Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
10
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5413f60412e25797108b4578/pulau-sempu-keindahan-dengan-pengelolaan-yang-carut-marut
Gini nih gan ceritanya.... Ane rencana liburan ke pulau sempu. Berangkat 10 org dr Surabaya. Berangkat jam 3 pagi, nyampe sendang biru jm 7 pagi. Nah, setelah sarapan yg cukup, akhirnya kami izin ke pos BBKSDA. Daaaaan, walhasil . . . . sedang terjadi konflik antara pihak BBKSDA dgn warga desa. Sehingga perjalanan diberhentikan oleh warga dr pihak desa. Kelompok lain mulai berdatangan... ada kemun
Lapor Hansip
13-09-2014 14:45

Pulau Sempu. Keindahan dengan pengelolaan yang Carut Marut...!!!

Gini nih gan ceritanya....

Ane rencana liburan ke pulau sempu. Berangkat 10 org dr Surabaya. Berangkat jam 3 pagi, nyampe sendang biru jm 7 pagi.
Nah, setelah sarapan yg cukup, akhirnya kami izin ke pos BBKSDA.
Daaaaan, walhasil . . . . sedang terjadi konflik antara pihak BBKSDA dgn warga desa. Sehingga perjalanan diberhentikan oleh warga dr pihak desa.
Kelompok lain mulai berdatangan... ada kemungkinan lebih dr 50 org lebih akhirnya terkatung-katung nasibnya.

Di sini, semuanya serba salah serba benar. Entah sistemnya, entah orangnya, entahlah...
Ane mau coba liat, komentar, n analisis dr tiap2 elemen yg ada di sekitar sini.

1. Visitor aka Pengunjung
Gk bisa dipungkiri, visitor sangat berpengaruh serta pihak yg sangat dirugikan. Minimnya pengetahuan dan informasi dr pihak yg brwajib membuat mereka seperti orang buta berjalan tanpa tongkat. Baik yg berasal dr regional (Malang, Surabaya, dll) bahkan yg dr jauh (Jakarta, Jogja, dll) gk trhitung usaha n materi yg sudah dikeluarkan. Memang seharusnya, mereka adalah objek yg seharusnya dipuaskan karena menghidupkan daerah ini. Akan tetapi, kelakuan para oknum visitor yg tdk menjaga alam lah yg akhirnya membuat mereka seakan tdk dihargai layaknya seorang visitor.

2. Stakeholder aka BBKSDA/Perhutani.
Pihak yg diberi mandat oleh pemerintah utk mengelola tempat ini memang memiliki sejumlah aturan yg tdk terbantahkan. Area P. Sempu yg memang bukan destinasi wisata memang tdk bisa di akses sembarangan. Sejumlah prosedur izin, peraturan di lokasi, biaya-biayanya, dll memang sudah ada. Tp sosialisasi nya? Penyampaiannya? Tarif pun terkadang beda2... Akhirnya visitor yg sudah susah payah datang kesusahan.

3. Warga Desa.
Tuan rumah memiliki hak utk dihormati, hak mendapatkan keuntungan, hak utk berkarya di tanahnya sendiri. Tdk sedikit keuntungan yg didapatkan dr terkenalnya daerah ini. Akan tetapi jika melakukan penghadangan sepihak seperti ini. Pada akhirnya kerugian dialami oleh semua pihak, tanpa terkecuali warga sendiri apabila visitor kecewa. Musyawarah setidaknya dilakukan tanpa merugikan pihak lain. Mari bersama membangun Indonesia Raya.
Pict


Klik


Entahlah gan, ane sama sekali gk paham ama yg terjadi disini. Tp, bagi ane sangat disayangkan jika keindahan alam kita tk bisa dinikmati. Berbagai masalah insyallah bisa diperbaiki, contoh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Gn. Rinjani, dll sudah banyak berbenah...
Sangat besar harapan ane pribadi agar Sumber Daya Alam kita bisa dikelola secara baik, alam terjaga, warga untung, visitor senang. Yah, semacam Yellowstone, Yukon, di luar negeri lah gan..
Moga agan bisa kasih masukan, CMIIW gan, masih newbie..
Diubah oleh bang.oglenk
0
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
55.9K Anggota • 913.8K Threads
Pulau Sempu. Keindahan dengan pengelolaan yang Carut Marut...!!!
13-09-2014 14:48
wah mending ke bajil mati aja gan, deket kok. indah dan sepi emoticon-Genit
0 0
0
Pulau Sempu. Keindahan dengan pengelolaan yang Carut Marut...!!!
13-09-2014 15:04
Semoga indahnya dirimu tak dikelola dengan carut marut emoticon-Cool
0 0
0
Pulau Sempu. Keindahan dengan pengelolaan yang Carut Marut...!!!
13-09-2014 15:28
sayang banget gan..padahal cakep nih tempat...
0 0
0
Pulau Sempu. Keindahan dengan pengelolaan yang Carut Marut...!!!
14-09-2014 08:31
Kesana gg ad asuransinya ya gan
Padahal kita kn bayar karcis dll
0 0
0
Pulau Sempu. Keindahan dengan pengelolaan yang Carut Marut...!!!
14-09-2014 11:40
Loh sempu kan emang aslinya bukan tempat wisata gan,,tp cagar alam. Coba deh agan googling. Coba agan cermati arti dr cagar alam, boleh gak sih wisata k cagar alam.
0 0
0
Pulau Sempu. Keindahan dengan pengelolaan yang Carut Marut...!!!
17-09-2014 02:38
Quote:Original Posted By farrahm
Loh sempu kan emang aslinya bukan tempat wisata gan,,tp cagar alam. Coba deh agan googling. Coba agan cermati arti dr cagar alam, boleh gak sih wisata k cagar alam.

Bener gan, emang cagar alam gk boleh dimasuki sembarangan.
Cuma, informasi yg terlanjur menyebar, semua menuju ke P. Sempu untuk berwisata.
Nah, parahnya lagi,,, pihak BBKSDA, Perhutani, atau pihak lain yg berwenang tidak memberikan informasi, peringatan, larangan, himbauan, atau apalah yg menegaskan hal itu...
Jadinya khan semacam"ketidak tahuan" yg beranak pinak...
Bahkan bisa menjadi lahan pungli, pemanfaatan bagi segelintir pihak, atau apalah itu....
0 0
0
Pulau Sempu. Keindahan dengan pengelolaan yang Carut Marut...!!!
19-10-2014 10:53
Misi gan. Kalo sekarang ke Sempu sudah boleh ga ya?
0 0
0
Pulau Sempu. Keindahan dengan pengelolaan yang Carut Marut...!!!
21-10-2014 11:38
kesian itu yg dari luar jawa, eh ga tau nya malah ga bisa nerusin ke sempu emoticon-Hammer2
0 0
0
Pulau Sempu. Keindahan dengan pengelolaan yang Carut Marut...!!!
23-10-2014 21:18
dulu kayaknya ga boleh ke sempu ya gan?
kayaknyh bagus tuh tempatnya
emoticon-Matabelo
0 0
0
Pulau Sempu. Keindahan dengan pengelolaan yang Carut Marut...!!!
23-10-2014 21:23
ane baru tau ada pulau sempu
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia