News
Batal
KATEGORI
link has been copied
2558
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/541eb1ef12e2578f1b8b4567/kakak-siswa-ini-protes-pr-adiknya-disalahkan-guru-matematika-karena-tak-sesuai-rumus
Maaf ya sumbernya dari facebook :Yb Sama seperti berita harga makan mahal di Anyer kemarin yang bermula dari facebook, cuma yang ini belum ada di website berita :D Jadi saya capture saja post facebooknya di sini :o Nanti kalau sudah ada beritanya segera ane tambahkan :) Berita telat nyampe :ngacir: MERDEKA.COM. Pekerjaan rumah matematika seorang anak Sekolah Dasar mendadak heboh di jejaring sosial
Lapor Hansip
21-09-2014 18:09

Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.

Maaf ya sumbernya dari facebook emoticon-Blue Guy Peace

Sama seperti berita harga makan mahal di Anyer kemarin yang bermula dari facebook, cuma yang ini belum ada di website berita emoticon-Big Grin

Jadi saya capture saja post facebooknya di sini emoticon-Embarrassment

Nanti kalau sudah ada beritanya segera ane tambahkan emoticon-Smilie


Berita telat nyampe emoticon-Ngacir
BERITANYAH

Quote:

Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.

Facebook-nya

Anak Indonesia sejak SD sudah dipaksa mengikuti rumus. Semua harus seragam... Nanti kalau sudah masuk bangku kuliah, baru bisa mengambil jalan sendiri emoticon-Big Grin


Testi orang tua yg anaknya mengalami kasus serupa:
Quote:Original Posted By capslock.id
Mohon maaf, biasanya saya silent reader di Kaskus. Tapi setelah saya membaca trit di atas, saya jadi tertarik ingin berkomentar.

Saya adalah orang tua dari anak yang kasusnya sama seperti diatas. Bahkan nilai anak saya lebih parah lagi, anak saya mendapat nilai 0.
Saya tidak menyalahkan gurunya karena memberi nilai 0, karena memang 4+4+4+4+4+4=6x4. bukan 4x6 seperti yang dijawab anak saya. Tapi saya menyalahkan gurunya karena sebelumnya tidak diterangkan bahwa 6x4 = 6 KALI, empat.
Dalam pikiran anak saya dan teman-temannya (karena memang hampir semua mendapat nilai 0, berdasarkan keterangan dari anak saya) 4+4+4+4+4+4=4x6 = empat DIKALI 6 karena empatnya ada enam.

Pada halaman sebelumnya dibuku latihan anak saya ada catatan mengenai soal diatas.
4x2 = 2+2+2+2=8
3x1 = 1=1+1=3 dst sampai satu halaman.

Saya tanya ke anak saya. "Apakah setelah menulis catatan diatas guru kaka menerangkan?" anak saya menjawab "TIDAK". kemudian saya tanya lagi "Berapa banyak teman kaka yang mendapat nilai jelek" dijawab "Hampir semua teman laki-lakinya mendapat nilai 0".

Jadi guru tsb hanya menulis catatan tadi dipapan tulis, kemudian memberikan soal yang berbeda.

terima kasih, Semoga kasus ini menjadi pelajaran bagi kita semua.


Tukang obat, tukang gali kubur dan tukang-tukang lain yang masih ngeyel, baca ya emoticon-Embarrassment
Berita
Diubah oleh korazon
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 109 dari 129
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:06
Quote:Original Posted By 7122999

Kalau hasil mah pakai kalkulator aja gan, ngga cape ngitung emoticon-Ngakak
ini kan masalah aturan yang sudah tercantum di buku pelajaran tuh anak.
Yang sudah tertulis di situ kan jelas ada, kecuali mengada ada.

Bagaimana tuh anak nasibnya kalau UN,
bisa bisa dapet nilai kursi terballik tuh emoticon-Ngakak

Bgus gan drpd tuh anak minum obat 3butir sekaligus emoticon-Ngakak
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:07
Quote:Original Posted By 7122999

Kalau hasil mah pakai kalkulator aja gan, ngga cape ngitung emoticon-Ngakak
ini kan masalah aturan yang sudah tercantum di buku pelajaran tuh anak.
Yang sudah tertulis di situ kan jelas ada, kecuali mengada ada.

Bagaimana tuh anak nasibnya kalau UN,
bisa bisa dapet nilai kursi terballik tuh emoticon-Ngakak


Ya pantas la generasi mahasiswa banyak yg hancur sekarang
Pola pikirnya seperti itu
Ngomong mencari kebebasan tp dirinya bertindak otoriter

Kalo sampe un jawaban seperti itu disalahkan berarti emang terbukti level pendidikan indonesia itu rendah
#eh emang udah terbukti rendah ya di dunia
Diubah oleh Zeta_jf
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:09
Quote:Original Posted By Zeta_jf


Pedoman ya tetap la pedoman
Yg namanya pedoman juga gk cuman 1
Masing2 orang ada cara dan pemahamannya sendiri
Dan kalo pemahamannya benar tp tidak sesuai dengn orang lain apakah dia salah
Inget yg mengemukakan kalo bumi mengitari matahari pernah disalahkan dan dikucilkan karena pedoman saat itu taunya bumi yg jadi pusat perputaran

Memang ada pernyataan menyalahkan dari si guru terhadap muridnya emoticon-Bingung (S)
Cuma di kasih PR, di kerjakan, dikumpulkan dan di nilai aoleh guru.
Kalau tidak berpatokan sama pedoman buku pelajaran si murid, bagaimana seorang guru bisa dan akan memberikan nilai pada jawaban muridnya emoticon-Cape d... (S)

Dan itupun masih ada sebagian murid yang benar kok jawabannya emoticon-Big Grin

Bagaimana kalau Ujian Nasional,
pedoman apa nantinya yang di pakai untuk mengkoreksi jawaban ribuan murid emoticon-Ngakak
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:09
Quote:Original Posted By localfutures


kalau guru menuliskan 6x4= bisa diisi atau jawabannya =4x6 atau 24 atau 48:2. semoga jangan di jawab 6x4=239976/9999 emoticon-Big Grin


untuk soal yg 6x4 = ga masalah gan. asal jawabannya benar (disinilah letak kekreatifan murid). tapi tidak untuk soal 4+4+4+4+4+4=6x4.
jangan dibalik gan mau kondangan pake bikini, berjemur di pantai pake setelan seragam rapi dan dasi kupu2. itu sudah ada kaidahnya sendiri2. kecuali yg mau tampil beda, silakan saja.emoticon-Jempolemoticon-Jempol:
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:11
Quote:Original Posted By 7122999

Kalau hasil mah pakai kalkulator aja gan, ngga cape ngitung emoticon-Ngakak
ini kan masalah aturan yang sudah tercantum di buku pelajaran tuh anak.
Yang sudah tertulis di situ kan jelas ada, kecuali mengada ada.

Bagaimana tuh anak nasibnya kalau UN,
bisa bisa dapet nilai kursi terballik tuh emoticon-Ngakak


Mo kursi kebalik atau g kebalik mah sama aja. Dibolak balik sama aj. G masalah. Inget komutatif.. komutatif. emoticon-Busa
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:11
Quote:Original Posted By 7122999

Kalau hasil mah pakai kalkulator aja gan, ngga cape ngitung emoticon-Ngakak
ini kan masalah aturan yang sudah tercantum di buku pelajaran tuh anak.
Yang sudah tertulis di situ kan jelas ada, kecuali mengada ada.

Bagaimana tuh anak nasibnya kalau UN,
bisa bisa dapet nilai kursi terballik tuh emoticon-Ngakak


Akuntan, teller bank, cici panlok penjaga kontar hp juga ngitung pakai alat bantu hitung kok, apanya yang salah? emoticon-Malu (S)

gue beli beras 1kg 8000, gula 1kg 7500, apa harus dihitung berasnya dulu baru dianggap benar? emoticon-Malu (S)

tujuan perkalian dasar kayak contoh di atas kan??

ngitung dengan rumus apapun, asal hasilnya benar ya benar...


yang mana yang nyaman di siswa aja lah emoticon-Ngakak

gitu aja kok repot emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:11
kurikulum 2013 penuh dengan materi AMBIGU emoticon-Sorry

wah kasian si guru nih, bisa2 di mutasi emoticon-Ngakak
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:12
wueh.. mungkin bentar lg masuk hitam-abu lol emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:13
sebetulnya malas meladeni keributan yang tidak terarah, tapi saya coba bantu arahkan
baik murid dan kakaknya maupun guru masing2 benar dan salah

murid dan kakaknya:
benar:
- hasil perhitungan
- proses pengerjaan

salah:
- penulisan urutan tata bahasa perkaliannya, dunia internasional menulis 1+1+1 = 3x1
- tidak melihat kurikulum sd yang diajarkan. tapi saya tidak mau menuduh, di sini apakah gurunya sendiri waktu memberikan pr mengingatkan kepada muridnya untuk mengerjakan sama sekali harus persis seperti teori di buku?

guru:
benar:
- mengikuti kaidah baku silabus umum yang diajarkan

salah:
- otoriter, menyalahkan apa yang dikerjakan murid secara total (jawaban benar, konsep benar, penulisan urutannya saja yang salah)
- tidak mengoreksi dan menjelaskan dengan seksama kesalahan, sampai2 di kaskus juga banyak yang tidak paham permasalahannya (masa meributkan konsep, padahal konsep guru dan murid 100% benar, hanya murid dan kakaknya tidak mengerti penulisan urutan dalam perkalian. dari soal sudah jelas 1+1+1, kalau dibalik 3x1 ataupun 1x3 tetap saja konsep soalnya ada angka 1 berjumlah 3/ ada angka 1 berjumlah 3).


Quote:Saya coba bawa postingan di thread sebelumnyaQuote:Original Posted By masdhekijunior
Ehem, 4+4+4+4+4+4 itu ada berapa angka 4 di situ, om?...........emoticon-Bingung (S)

Jumlahnya ada 6 angka 4-nya..........

Tampaknya ini merupakan basic logika untuk pola pikir bukan masalah hasilnya sama atau tidak........

Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.

Sekedar share pendapat aja, om.........emoticon-Malu


Quote:Original Posted By secondreich

yang kiri:
ada masing2 5 ikan di 4 botol = 5x4
ada 4 botol yang masing2 berisi 5 ikan = 4x5

yang kanan:
ada masing2 4 ikan di 5 botol = 4x5
ada 5 botol yang masing2 berisi 4 ikan = 5x4

maaf saya mahasiswa big 3 dan pernah ikut olimpiade, pertanyaannya sekarang
1 apakah dalam olimpiade, anda akan disalahkan atau dinyatakan kalah kalau membalik variable dalam perkalian?
2. apakah anda disalahkan dosen saat ujian kalkulus / fisika dasar kalau membalik urutan variabel dalam perkalian? adakah yang pernah dapat nilaie E karena hal kaya begini

selama ini saya selalu membolak-balik urutan variabel, tidak pernah ada nilai saya yang dikurangi karena salah uturan tersebut, atau mungkin pelajaran SD lebih SULIT dari pelajaran kuliah.
peraturan akademik/buku suci silabus mungkin memang seperti gambar ini atau seperti yang guru tulis tersebut, tapi mnenyalahkan apa yang dikerjakan adalah hal yang tidak bijaksana sama sekali

pertanyaan saya sekali lagi, adakah aturan tersebut digunakan untuk olimpiade?
adakah aturan tersebut digunakan di sma bahkan kuliah, apabila tidak sesuai kaidah urutan yang berlaku lalu nilai 0?

Quote:Original Posted By 7122999

Kalau hasil mah pakai kalkulator aja gan, ngga cape ngitung emoticon-Ngakak
ini kan masalah aturan yang sudah tercantum di buku pelajaran tuh anak.
Yang sudah tertulis di situ kan jelas ada, kecuali mengada ada.

Bagaimana tuh anak nasibnya kalau UN,
bisa bisa dapet nilai kursi terballik tuh emoticon-Ngakak

bagaimana caranya menulis perkalian tersebut bisa dibilang tidak lulus UN, saya sudah pakai komutatif atau membalik-balik perkalian tapi masih bisa ikut olimpiade matematika sma?
dan tidak ada pengurangan bahkan pendiskualifikasian kalau membalik urutan perkalian (kecuali matrix atau f o g dkk)
snmptn juga saya masuk kampus gajah, dengan santainya membolak-blik perkalian dan lulus kalkulus I dan II nilai di atas B

konsep murid dan kakak sudah benar, guru pun benar
yang salah adalah penulisan saja.
anda ini harus bisa membedakan metode dan konsep karena keduanya adalah sesuatu yang berbeda walau tidak dapat dipisahkan

saya sendiri tidak suka otoriter, kenapa hal seperti ini menjadi standar ajaran sekolah di negara saya?
bayangkan kalau semua harus terpaku pada cara atau metode yang diberikan di buku teks, TIDAK BOLEH 1 kali pun berpikir kreatif, out of the box, efektif.
bagaimana menjawab hal seperti ini?
volume balok = p x l x t, atau Luas alas x tinggi
akan tetapi gambar baloknya seperti ini
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
jangan2 nanti semua mengukur tinggi vertikalnya lagi karena dipaksa untuk mematuhi aturan baku emoticon-Cape d... (S)(kalau tidak mematuhi nilai 0 alias salah walau jawabannya benar)emoticon-Ngakak

pantas saja walaupun kuliah di jurusan teknik, banyak yang benci sekali kalkulus, ternyata penyebabnya ada di sini, tidak sesuai kaidah tata bahasa penulisan perkalian dalam matematika saja, murid nilainya NOLemoticon-Najis
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:14
Quote:Original Posted By Zeta_jf


Ya pantas la generasi mahasiswa banyak yg hancur sekarang
Pola pikirnya seperti itu
Ngomong mencari kebebasan tp dirinya bertindak otoriter

Kalo sampe un jawaban seperti itu disalahkan berarti emang terbukti level pendidikan indonesia itu rendah
#eh emang udah terbukti rendah ya di dunia

Hal ini memang sudah baku kan tercantum di buku pelajaran.
Mungkin ente bisa bilang uang 100ribu selembar,
jangan jangan ente bilang itu uang 50rb dua, dah

Masa tulisan tercantum mau di rubah rubah.

4+4+4+4+4+4 = 6x4

Ane jawab 4x6 ke keponakan ane kelas 2 sd, malah ane di bilang kepo kok emoticon-Ngakak

0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:16
Quote:Original Posted By secondreich
sebetulnya malas meladeni keributan yang tidak terarah, tapi saya coba bantu arahkan
baik murid dan kakaknya maupun guru masing2 benar dan salah

murid dan kakaknya:
benar:
- hasil perhitungan
- proses pengerjaan

salah:
- penulisan urutan tata bahasa perkaliannya, dunia internasional menulis 1+1+1 = 3x1
- tidak melihat kurikulum sd yang diajarkan. tapi saya tidak mau menuduh, di sini apakah gurunya sendiri waktu memberikan pr mengingatkan kepada muridnya untuk mengerjakan sama sekali harus persis seperti teori di buku?

guru:
benar:
- mengikuti kaidah baku silabus umum yang diajarkan

salah:
- otoriter, menyalahkan apa yang dikerjakan murid secara total (jawaban benar, konsep benar, penulisan urutannya saja yang salah)
- tidak mengoreksi dan menjelaskan dengan seksama kesalahan, sampai2 di kaskus juga banyak yang tidak paham permasalahannya (masa meributkan konsep, padahal konsep guru dan murid 100% benar, hanya murid dan kakaknya tidak mengerti penulisan urutan dalam perkalian. dari soal sudah jelas 1+1+1, kalau dibalik 3x1 ataupun 1x3 tetap saja konsep soalnya ada angka 1 berjumlah 3/ ada angka 1 berjumlah 3).





pertanyaan saya sekali lagi, adakah aturan tersebut digunakan untuk olimpiade?
adakah aturan tersebut digunakan di sma bahkan kuliah, apabila tidak sesuai kaidah urutan yang berlaku lalu nilai 0?


bagaimana caranya menulis perkalian tersebut bisa dibilang tidak lulus UN, saya sudah pakai komutatif atau membalik-balik perkalian tapi masih bisa ikut olimpiade matematika sma?
dan tidak ada pengurangan bahkan pendiskualifikasian kalau membalik urutan perkalian (kecuali matrix atau f o g dkk)
snmptn juga saya masuk kampus gajah, dengan santainya membolak-blik perkalian dan lulus kalkulus I dan II nilai di atas B

konsep murid dan kakak sudah benar, guru pun benar
yang salah adalah penulisan saja.
anda ini harus bisa membedakan metode dan konsep karena keduanya adalah sesuatu yang berbeda walau tidak dapat dipisahkan

saya sendiri tidak suka otoriter, kenapa hal seperti ini menjadi standar ajaran sekolah di negara saya?
bayangkan kalau semua harus terpaku pada cara atau metode yang diberikan di buku teks, TIDAK BOLEH 1 kali pun berpikir kreatif, out of the box, efektif.
bagaimana menjawab hal seperti ini?
volume balok = p x l x t, atau Luas alas x tinggi
akan tetapi gambar baloknya seperti ini
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
jangan2 nanti semua mengukur tinggi vertikalnya lagi karena dipaksa untuk mematuhi aturan baku emoticon-Cape d... (S)(kalau tidak mematuhi nilai 0 alias salah walau jawabannya benar)emoticon-Ngakak

pantas saja walaupun kuliah di jurusan teknik, banyak yang benci sekali kalkulus, ternyata penyebabnya ada di sini, tidak sesuai kaidah tata bahasa penulisan perkalian dalam matematika saja, murid nilainya NOLemoticon-Najis


emoticon-2 Jempol

mana yang mempermasalahin liang kubur? baca nih emoticon-Ngakak
Diubah oleh korazon
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:16
Quote:Original Posted By ririeiman


Jiah , ente yang kaga ngerti konsep math . Emangnya kalo dibuku ditulis seperti itu berarti bakal bener ? kalo ente dah ngasih equation = (equal atau sama dengan) mau dijawab 4x2 = 8 = 27/3 = 4+4 ga bakal boleh salah . Yang ga boleh musti ngikutin aturan yang dibuat gurunya, kalo mau buat aturan baru jadi ahli matematika dulu


bro masalahnya guru di haruskan menyampaikan materi persis di buku emoticon-Ngakak

kurikulum 2013 membuat guru menjadi robot, dan membuat murid menjadi buruh emoticon-Ngakak

iya buruh, adek ane yang SMP kelas 2 barusan kerja kelompok di rumah sama temen2 nya, u know temen2 dia pulang jam berapa? jam 10 bro, makan-mandi di rumah ane.

apa itu tiap hari? hampir tiap hari, karena rumah ane deket dengan smp adek ane.


hebat ya adek ane di didik jadi pekerja bukan pengusaha emoticon-Ngakak thanks kurikulum 2013 emoticon-Ngakak
Diubah oleh azzaniaditya2
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:20
4+4+4+4+4+4= 4x6 = 6x4 = 24
emoticon-Cool
Secara matematika sama saja Hasilnya dibolak-balik tetap sama.
Karena bobot tertinggi dimulai dari x(Kali), /(Bagi), +(Tambah), -(Kurang)

Tapi memang dalam bahasa beda.
6 Kali 4 yaitu 4nya ada 6KALI
Dan
4 Kali 6 yang dimana 6 ada 4KALI
Yang ingin saya tanyakan...
Ini PR untuk mata pelajaran matematika atau bahasa?
Kalau dimata dan dicermati dalam GuruBahasa jelas salah.
Namun jika PR ini dari Guru Matematika, tega kah bapak ibu guru yg saya idam"kan profesinya kepada anak didik kelas 1-6 SD.
Bayangkan jika Bapak Ibu Guru punya anak menemui kasus seperti ini.

Harus segera ubah cara pandang konsep pendidikan kita.
Atau kita akan menjadi negara tertinggal.


#Kurikulum2013 emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:23
Gurunya kayak kanebo dijemur 3 hari.. kaku banget. Selama mengerjakannya dengan sunguh2 tanpa menyontek lebih diapresiasi..
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:26
Quote:Original Posted By Reikouki


Waduh agan ini pinter kyknya, cb donk gan ksh pencerahan sm kita2 biar cpt beres nih trit emoticon-Ngakak



Ane ga pinter gan, tk aja ga tamat. Tp klo mnurut ane sih yg paling salah murid yg ga ngrjain pr gan, hehe
Diubah oleh kevin aulia
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:27
Quote:Original Posted By secondreich
sebetulnya malas meladeni keributan yang tidak terarah, tapi saya coba bantu arahkan
baik murid dan kakaknya maupun guru masing2 benar dan salah

murid dan kakaknya:
benar:
- hasil perhitungan
- proses pengerjaan

salah:
- penulisan urutan tata bahasa perkaliannya, dunia internasional menulis 1+1+1 = 3x1
- tidak melihat kurikulum sd yang diajarkan. tapi saya tidak mau menuduh, di sini apakah gurunya sendiri waktu memberikan pr mengingatkan kepada muridnya untuk mengerjakan sama sekali harus persis seperti teori di buku?

guru:
benar:
- mengikuti kaidah baku silabus umum yang diajarkan

salah:
- otoriter, menyalahkan apa yang dikerjakan murid secara total (jawaban benar, konsep benar, penulisan urutannya saja yang salah)
- tidak mengoreksi dan menjelaskan dengan seksama kesalahan, sampai2 di kaskus juga banyak yang tidak paham permasalahannya (masa meributkan konsep, padahal konsep guru dan murid 100% benar, hanya murid dan kakaknya tidak mengerti penulisan urutan dalam perkalian. dari soal sudah jelas 1+1+1, kalau dibalik 3x1 ataupun 1x3 tetap saja konsep soalnya ada angka 1 berjumlah 3/ ada angka 1 berjumlah 3).
pertanyaan saya sekali lagi, adakah aturan tersebut digunakan untuk olimpiade?
adakah aturan tersebut digunakan di sma bahkan kuliah, apabila tidak sesuai kaidah urutan yang berlaku lalu nilai 0?


bagaimana caranya menulis perkalian tersebut bisa dibilang tidak lulus UN, saya sudah pakai komutatif atau membalik-balik perkalian tapi masih bisa ikut olimpiade matematika sma?
dan tidak ada pengurangan bahkan pendiskualifikasian kalau membalik urutan perkalian (kecuali matrix atau f o g dkk)
snmptn juga saya masuk kampus gajah, dengan santainya membolak-blik perkalian dan lulus kalkulus I dan II nilai di atas B

konsep murid dan kakak sudah benar, guru pun benar
yang salah adalah penulisan saja.
anda ini harus bisa membedakan metode dan konsep karena keduanya adalah sesuatu yang berbeda walau tidak dapat dipisahkan

saya sendiri tidak suka otoriter, kenapa hal seperti ini menjadi standar ajaran sekolah di negara saya?
bayangkan kalau semua harus terpaku pada cara atau metode yang diberikan di buku teks, TIDAK BOLEH 1 kali pun berpikir kreatif, out of the box, efektif.
bagaimana menjawab hal seperti ini?
volume balok = p x l x t, atau Luas alas x tinggi
akan tetapi gambar baloknya seperti ini
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
jangan2 nanti semua mengukur tinggi vertikalnya lagi karena dipaksa untuk mematuhi aturan baku emoticon-Cape d... (S)(kalau tidak mematuhi nilai 0 alias salah walau jawabannya benar)emoticon-Ngakak

pantas saja walaupun kuliah di jurusan teknik, banyak yang benci sekali kalkulus, ternyata penyebabnya ada di sini, tidak sesuai kaidah tata bahasa penulisan perkalian dalam matematika saja, murid nilainya NOLemoticon-Najis

kalau itu semua ane bisa mengerti.
Kan yang jadi permasalahan sudah di bakukan di buku pelajarannya murid kelas 2 sd.
Kalau cara penulisan adiknya si kakak tersebut di anggap benar,
kan jadinya sebagian lagi yang penulisannya sudah sesuai dengan buku pelajaran yang di pegang.
bisa jadi salah malah dong.
Terus buat apa tuh buku di beli mahal mahal buat di jadikan buku pelajaran si murid, kalau ngga bisa di jadikan pedoman buat belajarnya emoticon-Bingung (S)
intinya sih itu aja sebenarnya dari tadi emoticon-Ngakak

Coba ente sebagai murid SDnya atau sebagai Guru SDnya.
Apa tindakan ente emoticon-Bingung (S)

Diubah oleh 7122999
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:28
Quote:Original Posted By korazon


emoticon-2 Jempol

mana yang mempermasalahin liang kubur? baca nih emoticon-Ngakak


Ya udah gw bilang g masalah. Tinggal miringi kepala pengamat aj kan? Kapan mo dikubur berdirinya bray?
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:32
Ada orang dongok tp kok ditunjukin banget. Dah ah mo molor, moga besok ada berita kalo ditemukan kuburan berdiri.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


+1 emoticon-Ngacir
Diubah oleh Rulebreaker
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:32
Tapi jangan salah, ada argumentasi yang cukup masuk akal juga lho yg mendasari pemikiran si guru

4 x 6 atau 6 x 4 ?

4+4+4+4+4+4 = 4x6 = 24 disalahkan oleh guru?

4 x 6 = 24 Benar,
6 x 4 = 24 Benar.
4x6 = 6x4 (sifat komutatif).

4+4+4+4+4+4 = 24 Benar tapi
4+4+4+4+4+4 = 4 x 6 SALAH (mengapa?).

6+6+6+6 = 24 Benar tapi
6+6+6+6 = 6 x 4 Salah.

4+4+4+4+4+4 = 4x6 = 24 Benar di hasilnya 24, tapi Salah di 4x6-nya.

Mengapa? Konsepnya beda.
Jika ada 6 toples masing-masing berisi 4 permen, total ada
4+4+4+4+4+4 (4-nya ada 6) = 24.
Jika ada 4 toples masing-masing berisi 6 permen, total ada
6+6+6+6 (6-nya ada 4) = 24.

Sampai di sini OK, masalahnya 4+4+4+4+4+4 itu 4x6 atau 6x4 ?
Ada yang bilang, karena fokusnya 4, maka 4 x 6.
Ada yang bilang sama saja toh berlaku komutatif 4x6 = 6x4.

Tapi buku pelajaran sekolah menyebutnya 4+4+4+4+4+4 = 6 x 4.

A x B berati B-nya ada A.

Jika ada 3 sapi (berkaki 4), berapa jumlah kakinya?
Tentu saja 12, tapi 12 itu darimana?
Apakah 3+3+3+3 atau 4+4+4?
Kalau 4+4+4 artinya yang dijumlahkan 4 kaki + 4 kaki + 4 kaki... itu jelas.
Kalau 3+3+3+3, yang dijumlahkan apanya?
3 itu merujuk sapi atau kaki? Kita tidak sedang menghitung jumlah sapi lho!
Kalau 3 merujuk kaki, siapa yang kakinya 3?

3 sapi @ 4 kaki
3 x 4 = 4 + 4 + 4
bukan 3 + 3 + 3 + 3.
Hasilnya sama-sama 12, tapi pengertiannya beda.

Ini bahasa universal matematika, bukan masalah guru atau sistem pendidikan/kurikulum di Indonesia. Tanyakan ke luar negeri juga sama.

Kembali ke 4 x 6 atau 6 x 4,
4x6 = 6x4 = 24.
4+4+4+4+4+4 = 24 Benar tapi
4+4+4+4+4+4 = 4 x 6 Salah, yang Benar:
4+4+4+4+4+4 = 6 x 4.

Hanya saja kalau 4+4+4+4+4+4 = 4x6 = 24 disalahkan full (poin 0) juga kurang tepat, karena hasil 24-nya benar. Kalau saya gurunya, tetap ada nilai

Masalah seperti ini anggap saja konvensi/kesepakatan.
Jari-jari lingkaran ditulis r (bukan j), juga bukan R.
Resep 3 x 1 berarti 3x 1 tablet (bukan 1x 3 tablet... awas overdosis).
Tamu lapor 1x24 jam bukan berarti tiap 1 jam harus lapor
0 0
0
Kakak Siswa Ini Protes PR Adiknya Disalahkan Guru Matematika Karena Tak Sesuai Rumus.
22-09-2014 23:33
6x4
romawi = VI x IV emoticon-Big Grin
arab = 7 x E emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 109 dari 129
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia