Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1397
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5423e20f12e257a30a8b4569/permainan-anak-perempuan-zaman-dulu--aganwati-masuk
Mukaddimah Image courtesy of pendidikan4sejarah.blogspot.com Sebagai anak yang dilahirkan di zaman yang masih serba sederhana, masa kecil ane di Kampung bisa dikatakan sangat istimewa, ane men
Lapor Hansip
25-09-2014 16:36

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )

Past Hot Thread
[CENTER]Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )[/CENTER]
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )


Quote:

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )


Quote:
Quote:
Mukaddimah

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
Image courtesy of pendidikan4sejarah.blogspot.com

Quote:
Sebagai anak yang dilahirkan di zaman yang masih serba sederhana, masa kecil ane di Kampung bisa dikatakan sangat istimewa, ane menghabiskan waktu kecil dengan bermain-main bersama teman-teman, meskipun harus agak jauh dari rumah untuk bisa menemukan teman cowok (disekitar rumah ane cewek semua) tapi itu bukan sebuah halangan. Karena disekitar rumah ane banyak anak perempuan dan ane juga mempunyai kakak perempuan yang tidak terlalu jauh perbedaan umurnya, ane sering melihat mereka bermain, terkadang jika ane malas untuk pergi ke teman-teman, ane juga sering ikutan bermain, lucu juga jika mengingat itu semua. Dalam Thread sederhana kali ini ane akan sedikit membahas permainan yang sering dilakukan oleh anak perempuan waktu ane kecil, ane yakin di daerah lain anak-anak perempuan juga memainkannya.

Semoga thread sederhana ini bisa bermanfaat.

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )


Quote:
Anak Perempuan Zaman Dulu dan Mainannya


Quote:
Quote:
Bola Bekel

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
Image courtesy of padangmedia.com

Quote:
Permainan bola bekel menggunakan bola berwarna-warni yang terbuat dari karet atau bisa juga dengan menggunakan bola tennis, sedangkan bekelnya adalah kerang kecil atau bisa juga tutup botol atau yang paling sederhana adalah batu kerikil dengan bentuk dan besarnya sama. Permainan ini sering dimainkan secara bersama-sama, dulu ane sempat ikutan kakak perempuan ane memainkannya, bisa dikatakan ane lumayan mahir untuk ukuran seorang anak laki-laki emoticon-Big Grin

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )

Quote:
Quote:
Masak-masakan

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
Image courtesy of flower25.wordpress.com

Quote:
Anak perempuan di tahun 90-an pasti pernah main masak-masakan. Biasanya di pasar tradisional dijual berbagai mainan masak-masakan dari plastik dan warnanya aneka rupa, tidak hanya plastik, peralatan untuk bermain itu juga terbuat dari tanah liat, ada panci, wajan dan kompornya, piring, gelas dan peralatan dapur lainnya. Bahan makanan diambil dari daun-daun, biji-bijian dan bunga. Main masak-masakan biasanya berlanjut dengan pura-pura buka restoran, atau sekedar makan bersama.

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )

Quote:
Quote:
Main Boneka dan jadi Ibu-ibuan

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
Image courtesy of princessdija.blogspot.com

Quote:
Masa kecil anak 90-an tidak akan lengkap rasanya tanpa main boneka. Biasanya kita suka berperan sebagai ibu dan memiliki bayi. Yang paling terkenal adalah boneka bayi yang mirip bayi manusia, lalu dia akan menangis jika dotnya dilepas, tapi boneka yang lain juga banyak, meski masih sederhana dan modelnya juga terbatas.

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )

Quote:
Quote:
Congklak

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
Image courtesy of tempo.co

Quote:
Mainan ini punya nama yang berbeda di tiap daerah, tetapi cara bermain dan peraturannya hampir sama. Nama mainan ini adalah congklak atau ada juga yang menyebutnya dakon. Yang harus dilakukan adalah memindahkan keping bijian dalam setiap lubang hingga habis. Permainan ini hanya bisa dilakukan oleh dua orang, bijianya bisa bermacam-macam, biasanya dari kerang, kerikil dan sebagainya, Sebenarnya permainan ini bisa dimainkan oleh siapa saja, tidak peduli laki atau perempuan, namun yang umum ane lihat adalah kebanyakan yang memainkannya adalah anak perempuan.

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )

Quote:
Quote:
Main Lompat Tali atau Karet

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
Image courtesy of permata-nusantara.blogspot.com

Quote:
Ane sering melihat teman-teman perempuan ane waktu SD memainkan permainan ini saat jam istirahat sekolah, dimainkan secara bersama-sama, kadang ane dan teman ane suka iseng pengen ikutan, tapi selalu saja kalah, ntah mengapa, anak perempuan sangat mahir memainkannya. Peralatan utama yang dibutuhkan adalah tali atau karet gelang yang disambung-sambungkan, makanya permainan ini disebut main lompat tali atau karet.

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )

Quote:
Quote:
Bongkar Pasang

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
Image courtesy of tumblr.com

Quote:
Permainan Bongkar Pasang ini juga pasti pernah dilakukan oleh aganwati, Mainan ini terbuat dari kertas karton dengan model wanita cantik dan beberapa pakaian. Memainkannya mudah, tinggal memakaikan pakaian sesuai keinginan kita, bisa diganti sesuka hati, makanya diberi nama bongkar pasang, bisa dimainkan sendiri atau bersama teman-teman. Ane ingat, kakak perempuan ane sampai punya banyak koleksi karena dia paling suka main bongkar pasang ini.

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )

Quote:
Quote:
Engklek

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
Image courtesy of sooperbow.blogspot.com

Quote:
Nama permainan ini berbeda di tiap daerah, tetapi model dan cara bermainnya sama. Biasanya tanah dibentuk petak-petak, atau lantai digambar dengan kapur. Kemudian setiap anak harus melempar koin atau batu tipis yang sesuai urutan kotak. Anak yang mendapat giliran harus melompat-lompat dan melewati kotak dengan koin. Jika mengenai garis atau keluar dari kotak, maka gilirannya selesai. Sebenarnya permainan ini bisa dimainkan oleh siapa saja, tidak peduli laki atau perempuan, namun yang umum ane lihat adalah kebanyakan yang memainkannya adalah anak perempuan.

Quote:
SELAMAT HARI ANAK PEREMPUAN INTERNASIONAL
11 September 2014

Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )

Quote:


Quote:
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )

Hasil Pemikiran Sendiri


[CENTER]Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )[/CENTER]
Diubah oleh colot_nay
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 71
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
25-09-2014 22:08
jadi keinget dulu gan. ane pernah main masak-masakan sama anak cewek. nah, yang bikin ane ketawa, kenapa ane mau pura-pura makan ya? kan mending makan beneranemoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
25-09-2014 22:08
udah pernah semua gan emoticon-Stick Out Tongue
tiap hari main permainan yg diatas ga ada bosennya jadi kangen emoticon-Frown
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
25-09-2014 22:13
dulu ane maen dokter2an biar bisa meriksa nenen temen. hahahaha
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 07:13
Mainan anak perempuan tapi yang komen kebanyakan cowok dan mereka pernah memainkan itu semua, termasuk ane juga sih emoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 07:18
ane main bekel dulu sama anak perempuan gan ,,,
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 07:24
main petak umpet juga gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 07:31
Quote:Original Posted By ricard.parker
Mainan anak perempuan tapi yang komen kebanyakan cowok dan mereka pernah memainkan itu semua, termasuk ane juga sih emoticon-Ngakak


Masak ente aja gan ? ane juga dong emoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 07:44
Ane jg dulu sering main masak2an, padahal ane cowok, ya namanya jg masih bocah, mainan apapun ane cobain emoticon-Big Grin emoticon-Embarrassment
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 09:27
Quote:Original Posted By tokomapan
emoticon-Ngakak gw pernah masak2an ama adek cewek ane gan wkwkwk

wkwkwk bongkar pasang gambar boneka emoticon-Ngakak, sama engklek tuh gan walau pun banyak cewek yang main, tapi cowok juga banyak yang suka loh emoticon-Betty


termasuk ente juga dong gan emoticon-Betty emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By kangkung.rawa
anak ane masih tuh main boneka2an sama masak2an

bedanya kalau sekarang bonekanya lebih canggih
alat masak2annya juga lebih bagus dan mendekati aslinya emoticon-Ngakak



Udah mengalamai perkembangan yang wah gan emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By vickry0804
Mengingatkan ane pada masa kanak2 gan
ane demen banget tuh maen congklak dan bola bekel
pemaennya cewek semua, cuma ane yg cowok sendirian emoticon-Genit
emoticon-Rate 5 Star


Hahaha.. ternyata ente doyan juga maen itu emoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 09:33
ade ane main dokter dokteran gan.... emoticon-Malu (S)
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 09:37
Kadang2 cowok suka ikutan main tali gan. Waktu SD sih main bareng2 cowok dan cewek.
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 09:48
dulu sempet maen jg nih congklak, lompat tali sm bola bekel. Untung kembali beralih ke maen bola, kelreng sm perang-perangan ane, klo ga terancam maho emoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 09:58
Quote:Original Posted By gudangfilmbdg
dulu sempet maen jg nih congklak, lompat tali sm bola bekel. Untung kembali beralih ke maen bola, kelreng sm perang-perangan ane, klo ga terancam maho emoticon-Ngakak


PARAH kalo ampe keterusan gan emoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 10:13
Quote:Original Posted By byneo
kalau engklek atau lompat tali ane juga mainin juga om bukan cewk aja...


kan kebanyakan gan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By keretasenja08
kalo engklek ma lompat tali ane kadang bantu main kalo mereka kurang pemain.. plus pedekate ma temen cewek yg bening emoticon-Genit
kadang iseng ngerusuh.. wkwkwkwk emoticon-Big Grin
kalah mulu


Ada tujuan lain rupanya emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By likeanidiot
Udah gede malah mainannya terong dan timun emoticon-Cool


Appan itu gan ?? emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By 121171
buset dah emoticon-Matabelo bener semua gan emoticon-Ngakak itu permainan ane semua waktu kecil.. hoby banget main bola bekel,congklak,bongkar pasang juga,apalagi main ibu2an..haha sampe lupa ga ada bapaknye gan cuma jadi jandaaa anak satu emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Anak kecil mana faham janda emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By f4lea
di tmpat ane namnya tak tok untuk permainan engklek gan
ada juga lompat tali atai di sebut sentrengan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


beda daerah beda penyebutan kayaknya emoticon-Smilie
tapi peraturannya tidak jauh beda emoticon-I Love Kaskus (S)
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 10:26
ane cowo tapi pernah mainin itu semua, kecuali jadi ibu ibuan emoticon-Malu
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 10:27
yaelah gan, dulu juga ane maen lompat tali, ampe kopral kopral
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 10:50
ane waktu sd sering ngintipin anak cewe main loncat karet yang pake rok emoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 13:25
Quote:Original Posted By Hady458
walpun ane cowo tapi waktu kecil ane suka mainin smuanya gan sama temen2 cewe ane emoticon-Ngakak


asal jangan ikutan jadi cewek beneran aja gan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By laststranger
Dokter dokteran ga ada um emoticon-Malu (S)


Oh iya,, lupa emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By just.yee
ane maenin semua tu duluu..
masa2 yg menyenangkan emoticon-Ngakak


Kalo sekarang gmn gan ???

Quote:Original Posted By gondang170845
ane suka main tuh gan buat deketin/ godain cewek-cewek emoticon-Malu

tpi zaman udh berubah gan emoticon-Mewek


Ada niat tersembunyi emoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 13:56
Quote:Original Posted By Son.ofBeach
Engklek, lompat Karet, Masak2 kadang kalo ga ada temen cowo pasti ane ikut nimbrung maen emoticon-Big Grin
paling seru maen lompat Karet , dulu jago banget ane emoticon-Malu (S)


Kayak cewek dong ente gan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By LeviTata
walaupun mainan anak cewe,dulu ane masih kecil main juga gan emoticon-Big Grin
kayak lompat tali sama engklek emoticon-Ngakak (S)
eleh jadi nostalgia emoticon-Matabelo


Ada kenangan rupanya si agan ama permainan ini emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By bestplayer
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ITU BOLA BEKEL..
GEDE BANGET BOLANYA GAN emoticon-Ngakak


Kalo kecil namanya KELERENG gan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By costacurta19
ane paling suka buat rusuh kalo ada temen cewek ane maen masak-masakan gan emoticon-Ngakak


Di keroyok paling ente lari gan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By verdun
Temen temen ane dulu pada main bekel semua padahal cowo (ane juga) emoticon-Ngakak


Wee.... kok sama emoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Permainan Anak Perempuan Zaman Dulu ( Aganwati Masuk !!! )
26-09-2014 14:05
klo skr mah maen gajet emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 71
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia