Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
3151
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5420d74d0e8b46956400000e/ini-penjelasan-jawaban-matematika-anak-sd-yang-menghebohkan-dunia-maya
Ternyata HT gan Terima Kasih Semuanya :matabelo Jagat dunia maya kembali heboh dengan postingan salah seorang netizen yang mempertanyakan penililaian guru SD terhadap muridnya. Menurut gambar yang d
Lapor Hansip
23-09-2014 09:13

Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya

Past Hot Thread
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
Ternyata HT gan
Terima Kasih Semuanya
emoticon-Matabelo

Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya

Jagat dunia maya kembali heboh dengan postingan salah seorang netizen yang mempertanyakan penililaian guru SD terhadap muridnya. Menurut gambar yang dipos, mereka mempermasalahkan mengapa jawaban adiknya salah. 3x4=12 sama juga 4x3=12. Namun kedua hal tersebut memilika makna fisi yang berbeda.

Keduanya adalah model matematis yang kasusnya berbeda. Konsekuensinya bisa berbeda juga. Misalnya, Budi dan Adi sama-sama memetik jambu yang jumlahnya sama, 12. Karena Budi lebih kuat, ia membawa 4 jambu sebanyak 3 kali, secara matematis ditulis 3 x 4. Tetapi Adi yang badannya lebih kecil, hanya mampu membawa 3 jambu sebanyak 4 kali, model matematisnya 4 x 3. Jadi, 4 + 4 + 4 = 3 x 4, berbeda konsepnya dengan 3 + 3 + 3 + 3 = 4 x 3, walau hasilnya sama 12.

Dan ternyata materi tersebut sudah diajarkan di Sekolah Dasar.

Berikut gambar salah satu halaman di buku pelajaran matematika Sekolah Dasar.
Bukunya


SUMBER GAN!



Ini Beda antara 4 x 6 dan 6 x 4 Menurut Profesor Lapan


Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya

KOMPAS.com — Urusan pekerjaan rumah seorang siswa menjadi perdebatan menarik di media sosial. 4+4+4+4+4+4, bila dinyatakan dalam perkalian, 6 x 4 atau 4 x 6?

Banyak yang berpendapat bahwa mengekspresikan 4+4+4+4+4+4 dalam perkalian menjadi 6 x 4 atau 4 x 6 sama saja. Toh hasilnya sama, begitu logikanya. Sebagian menganggapnya sebagai kebebasan bernalar.

Namun, profesor astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, mengatakan, antara 4 x 6 dan 6 x 4 memang berbeda.

"Samakah 4 x 6 dan 6 x 4? Hasilnya sama, 24, tetapi logikanya berbeda. Itu adalah model matematis yang kasusnya berbeda. Konsekuensinya bisa berbeda juga," urai Thomas dalam akun Facebook-nya, Senin (22/9/2014).

Thomas menerangkan perbedaan 6 x 4 dengan 4 x 6 lewat sebuah soal cerita.

"Ahmad dan Ali harus memindahkan bata yang jumlahnya sama, 24. Karena Ahmad lebih kuat, ia membawa 6 bata sebanyak 4 kali, secara matematis ditulis 4 x 6. Tetapi, Ali yang badannya lebih kecil, hanya mampu membawa 4 bata sebanyak 6 kali, model matematisnya 6 x 4. Jadi, 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 6 x 4, berbeda konsepnya dengan 6 + 6 + 6 + 6 = 4 x 6, walau hasilnya sama 24," terang Thomas.

Lewat kasus ini, Thomas mengajak semua kalangan untuk memahami Matematika dengan logika, bukan menjadi generasi "kalkulator" yang sekadar tahu hasil.

"Dengan kemampuan berlogika, suatu kasus bisa dimodelkan dengan rumusan matematis sehingga mudah dipecahkan," ungkap Thomas.

sumber

Ini Beda antara 4 x 6 dan 6 x 4 Menurut Profesor Hendra Gunawan Dosen Matematika ITB

Anak Kelas 2 SD diminta mengerjakan soal penjumlahan berulang dengan cara menuliskannya terlebih dahulu sebagai bentuk perkalian, sebelum menuliskan jawabannya. Si anak menulis:
4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 4 x 6= 24
.
Oleh gurunya, ia disalahkan. Gurunya menulis bahwa penjumlahan berulang tersebut seharusnya adalah 6 x 4, bukan 4 x 6.

Ada beberapa isu di sini. Pertama, apakah anak Kelas 2 SD memang sudah waktunya diajak “bermain” dengan DEFINISI? Menurut saya, sang guru over acting bila secara sadar ia sudah menuntut anak bekerja dengan definisi (yang ketat pula). Kedua, yang namanya definisi itu kesepakatan. Anak Kelas 2 SD, yang masih berpikir dalam tahap konkrit, diajak bersepakat tentang sesuatu yang baru akan ia pelajari dengan guru, manusia dewasa, yang sudah bisa berpikir abstrak? Bijak kah? Lagi pula, dalam matematika, definisi tidak harus unik. Beberapa
definisi (yang setara) bisa dibuat untuk satu hal yang sama.

Ketiga, masalah penyajian soal. Penjumlahan berulang memang diajarkan lebih dahulu daripadaperkalian. Namun, soal di atas jelas memperlihatkan bahwa perkalian dianggap sebagai “singkatan” dari penjumlahan berulang. Padahal, penjumlahan berulang bisa dipandang sebagai metode atau cara untuk menyelesaikan persoalan perkalian. Karena itulah, sebelum belajar perkalian, penjumlahan berulang diperkenalkan terlebih dahulu. Tujuannya, ketika anak belajar perkalian, senjatanya sudah ada.

Dalam konteks ini, guru seyogianya memulai dengan soal perkalian, lalu meminta anak untuk menyelesaikannya dengan menggunakan penjumlahan berulang. Soal perkalian seperti apa? Soal alami perkalian adalah soal luas daerah persegi panjang. Tetapi, untuk anak Kelas 2 SD, tentu guru harus memilihkan soal yang cukup konkrit buat anak. Sebagai contoh, mintalah anak menghitung banyak ubin pada lantai, yang terdiri dari 4 baris, masing-masing baris terdiri dari 6 ubin.

Bagaimana anak menghitungnya? Ingat, anak sudah diajarkan penjumlahan berulang sebelumnya. Dalam hal ini, anak bisa menghitungnya baris per baris: 6 + 6 + 6 + 6 = 24. Tetapi, ini bukan satu-satunya cara. Anak juga bisa menghitung “kolom per kolom”: 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4= 24. Bahkan, anak yang belum mantap dengan penjumlahan berulang bisa juga mencacah ubin tsb: 1 + 1 + ... + 1 = 24. Semuanya benar.

Guru kemudian memberi soal serupa, misalnya: Ada 3 baris ubin, masing-
masing terdiri dari 9 ubin. Berapa ubin semuanya? Setelah cukup bermaindengan ubin; guru pindah ke papan tulis, dan menulis (misalnya): Ini adalah 4 x 6.
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya

Bagaimana menghitungnya? Berdasarkan permainan dengan ubin sebelumnya, 4 x 6 dapat dihitung baris per baris sebagai 6 + 6 + 6 + 6 atau kolom per kolom sebagai 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4. Mau pilih yang mana?

Kalau ada anak yang bertanya, “Bu.. kalau saya anggap itu 6 x 4, boleh ngga?” Kenapa tidak, nak? Kalau kamu anggap 6 x 4, memangnya bagaimana kamu akan menghitungnya? Bisa baris per baris, 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4, atau kolom per kolom 6 + 6 + 6 + 6, ya ‘kan? Di sini, baris bertukar dengan kolom. Tapi angka-angkanya itu-itu juga.

Jadi berapa 4 x 6? 24. Berapa 6 x 4? 24 juga. Nah, dalam perkalian, 4 x 6 = 6 x 4, ya anak-anak! Sifat yang serupa juga kita temui dalam penjumlahan: 5 + 7 = 7 + 5. Tapi jangan berpikir semua operasi bisa dibolak-balik loh: 4–2 tidak sama dengan 2–4. Hati-hati ya!

Sumber Gan
Diubah oleh i338a28
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.4K Anggota • 906.2K Threads
Halaman 93 dari 161
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:37
Quote:Original Posted By 666th


wkwk kesel gue baca komen di atas ini sok sokan

menurut penglihatan ane
si guru tuh mau menerapkan cara perkalian dengan mudah

kenapa disebut mudah? karena si guru menerapkan jumlah yang di hitung agar di tulis terlebih dahulu (anak kecil kan suka lupa) lalu dikalikan dengan angka yang tertera (udah terlihat jelas)

Singkat cerita:
menghitung jumlah angka = berapa, lalu di kalikan dengan angka yang tertera

INTI PERMASALAHAN :

Taaaapi ini guru emang harusnya lebih rajin lagi dalam mengkoreksi dan memberikan saran atas apa yang salah dan harus bagaimana..

Kalo asal jubrat jebret kasih nilai tanpa penjelasan, orang yang ngebantu pasti langsung emosi dan mengapa nilainya begitu

Satu lagi, ada kesalahan si anak juga sepertinya,
dia dimungkinkan tidak memerhatikan apa yang guru jelaskan dan langsung minta bantuan sang kaka dan sang kaka mengerjakan dengan mudah karena sudah paham "apa sih matematika seperti itu" tanpa penjelasan dari sang adik.







Setuju bangetttt.. Justru ini mempermudah murid agar lbh gampang (y)
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:37
Quote:Original Posted By bahru
kepala ane mbleduk gan...emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)


otak ente sempit kali gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:38
tapi bener juga gan, kalo ane setuju sih sama penilaian proses...

memang hasil adalah orientasi, namun proses merupakan salah satu tindak kedisiplinan dalam berilmu..

:nooffsense:
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:38
Quote:Original Posted By nazua
2 x 3 = 4 + 2

emoticon-Ngakak


shahih secara matematika gan, gak terbantahkan dimanapun juga
emoticon-Cool
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:38
Kalo menurut ane sih, gurunya yg salah. Anak sd ngak perlu diajarin aneh2, emangnya mo bikin nuklir. Ane mah simple2 aja, pentingan mana, dapat hasil akhir, ato sampe mikirin konsep yang terbalik?mungkin ane bukan peneliti ato prof, tp bagi ane 6x4 sama 4x6 hasilnya sama. Yg penting untuk apa penerapkannya, kalo untuk dagang sama blanja, ato hitung disc, ngak ngaruh. Kalo buat aturan makan obat, baru ngaruh tuh dibolak balik, ato yang berhubungan dengan kimia.
Diubah oleh dsal26
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:39
Jadi inget waktu ane msh SMP gan, ane ngerjain tuh soal matematik hasilnya seh bener tpi caranya salah tetep aja jawaban ane salah. emoticon-No Hope
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:39
kasusnya sama dengan anak saya yg sekarang kelas 3. awalnya saya juga mau komplain ke gurunya karena perkalian terbalik disalahkan. untungnya, sebelum komplain saya sempatkan buka buku pelajaran dan catatannya. ternyata memang konsep perkalian yg diajarkan seperti itu, dan sudah dilatih berkali2. saya bukan ahli matematika, tapi saya yakin konsep dasar yang benar itu penting. nyatanya setelah itu anak saya sudah ndak kebalik2 perkaliannya.
bila masih ragu silakan buka buku pelajaran ttg ini. kelas 2 sd. menurut saya penjelasannya runtut dan jelas.
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:39
idem gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:39
Quote:Original Posted By abyann
SD=Sekolah DASAR
kok malah diajarin yang repotemoticon-Cape d... (S)
Kurikulum 2013 ini untuk SD kayanya kurang cocok deh


mungkin kalau dasarnya udah bisa bararti slanjutnya makin hebat dong gan



#optimis emoticon-Cool
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:39
Quote:Original Posted By 666th


wkwk kesel gue baca komen di atas ini sok sokan

menurut penglihatan ane
si guru tuh mau menerapkan cara perkalian dengan mudah

kenapa disebut mudah? karena si guru menerapkan jumlah yang di hitung agar di tulis terlebih dahulu (anak kecil kan suka lupa) lalu dikalikan dengan angka yang tertera (udah terlihat jelas)

Singkat cerita:
menghitung jumlah angka = berapa, lalu di kalikan dengan angka yang tertera

INTI PERMASALAHAN :

Taaaapi ini guru emang harusnya lebih rajin lagi dalam mengkoreksi dan memberikan saran atas apa yang salah dan harus bagaimana..

Kalo asal jubrat jebret kasih nilai tanpa penjelasan, orang yang ngebantu pasti langsung emosi dan mengapa nilainya begitu

Satu lagi, ada kesalahan si anak juga sepertinya,
dia dimungkinkan tidak memerhatikan apa yang guru jelaskan dan langsung minta bantuan sang kaka dan sang kaka mengerjakan dengan mudah karena sudah paham "apa sih matematika seperti itu" tanpa penjelasan dari sang adik.







Coba lu tonton film 3 idiot. Keknya prof nya mirip elu deh.

Thinking inside the box
Text book
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:40
Quote:Original Posted By wandyu12nk

Gini nih kalo macam robot.
Otaknya ga kreatif. Teks book


Daritadi ane liat,kok ente sensi bener balesin komeng yang ga sependapat ama elo?
Jangan" ente kakak nya ya? emoticon-Ngakak
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:40
lieur.....
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:40
klo ane sih anak sd diajarin mengerjakan mtk dgn logika dan definisi blm nyampek. tp klo emang untuk membuat pola pikir yg lebih matang drpd anak SD jaman dulu ane setuju aja...
yang penting si anak kagak disalah2in, tp diberi penjelasan yang benar itu seperti ini.
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:41
Quote:Original Posted By swifties.


Daritadi ane liat,kok ente sensi bener balesin komeng yang ga sependapat ama elo?
Jangan" ente kakak nya ya? emoticon-Ngakak


GW sebel ma orang orang yg otaknya dah dipenuhin perhitungan ala orang orang kapitalis
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:41
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
jadi sebenarnya pada kasus diatas itu yg bener gimana gan, guru atau mahasiswa itu. ?

kalau mahasiswa itu bilang proses gak penting, yh penting adalah hasilnya. ane kok gak setuju.

======================================

Guru kencing berdiri, murid kencing berlari !
gak kebayang emoticon-Nohope


Yoi Gan,
Gurunya tidak salah, begini penjelasannya:
makan + makan + makan = 3 x makan, dibaca tiga kali makan (makannya 3 kali)
lompat + lompat + lompat + lompat = 4 x lompat, dibaca empat kali lompat (lompatnya 4 kali)
Jika dibalik artinya akan berbeda
contoh: 7 + 7 + 7 = 3 x 7 (tujuhnya ada 3 kali), jika 7 x 3, artinya tiganya ada sebanyak tujuh kali

Minum obat 3 x 2 sendok, berarti (dua sendok diminum sebanyak 3 kali dalam sehari), tidak boleh dibalik karena memiliki logika pemikiran akan berbeda. Demikian penjelasannya. Saya bukan guru, tetapi beginilah cara saya menjelaskan sesuai logika pemikiran. Mudah-mudahan bisa diterima.
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:41
kalo dari logika d atas berarti foto itu bukan 3x4 ato 4x6 y? harus nya 4x3 dan 6x4?
0 0
0
Post ini telah dihapus
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:42
Quote:Original Posted By drzfruit
tapi bener juga gan, kalo ane setuju sih sama penilaian proses...

memang hasil adalah orientasi, namun proses merupakan salah satu tindak kedisiplinan dalam berilmu..

:nooffsense:


vicky prasetyo ya gan ? emoticon-Ngakak
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:42
kyk minum obat gan emoticon-Cendol (S)

3 x 1 = 1 hari minum 3 kali = 1+ 1 + 1 = pagi + siang + sore = sembuh emoticon-Cendol (S)

apa mau di samain?

1 x 3 = 1 hari minum 3 kali = 3 = 1 waktu langsung minum 3 obat skaligus = overdosis emoticon-Hammer = mati emoticon-Berduka (S)

hasilnya berkebalikan lho...

bener gurunya gan... emoticon-Cendol (S)
Itu kakaknya gk tau kali tugasnya suruh membuat model matematika nya bukan jawaban pasti nya emoticon-Cape d...
yg bikin ane heran knp hal kyk gni aje jadi pada heboh emoticon-Cape d...
0 0
0
Ini Penjelasan Jawaban Matematika Anak SD yang Menghebohkan Dunia Maya
23-09-2014 19:42
Seinget saya kalo perkalian tuh ada sifat komutatif (Pelajaran SD), untuk dasar sih kayanya sah-sah aja. Tapi mungkin di pendidikan yang lebih lanjut berbeda.
0 0
0
Halaman 93 dari 161
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia