News
Batal
KATEGORI
link has been copied
95
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/543f780932e2e629678b4575/dinilai-jadi-sengkuni-amien-rais-diruwat-warga-yogya
Paguyuban Masyarakat Tradisi (Pametri) Yogyakarta mendatangi rumah tokoh Partai Amanat Nasional, Amien Rais, di Sawit Sari Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, Kamis (16/10/2014). Rombongan ini datang untuk menggelar ruwatan untuk Amien dan para wakil rakyat yang dinilai bersikap sebagai "Sengkuni", yaitu tokoh yang dikenal licik dan penghasut di dunia wayang. Sunanda, koordinator aksi, men
Lapor Hansip
16-10-2014 14:47

Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya

Quote:
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya



Paguyuban Masyarakat Tradisi (Pametri) Yogyakarta mendatangi rumah tokoh Partai Amanat Nasional, Amien Rais, di Sawit Sari Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, Kamis (16/10/2014). Rombongan ini datang untuk menggelar ruwatan untuk Amien dan para wakil rakyat yang dinilai bersikap sebagai "Sengkuni", yaitu tokoh yang dikenal licik dan penghasut di dunia wayang.

Sunanda, koordinator aksi, mengatakan bahwa mereka sengaja menggelar acara ini karena menurut penilaian mereka, sebagai negarawan, sikap Amien Rais dinilai sudah melenceng dan telah mengingkari semangat reformasi.

"Jadi, kami ke sini untuk 'meruwat' Pak Amien Rais agar kembali bersih," ujarnya.

Pada pukul 11.15 WIB, rombongan Pametri dengan mengenakan pakaian adat Jawa dan membawa sesaji seperti pisang setangkep, bunga setaman, kurungan manuk (sangkar burung), dan dupa mulai berjalan menuju rumah Amien. Sesampainya di depan rumah mantan Ketua MPR RI tersebut, para anggota Pametri lantas duduk bersila.

Mbah Sukir sebagai sesepuh pun mulai memanjatkan doa-doa dengan bahasa Jawa yang intinya memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bangsa Indonesia terhindar dari bencana dan orang-orang yang ingin merusak bangsa.

"Semoga Bapak Amien Rais lepas dari Sandikolo dan kembali bersih. Semoga bangsa ini terhindar dari bencana dan segala hal yang tidak baik. Semoga rakyat Indonesia bisa sejahtera," ucapnya.

Seusai mengucap doa, Mbah Sukir lantas mengambil pitik cemani atau ayam hitam, lalu dengan menggunakan gunting ia memotong sedikit bulunya. Setelah itu, ayam hitam tersebut dimasukkan ke dalam kurungan.

"Pemotongan bulu ayam cemani ini sebagai lambang melepaskan Sandikolo dari Pak Amien Rais," ujarnya.

Setelah itu, Mbah Sukir mengambil ayam berbulu putih lalu mengangkatnya sambil berteriak.

"Ini ayam putih melambangkan kebersihan kesucian. Semoga Bapak Amien Rais kembali bersih dan menjadi negarawan yang baik," ujarnya.

Pada adat Jawa, ruwatan adalah salah satu upacara agar orang terbebas dari segala macam kesialan dan bersih dari segala sifat jahat. Upacara ini sudah ada sejak nenek moyang dan masih terus dilestarikan sampai saat ini.

Ruwatan di depan pagar rumah berwarna biru tersebut digelar selama 30 menit. Setelah itu, rombongan paguyuban meninggalkan rumah Amien Rais menuju Tugu Yogyakarta. Di sana, mereka akan menggelar acara wayangan sederhana.


SUMBER




Quote:

Warga Yogya Meruwat Amien Rais Agar Bersih dan Tidak Jadi 'Sengkuni'


Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya



Paguyuban Masyarakat Tradisi (Pametri) Yogyakarta mendatangi rumah tokoh Partai Amanat Nasional, Amien Rais, di Sawit Sari Condongcatur Sleman, Yogyakarta, Kamis (16/10/2014). Rombongan ini datang untuk menggelar ruwatan untuk Amien dan para wakil rakyat yang dinilai bersikap sebagai 'sengkuni', yaitu tokoh yang dikenal licik dan penghasut di dunia wayang.

Sunanda, koordinator aksi, mengatakan bahwa mereka sengaja menggelar acara ini karena menurut penilaian mereka, sebagai negarawan, sikap Amien Rais dinilai sudah melenceng dan telah mengingkari semangat reformasi.

"Jadi kami ke sini untuk meruwat Pak Amien Rais agar kembali bersih," ujarnya.

Pada pukul 11.15 Wib, rombongan Pametri dengan mengenakan pakaian adat Jawa dan membawa sesaji seperti pisang setangkep, bunga setaman, kurungan manuk (sangkar burung) dan dupa mulai berjalan menuju rumah Amien. Sesampainya di depan rumah mantan Ketua MPR RI tersebut, para anggota Pametri lantas duduk bersila.

Mbah Sukir sebagai sesepuh pun mulai memanjatkan doa-doa dengan bahasa Jawa yang intnya memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bangsa Indonesia terhindar dari bencana dan orang-orang yang ingin merusak bangsa.

"Semoga Bapak Amien Rais lepas dari Sandikolo, dan kembali bersih. Semoga bangsa ini terhindar dari bencana dan segala hal yang tidak baik. Semoga rakyat Indonesia bisa sejahtera," ucapnya.

Usai mengucap doa, Mbah Sukir lantas mengambil pitik cemani atau ayam hitam lalu menggunakan gunting memotong sedikit bulunya. Setelah itu Ayam hitam tersebut dimasukan kedalam kurungan.

"Pemotongan bulu ayam cemani ini sebagai lambang melepaskan Sandikolo dari Pak Amien Rais," ujarnya.

Setelah itu, Mbah Sukir mengambil ayam berbulu putih lalu mengangkatnya sambil berteriak.

"Ini ayam putih melambangkan kebersihan kesucian. Semoga Bapak Amien Rais kembali bersih dan menjadi negarawan yang baik," tegasnya.

Pada adat Jawa, ruwatan adalah salah satu upacara supaya orang terbebas dari segala macam kesialan dan bersih dari segala sifat jahat. Upacara ini sudah ada sejak nenek moyang dan masih terus dilestarikan sampai saat ini.

Ruwatan di depan pagar rumah berwarna biru tersebut digelar selama 30 menit. Setelah itu, rombongan paguyuban meninggalkan rumah Amien Rais menuju Tugu Yogyakarta. Di sana, mereka akan mengelar acara wayangan sederhana.


SUMBER




Quote:

Mirip Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogyakarta


Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya



Sengkuni adalah salah satu karakter terkenal dalam dunia perwayangan. Dalam lakon Mahabarata, Sengkuni dikisahkan sebagai patih di Astina, sebuah negara yang diperintah oleh Kurawa.

Ia digambarkan memiliki watak licik, senang menipu, menghasut, memfitnah, dan munafik. Sengkuni merupakan gambaran orang yang selalu ingin melihat orang lain tidak bahagia alias sengsara.

Di Indonesia, sosok Sengkuni dianggap banyak bermunculan akhir-akhir ini, salah satunya di Yogyakarta. Amien Rais, sebagai tokoh reformasi yang dulu ikut memperjuangkan hak-hak demokrasi rakyat Indonesia, sekarang dianggap telah berubah dan menjadi sosok Sengkuni yang licik dan suka mencederai orang lain.

"Dia (Amien Rais) telah menghianati rakyat Indonesia," kata Agus Sunandar, di depan rumah Amin Rais, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, Kamis (16/10/2014).

Agus Sunandar bersama puluhan warga Yogyakarta yang tergabung dalam Paguyuban Masyarakat Pelestari Tradisi (Pametri) mendatangi rumah Amein Rais. Kedatangannya tidak untuk bertamu, sehingga ketika rombongan Pametri ditawari makan bakso oleh salah satu orang yang mengaku pewakilan keluarga, Agus menolaknya.

Di depan rumah Amien Rais, rombongan mengadakan acara ruwatan yang diikuti oleh Bregodo Srikandi atau prajurit Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Dalam upacara itu seorang lelaki berpakaian khas Jawa memasukkan ayam hitam ke dalam kurungan yang tertutup.

