Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
105
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53b87daf118b46e66d8b4579/tips-cara-memilih-kelamin-bayi-buat-yang-ingin-hamil
Thread pertama dari ane, agan/aganwati. Semoga bermanfaat. Cara Menentukan Jenis Kelamin Calon Bayi Apabila jenis kelamin calon bayi menjadi hal yang penting bagi Anda pasangan yang baru menikah atau bagi keluarga Anda, coba metode untuk merencanakan bayi perempuan atau lelaki. Ternyata merencanakan jenis kelamin bayi selalu menjadi topik populer para orang tua sejak zaman dahulu. Berbagai cara pu
Lapor Hansip
06-07-2014 05:35

[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.

Thread pertama dari ane, agan/aganwati.

Semoga bermanfaat.





Cara Menentukan Jenis Kelamin Calon Bayi


Apabila jenis kelamin calon bayi menjadi hal yang penting bagi Anda pasangan yang baru menikah atau bagi keluarga Anda, coba metode untuk merencanakan bayi perempuan atau lelaki.
Ternyata merencanakan jenis kelamin bayi selalu menjadi topik populer para orang tua sejak zaman dahulu. Berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkan anak sesuai dengan keinginan. Karena kebutuhan itu, teori-teori, metode, maupun mitos tentang perencanaan jenis kelamin ini berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Seperti apa perencanaan itu? Dr. Lastiko Bramantyo, Sp.OG dan Dr. Dicky Moch. Rizal, M.Kes., Sp.And. kepala laboratorium andrologi di klinik Infertilitas Permata Hati Yogyakarta mengulasnya untuk Anda.

Metode Alami
1. Metode Pengaturan Masa Pembuahan
Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa sperma pembawa kromosom Y (pembawa sel kelamin laki-laki) bergerak lebih cepat namun juga cepat mati dibandingkan sperma X (pembawa sel kelamin perempuan). Untuk menghasilkan kehamilan, kromosom pembawa sel kelamin itu harus bertemu sel telur yang matang sehingga terjadi pembuahan. Berdasarkan pengetahuan tersebut, dilakukanlah metode perencanaan jenis kelamin berdasarkan sifat sperma dan waktu pembuahan.
Menurut Dr. Lastiko Bramantyo, jika hubungan seksual dilakukan pada masa subur, dimana sel telur sudah matang, kemungkinan bayi yang akan lahir adalah bayi laki-laki. Sedangkan jika hubungan seksual terjadi di luar masa subur, maka kromosom X akan bertahan hingga sel telur matang dan terjadi pembuahan. Maka jika hubungan seksual dilakukan di luar masa subur maka anak yang akan dilahirkan kemungkinan besar perempuan.
Kendala utama metode ini adalah terjadi kesalahan perhitungan masa subur. Metode ini juga tidak cocok untuk calon ibu yang tidak memiliki siklus haid secara teratur.
Cara menghitung masa subur :
* Tandai kalender hari pertama haid Anda setiap bulan.
* Jika haid Anda rutin, maka masa subur adalah sekitar 14 hari setelah hari haid pertama
* Anda bisa memperkirakan masa subur dengan ciri-ciri diantaranya peningkatan suhu tubuh, mengentalnya lendir vagina, atau dengan memakai alat pendeteksi kesuburan yang bisa dibeli di apotek.

2. Pernah mendengar tentang diet? Diet ini mengharuskan pasangan suami istri banyak mengkonsumsi daging merah untuk meningkatkan jumlah kromosom Y (anak laki-laki). Sedangkan untuk mendapatkan anak perempuan, diet yang perlu dilakukan adalah diet vegetarian. Menurut dugaan, pasangan yang banyak makan sayur kebanyakan memiliki anak perempuan. Namun Dr. Lastiko tidak bisa menjamin teori ini benar karena katanya, “Banyak juga kan pasangan vegetarian yang memiliki anak lelaki?”
Pengaruh diet :
* Diet makanan menurut teori akan mempengaruhi pH tubuh. Sifat asam atau basa tubuh akan mempengaruhi kondisi saluran vagina dan kondisi sel telur. Kondisi inilah yang nantinya menentukan sperma dengan kromosom Y atau X yang bisa membuahi sel telur.

3. Astrologi
Inilah bukti bahwa pencarian jenis kelamin tertentu sudah menjadi isu dari masa lampau. Metode yang terkenal adalah metode kalender China. Kalender ini dipercaya 99% akurat untuk dipakai menentukan jenis kelamin bayi. Kalender ini ditemukan terkubur dalam sebuah makam di sebuah pemakaman Beijing 700 tahun lalu. Sekarang, kalender ini disimpan di Institute of Science di Beijing.
Umur versus Bulan konsepsi :
* Perhatikan gambar dibawah ini. Temukan kolom usia (age), ini adalah usia Anda saat melahirkan dan bulan saat konsepsi atau pembuahan terjadi. Lihat di dalam tabel, apakah anak perempuan (F) atau laki-laki (M) yang akan Anda lahirkan nantinya. (Source gambar : webwomb.com/chinesechart.htm)



4. Posisi Seks
Jika ingin memiliki anak perempuan, posisi hubungan seks yang tepat adalah posisi berdiri. Dengan posisi ini penetrasi penis tidak bisa terlalu dalam sehingga hanya sperma X saja yang bisa mencapai sel telur matang sementara sperma Y yang tidak bisa bertahan hidup lebih lama daripada sperma X, akan mati.
Sebaliknya, jika ingin memiliki anak laki-laki, penis harus sangat dalam sehingga sperma Y bisa langsung mendekati sel telur dan membuahinya. Dengan penetrasi yang sangat dalam itu juga akan mengantarkan sprema Y melewati suasana saluran vagina yang asam sehingga sperma bisa bertahan hidup.

5. Metode Asam Basa
Metode asam basa diperkenalkan setelah penelitian mengenai sifat sperma semakin maju. Para ahli kemudian mengetahui bahwa sperma Y bisa bertahan di lingkungan bersifat asam sedangkan sperma X hidup di lingkungan basa. Maka, jika ingin memiliki anak laki-laki, dianjurkan untuk membasuh vagina dengan cairan asam cuka sebelum berhubungan seks. Sementara jika ingin anak perempuan, basuh vagina dengan larutan asam borat atau sodium bikarbonat sebelum berhubungan.
Larutan Berkhasiat :
* Formula larutan asam atau basa ini bisa Anda buat sendiri di rumah.
o Ramuan larutan asam: larutkan dua sendok asam cuka dengan satu liter air, basuh vagina untuk membuat suasananya menjadi asam.
o Ramuan larutan basa: larutkan dua sendok sodium bikarbonat ke dalam satu liter air. Basuh vagina sebelum berhubungan seksual. Meski metode ini bisa Anda coba dan Anda kombinasikan dengan metode lain, Dr. Lastiko mengatakan bahwa, “Metode ini belum terbukti tingkat keberhasilannya. Karena dari riset kecil yang saya lakukan, dari 100 pasien yang mencoba tidak satu pun yang menyatakan ini berhasil.”

Metode Invasif
1. Inseminasi Buatan
Inseminasi buatan adalah proses pembuahan dengan cara melalui alat khusus yang menyuntikkan sperma pilihan langsung ke sel telur yang sudah matang. Inseminasi buatan ini harus didahului dengan proses pemilahan sperma X dan Y oleh ahli andrologi.
“Sperma X dan Y memiliki sifat berbeda karena itu dapat dipisahkan dengan cara yang sederhana. Setelah dipisahkan, dilakukan inseminasi sperma pilihan X atau Y itu ke rahim ibu,” jelas Dr. Dicky Moch. Rizal.
Pemisahan dilakukan dengan cara mengamati kecepatan berenang sperma dan ukuran fisik sperma. Teknik pemisahan swim up (meneliti kecepatan renang sperma) dapat memperoleh sperma Y dan teknik preparasi gradien (pemilahan sperma berdasarkan bentuk) untuk mendapatkan sperma X. “Ketepatan metode ini 50-70%,” kata Dr. Dicky.
Mencari yang Sehat:
* Analisa sperma sangatlah diperlukan untuk kesuksesan metode inseminasi buatan ini. Sekali ejakulasi, seorang pria bisa mengeluarkan sebanyak 20-120 juta sperma atau kira-kira 5 ml cairan sperma. Sperma-sperma itu tidak semuanya normal dan sehat. Sperma yang jutaan itu ada yang mati, loyo, atau bentuknya abnormal. Sperma yang tidak berkualitas baik itu tidak bisa dipilih untuk proses inseminasi lanjutan. Jadi, androlog akan menguji sperma. Hanya yang terbaiklah yang akan disuntikkan.

2. Preimplantation Genetic Diagnose (PGD)
Jika ingin kepastian 100% jenis kelamin pilihan yang didapat, Dr. Dicky menyarankan untuk program bayi tabung. Program ini memakai metode FISH (Fluorescence In Situ Hybridization) untuk memisahkan sperma X dan Y. metode penyaringan ini juga dapat memastikan sperma yang sehat dan tidak sehat. Setelah ditemukan sperma yang dibutuhkan, langkah berikutnya ialah Preimplantation Genetic Diagnose (PGD).
PGD diawali dengan tindakan pembuahan sperma yang sehat di luar rahim (in vitro fertilization). Setelah pembuahan, dokter akan menyeleksi bakal embrio untuk ditanamkan di dalam rahim. Karena proses seleksi berlapis itu hanya embrio yang benar-benar unggulan lah yang akan ditanam di dalam rahim. Jadi, jenis kelamin dan kesehatan calon bayi bisa didapat dengan ketepatan maksimal.
Metode PGD ini juga lebih diutamakan untuk pasangan yang memiliki kecenderungan kelainan genetik tertentu yang terkait dengan jenis kelamin. Misalnya memiliki keturunan Thallasemia yang dominan dialami anak laki-laki, sehingga sebaiknya sperma Y tidak dipilih.
Pendampingan Mental:
* Perlukah pendampingan mental untuk calon orang tua yang berniat melakukan perencanaan jenis kelamin? Menurut Dr. Dicky, pendampingan mental perlu untuk mengatasi masalah psikologis jika keinginan yang sudah direncanakan tidak berjalan semestinya. Dokter memang akan berusaha semaksimal mungkin namun segala kemungkinan bisa terjadi, termasuk kegagalan metode. “Memang sikap mental yang baik harus disiapkan agar kekecewaan tidak menjadi stres atau depresi,” kata Dr. Dicky. Jadi, apapun metodenya, kesiapan mental adalah yang utama harus Anda lakukan. Siapkah Anda menerimanya?


Sumber



Ada sumber lain yang juga sangat berguna

Test pack Yg Sangat EFEKTIF Untuk perencanaan jenis kelamin bayi

Ditunggu gan/aganwati komennya.
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Penutup dari ane,

Apapun usaha manusia, untuk memilih jenis kelamin anaknya,
yang mengisi nyawa, dan yang menentukan hasil akhirnya pastilah Allah SWT
Jadi, yah usaha aja.
Lumayan buat Masa depan



emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Bookmark + reply

Biar nggak nyesel
Diubah oleh tripanmas
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
09-09-2014 07:31
Quote:Original Posted By tripanmas
sepertinya beberapa tanggapannya, positif

jadi selamat mencoba deh!

emoticon-Ngakakemoticon-Kissemoticon-Ngakakemoticon-Kiss

Ucapkan kata-kata positif, apa yang baik dan enak didengar ada padamu. emoticon-Wink
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
22-09-2014 04:25
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
udah tau dari dulu.
waktu pbuahan memanb berpengaruh, karena kecepatan sperma x dan y itu beda emoticon-Cool


ane malah baru tau emoticon-Malu
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
22-09-2014 05:22
pgn anak cwe 2orang biar kelakuan bapaknya jadi kalem2 ayam kate ..
emoticon-Ngakak
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
22-09-2014 06:26
tinggalin jejak dlu gann
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
22-09-2014 07:25
Buat modal kl udh nikah emoticon-Kimpoi
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
22-09-2014 15:01
wuih penjelasanya detail gan, btw ijin bookmark ya gan,
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
23-09-2014 04:03
Ane lagi program nih gan, ane baru nikah bulan Juni 2014. Pengennya sih punya anak pertama cowok, tapi kalau Allah berkehendak lain ya Alhamdulillah emoticon-Smilie
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
25-09-2014 06:49
Lebaran haji

=

Musim kimpoi
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
25-09-2014 09:31
kalo mau kembar gmna gan?
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
25-09-2014 09:38
menurut teori ane sih,
kalo mainnya lama anaknya cewe, kalo mainnya bentar anaknya cowo....

silahkan dibuktikan gan emoticon-Embarrassment

0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
25-09-2014 09:54
untuk poin 2 Ane pernah denger dari temen ane yang kuliah di jurusan DNA atau apa gitu.

Katanya emang KEMUNGKINAN BESAR, bisa seperti itu.

Tapi kalau Tuhan Berkata lain, ya harus diterima gan.
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
25-09-2014 10:29
jangan dalem2 gan waktu nyemprot nya cukup di ujung aja itu pasti hasil nya anak??? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
25-09-2014 12:33
good info emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
25-09-2014 12:41
baca dulu gan masih bingung emoticon-Confused

0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
25-09-2014 13:30
yah belum nikah jadi belum bisa praktek emoticon-Malu
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
25-09-2014 13:44
wah ada yg ngringkas d page one...

ane c tw nya d suntik serum gt gan...
ane cukup bnyk pny tmn anak kesehatan..
hahahahah
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
25-09-2014 14:24
kudu ninggalin jejak buat nanti emoticon-Paw
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
26-09-2014 09:28
kalo ane mah yg penting di kasih rejeki anak
laki ato perempuan sama aja
y meskipun ane belum nikah.
yg pnting syukur aja dah.
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
01-10-2014 08:23
emoticon-Matabelo
0 0
0
[Tips] Cara memilih Kelamin Bayi, Buat Yang Ingin Hamil.
01-10-2014 08:35
Braaayy klo anak kembar bijimane . . . emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia