Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
485
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/542f4bb4128b46dc468b4580/tradisi-tradisi-unik-jelang-idul-adha-di-indonesia
:selamat ALHAMDULILLAH HT KE-2 ANE :selamat HT 05/10/2014 Terimakasih buat Mimin, Momod, dan Kaskuser semuanya :D Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam KASKUSER semua, semoga dalam keadaan sehat semua :kisss Selamat datang di thread sederhana ane, semoga bisa bermanfaat buat agan-agan sekalian. Selamat membaca : Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia Perayaan Idul Adha tahun ini memang tida
Lapor Hansip
04-10-2014 08:21

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia

Past Hot Thread
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia


Quote:
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
emoticon-Selamat ALHAMDULILLAH HT KE-2 ANE emoticon-Selamat

Hot Thread


Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam KASKUSER semua, semoga dalam keadaan sehat semua emoticon-Kiss (S)
Selamat datang di thread sederhana ane, semoga bisa bermanfaat buat agan-agan sekalian. Selamat membaca :

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia

Quote:Perayaan Idul Adha tahun ini memang tidak serentak. Sebagian umat Islam di Indonesia ada yang sudah menggelar salat Idul Adha hari ini, misalnya anggota organisasi keagamaan Muhammadiyah dan organisasi keagamaan lainnya.

Namun sebagian besar umat baru menggelar salat Id pada Minggu (05/10), ini sesuai dengan hasil sidang isbat pemerintah serta pengikut organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama (NU).

Namun tulisan ini tidak membahas tentang perbedaan perayaan Idul Adha, melainkan tentang tradisi-tradisi unik masyarakat Indonesia menjelang bulan haji tersebut.

Berikut ini tradisi-tradisi unik jelang Idul Adha yang ada di Indonesia:

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
Quote:
Quote:
1. Tradisi Apitan warga Semarang

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
Image by Merdeka.com

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia

Menjelang Idul Adha, warga Kelurahan Sampangan, Kota Semarang, Jawa Tengah memiliki tradisi unik, yakni sedekah bumi Apitan dengan mengarak tumpeng dan hasil bumi di jalan raya. Tradisi ini berlangsung turun temurun sampai sekarang.

Tujuannya merupakan wujud ungkapan syukur kepada sang pencipta, Allah AWT atas limpahan rizki kepada warga. Bentuk syukur itu disimbolkan dengan arak-arakan hasil bumi yang disusun bertumpuk, misalnya; padi, cabe, terong, jagung, tomat dan lainnya.

Arak-arakan ini berujung di kantor kelurahan setempat. Di tempat ini prosesi tradisi Apitan selesai ditandai dengan pembacaan doa bagi keselamatan warga.

Di akhir acara, warga berebut gunungan hasil bumi yang baru saja selesai diarak. Warga percaya mendapatkan beraneka jenis hasil bumi yang baru saja diarak akan mendatangkan berkah.

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
Quote:
Quote:
2. Tradisi Manten Sapi di Pasuruan

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
Image by Merdeka.com

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia

Di Pasuruan, Jawa Timur, juga ada tradisi yang tidak kalah unik. Tradisi yang sudah turun temurun digelar saban menjelang Idul Adha ini biasa dilakukan warga Desa Wates Tani, Kecamatan Grati. Warga menyebutnya "Manten Sapi" atau pengantin sapi.

Tradisi ini digelar sehari menjelang Idul Adha dan merupakan cara warga setempat untuk menghormati hewan kurban yang akan disembelih. Layaknya mantenan atau pernikahan, sapi-sapi ini akan dirias secantik mungkin.

Sapi akan dikalungi hiasan bunga tujuh rupa agar terlihat cantik atau tampan layaknya pengantin. Tubuh mereka kemudian diselubungi kain putih. Setelah prosesi menghias selesai, sapi-sapi itu diarak ratusan warga menuju masjid untuk diserahkan ke panitia kurban.

Tak lupa pula, ratusan ibu-ibu pun juga meramaikan dengan membawa peralatan rumah tangga serta bumbu untuk persiapan saat penyembelihan sapi.

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
Quote:
Quote:
3. Tradisi jemur kasur di Banyuwangi

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
Image by Merdeka.com

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia

Di sebelah timur Pasuruan, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, juga ada tradisi unik jelang Idul Adha, yakni tradisi menjemur kasur. Tradisi ini digelar untuk menolak bala dan menjaga keharmonisan rumah tangga.

Tarian gandrung mengawali rangkaian tradisi jemur kasur yang setiap tahun digelar warga Desa Adat Using, Kemiren. Saban mendekati Idul Adha pada bulan Dzulhijjah warga setempat menggelar tradisi menjemur kasur secara masal.

Berbeda pada umumnya, kasur warga Using Kemiren ini seluruhnya berwarna hitam dan merah atau biasa disebut kasur gembil. Bagi warga setempat, kasur gembil mempunyai makna tersendiri, yaitu warna hitam melambangkan langgeng dan merah berarti berani.

Tradisi yang sudah ada sejak ratusan tahun ini selain untuk membersihkan kasur setelah selama setahun terakhir dipakai, juga untuk menghormati datangnya bulan haji.

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
Quote:
Quote:
4. Tradisi mudik warga Madura

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
Image by Merdeka.com

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia

Di Madura, Jawa Timur, tradisi unik adalah mudik atau pulang kampung menjelang Idul Adha. Bagi warga Pulau Garam, tradisi mudik memang bukan saat Idul Fitri seperti warga di tempat lain, melainkan menjelang Idul Adha.

Tradisi mudik menjelang Idul Adha ini nampak di Pelabuhan Perak di Surabaya dan di Jembatan Suramadu. Warga berjubel antre menyeberang di pelabuhan dan jembatan terpanjang di Indonesia itu.

Misalnya saat libur panjang Idul Adha tahun ini. Warga Madura yang berada di Surabaya dan sekitarnya memanfaatkan dengan pulang kampung dan merayakannya bersama keluarga. Pada Kamis (02/10) malam, ratusan bikers (pengendara sepeda motor) sudah memadati Jembatan Suramadu.

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
Quote:
Quote:
5. Grebeg Gunungan rayakan Idul Adha di Yogyakarta

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
Image by Merdeka.com

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia

Tradisi Grebeg Gunungan ini biasa digelar Keraton Yogyakarta setiap menjelang Idul Adha. Ritual tersebut sudah menjadi tradisi tahunan bagi kraton. Dengan dikawal prajurit dan dua ekor kuda, tiga buah gunungan grebeg diarak terlebih dahulu dari kraton melewati alun-alun utara menuju masjid.

Setelah dibacakan doa, tiga buah gunungan yang terdiri dari 1 gunungan lanang dan 2 gunungan putri tersebut diperebutkan oleh warga yang hadir. Konon katanya gunungan yang nantinya akan diperebutkan bisa mendatangkan berkah.

Adalah mbok Supiyem, warga Kota Gede yang sengaja datang ke grebeg bersama anaknya untuk mengikuti rayahan gunungan. Dia mengaku setiap tahun selalu mengikuti ritual tersebut. Namun baru kali ini dia berhasil mendapatkan berkat bantuan anaknya.

Berbeda dengan Mbok Supiyem, Nuraini, mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta yang ikut dalam rayahan mengatakan hanya sebatas ikut-ikutan saja. Dia dan dua orang temannya datang mengikuti grabeg gunungan semata-mata karena untuk mengisi liburan saja.

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
Quote:
Nah, di atas adalah beberapa tradisi menjelang Idul Adha yang ada di Indonesia emoticon-Big Grin

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia

Quote:
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia

Sumber

Cek Repost


Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia

Quote:Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia

Quote:
Sekian thread ane semoga bermanfaat emoticon-Kiss (S)

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
Diubah oleh smartprett
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 13 dari 25
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 17:39
Jemur kasur gan yang aneh
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 17:40
hrus dlestarikan budaya2 tsb. Biar ank cucu kita masih bisa merasakan atau mengalami tradisi tsb. selamat hri raya Aidil Adha untuk yg merayakan. emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 17:47
mudik itu emang jadi suatu kewajiban di indo ya gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 17:50
wah lumayan unik unik emoticon-thumbsup
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 17:53
Ane baru tau di Indonesia ada tradisi yg model nya begituan emoticon-Big Grin
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 17:53
yg tradisi jemur kasur aneh bgt tuh gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 17:55
Ribet amat yah gan
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 17:56
Dijawa semua yah
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 17:57
unik unik ye gan tradisinya, bangga ane jadi warga negara indonesia emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 17:57
Quote:Original Posted By marben


Wuihh saksi hidup langsung dr pasuruan nih gan..
Keren asli gan unik kota nya..
Sapi nya dirias dulu baru di potong , apa itu suatu makna dari penghormatan kpd kepala adat apa emang cuman tradisi turun temurun gan ?
Hanya ingin tahu gan, itung itung nambah wawasan saya emoticon-Salaman


setahu aku dulu waktu masih tinggal di sana, semacam penghargaan dan terima kasih kepada binatang yang dikurbankan, karena menjadi perantara untuk kita mendapatkan pahala dari Allah, dan karena nantinya akan menjadi kendaraan kita di surga. kira2 gitu gan.
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 18:00
Quote:Original Posted By NggakIngat


setahu aku dulu waktu masih tinggal di sana, semacam penghargaan dan terima kasih kepada binatang yang dikurbankan, karena menjadi perantara untuk kita mendapatkan pahala dari Allah, dan karena nantinya akan menjadi kendaraan kita di surga. kira2 gitu gan.


Oh berarti sama ya gan kayak pada umumnya.
Namun cara nya saja yang berbeda agar khas pada suatu daerah emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 18:02
klo di tempat ane malemnya sering pawai gan...
tapi sayangnya bikin macet gan... ga pada tertib
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 18:03
emoticon-Ngakak sapinya dirias dulu sebelum dikurbankan..
bagusnya suruh eksis dulu gan sebelum disembelih..
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 18:06
yang kayaknya ane baru denger tradisi jemur kasur tuh emoticon-Ngakak (S)
nice thread gan emoticon-thumbsup
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 18:07
mantap gan
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 18:12
Tadi ane liat di tipi ada kuga gan tradisi diambon.. Tapi ngeri liatnya, soalnya pada sikut2an gitu rebutan cium bendera..
Diubah oleh bajak.darat
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 18:26
Quote:Original Posted By biagunderson
emoticon-shakehand emang ga repost dav... coba liat jam pembuatan thread, dia duluan bikin, terus nyusul elu dah emoticon-Ngakak (S)


Eheheheeeee sengaja......Nguji Te'esnya, padahal beda beberapa menit doang emoticon-Big Grin

Selamat Hari Raya Idhul Qurban 1435 H.........emoticon-Selamat
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 18:27
Emang bener tu org mdura mudiknya pas idul adha. Tukang sate sbelah rumah aja lg mudik skrg ke madura...
0 0
0
Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
05-10-2014 18:40
Baru tau ane gan emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 13 dari 25
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia