Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
1091
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54127811a1cb17de0d8b4568/curhatan-pribadi-malasnya-berurusan-di-kantor-pemerintah
Agan-agan, apakah ada yang pernah berurusan di kantor pemerintah? Beberapa waktu lalu ane ada urusan di salah satu kantor pemerintah. Ane pertama kali kesitu. Tentu dong ane agak sedikit banyak nanya.
Lapor Hansip
12-09-2014 11:35

Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah

Agan-agan, apakah ada yang pernah berurusan di kantor pemerintah? Beberapa waktu lalu ane ada urusan di salah satu kantor pemerintah. Ane pertama kali kesitu. Tentu dong ane agak sedikit banyak nanya. Kalau kita ke kantor swasta, orang baru pasti nyaman karena kebanyakan, hampir semua, layanannya bagus dan ramah. Gak tau ini itu, pasti dijawab ramah. Tapi bukan itu yang ane dapet di kantor pemerintah ini gan. emoticon-Sorry

Padahal kantor ini yang ngurusin investasi di negeri ini gan, masa pelayanan 'garis depannya' selevel kantor kelurahan? FYI ya gan, banyak perusahaan luar negeri dan dalam negeri yang mau bantu Indonesia, tapi rasanya memang pemerintah sendiri yang gak niat mau dibantu.

emoticon-Marah (Mau maju gak sih negara ini???)

Ini curhatan ane yang beberapa waktu lalu ane tulis di akun kompasiana ane.

Kenampakan gedung B**M


Artikel aka Curhatan ane


UPDATE

Wah jadi hot thread pada akhirnya. Ada banyak komen yang ane lihat setuju dan ada yang kurang setuju. Yang kurang setuju, ga apa-apa gan. Ini ane curhatan pengalaman ane di instansi itu. Tapi perasaan memang kebanyakan begitu. Ane udah ngerasain ke beberapa instansi pemerintah. Cuma kemren itu kaget aja, ane kirain itu lembaga yang urusin penanaman modal bakal lebih baik, eh sama aja. Dari komeng-komengnya, ane lihat sepertinya banyak yang mengalami perlakuan yang sama, jadi ayolah kita buka ini semua biar, yang perlu keluar kandang keluar aja ga apa-apa keluarin cerita dan pengalamannya.

Bagi komengers yang ga setuju, agan-agan ada benarnya. Ane yakin gak semua lembaga atau instansi pemerintah begitu. Memang ga bisa dijeneralisir. Tapi intinya semua ingin sesuatu hal yang lebih baik di negeri ini. Itu aja.

Berikut highlight komeng-komengnya:

Komen paling 'aneh bin berani'

Quote:Original Posted By bebek.tempurz
Yg sabar gan,
Mungkin kalo ana diposisi agan ana ajak tuh si sukuriti dan mbak" nya tarung.
Kenapa gak agan bilang aja sm mreka bgni :
*jangan pancing kesaktian ku*


Komen-komen tentang 'harapan itu masih ada'

Quote:Original Posted By n17r0g3n
Njirrr
kita di dinas pendidikan kota malang engga gitu -_-
kita udah terbiasa ramah -_-
jangan semua disamain dong bray


Quote:Original Posted By wisnu5300


tidak semua kantor pemerintahan itu seperti itu pelayanannya,,,
karena ane juga kerja dikantor pemerintahan tapi selalu menjaga pelayanan terbaik kepada masyarakat...


Komen-komen tentang 'harapan itu masih ada BANGET''

Quote:Original Posted By dhzz
Ane minggu lalu bikin SIM internasional pak petugas dan pak polisi yg di resepsionisnya ramah banget gan. Prosesnya juga cepet sesuai prosedur.

Two thumbs up lah buat pak polkisnya.


Komen tentang 'outsourching problem' [Tapi ini perlu ditambahi info: Soal outsource, di kampus ane dulu banyak pegawai outsource. Mereka bahkan punya standar excellent service. Ya emang ga semua akhirnya bisa ngelakuin itu (ane maklum karena beberapa hal), tapi ane bisa bilang pegawai yang outsource ga kalah ramah sama yang udah tetap (termasuk PNS)]

Quote:Original Posted By nightstar2013
biasanya yang jadi satpam atau front desk itu outsorching gan, kalo ditempat ane sih ramah kok..ya gak bisa di generalisir lah yah.. moga gak kapok urusan sama pemerintah ya emoticon-Sorry


Komen tentang 'penyakit lama' (kenapa ga sembuh-sembuh sih)

Quote:Original Posted By tedyyadi
Ini namanya mental turun temurun biasanya gan. .

Alasannya :

  • yg jd staff kantornx biasanya anunx pimpinan kantorx (bsa jd sodara,sahabat dekat dan sejenisnxa .


fenomena.


akibatnx mental n sdm di nomer 100kan.

Bukti nyata !

emoticon-Ngacir



Komen tentang 'perbandingan nyata' (pemerintah, plisss care dong masalah mudah seperti ini)

Quote:Original Posted By stg44carbine
indonesia memang begitu gan
rata" pegawai pemerintahan kadang kalah ama perusahaan swasta
contoh :
pert*mina vs Sh*el
isi bbm nonsubsidi malah dibiarin nunggu, ga ada senyuman .malahan pas isi bbm ane ngomong full dia malah cuman 25rb emoticon-Cape d... (S)
mass full ,kok segini
nggak ada kembalian!!! dgn nada tinggi
biasa aja dong!! (ane ikut marah) terus ane ngacir emoticon-Cape d... (S)

sh*ll
selamat pagi mas mau isi yg mana?
v power nya mbak
ohh mas tlng turun dari motornya soalnya ini prosedur kami
corr diisi tangki motor ane dgn pass +dapet nota dan +senyuman
oke terima kasih mbak emoticon-Big Grin
dapet cola" lagi karena ane isi pas ada event sama stiker

tuhh perbandingannya jauh kan emoticon-Ngakak (S)


Komen tentang 'analisis mendalam'

Quote:Original Posted By lek
ane perhatiin ya gan, bedanya front desk pemerintahan sama front desk swasta itu ada di brief nya.. kalau di swasta itu kecapakan pelayanan itu udah jadi standar..

jadi selalu ada penekanan di bagian "welcome & service attitude". beda ama di pemerintahan. kalo ga pake baju bagus, yaudeh bakalan dicuekin. dikira dari panti asuhan yg mau minta sumbangan..

tau ga alesannya knp mereka ga fokus sama quality control dari SDMnya??
karena mereka itu punya pemerintah atau PERUSAHAAN ANTI BANGKRUT! (setidaknya itu mayoritas persepsi dari karyawan)

beda kalo swasta, galak dikit, masuk surat pembaca, repotnya sampe mampus deh..


Komen tentang 'curhat juga' (tapi agan juga sih ga ikut aturan dulu, tapi eniwei urusan sama itu lembaga emang susahhhh)

Quote:Original Posted By l3akjo9et
Agak OOT ane nih gan, kejadian barusan aja, jadi ane kemaren ketilang di depan mall pondok gede, kondisi ane ga makr helm, ga ada spion sama plat, stnk ane d check, ane damai ditempat, stnk ane dibalikin, hari ini ane baru sadar klo stnk ane ketuker, ane baru bisa balik kampus jam 8 malem (barusan) ane ke pos kemaren ane ketilang, sepi! Akhirnya ane inisiatif buat kekantor polisi, ane sampe, ga ada satupun polisi yg nanya apa keperluan ane, ane diem aja dengan tampang bego ane coba tanya polisi, "pak misi pak, saya mau nanya gimana ngurus stnk yg ketuker ya pak" tau responnya? Dia cuma nunjuk ke dalen kantor ga ngomonf apa2 sambil acuh tak acuh ke ane! Miris! Begitu ane mau masuk, diteriakin sama kerumunan polisi, ngapain mas? Dengan nada bentak, ane jelasin maksud kedatengan ane, trus dibilang bukan disitu ngurusnya ( tanpa memberikan keterangan dimana ane harus ngurus stnk ini) ane udah hopeless banget, akhirnya ane nanya tukang parkir , baru ditunjukin harus kemana kemana kemana, Apakah karna suatu jabatan? Menghilangkan rasa kemanusiaan kah? Masa norma kesopanan seorang polisi kalah sama tukang parkir? Skrg pun ane cuma bisa nahan ketawa klo mikirin kejadian tadi, pejwan gan, makasih emoticon-Kiss


Komen tentang 'langkah yang tepat yang harus kita lakukan'

Quote:Original Posted By cokak

up
Langkah yg paling benar adukan ke ombudsman gan... sudah banyak kok aduhan Dari masyarakat yang di proses...

Gunakan peran aktiv kita( masyarakat) untuk ikut mengawasi dan membangun pemerintahan yg lebih baik

Sabar gan wong yg sesama aparat pemerintahan ajahh kadang juga ga dilayani dengan senyum kok...
Diubah oleh muh.jazuli
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
63K Anggota • 918.4K Threads
Halaman 41 dari 56
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:46
ane pernah gan kejadian sm kek gitu, tp di kantor telkom tepatnya di jl.letjend suprapto, cempaka putih. (termasuk kantor pemerintah apa bukan yak?) tp sama pelayanannya jg ga bagus, ane nanya mau upgrade speedy, malah di speak sm satpam (mungkin mo nyari sampingan) dia bilang bisa bantuin.
Trs ane bilang mau ketemu bagian CS atau marketingnya langsung. Dia marah2, ane minta ksh tau lwt pintu yg mana, dia ksh tau tp dengan gaya "ogah-ogahan" Alhasil ane salah masuk pintu,
Disamperin lah ane sama tu satpam, ane di maki2 gan, dia bilang "nyimak gak saya ksh petunjuk td, bla..bla..bla.."
Langsung seketika itu jg ane naik pitam, ane bales maki jg tu satpam, ane bilang "sy customer disini, keperluan sy jelas, jobdesk km apa?" smp pada keluar tu org kantor ngeliatin, ane maki abis2an tu satpam, ane tunjuk2 mukanya didepan org banyak.
Akhirnya ada org dalem kantor yg agak rapi formal nanya masalah trs ane di ksh tau dh prosedurnya.
Emang kadang satpam suka kek kampret jg, brasa kek aparat beneran aja.
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:47
gak nyadar apa kalo yang ngegaji mereka tu kita2 jg
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:47
Quote:Original Posted By cokak

up
Langkah yg paling benar adukan ke ombudsman gan... sudah banyak kok aduhan Dari masyarakat yang di proses...

Gunakan peran aktiv kita( masyarakat) untuk ikut mengawasi dan membangun pemerintahan yg lebih baik

Sabar gan wong yg sesama aparat pemerintahan ajahh kadang juga ga dilayani dengan senyum kok...


Setuju banget sama agan...
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:48

Masih Mendigan tuh...

saya saat ada urusan di dispenda jakbar, para mbak dan mas yang dibelakang frontdesk cuma pada baca koran..., padahal tahu ada orang berdiri didepan frontdesk yang membutuhkan layanan.., setelah manggil agak teriak baru ada yang tergerak itupun dg sikap sangat ogah2an...Hadewhhhhh...oh PNS....
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:48
saya juga pernah begitu gan
di jaksel ngantar surat....tapi lupa pt nya apa
TU nya saja yang gitu.satpam nya tidak gan
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:49
pegawai negeri terlalu aman krn nyaris tdk mgkn d pecat kalau tdk ada tindakan amoral. pns pns emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:50
gak beres tuh kan laporin aja
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:50
yang nyolot2 photo2 in aja biar di santet gan.cuma memberikan sedikit pelayanan yang nyaman aja mereka gk mau.padahal itu kan emang sudah tugas mereka
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:50
mungkin seharusnya agan tanya ke mbk2nya , 'mbak tau gak buah salak ?
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:50
jangan kan itu gan, ngurus ktp aja ribet gak ada ramah2nya, kalau ada duit baru ramah. apa standar pelayanan pemerintahan kayak gitu?
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:50
emang rata2 bgitu tuh gann,,kalo penampilan kita kurang meyakinkan(sangar) pasti d anggap sbelahh mata emoticon-Thinking
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:50
Barusan aja ane mikirin soal rendahnya pelayanan di instansi pemerintah, eh ternyata ada hot thread yang ngebahas... emoticon-Big Grin
Ane juga ga habis pikir gan, entah kenapa instansi2 swasta pelayanannnya biasanya jauh lebih bagus daripada punya pemerintah...
Rasanya ane....
Ah sudahlah. Mudah2an aja suatu saat bisa berubah...
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:51
Quote:Original Posted By mario_sby

TRUS? Kenapa dengan pegawai outsourcing? Lebih buruk pelayanannya? Emang anda bisa bersikap lebih baik? Sini gan ke tempat ane...ane tunjukin service excelent pegawai outsourcing...


Setuju sama agan! Di kampus ane dulu banyak pegawai outsource. Mereka bahkan punya standar excellent service. Ya emang ga semua akhirnya bisa ngelakuin itu (ane maklum karena beberapa hal), tapi ane bisa bilang pegawai yang outsource ga kalah ramah sama yang udah tetap (termasuk PNS)
0 0
0
Post ini telah dihapus
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:52
foto gan tuh satpam, fO ama TU nya

Indonesia butuh 10.000 orang kaya pak AHOK
supaya mati smua tuh instansi males dan pejabat korup.
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:53
Ini baru ane alami dalam 2 minggu belakang. Sungguh ane kecewa krn tidak tidak ada manajemen yg berjalan dgn baik di kampus ane. Kampus negeri di p*d*ng yg punya 6 jurusan.
Seharusnya pengurusan ijazah, tanda tangan, legalisir, penerimaan transkip nilai dan legalisir, bisa diatur dengan baik utk setiap jurusan. Ane kesal krn tiap hari harus nunggu info dari kampus, kapan ijazah dan transkip bisa diambil. Janji yg katanya hari rabu, mangkir jd kamis itupun sesudah zuhur dan kami rebutan ngambilnya.
Jadwal ttd ijazah senin-kamis. Teman ane yg datang hari rabu dgn jarak perjalanan 3 jam, dihadapi dgn kantor kosong yg ternyata penghuninya lagi pergi kondangan!!! Dia terpaksa cari tempat nginap utk kemudian ytd ijazah hari kamis dan disruh nunggu ambil ijazah sampai kamis berikutnya.
Kenapa kampus sebesar itu harus mem php kan mhswa nya? Knpa bertele2 dalam membuat jadwal? Inikah etika pegawai negeri? Ane bener2 kesal dan kecewa.
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:54
udah jelas kan bobrok nya pemerintahan kita kya gimana?dari pelayanan aja udah kya gituu...emoticon-Mad (S)
semoga kedepannya bisa lebih baek lagi
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:56

pride

ane jg sering gan mngalami hal sperti itu. dr sgtu banyak kantor pemerintah atau BUMN yang ane pernah berurusan, mungkin hanya 5% yang memberikan pelayanan yang baik (bukan memuaskan) mungkon karena mental pegawai pemerintah sendiri yang -kerja gak kerja pasti gajian- yang membikin kualitas jadi sebegini buruk. Tapi biar gmn kecewanya saya, agan maupun semua agan2 yang pernah mengalami hal serupa, ane harap agan2 tetap g putus aja semoga suatu saat negeri ini menjadi lebih baik emoticon-Big Grin
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:57
sering ane gini gan kalau ke tempat pemerintahan. Kalau nggak ada urusan yang penting males banget dah. Tapi terakhir ane ke dinas pertamanan dan pemakaman umum di bandung ane ketemu langsung sama kepala dinasnya. Dan orangnya baik dan ramah banget gan. Gak kayak orang2 yang d depannya. Emang perlu diperbaiki nih sistem pelayanannya.
0 0
0
Curhatan Pribadi: Malasnya Berurusan di Kantor Pemerintah
13-09-2014 09:57
Kalau ane punya pengalaman ke kantor Otoritas Jasa Keuangan yang sekarang masih di lapangan banteng, jakarta. Biasanya yang mengantarkan surat penting adalah anak buah ane. Tapi karena surat ini rahasia, dan dia berhalangan, saya yang antarkan jadinya.
Singkat cerita sy masuk ke ojk dan karena tidak tahu musti kemana, saya tanya ke security dan mbak mbak di samping metal detector. Dia dengan senyum ramah (dan cantik sih emoticon-Big Grin) langsung arahkan ane ke tempat penerimaan surat. Ane memang ga diantar karena menurut ane personilnya juga kurang dan jarak nya juga ga jauh.

Sampai di penerimaan surat atau mailing, ane kasi suratnya. Sampai disini sy tahu mereka orang outsourcing dan ga bisa kita harapkan orang mailing level bawah bereaksi seperti sopan dan ramah gimana, tapi it is fine. Lalu karena saya ada urusan di suatu lantai saya akhirnya masuk lewat metal detector untuk ketemu kenalan saya yang simpan jaket sy yg ketinggalan pas seminar (kebetulan kenalan sy itu panitia nya). Disana ane ditanyakan keperluan dan dengan ramah dijawab sama mbak mbak nya.

Tentu dari situ ane berkesimpulan bahwa ada sebagian orang yang bisa ramah ada yang karena ga profesionalnya jadi mendem aja di bangku jongos kayak ts alami. Mungkin tergantung kepada pimpinannya juga apakah mau negur atau ngga orang orang gini. Kalau ane jadi pimpinannya, bakalan ane sidak. Yang ga bener ya ane mutasi saja plus pangkat ga akan naik sampai 3 tahun kemudian.
0 0
0
Halaman 41 dari 56
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia