• Beranda
  • ...
  • Sports
  • [KOMUNITAS] *SKYDIVING/Terjun Payung* ++Extreme Sport++

resha_skydiveAvatar border
TS
resha_skydive
[KOMUNITAS] *SKYDIVING/Terjun Payung* ++Extreme Sport++
*SKYDIVING/Terjun Payung*


Olahraga terjun payung merupakan cabang olah raga udara yang sangat digemari masyarakat karena sifatnya yang menantang. Sudah lama manusia ingin melakukan penerjunan, namun tidak dapat dilaksanakan karena pada waktu itu belum ada peralatan yang memadai. Baru pada tahun 1617, Fausto Veranzio menjadi manusia pertama yang melakukan penerjunan dari sebuah menara di Venesia, Italia dan mendarat dengan selamat mempergunakan alat yang mirip parasut. Sedangkan penerjunan dari suatu benda terbang, baru dapat dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tahun 1797, yaitu oleh Andre Jacques Garnerin di Paris, Perancis dari sebuah balon udara. Leslie Irvin yang diselamatkan oleh parasut dalam suatu kecelakaan di Inggris, merasa berhutang budi pada perlengkapan itu. Sejak peristiwa yang terjadi pada tahun 1919 itu, dia membaktikan seluruh sisa hidupnya untuk mengembangkan dan menyempurnakan teknologi dan sistem parasut.

Namun terjun payung sebagai suatu olahraga, baru diperkenalkan di Indonesia untuk pertama kali pada tahun 1962 oleh Mladen Milicevic (Mica), seorang Yugoslavia, yang pada waktu itu diperbantukan di Sekolah Para Komando TNI AD di Batujajar. Sejak itu, terjun payung berkembang menjadi sebuah olahraga yang semakin digemari. Perkumpulan terjun payung pertama adalah AVES didirikan di Bandung oleh para mahasiswa ITB bersama wartawan Trisnoyuwono pada tanggal 29 Juli 1969. Dan sejak itu olahraga terjun payung terus berkembang di seluruh tanah air. Pada tanggal17 Januari 1972, klub-klub terjun payung yang terdapat di Indonesia (62 klub) sepakat untuk bergabung dalam induk organisasi FASI.

Cabang olahraga inipun tak bisa terlepas dari kemajuan teknologi, yang mampu menciptakan peralatan-peralatan baru yang semakin hari semakin canggih. Penggunaan peralatan-peralatan baru tersebut oleh para atlet memungkinkan dilakukannya manuver-manuver baru di udara yang sulit dilakukan dengan peralatan jenis lama. Bahkan dengan menggunakan peralatan-peralatan baru tersebut mampu dipecahkan rekor-rekor baru dalam berbagai nomor perlombaan.




Cabang olahraga terjun payung memperlombakan berbagai nomor antara lain ketepatan mendarat, kerjasama di udara, kerjasama antar kanopi dan free style. Nomor-nomor lain adalah formation skydiving dan skysurfing. Jenis parasut yang digunakan dalam perlombaan terjun payung misalnya jenis DC-5 untuk ketepatan mendarat, PD-150 untuk kerjasama di udara. Prestasi tingkat nasional yang pernah dicapai adalah dalam kelas kerjasama di udara sebanyak 23 peterjun yang dibukukan di Bali disela-sela Kejuaraan Dunia Terjun Payung 1989.

Berbagai perlombaan cabang olahraga terjun payung yang pernah diselenggarakan baik tingkat nasional maupun internasional, meliputi:


1. Kejuaraan Terjun Payung Dunia XIII di Itali tahun 1976. Diikuti para peserta dari Amerika, Uni Sovyet, Jerman Timur, Polandia, Perancis, Bulgaria, Cekoslovakia, Kanada, Hungaria, Inggris, Finlandia, Swiss, Italia, Jerman Barat, Australia, Austria, Norwegia, Denmark, Afrika Selatan, Turki, Meksiko, Indonesia, Jepang, Belanda, Peru, Swedia, Panama, Chili.
2. Kejuaraan Terjun Payung Asean I di Bandung tanggal 3 - 16 Juli 1976, diikuti oleh Indonesia, Malaysia, Singapura, Muangthai, Philipina.
3. HUT KOPASSUS ke-45 tanggal 17 April 1977. Berhasil dilakukan pemecahan rekor Kerjasama Antar Parasut sebanyak 17 peterjun.
4. PON IX 24 Juli - 2 Agustus 1977 di Jakarta dengan peserta Sumut, DKI, DIY, Jabar, Jatim.
5. Kejuaraan Terjun Payung Asean II di Quezon City, Philipina tanggal13 Maret – 8 April 1979. Peserta: Indonesia, Malaysia, Singapura, Muangthai, Philipina.
6. Kejuaraan Terjun Payung Asean III di Seletar, Singapura tanggal 1 - 10 Pebruari 1979. Peserta: Indonesia, Singapura, Muangthai, Philipina.
7. Kejuaraan Terjun Payung Internasional di Ipoh, Malaysia tanggal 28 Juni - 5 Juli 1980. Peserta: Indonesia, Malaysia, Singapura, Muangthai, Philipina, Australia, Taiwan dan Selandia.
8. PON X 19-30 Desember 1981 di Bogor. Peserta: Sumut, DKI, DIY, Jabar, Jatim, Aceh, Jateng, Sulut.
9. Kejuaraan Terjun Payung Asean IV di Malaca, Malaysia tanggal 4 - 14 Juni 1981. Peserta : Indonesia, Malaysia, Singapura, Muangthai, Philipina, Brunei dan Taiwan.
10. Kejuaraan Antar Terjun Payung Perguruan Tinggi se Indonesia di Bandung tanggal 1 - 4 Agustus 1982. Peserta: 12 Perguruan Tinggi (Univ. Mahadira, UGM, UNS, Unbra, UKI, UPN, ITB, Unpad, Univ. Sam Ratulangi, Usakti, PTIK)
11. Kejuaraan Terjun Payung Asean V di Lephuri, Muangthai tanggal 30 Maret 10 April 1982. Peserta: Indonesia, Malaysia, Singapura, Muangthai, Philipina, Brunei, Cina dan Korea Selatan.
12. Kejuaraan Terjun Payung Malaysia Ter buka III di Malaca, Malaysia tanggal 11 - 21 Desember 1982.Peserta: Indone sia, Malaysia, Brunei, Singapura.
13. Kejuaraan Terjun Payung Malaysia Terbuka III di Malaca, Malaysia tanggal 30 Mei - 3 Juni 1983. Peserta: Indonesia, Malaysia, Hongkong, dan Singapura.
14. Kejuaraan Terjun Payung Asean VI di Bogor tanggal 5 - 12 Nopember 1983. Peserta: Indonesia, Malaysia, Brunei, Australia dan Internasional.
15. PON XI 1985. Peserta: DKI, DIY, Jabar, Jatim, Aceh, Jateng, Sulut, Sumsel, Kalbar, Sulsel.
16. Kejuaraan Terjun Payung Malaysia Terbuka di Malaca, Malaysia tanggal 20 28 September 1987. Peserta: Indonesia, Malaysia, Brunei, Muangthai, dan Singapura.
17. PON XII 1989. Peserta: DKI, DIY, Jabar, Jatim, Aceh, Jateng, Sulut, Sumsel, Kalbar, Sulsel.
18. Kejuaraan Dunia Terjun Payung 1991.
19. Elevation New Year Bali Boogie 2003, tanggal 28 Desember 2002 - 1 Januari 2003.
20. Internasional Open Parachuting Championship I, Manado 2005.
21. Internasional Open Parachuting Championship II, Manado 2007.
22. PON XVII 2008.
23. Indonesia Merdeka Open ASIANIA Parachuting Championship, Solo 2010.




emoticon-I Love Indonesia

emoticon-I Love Kaskus
0
134.2K
353
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.