alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
1024
1024
KASKUS
51
244
4.54 stars - based on 142 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/544701a30d8b4607128b4574/kiat-kiat-agar-kamu-bisa-melancong-ke-singapura-dengan-15-juta
Lapor Hansip
22-10-2014 08:00
Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
Past Hot Thread
Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta

Quote:


Singapura seringkali jadi tujuan orang-orang Indonesia yang baru pertama kali ke luar negeri. Singapura memang dekat, bebas visa, budayanya pun masih familiar di kepala. Banyak juga kegiatan seru dan tempat-tempat bagus yang bisa kita kunjungi di sana.

Anggaran mungkin jadi satu-satunya hal yang masih jadi kendala. Memang sih, Singapura selalu masuk jajaran kota paling mahal di dunia. Tapi jangan khawatir! Kalau ente tahu strategi yang tepat, liburan murah ke Singapura itu mungkin banget.

Nah, kali ini, ane akan berbagi-bagi siasat bagaimana ente bisa liburan murah ke Singapura. Dengan Rp. 1.500.000 saja, ente sudah bisa menikmati 3 hari di Negeri Singa. Asal ingat: kalau mau murah, ya nggak bakal mudah.




Quote:

1. Berhubung anggaranmu terbatas, pastikan ente mendapat tiket berharga miring

Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
Pasar penerbangan yang kompetitif membuat maskapai-maskapai sering berlomba mengadakan promosi. Dengan sedikit perencanaan, ente bisa kok mendapat tiket pesawat pulang-pergi di kisaran Rp. 500.000.

Pesanlah tiketmu dari jauh-jauh hari, kalau perlu 6-12 bulan sebelumnya. Harga tiket pesawat bisa berubah tiap menitnya. Memesan tiket secara mendadak adalah cara efektif untuk menghambur-hamburkan uang.

Kenalilah siklus promosi. Masa promosi akan berulang dari tahun ke tahun, biasanya mengikuti musim libur sekolah, tahun baru, atau hari-hari spesial seperti ulang tahun maskapai. Nah, disini lah pentingnya memesan tiket dari jauh-jauh hari.

Pesanlah tiket yang berangkat dan pulang di hari kerja. Hindari hari keberangkatan atau kepulangan di akhir pekan, karena harga tiket pada umumnya akan lebih mahal. Nggak apa-apa kok untuk pergi saat weekday. Toh ente nggak perlu berminggu-minggu untuk menjelajahi seluruh Singapura. Penerbangan ke sana pun cuma makan waktu kurang lebih 2 jam.

Jangan senang dulu kalau sudah ketemu harga yang menggiurkan. Itu baru setengah jalan. ente harus cepat-cepat menyelesaikan proses pembayaran online. Ini nih yang biasanya justru buat deg-degan, karena waktumu sangat terbatas.

Agar proses pembayaranmu lancar, siapkanlah barang-barang yang pasti dibutuhkan — seperti paspor dan kartu kredit. Kalau perlu, bikin dulu profile di situs maskapai penerbangan yang ingin ente gunakan supaya ente nggak perlu lagi memasukkan datamu lagi untuk keperluan pembayaran. Pastikan ente juga punya koneksi internet yang mumpuni untuk menghadapi perang online ini.

Jangan malas mencari tiket di situs maskapai ‘mahal’. Justru seringkali promosi dari maskapai-maskapai ini tidak diketahui banyak orang. Selain itu, jangan juga terbiasa mencari tiket PP. ente mungkin bisa dapat harga terendah untuk tiket keberangkatanmu, tapi seringkali harga tiket untuk tanggal-tanggal kepulanganmu akan tinggi. Coba deh cari tiket pulang dalam pencarian terpisah. Atau sekalian saja, pulang dengan maskapai lain?




Quote:

2. Perjuanganmu Selanjutnya: Cari Penginapan Murah atau Gratis

Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
Setelah dapat tiket murah, prioritasmu selanjutnya adalah mendapatkan penginapan. Kamar hotel yang super nyaman tidak akan bisa terjangkau dalam anggaran kita kali ini — kecuali kalau ente tidak keberatan bermalam di daerah red district Geylang. Sebagai alternatifnya, ada 2 jenis penginapan yang bisa ente coba:

Couchsurfing. ente bisa lho menginap gratis di Singapura walaupun gak punya teman atau saudara di sana. Bergabunglah dengan komunitas CouchSurfing, ente bisa bertemu orang-orang dari seluruh dunia yang membuka rumahnya untuk pelancong secara cuma-cuma. Satu yang perlu ente ingat: inti dari komunitas ini bukan gratisannya, melainkan jaringan pertemanannya. Jadi jangan lupa bawa buah tangan sebagai kenang-kenangan dari Indonesia untuk teman barumu.

Couchsurfing lebih sesuai untuk ente yang bertualang sendiri. ‘Kan gak enak kalau harus numpang di rumah orang rame-rame?

Hostel. Kalau gak mau bermalam di rumah orang yang belum pernah ente temui sebelumnya, pilihlah hostel. Dengan harga yang jauh di bawah tarif hotel di Singapura, ente bisa bermalam hemat dan dapat sarapan gratis di pagi hari. Tapi memang konsep penginapan ini adalah sharing. Jadi ente bakal berbagi kamar, kamar mandi, dan fasilitas lainnya dengan tamu-tamu lain. ente bisa menemukan hostel di hampir semua area di Singapura, dengan kisaran harga Rp. 100-300.000 per malamnya.




Quote:

3. Mau Keliling-Keliling Ala Turis atau Penduduk Lokal?

Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
Singapura adalah salah satu negara dengan sistem transportasi terbaik di dunia. Sistem mereka sudah terpadu, jadi ente gak perlu khawatir kesasar! Yang perlu ente pertimbangkan adalah kartu transportasi apa yang perlu ente beli demi lebih menghemat uang. Silakan pilih: mau jalan-jalan ala turis, atau penduduk lokal?
A. Ala Turis

Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
Mahal sih, tapi biaya depositonya bisa diambil

Pemerintah Singapura punya Singapore Tourist Pass (STP) yang secara khusus diperuntukkan bagi turis mancanegara. Dengan kartu transportasi ini, ente bisa naik bus dan kereta seenak jidat tiap harinya. Sayangnya, harga yang dipatok untuk kartu ini cukup tinggi. Apalagi kemungkinan besar biaya perjalanan kita tidak akan semahal harga kartu tersebut. Tapi jika ente tertarik dengan kupon diskon dan penawaran yang ada di kartu tersebut, pilihan ini layak diperhitungkan.


B. Ala Penduduk Lokal

Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
12 SGD= 115ribu Rupiah, kalau kurang tinggal top-up

EZ-Link adalah kartu transportasi yang biasanya digunakan oleh penduduk lokal. Uang deposito kartu ini tidak dapat dikembalikan. Tapi dengan harga yang jauh lebih terjangkau dari STP, kartu ini akan lebih bersahabat dengan anggaranmu. Walaupun tidak ‘sementereng’ STP, kartu ini masih dapat digunakan untuk kereta khusus menuju Pulau Sentosa. Kartu ini juga memiliki masa berlaku selama 5 tahun. Jadi jika ente ada rejeki, untuk kunjunganmu selanjutnya ente tidak perlu membeli kartu transportasi lagi. Isi ulang saja kredit kartumu sesuai kebutuhan!




Quote:

4. Walau Anggaranmu Terbatas, Ini Caranya Supaya Bisa Tetap Makan Enak!

Singapura adalah surga makanan. Pastikan ente tetap bisa menikmati kelezatan dan keunikan kuliner Singapura walaupun dalam anggaran terbatas. Berikut adalah rekomendasi tempat-tempat makan yang patut ente coba:

A. Hawker Center


Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
Nasi Ayam khas Singapura yang bahkan direkomendasikan Anthony Bourdain di Maxwell Hawker Center. Harganya sekitar 6 SGD=50 Ribu

Jika ente ingin mencari makanan di Singapura, kata pertama yang harus muncul di pikiranmu adalah Hawker Center. Food court ala Singapura ini bisa menjadi ‘one stop food experience’. Harga makanannya juga lebih murah dibanding restoran.

Bagi orang Muslim, jangan takut mencoba makan di Hawker Center. Jika ada label sertifikasi halal di depan kios, berarti makanan di kios tersebut aman untuk ente.

Ada satu hal penting yang perlu ente ketahui jika ingin makan disini. Jangan pernah duduk di meja yang ada tisunya. Tisu digunakan sebagai penanda bahwa meja tersebut telah ada yang punya.

Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
Itu bukan sampah atau tisu ketinggalan lho. Itu tandanya orang yang ‘punya’ kursi itu lagi ngantri makanan


B. ‘Little Indonesia’ di Singapura

Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
Banyak orang Indonesia punya apartemen di bangunan yang terletak di jantung Orchard Road ini

Jika ente tiba-tiba kangen sama ayam penyet, pergi saja ke Lucky Plaza. Di lantai basement-nya terdapat food court dengan pilihan makanan yang cukup bervariasi, dan paling penting harga miring! ente juga pasti bakal merasa seperti di rumah karena tempat ini adalah ‘markas’ orang Indonesia di Singapura.




Quote:

5. Bisa kemana aja ya di Singapura tanpa harus keluar uang?

Jika dengan anggaran Rp. 1.500.000 Universal Studio dan Singapore Flyer masih menjadi tujuan utamamu, ente harus puasa sepanjang perjalananmu di Singapura. Namun untungnya, masih banyak tempat dan atraksi menarik lain yang bisa ente kunjungi di negeri ini tanpa harus mengencangkan ikat pinggangmu.

A. Berjalanlah dengan kameramu

Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
Gak usah malu-malu, kapan lagi coba!

ente harus mencoba menjadi pejalan kaki di Singapura. Nikmati udara yang bersih dan jalanan khusus pejalan kakinya yang lebar. Ini jarang lho kita temui lho, di Indonesia.

Terlebih lagi, terdapat banyak tujuan wisata yang saling berdekatan satu sama lain. Sempatkanlah waktu untuk berjalan-jalan sepanjang sungai di dekat taman Merlion. Selain patung Merlion, di wilayah tersebut ente juga dapat menemui Esplanade, Jembatan Cavenagh, patung pendiri Singapura Sir Thomas Raffles, berbagai museum, dan taman kota. Jangan lupa juga untuk berfoto ala-ala turis — lha emang ente turis? Memori adalah suvenir terpenting yang bisa ente dapat dari sebuah perjalanan. Gratis, lagi!


B. Cari Acara Gratisan

Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
Sering ada konser gratis juga lho di Singapore Botanical Garden

Jika ente berkunjung ke sebuah negara, carilah tempat atau pertunjukan yang dapat ente kunjungi dengan gratis. Pertama, ente bisa masuk dan menikmati keindahan alam di Singapore Botanical Garden secara cuma-cuma. ente bisa juga melihat pertunjukan ‘Song of the Sea’ di
Marina Bay, gratis:

Gratis!

Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
Song of the Sea di Marina Bay, gratis!

Kunjungilah situs pariwisata pemerintah Singapura untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai program, festival, atau penawaran khusus untuk turis mancanegara. Program seperti tur gratis atau festival seringkali diadakan untuk mendorong perkembangan pariwisata. Jadilah turis yang pintar, dan jangan sia-siakan kesempatan tersebut.


C. Berlama-lamalah di Bandara Changi

Bukan tanpa alasan Changi Airport terpilih sebagai bandara terbaik dunia DI tahun 2014. ente akan kaget dengan hal-hal yang dapat ente lakukan di bandara tersebut tanpa harus mengeluarkan uang sedikit pun. Jadi, pastikan ente memiliki waktu lebih sebelum penerbanganmu kembali ke Indonesia.


Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
Tonton film-film baru secara cuma-cuma kapan aja

Atau kalau ente punya 10 SGD lagi untuk dibelanjakan di bandara, jangan buang struknya! Pakai struk itu sehingga ente bisa main ini secara cuma-cuma…

Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
ente bisa berseluncur di arena seluncuran paling tinggi yang dimiliki sebuah bandara. Yah…mungkin gara-gara gak ada bandara lain di dunia yang kepikiran membangun arena seluncuran, sih.




Quote:


6. Jangan lupakan orang-orang di rumah!


Walaupun Singapura terkenal sebagai surga belanjanya ibu-ibu pejabat, petualang kere seperti kita ini juga masih bisa bawa pulang oleh-oleh kok. Syaratnya, belanja saja di:

A. Bugis Street

Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
Walaupun tulisannya udah diskon, jangan lupa nawar!

Di Bugis Street, ente bisa memaksimalkan 10 SGD terakhir yang ente miliki. Mau oleh-oleh klasik seperti gantungan kunci dan T-Shirt atau mainan ‘nakal’ dari sex shop yang tersebar di sana, ente pasti bisa menemukan buah tangan yang berkesan.

Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
B. Mustafa Center

Pusat perbelanjaan yang buka 24 jam di daerah Little India ini jadi serbuan baik warga lokal maupun turis mancanegara karena harganya yang grosiran. Di sana ente bisa menemukan semua barang, dari jam Rolex palsu sampai bumbu dapur.

Mungkin yang bisa jadi pilihanmu adalah cokelat. Mustafa Center memiliki pilihan coklat yang sangat bervariasi, dari yang bermerek sampai yang bentuknya aneh-aneh. Semua dijual dengan harga murah!




Quote:

Nah, kalau ente bakal melancong ke Singapura selama 3 hari, rincian pengeluaranmu kira-kira :

Tiket pesawat : Rp. 500.000

Penginapan : Rp. 300.000

Ez-Link : Rp. 120.000

Makan 4 kali (sarapan gratis) : Rp. 200.000

Total : Rp. 1.120.000, sisanya bisa untuk oleh-oleh.



Dengan strategi yang ane bagi-bagi di atas, siapa saja bisa bertualang ke Singapura dengan Rp. 1.500.000. Jadi, gimana? Sudah siapkan paspormu?

SUMBER





Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan kageyama09 memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 74
22-10-2014 08:02
emoticon-Hi
Backpacker aja, pasti malah kurang dari sejuta setengah
0
Lihat 1 balasan
22-10-2014 08:03
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
emoticon-Hi
Backpacker aja, pasti malah kurang dari sejuta setengah


iya say temen gw pernah tuh cuman sejutaan , disana dia ada temen yang kenalan waktu catingan gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By inironnie
widih... akhirnya da juga trit beginian

ane ikutan curcol ya gan..

menurut pengalaman ane slama ini maen2 ke Sing, ane dapet rekor cuma keluar -+ Rp,700.000,- untuk 4 hari 3 malem.

paling banyak keluar duitpas maen ke USS - Universal Studio Singapore (-+500rebu).

saran ane:

dari lokal (indonesia)
1. siapin mental backpacker
2. cari tiket murah via maskapai yg murmer (estimasi perjalanan cuma 1,5 Jam)
3. jangan lupa copy semua dokumen penting kyk paspor, ktp, dll..
4. jangan pernah naro duit disatu tempat.. klo bisa mending pisah2
5. peralatan wajib! (sendal jepit + celana short aja) mengingat dan menimbang singapore rada panas gan..
6. cari tiket (berangkat) paling pagi dan tiket (pulang) paling malem di hari kerja


ampe Sing
1. slama disini pke MRT aja.. murah & hemat
2. cari lokasi nginep di sekitar Orchard Road aja..
3. klo niat maen ke Sentosa, siapin budget lebih.. takut "accident" masuk UniersalStudioSingapore.. wkwkwk
4. klo agan sampe disini sore, cb mampir jalan2 belakang lucky plaza.. banyak orang2 kita tinggal disini termasuk rumah ane.
mo mampir ato nginep silahkan... asal bisa jaga kebersihan & tetep cinta indonesia.
5. buat makan, saran ane jgn pernah beli cemilan pinggir jalan di Orchard Road.. kecuali eskrim $1 SIng.. soalnya makanan cemilan jatohnya lebih mahal daripada ente beli makanan di foodcourt
6. slama disini, saran ane bawa deh tu botol aer seliteran... harga aer putih a.k.a Akua lebih mahal gan daripada harga Jus di Indo. (daripada nti sakit ati..)

kira2 gitu deh beberapa saran dari ane.

*pekiwan ya gan* klo menurut TSnya solusi bagus.



Quote:Original Posted By kenzhong2
Rata" bener emoticon-Embarrassment

Utk tiket PP gw rasa blm bisa 500rb kalo include tax airport 150rb
Utk Lucky Plaza jgn coba" belanja elektronik disana.. 90% rawan dan lapor polisi ga ada gunanya emoticon-Embarrassment
Kasusnya : Pesan Camera A, gesek kartu kredit / bayar cash, datangnya Camera B emoticon-Ngakak
Utk Bugis Street boleh juga.. Tp biasa ane ke China Town juga miring" harganya.. Ada byk toko tapi 90% barang yg dijual sama semua.. Ga jauh dari asbak, merlion, keychain, luggage tag, t shirt, gunting kuku oleh"nya emoticon-Ngakak

Tambahin lagi ke Casino di Marina Bay bisa minum gratis.. Bukan air putih ya emoticon-Ngakak
Syarat masuk : Bawa Paspor, Kaos wajib berkerah, tidak boleh celana pendek

Dijalan" juga byk tpt minum "air kran" gratis kek di tipi" barat emoticon-Hammer Cukup bawa botol minum emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By stroomtrooper
gan kalau mau gini :

Berangkatnya ke batam , tiket lokal murah biasanya

ke singapur pake ferry, cari yang kasih harga miring. kalau lagi hoki dapet 70rb PP. waktu berangkat dari beli tiketnya gak ditentukan. jadi Tiketnya bisa digunakan kpn aja selama valid
Usahakan segera check in kalau mau berangkat.
beli tiketnya jangan di pelabuhan / bandara. cari di money changer mall sekitar
cari tiketnya Indonesian Passport,

sampai singapura, beli EZ-Link kalau mau kemana2.
Jangan sungkan2 nanya
utk muslim silahkan cari dulu masjid terdekat.
Hostel pilihan bagus (kalau ane nginep di kawan emoticon-Big Grin )

Jangan pernah pakai taksi kalau g mau boros.

Seandainya puas jalan2 di Singapur. balik ke indonesia aja lewat batam.

Diubah oleh tokomapan
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
22-10-2014 08:04
Semoga bisa ke singapore habis itu ke mekkah emoticon-Matabelo
Amiinn
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
22-10-2014 08:06
Quote:Original Posted By teenagers1
Semoga bisa ke singapore habis itu ke mekkah emoticon-Matabelo
Amiinn


wah keren gan lebih baik ke mekah dulu gan
0
22-10-2014 08:08
Kata pak tipi "KE SINGAPORE, BUAT APA...????" emoticon-Ngakak
0
22-10-2014 08:10
Quote:Original Posted By prof.langdon
Kata pak tipi "KE SINGAPORE, BUAT APA...????" emoticon-Ngakak


buat jalan jalan gan emoticon-Traveller
0
22-10-2014 08:18
Mantap. Awal tahun mau ke singapura gan.. Tapi, ane targetin 1jt emoticon-Cool
Diubah oleh ferychaz
0
22-10-2014 08:23
Patut dicoba ini gan!!

Numpang mejeng ah di thread calon HT emoticon-Cool
0
22-10-2014 08:26
Quote:Original Posted By aNdeSLiN
Patut dicoba ini gan!!

Numpang mejeng ah di thread calon HT emoticon-Cool


makasih gan bantu ret5 dong emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By ferychaz
Mantap. Awal tahun mau ke singapura gan.. Tapi, ane targetin 1jt emoticon-Cool


wah mantap semoga sukses nih gan rencananya
0
22-10-2014 08:27
wah bisa di coba nih bray emoticon-Big Grin


kudu persiapan dari skr nih gan paling ga boking tiket 1 tahun sebelum berangkat
0
22-10-2014 08:27
Quote:Original Posted By tokomapan


makasih gan bantu ret5 dong emoticon-Big Grin



wah mantap semoga sukses nih gan rencananya


Sudah rate 5 dong emoticon-Cool
0
22-10-2014 08:30
teman aku yang di batam bilangnya sebulan bisa 6 kali lebih ke singapura kak
dan tiap kesana gak nyampek habis 300ribu tuh kak buat transport sama jajan emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0
22-10-2014 08:31
wah klo ke LN budget segitu ngeri gan klo ada apa2 pasti jadi serba bingung..
klo ane sih milih lebih mending klo udah ada banyak duit baru deh jalan ke LN emoticon-Malu (S)
0
22-10-2014 08:32
Quote:Original Posted By ularpiton
wah klo ke LN budget segitu ngeri gan klo ada apa2 pasti jadi serba bingung..
klo ane sih milih lebih mending klo udah ada banyak duit baru deh jalan ke LN emoticon-Malu (S)

iye sih harus ada duit lebihnya gan

Quote:Original Posted By kapokmu..kapan
teman aku yang di batam bilangnya sebulan bisa 6 kali lebih ke singapura kak
dan tiap kesana gak nyampek habis 300ribu tuh kak buat transport sama jajan emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


wah keren emoticon-Matabelo minta tipsnya dong gan
0
22-10-2014 08:33
sebelumnya ane abis 4jutaanemoticon-Traveller
0
22-10-2014 08:36
Tadinya gw mao rate bintang 5 thread lu gan.. Tapi dibawahnya ada sumpah serapah, rate bintang 2 aja dehh.. emoticon-Angkat Beer
0
22-10-2014 08:37
tu tiket pp 500-rbu darimana klo ane dari palembang emang bisa dapetin tiket pp segitu
0
22-10-2014 08:37
emoticon-Matabelo wow boleh di coba nih,klo mau hunting gadgetemoticon-Matabelo
0
22-10-2014 08:38
susah gan nyari tiket pp 500rb
airport tax juanda aja uda 200rb sendiri
0
Halaman 1 dari 74
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
sambal-terdahsyat-indonesia-yang-paling-digemari
Selera Nusantara (Indonesian Food)
nasi-pepes-kuliner-jadul-saingan-nasi-bakar
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.