Ayam lantas dimandikan dengan air kembang dan ketika ayam dikeuarkan telah berubah menjadi putih. "Itu harapan kami, setelah diruwat dan dimandikan, Pak Amien Rais berubah dan sadar," kata Agus.

Saat aksi ruwatan yang dilakukan oleh Pemetri, Amien Rais tak ada di rumah. Kata penjaga rumah, majikannya sedang di Jakarta. "Bapak sedang di Jakarta," kata dia.

Agus Sunandar yang menjadi kordinator lapangan ruwatan Amien Rais tak kecewa. Mereka tetap melaksanakan acara ruwatan meski Amien Rais nihil. "Kami hanya ingin meruwat, tak bermaksud bertemu Pak Amien," ucap Agus.

Agus dan rombongan Pemetri berharap, acara ruwatan yang diadakan siang hari bertepatan dengan kedatangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ke Yogyakarta itu bisa mengubah dan menyadarkan Amien Rais dan sengkuni-sengkuni politik lainya di Indonesia.


SUMBER




Quote:

Bawa sesajen, Warga Yogya Ruwat Amien Rais Karena Mirip Sengkuni


Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya



Paguyuban Masyarakat Tradisi (Pametri) Yogyakarta melakukan ruwatan terhadap Bekas Ketua MPR RI Amien Rais di depan rumahnya di Sawit Sari Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, Kamis (16/10). Mereka melakukan ruwatan kepada Amien Rais karena dinilai telah menjadi "Sengkuni" dalam politik Indonesia.

Laiknya sebuah upacara adat, para anggota Pametri mengenakan pakaian adat Jawa dan membawa sesaji seperti pisang setangkep, bunga setaman, kurungan manuk (sangkar burung) sebagai sesajen untuk mendoakan Amien di depan rumahnya.

Mbah Sukir yang memimpin upacara memulai dengan merapal doa dalam bahasa jawa sembari menyalakan dupa. "Semoga Bapak Amien Rais lepas dari Sandikolo dan kembali bersih. Semoga bangsa ini terhindar dari bencana dan segala hal yang tidak baik. Semoga rakyat Indonesia bisa sejahtera," ucapnya.

Setelah mengucapkan doa, Mbah Sukir menggunting bulu ayam hitam lalu mengurung ayam hitam tersebut dimasukkan ke dalam kurungan. Menurut dia pemotongan bulu ayam hitam tersebut melepaskan Sandikolo dari Amien Rais.

Setelah itu, Mbah Sukir mengambil ayam berbulu putih dan memanjatkan doa supaya Amien Rais menjadi manusia yang bersih dan menjadi negarawan yang baik.

"Ini ayam putih melambangkan kebersihan kesucian. Semoga Bapak Amien Rais kembali bersih dan menjadi negarawan yang baik," katanya.

Sementara itu, Koordinator Aksi, Sunanda, mengatakan upacara ruwatan Amien Rais dilakukan kerena mereka menilai Amien sebagai pejuang reformasi dan negarawan sudah melenceng. "Kami ke sini untuk meruwat Pak Amien Rais agar kembali bersih," ujarnya.


SUMBER



AMIN RASI jadi SENGKUNI emoticon-Matabelo emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Diubah oleh Mr.Josh.Ganteng
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 5
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
17-10-2014 18:48
Quote:Original Posted By pop.pop.duar


jujur gan, ane gagal paham. sori mayori.



ok, gan
ane maklum, kok emoticon-siul:
.
Quote:"isu korupsi, ketidakadilan & kemiskinan dijadikan alat memprovokasi rakyat mempersoalkan ideologi. pemuda harus melawan itu!" (mahfud md)
bersama kita bisa


0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
17-10-2014 18:55
pada heran ya koq warga jogja berani sperti ini ke amien rais? klo yang tinggal d jogja pasti sudah pada tau klo nama amien rais udah gak harum lagi, istilah kasarnya "udah gak laku" utk di jual (terbukti anaknya "GATOT" di Pilkada Jogja kmrn). Cuma di tingkat nasional/di jakarta yg masih beranggapan klo amien itu "master mind" di bidang politik... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
17-10-2014 19:17
gimana perasaan si aming ya emoticon-Big Grin
0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
17-10-2014 21:43
Jaman reformasi ane sangat mengharapkan Pak Amin Jadi presiden ....
Sampe ane bingung kok bisa2xnya Pak Amin ngga kepilih jadi presiden saat itu...
Makin kesini ane baru nyadar... ADA YANG LEBIH TAHU jadi apa kita2x ini...

Buat Pak Amin, Saatnya instropeksi... kalau emang niat Bapak baek.. iklaskan lah.. Allah akan membalas keiklasan bapak...

Untuk Anak2x Pak Amin dan orang terdekatnya.., Kalian semestinya malu..
Harusnya kalian berkaca waktu jamannya Pak Harto di turunkan... ## anak2x Pak Harto n orang2x terdekatnya tidak ada yg mengingatkan kalo pak Harto sudah kebablasan.. ###
Ini lah yg kalian ulangi skrg, Kalian orang2x terdekat Pak Amin tidak memberikan masukan yg baik... - Malah anaknya membela di medsos dengan surat terbuka .... #shameonu anak pak amin...

Saya sedih tokoh panutan saya bisa sampe bablas seperti ini.., mungkin pertanyan anaknya untuk Jokowi bisa di balikkan ke anaknya sendiri...

"Dari dalam hati kalian yg paling dalam" apakah Pak Amin Salah.. bila ngga jalan dari Jakarta-Jogya ?

Prihatin

0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
17-10-2014 22:07
Anjrit.. Junjungannya panasbung diruwat..
0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
17-10-2014 22:09
kalo diruwat sekalian ganti nama

Ngamien Rois
0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
17-10-2014 22:12
emoticon-Takut emoticon-Ngakak
0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
17-10-2014 22:23
dibikin acara begini berarti sebenernya masih bnyk yg percaya sama dia.. emoticon-Matabelo
0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
17-10-2014 22:26
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
17-10-2014 22:29
orang udah gila mana bisa diruwat emoticon-Big Grin
0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
17-10-2014 22:34
sumpah ane ngakak bener liat berita ini di tipi.
serius bener lagi tu yg ngeruwat. mudah2an emang segala penghuni segera keluar dari raga sengkuni.
0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
18-10-2014 22:21
Perlu dirukyah juga mahluk yang namanya amien rais
0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
18-10-2014 22:30
Warga Jogja mmg Top Markotop..
0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
20-06-2015 20:25
astagfirullah kong mimin diruwat warga jogja emoticon-Kagets
0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
21-06-2015 09:55
Semoga abis ini kong mimin di ruqiyah jg emoticon-Belo
0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
26-06-2015 21:01
Quote:Original Posted By BrandNewBoy
Well.....untuk mensucikan diri aming rais, harusnya diadakan upacara pengorbanan aming rais


apakah itu artinya aming rais harus di.... emoticon-Takut
0 0
0
Dinilai Jadi Sengkuni, Amien Rais Diruwat Warga Yogya
26-06-2015 21:05

Setuju ama nyang enih emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By l3p15
Jaman reformasi ane sangat mengharapkan Pak Amin Jadi presiden ....
Sampe ane bingung kok bisa2xnya Pak Amin ngga kepilih jadi presiden saat itu...
Makin kesini ane baru nyadar... ADA YANG LEBIH TAHU jadi apa kita2x ini...

Buat Pak Amin, Saatnya instropeksi... kalau emang niat Bapak baek.. iklaskan lah.. Allah akan membalas keiklasan bapak...

Untuk Anak2x Pak Amin dan orang terdekatnya.., Kalian semestinya malu..
Harusnya kalian berkaca waktu jamannya Pak Harto di turunkan... ## anak2x Pak Harto n orang2x terdekatnya tidak ada yg mengingatkan kalo pak Harto sudah kebablasan.. ###
Ini lah yg kalian ulangi skrg, Kalian orang2x terdekat Pak Amin tidak memberikan masukan yg baik... - Malah anaknya membela di medsos dengan surat terbuka .... #shameonu anak pak amin...

Saya sedih tokoh panutan saya bisa sampe bablas seperti ini.., mungkin pertanyan anaknya untuk Jokowi bisa di balikkan ke anaknya sendiri...

"Dari dalam hati kalian yg paling dalam" apakah Pak Amin Salah.. bila ngga jalan dari Jakarta-Jogya ?

Prihatin



0 0
0
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia