• Beranda
  • ...
  • Lampung
  • [Publish Your Region] Mereka Melestarikan Budaya Lampung Melalui Perangkat Lunak

surya.kubiwaAvatar border
TS
surya.kubiwa
[Publish Your Region] Mereka Melestarikan Budaya Lampung Melalui Perangkat Lunak
Bahasa daerah dan aksara (tulisan) daerah merupakan akar budaya yang secara khusus menuliskan ciri khas bahasa dan aksara daerah tertentu di Nusantara Indonesia termasuk didalamnya adalah bahasa dan aksara daerah Lampung. Namun karena semakin cepatnya perkembangan zaman dan perekonomian di dunia maka semakin sering pula orang-orang menggunakan bahasa yang dapat dan mudah dimengerti oleh orang lain untuk berkomunikasi sehingga secara perlahan orang-orang pribumi mulai menggunakan bahasa yang bersifat nasional maupun internasional yang semakin hari menggerus bahasa dan aksara daerah dan perlahan-lahan menghilang dan ditinggalkan oleh kaum mudanya.

Dikarenakan perlahan-lahan menghilang dan ditinggalkan, maka terdapat beberapa pemuda yang mempunyai kemampuan di bidang pemrograman perangkat lunak komputer di Provinsi Lampung yang berinisiatif melestarikan budaya Lampung tersebut melalui perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan pelestarian budaya daerah Lampung sehingga budaya Lampung tersebut tidak menghilang dan ditinggalkan oleh kaum muda Lampung pada khususnya dan penduduk yang bermukim di Lampung pada umumnya.


Berikut ini beberapa perangkat lunak yang telah siap digunakan yang bertujuan untuk melestarikan bahasa dan aksara Lampung :


Kamus Bahasa Indonesia - Bahasa Lampung (Beta.1.1)



Perangkat lunak "Kamus Bahasa Indonesia - Bahasa Lampung (beta.1.1)" karya surya kubiwa a.k.a Surya Chandra Eka Pradiptia ini merupakan perangkat lunak pertama tentang budaya bahasa Lampung yang dibuat untuk melestarikan bahasa Lampung yang siap digunakan sebagai media pembelajaran.

Perangkat lunak tentang kamus ini sudah dikembangkan sejak tahun 2009 oleh pemrogramnya dan baru dipublikasikan pada bulan Mei 2012 (tanggal berdasarkan posting blog pemrogram).

Penggunaan perangkat lunak ini cukup mudah bagi pengguna dan sudah mempunyai perbendaharaan kata yang sudah mencapai ribuan kata, dan perangkat lunak ini bebas di unduh dan digunakan oleh siapa pun tanpa harus berbayar.

Sumber

Software Aksara Lampung



Perangkat lunak "Software Aksara Lampung" karya Hery Fajar Isnawan ini merupakan perangkat lunak pertama tentang aksara Lampung yang dibuat untuk melestarikan aksara Lampung dan digunakan untuk mempelajari aksara Lampung.

Perangkat lunak ini merupakan pengembangan dari perangkat lunak sebelumnya yang pernah dibuat oleh pemrogram dan baru dipublikasikan pada bulan Februari 2012 (tanggal berdasarkan posting blog pemrogram). Perangkat lunak ini bebas untuk di unduh.

Sumber

Aksara PAD 1.0 beta



Perangkat lunak "Aksara PAD 1.0 beta" ini merupakan perangkat lunak sejenis dengan Software Aksara Lampung dan merupakan hasil karya dari Hery Fajar Isnawan juga. Kelebihan dari perangkat lunak ini adalah penggunaan Unicode Text yang dilengkapi dengan vKeyboard dan bersifat gratis serta portable sehingga memudahkan dalam menulis aksara Lampung.

Sumber

Siger Translator Ultimate



Siger Translator Ultimate merupakan perangkat lunak besutan dari Diggi Compusoft Lab's yang berbasis di Kotamadya Metro di Propinsi Lampung ini merupakan hasil karya dari Hery Fajar Isnawan dan tim pembuatnya yang fokus kepada penerjemahan bahasa Indonesia ke bahasa Lampung dan termasuk aksara Lampung.

Perangkat lunak "Siger Translator Ultimate" merupakan pengembangan dari 2 perangkat lunak sejenis sebelumnya yaitu "Software Kamus Bahasa Lampung - Indonesia" yang dikenalkan pada Juli 2012 dan "Software Translator Bahasa Lampung - Indonesia [2013]" yang dikenalkan pada Maret 2013 serta penggabungan dari perangkat lunak "Software Aksara Lampung" yang dibuat sebelumnya.

Sumber

Semoga dengan adanya perangkat lunak-perangkat lunak tersebut diatas dapat melestarikan budaya bahasa dan aksara Lampung yang semakin lama semakin dilupakan oleh kaum muda di Propinsi Lampung.
annlaska
oranduweid
aldi59
aldi59 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
6.2K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lampung
Lampung
icon
1.2KThread627Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.