Malu (S)

    Grogi dan salting bila membaca postingan sis yang lembut dan keibuan emoticon-Malu (S).


    Congrate sudah menjadi TS, semoga ABKhatM dengan TS yang memiliki figur karakter ID yang lembut dan keibuan dapat mengurangi jumlah flame dan trolling, sehingga bahasan pun menjadi pantas, intelek, berbobot dan santun.

    Jangan lupa untuk mengindeks liturgi dan ekaristi juga di page one, karena ini adalah hal yang baku di Gereja Khatolik (Roma) dan bisa menambahkan beberapa doa Novena dan Litani beserta silsilah sejarah "Para Kudus" Sanctuarium yang telah dikanonisasi oleh Gereja, karena ini akan sangat membantu bagi rekan2 Khatolik yang hendak mengetahui lebih dalam lagi.

    Dengan ini saya mendaftar sebagai SR tetap dan fans resmi dari sis Ana. emoticon-Malu (S). Istri saya masih Khatolik , walau saya telah 7 tahun lebih menjadi pelajar Buddhist, bebrapa Pastor yang saya kenal tidak pernah menganggap saya murtad, so saya menghargai mereka yang memiliki wawasan yang luas. emoticon-rose


  • jambulsari
    Quote:Original Posted By jambulsari
    @ sis.ana kok ane gak dimasupin sebagai fans resmi..???emoticon-Amazed


  • richardhadjon
    Quote:Original Posted By richardhadjon
    eh sis, ane d masukin jadi fans resmi donk... emoticon-Ngakak emoticon-Malu


  • soeryapaloh
    Quote:Original Posted By soeryapaloh


    Rikues ane dong sis jadi fans resmi emoticon-Embarrassment

  • faceback
    Quote:Original Posted By faceback


    sis, ane request jadi fans anda bertanya katolik menjawab dong. ane pengen tahu mengenai iman katolik, doa-doa rosario, sejarah dan keagungan bunda maria, asal muasal kata berkah dalem, sejarah sendang sriningsih emoticon-Big Grin


    berkah dalem

  • daun.jendela
    Quote:Original Posted By daun.jendela
    sis, kayanya ane mau rikues deh.. rikues jadi fanpage trit abkam, dah banyak postingan ane di mari


    emoticon-Cool

  • arsoni
    Quote:Original Posted By arsoni

    Salam kenal ya sis.. Dengan ini saya nyatakan saya sebagai fans resmi sis. ana
    Thread ini tanpa kehadiran sis. ana hambar rasanya
    Gbu







  • Quote:Original Posted By drtommy94
    Selamat untuk sis Ana sebagai TS yang baru emoticon-Selamat

    sekarang tret ini telah menjadi tanggung jawab anda, kalo ada post2 rusuh silahkan dilaporkan ke 3D, karena pelaporan dari TS/Penanggung jawab thread mempunyai dispensasi lebih untuk ditindak lanjuti pelaporannya dibanding pelaporan dari ID2 lainnya emoticon-Angkat Beer

    --------------------------------------------------------------------------------------
    Oke...sis Ana verified cewek, sekarang kalo ada yang macem2 dan atau melecehkan ID ini gw anggap melecehkan cewek, gak sopan dan gak gentle maka akan langsung ditindak emoticon-army:


    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    Diubah oleh sis.ana
    profile-picture
    anakjahanam721 memberi reputasi
    -1
    Tampilkan isi Thread
    icon-close-thread
    Thread sudah digembok
    Halaman 244 dari 512
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 22:57
    Quote:Original Posted By masdhekijunior


    Om Lenon.........

    Katolik bukan denom, om............emoticon-Malu (S)


    bukan ya om,... tapi yg gw baca di sini

    katolik adalah bagian dari denominasi kristen emoticon-Malu (S)
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 22:57
    Quote:Original Posted By masdhekijunior


    Ehm........

    Di Psikologi juga dikenal adanya mazhab, om..........

    Psikoanalisis, Behavioristik, Humanistik dan Transpersonal.........emoticon-Malu (S)


    dulu kulia psikologi yah om?
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:00
    Quote:Original Posted By jhonlenon60


    bukan ya om,... tapi yg gw baca di sini

    katolik adalah bagian dari denominasi kristen emoticon-Malu (S)


    Quote:Some groups included on this list do not consider themselves a denomination. For example, the Catholic Church considers itself the one true church and the Apostolic See, and as pre-denominational.[2] The Orthodox Church also considers itself the original Church, and pre-denominational

    Catholicism consists of the Catholic Church itself, as well as a number of independent churches and movements that self-identify as Catholic. They all claim continuity (based upon Apostolic Succession) with the early Church.


    Disini ada penjelasan dikit
    Diubah oleh Lodewijkus
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:04
    Quote:Original Posted By jhonlenon60


    bukan ya om,... tapi yg gw baca di sini

    katolik adalah bagian dari denominasi kristen emoticon-Malu (S)


    Yah, kok dr wiki sih om?...........

    Denom disamakan sama mazhab lagi...........emoticon-Malu (S)

    Bukan om, Katolik itu satu kudus dan apostolik, bukan pecahan dari manapun........

    Denom Kristen baru ada abad 16........
    Gereja Katolik sudah ada th 33 M
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:05
    Quote:Original Posted By Lodewijkus


    dulu kulia psikologi yah om?


    ho oh........emoticon-Malu (S)
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:05
    Quote:Original Posted By masdhekijunior


    Ehm........

    Di Psikologi juga dikenal adanya mazhab, om..........

    Psikoanalisis, Behavioristik, Humanistik dan Transpersonal.........emoticon-Malu (S)


    ane gk bahas sampe ke perilaku psikologis om,.. ane jg kurang paham

    yg ane bahas sieh mazhab yg berkaitan dengan cabang ilmu agama emoticon-Malu (S)
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:06
    Quote:Original Posted By masdhekijunior
    ho oh........emoticon-Malu (S)


    gimana dengan kepribadiannya doctoralan?

    sakit ga?

    emoticon-Big Grin
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:07
    Quote:Original Posted By jhonlenon60


    ane gk bahas sampe ke perilaku psikologis om,.. ane jg kurang paham

    yg ane bahas sieh mazhab yg berkaitan dengan cabang ilmu agama emoticon-Malu (S)


    Oh gitu, maap om.........emoticon-Malu (S)

    Kalau agama yang dikenal mazhab sih cuman Islam kayaknya..........

    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:09
    Quote:Original Posted By blove


    gimana dengan kepribadiannya doctoralan?

    sakit ga?

    emoticon-Big Grin


    Wah......

    Baru tahap tegang kayaknya...........emoticon-Malu (S)
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:10
    Salam kenal sebelumnya bang,,
    Ijinkan kiranya nubi ikut berpartisipasi menjawab pertanyaan dan komentar abang...karena sepertinya Nubi paham maksudnya abang dr.alan nih,,,
    emoticon-Big Grin Quote:Original Posted By doctoralan


    3:2 & 3:3
    israel kejam ya sis emoticon-Frown masa cincang2 dagin orang emoticon-Takut (S)

    Menurut nubi sih, ini menurut nubi loh yah,,,
    Ayat tersebut mengandung majas hiperbola aja deh,,sebagai penggambaran bahwa kejahatan yang dilakukan bani Israel adalah sesuatu yang menjijikkan..
    Bukannya beneran cincang-cincangan...
    Atau ada sesepuh yang punya pendapat berbeda...
    Quote:Original Posted By doctoralan

    according to 3:9 berarti israel hobby rubah2 isi al kitab ya sis?

    Masih menurut analisis nubi lagi bang,,,
    Membengkokkan sesuatu yang lurus disini tidak berhubungan dengan merubah2 alkitab bang

    Quote:Original Posted By doctoralan


    3:12
    hmm nubuat sion akan hancur karena kezaliman mereka sendiri dan artinya Allah meninggalkan mereka ya sis? Kemungkinan besar hadiah kenabian untuk keturunan abraham akan jatuh ke anaknya yg lain.


    Ke ismael a.k.a islam maksud abang?

    Ayat ini sama sekali tidak mengindikasikan apapun ke arah itu deh bang,,sepertinya abang harus mencari ayat rujukan lain deh kalau berkeinginan mencari justifikasi tentang Islam dalam alkitab,,itupun klo ada...

    emoticon-Big Grin
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:12
    Quote:Original Posted By Lodewijkus


    eit tunggu dulu kamu yg tidak menguasai topik sebenarnya.

    saya mengambil atheisme sebagai CONTOH akan betapa bisa nya dan dapat menjadi cukup (cukup disini subjektif setidaknya menurut atheis) bahwa filsafat dapat menelanjangi tuhan dengan mudahnya.

    (saya tidak mempromosikan atheisme ataupun berpihak pada mereka)

    bukan berarti HARUS berakhir dengan konklusi atheisme.

    tentu saja kita JUGA BISA dan bisa merasa CUKUP bicara tentang tuhan tanpa terlalu jauh bergulat dengan atribut tuhan yang teologis dimana adalah hasil intepretasi agama.
    sampai disini paham?

    berarti pertanyaan mu nomor 1 jawaban nya adalah Ya. agree?

    jadi tanpa kamu mebahas mujizat tetap dapat terjawab bukan?
    saya paham jika karomah yang kamu bawa kesini adalah sebagai usaha mu agar tidak sampai terjadi konklusi kalau tuhan tidak ada. begitu kan?

    tapi sayang nya saya tidak mengajak mu untuk berpikir lalu berakhir dengan ketiadaan tuhan, saya mengajak kamu berpikir tentang bagaimana tuhan seharusnya berada setidaknya menurut pikiran kita ? (karena kamu kan yg pertama datang kesini lalu menolak kalau tuhan mati hina, jadi manusia dsb)

    (setidak nya dalam kerangka rasional kita dulu. karena jika kita menjadikan suatu cara tuhan berada sebagai suatu aksioma maka bisa ada KEMUNGKINAN kalau cara tuhan berada itu hanyalah hasil pikiran kita)
    paham?

    tidak setuju, tanpa teologi. tuhan hanya akan mengarah kepada pertanyaan abadi yg supra rasional.

    Dan berujung kepada keputus asaan atheisme.
    Quote:
    ------------------------------------------
    -------------------------------------------
    oke lalu yg ini sebenarnya gak ada hubunganya sama diskusi kita dari awal dan diskusi di atas. tapi saya tertarik komen atas ide mu tentang atheisme.



    baron d'holbach benar advocate dan peran nya penting membesarkan masyrakat atheis sampai abad 21.

    tapi sikap skeptis dan penolakan entitas tuhan sudah ada dari jaman sebelum masehi.
    dan itu bukan hanya karena kekurangan bukti empiris namun juga pada kontradiksi rasional seperti yg di omong sama epikuros.

    dan lagi sebelum "masyrakat ilmiah" yang menuju scientism ada, "tuhan sudah dibunuh oleh nietzsche".



    apakah bukti karomah secara empiris itu benar2 empiris? membuktikan tuhan, hitam diatas putih?

    membutuhkan asumsi tuhan? atau malah berujung gotg?


    saya menghormati badan2 perguran tinggi.
    saya menghormati gelar2 kehormatan intelektual.
    tapi itu tidak menjadikan gagasan2 mereka adalah pasti benar.
    dan juga tidak menjadikan tesis kamu adalah pasti benar.

    sorry, tapi menurut aturan dc adalah "whatever in dc stay in dc."


    #kalau gak paham, gotg = abv for god of the gaps.

    tp pertanyaan saya adalah
    Sejauh ini siapa yg telah mengvalidasi ide anda ttg ketuhanan?
    Hati2 kontra indikasi dalam berfilosofi bisa menyebabkan kerusakan mental.
    saya mengerti akronim gotg terima kasih.
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:14
    Quote:Original Posted By bokep*forbidden*
    gimana pandangan katolik tentang cobaan dan takdir?
    gue ga percaya cobaan emoticon-Nohope


    Oppung,, kann ada di kitab Ayub
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:14
    Quote:Original Posted By masdhekijunior


    ho oh........emoticon-Malu (S)


    dulu pas saya pertama kali baca psikoanalisis nya freud.
    abis baca itu saya sempet mau jadi jesuit om. biar bisa ambil gelar masternya bukan teologi tapi psikologi.
    psikologi menarik ye om.


    filsafat eksistensialisme beberapa mirip loh om kaya psikologi.

    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:15
    Quote:Original Posted By masdhekijunior


    Yah, kok dr wiki sih om?...........

    Denom disamakan sama mazhab lagi...........emoticon-Malu (S)

    Bukan om, Katolik itu satu kudus dan apostolik, bukan pecahan dari manapun........

    Denom Kristen baru ada abad 16........
    Gereja Katolik sudah ada th 33 M


    ane gk pernah menyamakan denom dengan mazhab om,... hanya saja dia yg memasukan istilah denom pada cabang ilmu agama yg dianutnya emoticon-Malu (S)

    bukan abad ke4 ya om sejak lahirnya pandangan kristologis arianisme,... cmiiw
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:18
    Quote:Original Posted By Lodewijkus


    dulu pas saya pertama kali baca psikoanalisis nya freud.
    abis baca itu saya sempet mau jadi jesuit om. biar bisa ambil gelar masternya bukan teologi tapi psikologi.
    psikologi menarik ye om.


    filsafat eksistensialisme beberapa mirip loh om kaya psikologi.



    Eksistensialisme dan fenomenologis jadi dasar bagi karya logoterapi Viktor Frankl, mas Lodej.........

    Tahu kan Frankl, mas?
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:19
    Quote:Original Posted By jhonlenon60


    ane gk pernah menyamakan denom dengan mazhab om,... hanya saja dia yg memasukan istilah denom pada cabang ilmu agama yg dianutnya emoticon-Malu (S)

    bukan abad ke4 ya om sejak lahirnya pandangan kristologis arianisme,... cmiiw


    Ada denom ada bidat, om.........

    Beda lagi.........

    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:21
    Quote:Original Posted By masdhekijunior
    Eksistensialisme dan fenomenologis jadi dasar bagi karya logoterapi Viktor Frankl, mas Lodej.........

    Tahu kan Frankl, mas?


    kayaknya yang katolik itu srg diceritakan ttg frankl ya? yg di kamp nazi itu ya?

    jgn2 dulu yg ajarin kamu ttg frankl itu si romo jg.

    emoticon-Big Grin
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:23
    Quote:Original Posted By Lodewijkus


    ralat sedikit bukan sembah allah, tiap kebudayaan punya allah masing2 tapi itu maksud nya allah israel, YHWH.




    pertanyaan mu itu mirip ini..

    -lalu kenapa tuhan menciptakan wanita ber-vagina dan laki2 ber-penis?

    -lalu kenapa tuhan menciptakan laki2 dengan 2 testis? bukannya 4?

    -lalu kenapa allah yang benar harus mewahyukan diri dalam kebudayaan timur tengah? kenapa tidak di china? di papua? di afrika?

    -lalu kenapa allah yang benar gak pernah bicara kepada nabi di zaman sekarang seperti di zaman dulu?

    Pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh Sang Khalik sendiri...klo kata nubi bang

    Quote:Original Posted By Lodewijkus


    pertanyaan kamu filosofis, kalau di kasih jawaban teologis katolik kamu gak akan puas, karena teologi katolik yah memang diterima oleh para katolik dan simpatisan nya.
    mending kita diskusi filosofi ketuhanan aja. metodologi nya lebih cocok.




    spiritus sacntus.

    roh kudus.


    Duileh bahasanya,,,simpatisan...
    Penyempitan makna yah keqnya...
    Aku bukan katolik,,berarti trmasuk simpatisan?

    emoticon-Malu
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:24
    Quote:Original Posted By masdhekijunior


    Ada denom ada bidat, om.........

    Beda lagi.........



    coba bisa dijelaskan sedikit om, apakah arianisme itu adalah bagian dari denom atau bidat ??
    0 0
    0
    [HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab - Part 5
    26-10-2014 23:25
    Quote:Original Posted By sis.ana


    Sama seperti pertanyaan si tukang kue
    Sapa nabi2 sebelon Yesus yg dibunuh?

    emoticon-Malu



    Yudas Iskariot sih... tp bener juga soalnye doi org Israel



    Saia jadi teringat pernah nyanyiin lagu di GKI

    Mengapa Yesus turun dari sorga,
    masuk dunia gelap penuh cela;
    berdoa dan bergumul dalam taman,
    cawan pahit pun ditrimaNya?
    Mengapa Yesus menderita, didera,
    dan mahkota duri pun dipakaiNya?
    Mengapa Yesus mati bagi saya?
    KasihNya, ya karna kasihNya




    Bisa saja...

    Lantas sapa yg hobi ngelurusin yg bengkok?
    emoticon-Malu



    Sapa yg dibunuh?



    Pindah ke tangan sapa? Ismael kah emoticon-Thinking



    Kok tiba2 pake bahasa linggis? emoticon-Thinking



    Yg empunya alam semesta juga

    emoticon-Malu


    Keq di lagu:
    kar'na kasih-Nya padaku Yesus datang ke dunia~
    Ia t'lah memb'ri hidupNya ganti ku yang bercela~
    Oh betapa mulia dan ajaib kuasaNya~
    Kasih Juruslamat dunia menebus manusia~
    0 0
    0
    Halaman 244 dari 512
    icon-hot-thread
    Hot Threads
    obrolan-hangat-logo
    Obrolan Hangat
    B-Log Collections
    Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia