bheka
TS
MOD
bheka
Papuma Jember Pantai terindah di Jawa Timur.

Jawa Timur punya banyak Pantai - Pantai yang eksotis, salah satu diantara Pantai yang Eksotis ini adalah Pantai Papuma di Jember Jawa Timur. buat wisatawan yang pertama kali datang, pasti akan terkesima dengan kemolekan Pantai Papuma termasuk saya. Pantai Tanjung Papuma terletak di kecamatan Wuluhan, 45 Km arah selatan kota Jember. Dari kota Jember, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 45 menit. tetapi saat memasuki kawasan Pantai ini jalan termasuk rusak dan berhati2lah jika hujan karena jalanan tanah dan licin.


Pantai Papuma dikenal juga sebagai Pantai Tanjung Papuma, ya karena letaknya yang menjorok laut dan disebut sebagai Tanjung. Seperti kita tahu tanjung adalah daratan kecil yang menjorok ke laut, sedangkan papuma berasal dari akronim pasir putih Malikan, Malikan adalah nama yang diberikan oleh Perhutani setelah mulai membuka lokasi wisata ini. walaupun akses jalan menuju Pantai Papuma ini masih rusak, tetapi jangan khawatir mencari makan disini. karena saat ini dikawasan Pantai Papuma banyak terdapat warung makan, saya sempat mencoba salah satu warung makan disini karena tertarik dengan menu seafood yang ditawarkan. untuk harganya pun juga tidak terlalu mahal, ada baiknya sebelum memesan hidangan kita menanyakan terlebih dahulu harganya karena kalau tidak cocok kita bisa memilih warung makan lain. hidangan rata rata di warung makan sini juga lumayan enak ternyata.


Jember mulai banyak dikenal orang karena Jember Fashion Karnivalnya, tetapi tidak banyak yang mengetahui kalau Jember punya Pariwisata lainnya seperti pantai Papuma ini. Jember berawal dari kota kecil yang menjadi kampung halaman para pegawai perkebunan tembakau dan kopi di daerah sekitarnya, Jember kini telah berevolusi menjadi kota kabupaten yang rapih dan lengkap. Jalan di dalam kota Jember sangat nyaman untuk dilalui becak dan mobil. Kualitas jalan yang baik terbukti dari jenis becak yang pendek dan rapih seperti halnya di kota berbasis cagar budaya, sehingga pengayuh tak mesti bersusah payah melaju di atasnya. Taman kota dirapihkan dan trotoar jalan dibersihkan. Akses ke dan dari Surabaya serta kota besar lainnya dibuka lebar.


Sebagai salah satu kota kabupaten yang menjadi gerbang masuk ke berbagai tujuan wisata alam di Jawa Timur, memang Jember terlihat serius menyiapkan Pariwisata daerahnya. terbukti di Pantai Papuma ini 5 tahun silam kawasan pantai ini tidak terawat dan akses sangat susah, tetapi saat ini sudah banyak infrastruktur dikawasan ini walaupun jalan akses kesana harus banyak diperbaiki. namun jeleknya jalan terbayar sudah ketika kita sampai ke Pantai Papuma ini. banyak batu besar dan landscape yang menawan, ombak disini termasuk besar dan agak berbahaya jika dipakai untuk snorkling. tipikal pantai pantai selatan Jawa yang menghadap langsung samudra hindia ombaknya begitu besar, tetapi pantai pantai disini sangat memanjakan mata.


Sebelum memasuki kawasan pantai kita akan melewati wisata hutan yang sebagian besar ditanami pohon jati, selanjutnya setelah masuk gerbang area wisata kita akan melihat hutan yang dipenuhi pohon-pohon yang masih alami seperti palem, serut dan beragam pohon kecil lainnya dan konon hutan ini masih menyimpan berbagi macam flora dan fauna tropis, seperti berbagai jenis burung dan juga lutung yang bergelantungan di pohon. Setelah melewati hutan malikan kita akan disuguhi hamparan pasir putih yang bersih. Disepanjang pasir putih sebelah barat terdapat perahu-perahu nelayan yang sedang bersandar. Apabila ingin melihat nelayan turun dari kapal datanglah antara jam 11.00 sampai 13.00 siang dan kita bisa membeli langsung ikan hasil tangkapan nelayan untuk dibakar di pinggir pantai, paling enak bakar ikan langsung jadi kita bawa saja ke warung warung makan yang banyak terdapat disini.


Yang membuat cantik pemandangan pantai disini karena banyaknya karang karang jika sedang surut kita bisa melihat jelas karang karang ini, selain itu ada 7 (tujuh) karang besar di papuma ini deretan pulau karang ini memiliki nama sendiri-sendiri yang diambil dari tokoh pewayangan seperti, pulau batara guru, pulau kresna , pulau narada, pulau nusa barong, pulau kajang dan pulau kodok karena pulau karang ini bentuknya mirip dengan kodok raksasa yang timbul tenggelam di tengah laut. serunya kita bisa memotret banyak angle yang bagus dikawasan pantai ini. karena untuk bisa memotret bagus kita bisa menyusuri tepi pantai yang banyak terdapat karang karangnya, selain itu kita bisa menaiki salah satu dari sekian banyak bukit karang di Pantai Papuma. sehingga kita bisa melihat bebas dikanan dan kiri pantai ini. sungguh Pantai Papuma merupakan surganya Fotografer yang ingin mengabadikan Pantai.

Quote:


Artikel & Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com(Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma
0
85.4K
902
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Domestik
Cerita Pejalan Domestik
icon
2.1KThread2.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.